Keterampilan Baru Selama di Rumah Aja

by - April 30, 2020

Kunci membuat kue kering itu adalah ketekunan. Karena harus menimbang bahan, membentuk dan mencetak adonan, mengoles, dan menghias kue satu per satu. 

Setidaknya, ini salah satu keterampilan yang saya pelajari selama di rumah aja bikin kue kering. Tekun itu keterampilan yang harus terus dilatih, ditunjang dengan kesabaran dan tidak gampang menyerah. Nggak gampang, iya bener, ngga ada yang bilang mudah. Bahkan sampe saat ini pun nggak ada yang lulus dengan mudah ujian keterampilan satu ini. 

Selama di rumah aja saya belajar lagi bikin kue kering layak jual, entah udah bener apa belum, rasanya sih belum cukup puas dam merasa pantes dijual, saya bahkan harus terus latihan nyepuit kue yang masih belum rapi dan seragam, tapi tetap semangat mencoba... 

Beberapa catatan dapur sudah direkam untuk dievaluasi lagi di kemudian hari. Termasuk pemilihan merek bahan, dampak dan taste setiap rasa dan bahan, juga catatan harga yang harus disimpan untuk perhitungan harga jual. Ah iya, ini juga...harga jual yang harus diperhitungkan baik-baik, karena kadang kita suka lupa beli ini berapa, apalagi kalo udah bolak balik toko A dan toko B. Siwer sudaaahh..

Tentang ini, bisa juga baca-baca artikel dari NCC tentang menentukan harga jual kue.  Sederhananya, harga jual adalah biaya produksi + profit

Selama di rumah aja, saya juga berusaha ningkatin keterampilan lewat beberapa kelas online, antara lain keterampilan bahasa untuk editor bersama Ivan Lanin dan kelas menulis fiksi di KMO. Juga ikut kelas 30 Hari Naikin Domain Authority-nya Mas Irwin, ya Allah, susaaahh yaaa ternyataa kalo gak fokus :)) Tadinya kirain bisa ngisi waktu selama puasa, eh tapi gak bisaaa jadi sampingan kaya gini maahh...wkwkwk.  

Anyway, apapun nilai tambah saya selama di rumah, bersyukur bahwa ada sedikit waktu dari sekian banyak leyeh-leyeh yang bisa dimanfaatkan untuk menuntut ilmu. Mungkin aja belum maksimal, tapi setidaknya ada input dan output, hitung-hitung asah otak aja biar nggak cepat pikun. 

Semangat mengumpulkan keterampilan jugaa... 

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen