Kegiatan Seru di Rumah Aja

by - April 28, 2020


Kadang kesel juga sih yaa pas anak-anak keleleran di rumah aja, mati gaya, balik lagi ke hape, balik lagi ke komputer, main game, yutup.....gedek gitu liatnyaa kurang gerak. Ya tentu ada andil saya juga sih sebagai orang tua yang kurang kreatif bikin kegiatan seru di rumah.  

Tapi ya gimana dong, kerjaan rumah juga banyak, belum lagi kerjaan nulis, cucian numpuk, dan yang lainnya. Jadi pada waktu-waktu tertentu pasrah ajalah biarkan gadget yang mengasuh mereka, pasti anteng dan anti ribut. Maklum ya, di rumah ada PC, satu hape nganggur, dan PS. Jadi masing-masing bisa pegang sendiri, mamak ngurus dapur sejenak sampe di atas meja makan terkendali. 

Si kakak selama libur pandemik ini saya ikutkan beberapa online class, seperti Coding Scratch dan Lego Digital Designer. Sepekan 2x. Selain itu kelas bahasa Inggrisnya juga dilakukan online sepekan sekali. 

Meskipun sering ketinggalan di kelas coding dan bisa menimbulkan jenuh, nggak apa-apa dijalanin aja. Lama-lama ya enjoy dan seru juga. Semata-mata biar pegang gadgetnya gak cuman dipake nonton yutup atau main game...dipake yang bermanfaatlah, jadi ada tambahan kabisa. Dari situ juga dia belajar nge-zoom tanpa saya pandu lagi, jadi punya email sendiri, belajar kirim email, kirim attachment dan manaj file di komputer (iya, anak gue telat teknologinya soalnya emaknya juga gaptekan). 

Dimulai bulan puasa juga kami nambah-nambah bacaan surat supaya hafalannya tetap terjaga nggak lupa-lupa. 

Buat adik-adik sih kali ini full liburaaaann...

Tapi tentu tiada kelonggaran tanpa kesadaran. Baru boleh main kalo sudah mandi, makan dan sholat. Tetap ada jadwal kapan berhenti, kapan makan tanpa sambil lihat-lihat layar, juga kapan waktunya main di luar rumah (teras gitu). 

Naah, ini kegiatan favorit anak-anak kalo di teras, main tenda-tendaan. Bawa bantal, selimut, main, ngemil baca buku, main hape seharian di sana. Pernah minta bobo malem juga di situ, padahal lagi musim ujan dingin banget di luar. Tapi buat anak-anak seru aja, berasa outdoor padahal cuman buka pintu rumah doang ^^ 

Kegiatan seru lain di rumah adalah maen catur, hahahaha...di mana serunyaaa, tapi anak-anak saya senang bermain catur. Bisa berjam-jam ngulang lagi, apalagi kalo yang kecil udah mulai ngerecokin pasti kakak-kakaknya minta ulang lagi berapapun skornya yang udah berjalan. 

Eh iya, si mas dan adik juga seneng terlibat saat masak. Mereka suka sekali jadi bagian yang gelosorin tempe, jamur atau apapun itu ke penggorengan. Jadi tempenya sambil dimasukin sambil ngomong "kalo masukin itu diperosotin dari pinggir, bukan dari atas jadi nggak kena minyak". Nah, menurut saya sih lagi di rumah gini saatnya ngajarin anak-anak practical life skill, mumpung nggak keburu cape di luar, mumpung ngga ada tuntutan harus ngerjain PR, tugas, dll... 

Tiga-empat bulan di rumah, jenuh pasti ada. Tapi kegiatan seru harus terus diusahakan. Buat moms yang mau nyetak printables sheet buat anak-anak,  biar bisa main sambil belajar islam banyak kok, salah satu yang jadi rujukan saya dari Pinterest Islamic Freebies ini. 


Semangat mommies :) 

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen