5 Aplikasi Penunjang Work from Home

by - April 29, 2020

Ada banyak aplikasi yang digunakan untuk Work from Home, tapi tentunya nggak semua aplikasi bisa disepakati digunakan pada setiap company karena faktor sinkronisasi dan keamanan. 









work from home

Di rumah, aslinya cuman saya aja yang WfH sehari-harinya. Mau work from cafe, work from library, tetep aja judulnya buat saya kerja dari rumah (dan tetep disebut pengangguran) wkwkwk, eh curhat.

Jadi, selama pandemi ini, penggunaan aplikasi atau web di laptop saya nggak ada bedanya sama hari-hari biasa. Tapi, ada beberapa hal bisa saya rekomendasikan untuk teman-teman yang WfH betulan dan bisa memudahkan pekerjaan teman-teman selagi mengerjakannya di rumah. 

1. Zoom 

Aplikasi ini mendadak booming di saat semua aktivitas migrasi di rumah aja. Fiturnya yang bisa memuat semua foto partisipan dalam satu layar bikin kita bisa saling melihat satu sama lain. Selain itu ada fasilitas share file, coret-coret dan chat antar partisipan. Nggak cuman dipake kerja formal, zoom juga dipake buat meeting online komunitas, rumpi-rumpi berjamaah sama gengs, webinar, kursus online, dan pertemuan kelas. 

Sebenarnya ini app paling populer dan mudah, nggak perlu sign in-sign juga untuk participate. Sayangnya, ada isu keamanan yang riskan sehingga dia nggak dipake lagi di perusahaan-perusahaan.  

2. Google Meets dan Google HangOut 

Sejujurnya saya sendiri belum pernah pake dua aplikasi ini untuk kerja. Tapi adik pake G-HangOut buat kuliah online. Di fitur gmail sendiri, ada pop up otomatis terhubung dengan G-HangOut, memudahkan sehingga nggak perlu buka tab baru khusus lagi. Seperti slogannya Google, one account for all, begitulah...kece adanya.    

3. MS Teams

Saya pernah coba ini untuk get connected dengan keluarga besar dan juga rumpi sama temen-temen cewe (jadi emang ngga pernah kerja pake ini :))  Tapi teman-teman yang kerja kantoran, mereka pake MS Teams ini yang secure dan eksklusif. 

Tampilan orang di layar hape MS Teams hanya memuat 4 foto aja. Siapa yang bicara, dia yang muncul. Kalau orangnya diem, ya wassalam kelelep. Nggak bisa diswipe kaya Zoom. Tapi app ini kayanya emang terbaik, fitur-fiturnya cocok juga buat orang kerja. 

4. Webex

Ini saya apalagi nggak pernah buka webnya sama sekali ataupun install app nya. Hanya dengar-dengar aja dari orang lain, jadi i have no idea but you can try its worth. 

5. Canva 

Sementara bagian desainer kantor libur, bisa dicoba buat-buat flyer meeting, resume atau presentasi pake Canva ini. Desainnya beraneka ragam dengan template yang sudah disesuaikan (nggak perlu resize, dkk). Ciamik betuul pokoknya, berasa keren punya desain pake Canva padahal boro-boro bisa Corel, Adobe atau Ai :p 

Banyak aplikasi-aplikasi untuk Work from Home lainnya yang para pekerja gunakan, tapi saya nggak coba dan kurang tahu. Karena suami juga tetap WfO setiap hari jadi dia nggak bawa kerjaan ke rumah. sedangkan di kantor juga ada softwarenya khusus sendiri yang nggak bisa diinstal di rumah. Di laptop rumah pun hanya ada Sketch Up sama AutoCad aja buat kerjaannya dia.  

Kalo saya sih, simple asal ada google office yang bisa terhubung di hape juga, bekerja bisa di mana aja :) 

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^