Makan Ramyun ala Korea, Cek Ramyun Hits Ini!

1 komentar

"Ra-myeon meog-go kal-lae?" 


Dari drama-drama Korea kita jadi sering lihat kebiasaan orang Korea makan ramyun sehari-hari. Mulai langsung menyendok dari pancinya, ada yang dibagi-bagi ke mangkok, ada juga yang diseruput dari mangkoknya langsung. 


Konon, adegan makan ramyun ini bukan sekadar visual makan biasa, melainkan juga menggambarkan karakter, situasi, dan apapun yang menguatkan setting adegan pada saat itu.


Inget dong scene menggelikan di What's Wrong With Secretary Kim ini?

ramyeon korea

Naahhh, lebih daripada sekadar budaya, makan ramyeon bersama juga bisa dipahami sebagai simbol keakraban, atau hubungan yang lebih intens. 


Ramyeon atau ramyun adalah hidangan mie kuah ala Korea. Umumnya, ramyun dibuat dari mie basah atau mie instan seperti yang diekspor ke Indonesia. Lalu apa perbedaan ramyun ala Korea dan ramen ala Jepang? Baca-baca di berbagai website, ramen biasanya bercita rasa lebih ringan dan memiliki aneka varian kaldunya. Sedangkan ramyun cita rasanya lebih kuat, karena memakai processed seasoning atau bumbu instan. Orang Korea biasa menambahkan kimchi, daging babi, atau sayuran sebagai makanan pendamping ramyun. 


Bisa dibilang, penyajian ramyun lebih praktis karena sudah berupa kemasan instan yang tinggal rebus saja. 


Saking seringnya adegan makan mie instan ada di berbagai tontonan, kita jadi penasaran, memangnya seenak itukah makan ramyun ala Korea? Lalu kepenasaranan ini terjawab dengan banjirnya produk-produk Korea yang masuk ke Indonesia, termasuk ramyun instan. Kelima produk ramyun instan di bawah ini populer dikonsumsi orang Indonesia karena mudah dicari dan sudah mendapatkan sertifikat halal.  


  1. Samyang 



Mie pedas paling populer ini kini hadir dalam berbagai varian, seperti cheese, carbonara, dan samyang green. Semuanya telah mendapatkan sertifikasi halal dan aman dikonsumsi. Menurut saya, Samyang masih paling juara pedesnya di antara semuanya. Makannya sampe panas kuping, kudu siapin susu di sebelah mangkok.


Pada awal kemunculannya, mie instan ini begitu banyak dicari di berbagai online shop. Kini, Samyang sudah beredar lebih banyak di minimarket-minimarket terdekat.  


  1. Nongshim Shin Ramyun 


Varian gourmet spicy, shrimp flavour dan kimchi sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI. Tekstur mie ini kenyal dan lembut. Kandungan cita rasa udang dan aroma seafood semakin menambah lezat kuah mie instan ini. Buat yang suka rasa pedas, bisa tambahkan cabe bubuk sebagai topping.  


  1. Arirang 

Mie ramen kuah sumsum ini punya cita rasa unik. Kuahnya creamy, kaya kombinasi keju dan susu, macam makan indomie telur keju, hahah. Tekstur mie ini juga kenyal dan tebal. Yang uni lagi, ada tambahan daun bawang kering di dalam bungkus topping. Jika dimasukkan saat dimasak, tampilannya akan berubah seperti daun bawang sungguhan. Arirang juga ada yang varian mie goreng pedas yang beneran pedeeesss tapi enaak banget.


  1. Nongshim SOON Veggie Shin Ramyun 

Karena judulnya saja veggie, ramyun ini jelas aman dikonsumsi karena kaldunya 100% terbuat dari sayuran. Jangan khawatir dengan rasa yang hambar, karena Nongshim SOON ramyun benar-benar gurih dan segar, tidak kalah dari varian Nongshim Kimchi. 


  1. Paldo Seafood Ramyun

Paldo ini punya bentuk mie yang lebar dan kenyal. Ada varian seafood, tteokbokki dan cheese noodle. Kuahnya benar-benar lezat, terutama dengan kuah merah gochujang yang pedas manis. 


Dari kelima varian ramyun Korea di atas, yang mana yang paling kamu suka? Saya dan suami sama-sama penggemar mie, sehingga kami pasti selalu punya stok mie instan di kotak grocery.  


Jika ingin makan mie ala drama Korea, biar mantep kita ciptakan suasana yang mendukung. Siapkan panci sup, mangkok dan sumpit. Ambil langsung mie dari pancinya, jangan lupa hadirkan kimchi dan sayuran juga untuk memperkaya rasa.


Makannya sambil nonton drama korea ya!


1 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^