Gerakan Olahraga untuk Pencernaan Lancar

28 komentar
gerakan memperlancar BAB

Tidak hanya membuat badan bugar dan sehat, olahraga bermanfaat juga untuk memperlancar buang air besar (BAB). Menurut Harvard Health Publishing, Harvard Medical School, orang yang melakukan olahraga dengan teratur biasanya tidak akan mengalami sembelit, lantaran usus besar bisa menanggapi kesibukan yang dikerjakan tubuh.

Sewaktu otot-otot dipakai dalam kesibukan olahraga, gerakan usus menjadi teratur. Otot-otot dinding perut dan diafragma akan memerankan andil penting dalam proses BAB. Apabila otot-otot itu kurang kuat, mereka tidak akan bisa melaksanakan pekerjaannya secara baik. 

Menambah frekuensi olahraga pun cukup efisien bagi orang lansia. Walaupun begitu, kita tetap perlu menyeimbangkannya dengan beberapa konsumsi makanan berserat, minum air putih yang cukup, dan menjalankan pola hidup sehat secara keseluruhan.

Manfaat Olahraga

Fungsi olahraga dalam memperlancar BAB memang merupakan alasan utama, karena banyak gerakan memperlancar bab yang terdapat dalam gerakan olahraga. Berikut ini manfaat olahraga yang bisa kita rasakan adalah:

  • Menstimulasi kontraksi alami otot usus yang bisa menolong menempatkan feses secara cepat.
  • Meningkatkan nafsu makan. Waktu nafsu makan bertambah, frekuensi gerakan usus dan dorongan buat BAB juga akan bertambah.
  • Mengurangi jam yang diperlukan makanan untuk bergerak melewati usus besar, sehingga mengurangi jumlah air yang diserap dari feses ke dalam tubuh.
  • Melancarkan saluran darah ke semua tubuh. Sewaktu saluran darah ke organ perut lancar, jadi lambung bisa menambah produksi enzim pencernaan dan usus makin lebih gampang kontraksi. Kedua hal ini akan membantu feses menuju ke anus untuk dibuang.
  • Mengendalikan produksi hormon progesteron yang diperkirakan dapat mengakibatkan sembelit. Sewaktu produksi hormon progesteron pada tubuh menyusut, jadi situasi ini bisa memperlancar gerakan makanan yang ada dalam usus.
gerakan memperlancar BAB
konstipasi

Jadi, apabila kita ngalamin sembelit atau kesulitan BAB, buat menanggulanginya cobalah dengan melakukan olahraga serta lebih aktif bergerak. Akan tetapi, ada berbagai hal yang perlu kita cermati, contohnya waktu (timing). 

Apabila mau mengerjakan olahraga setelah selesai makan, berilah selang waktu kurang lebih 1 jam. Olahraga yang dilaksanakan begitu selesai makan akan membantu darah mengalir ke jantung dan otot, sehingga hanya sedikit yang akan mengalir ke saluran pencernaan.

Akibatnya, kontraksi usus menjadi kurang kuat, produksi enzim pencernaan menyusut, dan pembuangan makanan lewat anus akan jadi lebih lambat. Apabila didiamkan, situasi ini bisa mengakibatkan perut kembung, kelebihan gas, dan konstipasi. Kedua, kita juga harus mengawasi keperluan cairan badan waktu olahraga. Ini dilakukan supaya kita tidak kena dehidrasi, yang dapat mengakibatkan masalah pencernaan seperti refluks asam lambung dan sembelit.

Gerakan Olahraga yang dapat Memperlancar BAB

Meskipun sebagian besar jenis olahraga bisa berguna untuk memperlancar BAB, beberapa macam olahraga di bawah ini adalah yang kerap disarankan untuk orang yang sering alami sembelit parah:

1. Kardio

Latihan kardio yang membuat badan banyak memompa darah barangkali adalah wujud kesibukan fisik yang sangat simpel, tapi efektif untuk menyelesaikan sembelit. Baik itu lari, berenang, naik sepeda, atau menari, latihan kardio akan menambah pernafasan, detak jantung, dan menstimulasi gerakan usus besar.

gerakan memperlancar BAB
lari adalah salah satu olahraga kardio 

Para ahli menuturkan dan sangat menyarankan orang dewasa untuk melaksanakan latihan kardio minimal 150 menit per minggunya. Apabila memungkin, 30 menit/hari adalah hal yang baik. Intensif latihan kardio yang dilaksanakan juga tidak harus yang berat kok. Kita dapat mengawalinya dari yang paling gampang, lalu dinaikkan jadi lebih intensif tapi secara kontinyu.

2. Yoga

yoga untuk mengatasi sembelit
Yoga baik untuk memperlancar pencernaan

Yoga merupakan gerakan olahraga yang juga baik untuk membuat perut terus bergerak dan mengatasi sembelit. Gerakan yoga tersendiri bisa memiliki fungsi untuk memijat saluran pencernaan dan membantu menempatkan feses lewati usus. Yang terpenting, gerakan yoga banyak melibatkan pemutaran badan yang terus-terusan atau pengerasan otot perut.

3. Latihan Landasan Panggul

Landasan panggul merupakan susunan otot yang berada pada bagian bawah panggul, yang termasuk kandungan kemih dan usus. Dengan melatih otot-otot itu, kita bisa membangun kemampuan mereka dan membantu mereka menggerakkan feses lewat usus besar lebih gampang.

Nah, beres.. gerakan olahraganya nggak susah-susah ternyata buat memperlancar BAB. Seperti yang kita tahu lah ya, urusan ke belakang ini jadi penting karena merupakan salah satu hajat biologis yang bisa mempengaruhi kesehatan badan secara keseluruhan. 

