7 Perlengkapan Musim Hujan Harus Punya

Desember adalah bulan di mana hujan turun hampir setiap hari. Kalau di daerah rumah saya nih, setengah enam sudah terang tapi begitu-begitu aja sampe jam 10, nggak ada mataharinya...berasa pagi terus. Selepas zuhur biasanya sudah makin gelap, geludug-geludug, kemudian nggak lama lagi bruuussshhh hujan turun ngaririncik terus sampai malam. 

Kalau sudah begini, bingung mau pergi keluar rumah mengingat saya kemana-mana pakai transportasi umum. Tapi nggak mungkin juga selama musim hujan saya nggak kemana-mana. Kini, sedia payung sebelum hujan saja nggak cukup, berhubung curah hujan di kita intensitasnya kerap dan seringkali diiringi angin kencang. 

Baca Juga : Serunya Ombak Tsunami di Hawai Waterpark

Perlengkapan Musim Hujan yang Harus Punya Selain Payung

Sebagai penduduk negara dua musim, selayaknya kita perlu menyiapkan perlengkapan musim hujan selain payung untuk dimanfaatkan dalam menghadapi hari-hari hujan belakangan ini. Nomer 1, tentu saja payung yaahh 

2. Jas Hujan 

jas hujan bagus
gunakan jas hujan yang compact supaya aman


Jas hujan ini penting banget, terutama bagi yang kemana-mana berkendara sepeda motor. Pastikan punya jas hujan bagus dengan spesifikasi sbb: 

  • Material kuat
  • Jahitan double seal
  • Waterproof & windproof
  • Sepasang dengan bawahan
  • Dilengkapi tas kantong 

Jas hujan terbaik adalah yang terdiri dari atasan dan bawahan ya, bukan yang kelelawar karena bisa nyangkut di jari-jari motor. Tidak aman, udah banyak kejadian gara-gara itu. Investasikan untuk beli jas hujan yang bahannya bagus dan awet karena ada beberapa jas hujan yang kalau kebasahan bahannya malah kaku, cuma bisa sekali pake, deh hihi. 

3. Sepatu Boots

sepatu boot hujan
boots melindungi kaki dan celana

Walaupun tampak lebay punya sepatu boots untuk hujan tapi kadang-kadang dibutuhkan, lho. Buat yang kerjaannya sering outdoor, di lapangan, atau ngider ke sana kemari, lebih rasional jika pake sepatu boots aja ketimbang sepatu kantor kena becek dan basah. 

Pilih sepatu boots yang bagus, ciri-cirinya: 
  • Dilengkapi anti licin atau anti selip
  • Bahan karet, waterproof
  • Multifungsi untuk indoor/outdoor
Dulu bahkan saya sering lihat pak Bos turun dari mobil juga sudah pakai sepatu boots. Menurut dia, di manapun dia turun kakinya jadi aman dari genangan becek, sehingga kalau mau sholat celananya aman juga dari sapuan najis . 

4. Waterproof Bag 

dry bag
Nelson-Rigg Waterproof Backpack

Tas yang bahannya anti air bisa melindungi barang-barang kita dari kebasahan atau air yang merembes lewat sela-sela ritsleting. Ini bisa berbentuk dry bag, bisa juga backpack seperti di gambar. Kalau nggak punya tas anti air, coba lapisin barang-barangnya pake kantong parasut yang bisa buat belanja itu, supaya air yang nembus tas nggak langsung kena barangnya. 

Kalau mau cari tas parasut, carinya yang begini: 
  • Bahan parasut anti air
  • Bisa dilipat
  • Warna gelap, tidak mudah kotor 


5. Rain Cover Bag 

rain cover
Decathlon. 100 ribuan.

Rain cover ini beda lagi dengan tas anti air. Rain cover biasanya sudah attached sama backpack di bagian bawah. Banyakan sih ada di tas anak-anak atau tas laptop gitu, supaya bisa melindungi setidaknya dari air hujan yang turun langsung kena tas. 

