Hangatnya Wisata di Ciater yang Sejuk

Tidak ada komentar

Kalo nyebut nama Ciater, pasti yang kebayang itu pemandian air panas atau sumber air panas yang mengandung belerang dan berkhasiat untuk kulit. Emang bener sih, kecamatan Ciater yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat ini punya tempat wisata pemandian air panas yang terkenal di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Dengan kepopuleran pemandian sumber air panas tersebut, tumbuh juga fasilitas-fasilitas wisata lain seperti penginapan dan villa di Ciater. 


Zaman kuliah, saya dan teman-teman pernah nganter tamu dari Jerman jalan-jalan ke kawah Tangkuban Parahu. Bagi Till (saya lupa nama lengkapnya doi siapa), ini pengalaman menarik karena jarang ada wisata alam kawah belerang yang bisa dikunjungi selain di Indonesia. Sementara kami pakai jeans dan sweater, dia santai aja oblongan menerjang angin sejuk pegunungan sambil foto-foto. 

wisata ciater

Selepas turun dari Tangkuban Parahu, kami lanjut ke Ciater. Tentu saja tujuannya pemandian air panas, entah apa niat kami waktu itu, tapi orang Eropa pasti suka yang anget-anget gini kan, secara di sana itu dingin...  Saat sudah puas berendam sampe anget, komentar dia, "ini panas banget tapi kulitku sepertinya jadi bersih," wkwkwk. Kebayang dong, kulit Eropa dihantem air belerang, hasilnya merah mateng kaya rebusan udang. 

Suasana di Ciater memang sejuk, enak dibuat jalan-jalan sambil motoran dengan semilir angin menerpa rambut dan wajah. Terakhir saya main ke Ciater waktu sama mantan pacar, saat masih langsing dulu, uhuuukk.. tahun berapa yah, mungkin sekitar 2009-an ke Sari Ater. Rendem-rendemin kaki yang rorombeheun, haha. Karena konon kandungan belerang yang ada di air panas ini bagus untuk kesehatan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan menyembuhkan sebagian besar masalah kulit. 

Saya lihat emang banyakan orang dewasa yang ke sana sih (kalo mau tepatnya orang-orang paruh baya), karena tentu saja harapan mereka bisa mengobati rematik atau sekadar merelaksasikan otot-otot yang dipakai menopang beban hidup, hiyaa. 

Sumber air panas di Ciater sendiri berasal dari Gunung Tangkuban Parahu di sebelahnya, makanya dia mengandung aneka mineral  seperti kalsium, magnesium, cholorida, dan sulfat. Kandungan besi dan aluminiumnya tinggi dengan kadar keasaman tinggi juga, jadi jangan coba-coba diminum yah.  

Objek Wisata di Ciater 

Emangnya di ciater ada apa lagi selain air panas? Begini, berhubung Ciater itu ada di wilayah dataran tinggi, maka ada banyak sekali objek wisata alam di Ciater yang bisa dikunjungi. Daerah pegunungan biasanya punya banyak curug yang indah -- curug itu bahasa Sunda-nya air terjun yaa-- antara lain Curug Ciangin, Curug Bentang, Curug Cibareubeuy, dan Curug Cina. Lokasi curug-curug ini biasanya tidak terlalu jauh satu sama lain, jadi mudah-mudah aja ditemui dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

Ada lagi kebun teh Cagak Ciater, sumber mata air Cimincul, dan Taman Wisata Air Rumah Kayu (TWARK) yang nggak kalah mempesonanya untuk dinikmati, baik itu pemandangan maupun suasana alamnya. 

Jadi fix ya, wisata di Ciater nggak cuman ada air panas aja, jadi kalo mau main-main ke sana bisa menentukan tujuan dan cari informasi tentang akomodasi di sekitar. 

Villa di Ciater 

Nah, ngomong-ngomong soal akomodasi, penginapan, dan sejenisnya ini, di Ciater sekarang sudah banyak fasilitas penginapan dengan pilihan fasilitas dan range harga yang cukup luas. Nggak usah ngeri dengan harga villa di Ciater sih, karena di sini sekelas villa aja biayanya terjangkau banget. Jadi kalo berangkat ramean bisa banget sewa villa sama-sama.

Dikasih rekomendasi teman soal Villa Cempaka Ciater, yang berlokasi di Jl. Sariater No.10. Ah, ini mah dekeettt banget dong sama sumber air panas, pinggir jalan, langsung keliatan!  

Vila Type RK3D

Villa ini menyediakan restoran dengan menu khas Sunda agar tamu yang menginap bisa merasakan suasana Jawa Barat yang asri sekaligus kenikmatan hidangannya. Range harganya 

Meski deket dengan wisata air panas, villa ini juga punya kolam rendam sendiri dan kolam renang yang ada fasilitas air panas dan air dingin. Kalo belum puas rendeman di sebelah ya melipir aja ke kamar berendem lagi sepuasnya, hihi. 

Kalo ada yang mau main ke Ciater dalam waktu dekat, atau baru sekadar rencana  setelah pandemi selesai, jikalau perlu penginapan memadai, saya saranin Villa Cempaka Ciater juga untuk mengakomodasi perjalanan wisata kalian. Booking villa dengan mudah di Booking Villa Ciater sehingga bisa mendapatkan tempat sesuai waktu yang diinginkan. 

Biasanya bulan-bulan liburan Ciater selalu didatangi turis sedemikian banyak, ada baiknya untuk merencanakan dulu perjalanan sebelumnya supaya liburan lebih asyik dan tenang.  

Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^