28 komentar

  1. Aku ngerasa banget setelah ikut yoga challenge, BABku jadi teratur, sehari sekali. Masalah sulit BAB ini bikin gak nyaman banget. perut kembung, mau makan juga gak selera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huuhm bener mbak, kelihatannya sepele tapi ternyata ngaruh ke seluruh badan ya soal gini tuh

      Hapus
  2. Wah, olahraga bisa membuat BAB jadi lancar juga ya. Kirain cukup dengan mengonsumsi makanan berserat aja.

    BalasHapus
  3. wah ternyata bab kurang lancar bisa diatasi dgn olah raga ya mbak rella
    uda gitu olah raganya gampang pula, makasih ya sharingnya

    BalasHapus
  4. Aku paling favorit ya yoga. Terutama gerakan meluruskan seluruh badan pada matras sambil mengatur pernapasan.

    Bahasa yang umum digunakan orang untuk gerakan ini adalah rebahan.

    BalasHapus
  5. Wah wah ternyata olahraga yang tepat seperti ini memberikan pengaruh terhadap pencernaan yah, terimakasih banyak mak sharingnya.

    BalasHapus
  6. Latihan yang nomor 2 dan 3boleh juga nih dilakukan,karena bisa di dalam kamar hehe. Kalau berlari atau naik sepeda daku sebisa mungkin tidak melakukannya karena kan keluar rumah.

    BalasHapus
  7. Mengenai olahraga nih masih peer banget buatku. Belum bisa konsisten. Kadang seminggu sekali. Kalau rajin bisa sampai 2 kali. Malah nggak sama sekali. Duh, nggak heran sih badan jadi lebih montok. Barangkali karena pencernaan nggak begitu lancar juga. Jadi banyak menimbun lemak. Hehehe

    BalasHapus
  8. Ouw, jadi sembelit bukan hanya butuh makan lebih banyak makanan yang kaya akan serat melainkan juga melakukan olahraga secara rutin ya. Terima kasih atas sharingnya.

    BalasHapus
  9. Manfaat olagraga banyak banget ya ternyata. Bisa melancarkan BAB. Salah satunya lari. Yang bisa dilakukan dengan mudah kapan aja.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata olahraga juga bisa memperlancar pencernaan yah, thanks sharingnya

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang masih punya keinginan mau yoga tapi belum juga terealisasi hehe. Semoga kita semua sehat terus

    BalasHapus
  12. Aku jadi ingat, dulu pas bayiku susah pup juga diajrin dokter buat gerak-gerakin kakinya.. Biar lancar pupnya. Ternyata di orang dewasa jg gitu, ya. Bisa dibantu dgn olahraga.. Thanks infonya, Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeess beneer, gerakan mengayuh sepeda yaa

      Hapus
  13. Sebisa mungkin hindari obat-obatan dulu ya Mba. Coba perbaiki cara olahraga nya dulu, kalau sudah benar, akan berdampak baik untuk tubuh.

    Saya juga sebisa mungkin rutin olahraga, walau hanya gerakan kecil di rumah sebelum berangkat kerja.

    Kalau libur, biasanya jalan pagi atau lari pagi

    BalasHapus
  14. Pernah nih merasakan dehidrasi setelah buang air, oo itu akibat pencernaan kurang lancar yaa, jadi aku imbangi dengan makan buah-buahan berserat, ternyata olah raga juga salah satu cara untuk pencernaan lancar yaa, thanks informasinya mbak

    BalasHapus
  15. Insyallah hidup jadi sehat kalau rajin olahraga ya mbak.

    Apalagi musim pandemi gini, harus rajin-rajin gerak dan gak boleh mager

    BalasHapus
  16. Selama ini ingetnya konsumsi makanan berserat buat ngelancarin pencernaan. Ternyata olahraga juga membantu lancarkan BAB ya. Masih PR sih olahraga ini buat aku...

    BalasHapus
  17. wah ternyata olahraga banyak sekali manfaatnya yaaa.. Nggak cuma bisa menyehatkan dan membuat bugar aja, tapi juga bisaa memperlancar bab yaaa

    BalasHapus
  18. Yoga itu yang paling ingin aku coba. Beberapa kali bikin playdate yoga untuk anak, tapi aku sebenarnya belum mahir wkwkwk. Btw ternyata Yoga salah satu olahraga untuk memperlancar BAB juga ya.

    BalasHapus
  19. Pas banget aku lagi butuh info ini
    Busui trus konstipasi itu sangat tidak enak soalnya
    Aku coba ah gerakannya tiap pagi

    BalasHapus
  20. Wah ternyata berolahraga bisa memperlancar sembelit atau konstipasi ya. Dulu sering bingung kadang udah makan makanan berserat pun masih tetap saja sembelit. Berarti memang kurang olharaga juga nih.

    BalasHapus
  21. Baru tahu saya Mbak, ternyata bukan dari makanan aja ya tapi ada juga beberapa jenis olahraga yang bisa membantu melancarkan BAB. Noted nih

    BalasHapus
  22. WAAAAAH iya bener banget kak olahraga tuh bikin pencernaan lancar juga, selain tubuh jadi lentur karena terbiasa gerak. Bener juga sih pas sekolah aku seringnya naik sepeda atau lari kalau olahraga gitu dan lebih lancar kalau pencernaan

    BalasHapus
  23. wah info menarik. Saya terkadang bingung, apakah boleh ya makan dulu sebelum berolahraga? Terutama pada saat bersepeda. Maklum waktu bersepeda, jam makan saya sering terlewat. Ternyata harus ada jeda ya antara jam makan dengan waktu berolahraga.

    BalasHapus
  24. oh ternyata ada juga gerakan untuk pencernaan ya....
    Kirain cuma sekedar sehat dan melenturkan badan saja.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^