Nah, tapi sekarang kita sudah bisa beli rain cover bag ini secara terpisah, dan pilih berdasarkan ukuran backpack yang kita miliki. Ada yang 30-35 liter untuk ukuran tas sehari-hari, atau 50-60 liter untuk jenis tas yang bisa dibawa traveling atau kebutuhan hiking. 

6. Jaket Tebal Anti Air 

jaket anti air
Orvis Waterproof Rain Jacket

Kalau jas hujan buat di jalan, maka jaket ini buat indoor-nya. Perlu jaket anget anti air kalau-kalau mau keluar maksi cuman gerimis aja, atau sekadar jaketan di dalam ruangan karena dingin. Sebetulnya, nggak jauh beda dengan jaket pendaki juga, yang rata-rata udah punya bahan bagus dengan inner yang bisa menjaga suhu, dan outer dari bahan waterproof. 

Jaket parasut juga boleh dipake, tapi bahannya harus yang tebal, karena kalau pakai parasut tipis malah tetap tembus dan kusut. Ada tips nih buat mencuci jaket parasut, antara lain pake suhu hangat supaya nggak mudah sobek. 

7. Sapu Tangan Handuk / Hand Towel 

handuk muka
Dengan membawa handuk kecil yang bisa dilipat, kalau kena gerimis di jalan, kita bisa mengeringkan diri dengan handuk kecil ini setidaknya biar nggak terlalu basah kuyup sampai tempat tujuan. Minimal, untuk mengusap muka dan tangan. 

Lalu karena ukurannya kecil, bisa diangin-anginkan sampai kering untuk kemudian dipakai kembali. Handuk lebih baik untuk Bumi daripada tisu yaa :) 

Nah, yuk... ada lagi nggak perlengkapan hujan yang perlu dimasukan ke dalam list? 
Next Post Previous Post
21 Comments
  • Didik
    Didik 2 Desember 2020 pukul 11.33

    Yang pasti jas hujan harus selalu ada di jok motor sih. Kebetulan aku tiap hari pakai motor untuk aktivitas. Jangan lupa bawa payung biar ga kehujanan waktu ke parkiran.

  • Dyah Ummu AuRa
    Dyah Ummu AuRa 2 Desember 2020 pukul 12.01

    Satu lagi yaitu payung mbak. hehehe... Soalnya saya gak bisa bawa kendaraan sendiri jadi seringnya dianter pak suami atau naik transportasi online.

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 2 Desember 2020 pukul 14.37

    Sapu tangan kalau daku diganti tisu kak, biar langsung buang. Apalagi buat ngelap kaki yang basah kalau hujan-hujanan di jalan

  • Jasmi Bakri
    Jasmi Bakri 2 Desember 2020 pukul 17.39

    Udah seharusnya di musim hujan selalu bawa payung dan jas hujan ke mana-mana. Sepatu boots perlu sih. Apalagi buat yang mengendarai motor agar sepatu atau sendalnya nggak basah ya.

  • Narasi Nia
    Narasi Nia 3 Desember 2020 pukul 08.03

    Hand towel ini ya baru kepikiran. Biasanya aku cuma sedia tisu aja di tas.

    Sedangkan jas hujan as always selalu siap di jok sepeda

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 3 Desember 2020 pukul 09.32

    Kalau sudah masuk musim hujan aku kemana-mana bawa payung kecil di tas jaga-jaga kehujan dari suatu tempat ke kendaraan. Ada barang lain mbak yg harus disiapkan kalau musim hujan buat menghangatkan perut hihihi makanan atau minuman aku pernah kelaparan dalam perjalanan hujan soalnya

  • Munasyaroh
    Munasyaroh 3 Desember 2020 pukul 09.56

    Bolak-balik baca, perlengkapannya kok cuma 6 kak? Di judul sana tertulis 7.
    Kayaknya harus sedia payung, seperti pepatah sedia payung sebelum hujan

    • rella
      rella 3 Desember 2020 pukul 11.16

      hehe, iyaaa selain payung yang nomer 1 :D

    • Hani
      Hani 3 Desember 2020 pukul 15.44

      Tadinya aku ya siwer, kok langsung no 2. Ternyata ada kalimat "Nomer 1, tentu saja payung yaahh"...
      Mantap penulisannya. Ketauan banyak yg engga teliti baca...hehe...
      Aku engga pakai boots sih, sepatu sandal karet aja...Boots entar becek masuk ke kantor...

