7 Essentials Korean Cooking

2 komentar

Bagi pecinta drama korea, pasti sering lihat tampilan dapur-dapur ala Korea yang umumnya minimalis tapi bisa menyajikan hidangan Korean food yang spicy dan menggugah selera. Pasti tertarik dong, ingin makan ramyeon, tteokbokki, sundubujjigae dan yang lainnya. Nah kira-kira, bumbu masakan Korea apa saja yang harus ada di dapur untuk bikin masakan yang rasanya autentik Korea?


bumbu masakan korea

Konon, orang Korea modern selalu memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk membuat penataan dengan detail yang sempurna dan tidak semrawut, termasuk dapurnya. Meskipun masakannya berbumbu banyak seperti masakan Indonesia, tapi tetap meminimalkan penggunaan ruang yang berlebihan. Selain itu pada gaya desain Korea, konsep ruangan yang biasanya dipakai untuk ruang makan dan dapur adalah konsep open space atau ruangan terbuka.


Nah, ngomong-ngomong bumbu dapur masakan Korea ini, ada beberapa cooking essentials yang perlu dimiliki untuk menghadirkan sajian Korean food di rumah. Tanpa mereka, hidangannya jadi kurang maksimal karena masing-masing bahan menimbulkan taste yang khas ala Korea. Apa aja bumbunya? 


1. Sesame oil (참기름 chamgireum)




Minyak wijen umum digunakan dalam berbagai masakan Korea, dalam sajian nasi, BBQ dan saus celupan. Minyak ini menambahkan nutty aroma dan rasa gurih pada masakan.


2. Soy sauce (Ganjang: 간장

Ternyata ada beberapa jenis kecap asin untuk masakan Korea. Satu untuk sajian tumisan, yang ini bisa pakai merek Kikkoman (cukup lengkap variannya), dan satunya untuk hidangan kuah, bisa menggantikan garam untuk taste yang asin. 

3. Beras putih (Ssal: 쌀)

Jenis beras ini kaya beras jepang, yang ketika mateng berasnya pada nempel (sticky rice). Memudahkan saat makan nasi pake sumpit. 

4. Sesame seed (Bokken chamggae: 볶은 참깨) 

Biji wijen ini biasanya dipake buat topping di masakan sayuran atau saus celup. Menimbulkan sensasi kriuk saat dimakan. Ada biji wijen putih dan hitam ya, menyesuaikan aja dengan masakannya. 

5. Soybean paste (Doenjang: 된장) 

Terbuat dari kedelai yang difermentasi dalam waktu tertentu, punya aroma yang khas digunakan umumnya buat sup dan rebus-rebusan, tapi juga bisa aja dipake buat saus cocolan. 

Selain doenjang, ada ssamjang 쌈장) juga buat saus cocolan. 

6. Hot pepper paste (Gochujang: 고추장) 

Saus paling hits iniiii, ada di mana-mana, ramyeon, sup, rebusan, marinasi, dll. Terbuat dari bubuk cabe, gluten, kedelai fermenasi dan garam. Selain spicy, rasanya agak sedikit manis-manisnya. 

Sekaligus nyetok chili powdernya sekalian ya, apalah sup tanpa taburan cabe, kurang nendang! 

7. Vegetables 

Termasuk di dalamnya adalah sawi putih (Baechu: 배추) buat bikin kimchi, atau buat wrap. Daun (Gganip: 깻잎), yang juga dipake buat bungkus-bungkus daging itu lho... dan tentunya lobak (Mu:무) dan bawang putih (Manul: 마늘). 

Lalu untuk peralatan/perabotan dapurnya, apa saja yang dibutuhkan? Most Korean traditional food masaknya pakai panci sup dan wok. Tapi nggak tertutup juga untuk hidangan lebih modern untuk membuat kue-kue dan bakery kekinian seperti yang ada di Tous Le Jours. Menurut saya, oven mungil bisa jadi pilihan untuk rumahan dengan dapur minimalis dan syantik.  

Baca juga : 7 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik untuk di Rumah

2 komentar

  1. Omoo... Awal bulan dikasi list belanja nih😂😂 saos kokkoman itu ada di swalayan juga??

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^