Saatnya "Bye Mata Kering!" dengan Insto Dry Eyes

4 komentar
Semingguan ini lagi banyak deadline naskah atau terjemahan yang membuat saya harus berhadapan dengan laptop dalam waktu yang panjang. Bahkan, proyek yang saya kerjakan dua hari lalu hanya ngasih deadline nggak sampai 18 jam (masih kepotong jam tidur pulak!). Otomatis mata melek terus mantengin laptop sepanjang yang dikerjakan belum rampung atau kena tanggung karena pas lagi on fire

Biasanya nih kalau lagi semangat gitu, mata dipaksa dibunder-bunder, tapi ya harus sadar diri juga sih, kalau malam tidurnya diskip, besok bisa-bisa ambruk malah nggak bisa lanjut kerja. Gimanapun juga, hak jam biologis tubuh harus tetap ditunaikan supaya badan juga tetap fit, terutama mata. Karena mata adalah salah satu aset utama yang saya gunakan buat berkarya.  

Setelah tugas semua beres baru terasa kok mata sepet, pegel dan perih. Lihat layar hape sebentar aja lelah, yah rugi dong nggak bisa santai-santai nonton drakor di Viu, padahal Hotel del Luna lagi rame. Usut punya usut, mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah ini adalah gejala mata kering. Mata kering beda lho dengan mata merah atau iritasi. Kalo iritasi kan biasanya mata berair, nah kalo mata kering ini justru malah sepet.

Hew hew...janganlah berlangsung terlalu lama, karena pekerjaan sudah kembali menanti dan drakor antri minta ditonton. 

Sebenarnya, ada beberapa penyebab mata kering ini, antara lain: perubahan hormon (kontrasepsi, kehamilan), usia atua penuaan, kondisi medis dan obat-obatan, kosmetik, lingkungan (paparan asap, angin) dan kegiatan lainnya. Kasus saya jelas yaahh, kebanyakan natap layar atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi visual sehingga mata jarang berkedip. 

Mata kering mengakibatkan kita lebih sulit untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti menggunakan layar, membaca, dan dapat menurunkan toleransi mata untuk lingkungan kering, seperti udara di dalam pesawat terbang. Kondisi mata kering, sepet, pegel dan lelah ini nggak bisa disepelekan, bisa menimbulkan peradangan, nyeri, bisul atau bekas luka. Kalau sudah tau akibatnya begini, mending buru-buru cari solusi aja untuk mengatasi mata kering.

Menurut saya yang paling mudah terjangkau dan solutif tentu aja tetes mata. Tetes mata ini selalu ada di kotak P3K di rumah karena urusan gangguan pada mata nggak bisa ditunda-tunda. Khusus untuk mata kering, pakenya Insto Dry Eyes.

Eits, jangan salah ya...setiap tetes mata itu ada peruntukannya, selain untuk mata kering, untuk antiiritasi atau antialergi misalnya. Obat-obatan mata tersebut bekerja dengan cara meningkatkan cairan pelembap (lubrikasi) pada mata dan mengurangi penguapan air mata, sehingga mata tak mudah kering. Obat tetes mata lebih sering dipilih karena paling mudah dan nyaman ketika digunakan.












    Nah, si Insto Dry Eyes ini emang pas banget buat keluhan mata sepet, pegel dan perih. Kandungan bahan aktif hydroxypropyl methylcellulose dapat mengobati radang kelopak mata atau permukaan mata yang berkontribusi pada mata kering. Cara kerjanya memberikan efek pelumas seperti air mata, mengatasi gejala kekeringan dan meringankan iritasi mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata. 

    Cukup 1-2x tetes pada setiap mata, pejamkan bentar, kedip-kedip, udah deh. Mata kembali terhidrasi lagi dan terasa lebih lembut. Pemakaian boleh sampai 3x sehari, tapi nggak perlu sampai rutin dan jangka panjang juga, secukupnya saja saat dibutuhkan. 


    Eh, Insto Dry Eyes ini juga bisa lho dipake sebagai pelumas softlense. Efisien banget kan nggak perlu bawa banyak botol cairan mata, cukup satu botol Insto Dry Eyes kecil aja cukup untuk pelumas mata kering maupun softlense.    

    Terakhir, ada tips nih untuk mengurangi gejala mata kering: 
    • Jangan lupa berkedip secara teratur, terutama saat membaca buku atau menatap layar gadget dalam waktu lama 
    • Tingkatkan kelembaban udara di rumah atau di tempat kerja 
    • Kenakan kacamata hitam saat di luar ruangan, terutama yang memiliki bingkai untuk mengurangi paparan angin dan matahari 
    • Menghindari dehidrasi dengan minum air sebanyak 8-10 gelas setiap hari 

    4 komentar

    1. Kunjungan perdana :).
      Mata kering emang nyakitin banget ya, untung ada Insto.

      Deadline menerjemahkan memang ngeri-ngeri sedaap.

      BalasHapus
    2. Inshaa Allah kedipku teratur kok. aman berarti ya?
      kadang juga kalo laptopan, sesekali memandang ke luar jendela
      supaya mata enggak perih, hehe

      BalasHapus
    3. Kalau kelilipan mata lihat mantan itu mata kering bukan Kak? Hahahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. mending liat uang daripada liat mantan, iya kan? :)

        Hapus

    Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^