  • Yuni Bint Saniro
    Yuni Bint Saniro 3 Desember 2020 pukul 11.20

    Yupz... Sepatu boots memang penting sih. Biar nggak kebasahan kakinya. Dingin euy.

    Kan banyak tu sepatu boots yang keren juga. Tapi tetap pilihnya yang anti airlah ya. Hehehe

  • Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita 3 Desember 2020 pukul 12.29

    hampir punya semua yang disebutkan di atas,kecuali sepatu boots. Semua biasanya dipakai dan dibawa saat mendaki gunung. Btw kalau di Batam ALhamdulillah nggak mengenal musim. Setiap bulan hujan dan panas selalu saja datang bergantian. Tidak sama dengan pulau Jawa atau Sumatera daratan.

  • bibliofil
    bibliofil 3 Desember 2020 pukul 13.04

    Iya ya sekarang udah mulai hujan melulu tiap hari. Kadang sehari dua kali turun hujan, padahal bukan di Bogor. Kalau jas hujan sama payung mungkin udah biasa ya, aku yang kelupaan ya punya sepatu boots karena pas buat naik motor. Apalagi kalau mesti antar istri ke pasar, nah enak banget itu ga perlu takut kena becek atau kotoran. Jadi ingat percakapan ma temen, selain jas hujan, jangan lupa sediakan Jazz biar ga kehujan di jalan hehe.

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 3 Desember 2020 pukul 19.11

    wah benar mbak e, ntar lagi musim hujan...
    harus prepare ya, pastikan punya semua perlengkapan di musim hujan

  • andyhardiyanti
    andyhardiyanti 3 Desember 2020 pukul 20.15

    Banyak juga yaa ternyata perlengkapan yang harus disiapkan dalam menghadapi musim hujan. Saya ingatnya yaa jas hujan dan payung aja. Hehehe

  • Pringadi
    Pringadi 3 Desember 2020 pukul 20.49

    jadi pengen beli tas waterproof yang dilengkapi raincover
    tiap kerja motoran kan
    pulang selalu khawatir karena isinya ada laptop

  • Ari Santosa Pamungkas
    Ari Santosa Pamungkas 3 Desember 2020 pukul 22.00

    Jas hujan nih yang sering kali terlupa disiapkan ketika sudah menjelang musim hujan. Di pasaran harganya juga naik kalau terlambat beli :)

    Based on my own experience, buat yang masih sok hemat ngga beli jas hujan baru padahal udah mulai bolong jas hujan yg lama, sungguh merugi :)

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 3 Desember 2020 pukul 22.49

    Hehehe saya nggak punya sepatu boots, padahal dulu pas suka naik motor, sepatu suka basah kuyup jika hujan

  • K. Niken
    K. Niken 4 Desember 2020 pukul 05.20

    Berhuung kami masih setia mengendarai sepeda motor, jadi semu perlengkapan itu kami pakai. Ehhh kecuali aku dan pak baha sih yg nggak pakai sepatu boot, kalau anak=anak pakai hehe

  • Celoteh Dini Hari
    Celoteh Dini Hari 6 Desember 2020 pukul 22.40

    aku barusan beli cover sepatu yang dari karet mbak, byk di market place, cocok bgt buat hujan2 kek skrg ini, jadi gak khawatir kluar pake sepatu hihi

  • Monica Anggen
    Monica Anggen 25 Desember 2020 pukul 06.06

    Jas hujan aku selalu sedia sih di motor, kalau raincoat untuk ransel juga, mengingat suka bawa laptop. Nah urusan sepatu nih yang agak ribet. Akhirnya selalu sedia sarung sepatu juga, jadi sepatunya bisa dibungkus biar gak basah

  • Nyi Penengah
    Nyi Penengah 13 Juni 2021 pukul 00.17

    Sepatu booth penting juga lho, bener mba Rella. Aku dulu punya sekarang di rumah suami belum beli lagi. Jas hujan juga penting.

Add Comment
comment url