Makan Enak Nongkrong Puas di Middleclass

by - Juli 31, 2019

Sepertinya lagi musim ya ruang makan berkonsep food court/pujasera yang juga sekaligus berfungsi sebagai public space. Saat lagi di jalan, sering nggak sengaja nemu tempat-tempat sejenis ini, bahkan ada yang dilengkapi kids playground di tengah-tengah, bikin hepi emak-emak. 

Salah satu tempat asik kaya gitu di Malang yang saya datangi adalah Middleclass Indonesia.  



Hah, kok middle class? Apa ada juga high class, low class?

Jadiii, ini nama tempatnya adalah Middleclass Indonesia. Menurut Bu Rossana, owner Middleclass Indonesia, dinamakan Middleclass supaya bisnis kulinernya ini bisa menjangkau semua kalangan. Mau nyari yang murah banyak, mau nyari yang mahal juga ada. Semua bisa menyesuaikan dengan keadaan kantong konsumen yang kebanyakan adalah mahasiswa. 

Yup, berlokasi di ruas utama jalan Cengger Ayam yang ramai, tepat di sebrang ponpes Al Hikam/STAI Al Hikam, Middleclass punya posisi yang strategis jadi tempat persinggahan para mahasiswa. Terlebih lagi daerah sini banyak terdapat kos-kosan mahasiswa yang berkuliah di UB, UM, dan sekitarnya. 

Terdapat belasan tenant yang menjajakan makanan lokal sampai internasional, mau yang bikin kenyang atau cuman cemilan lucu-lucu, atau hanya ingin seruput-seruput cokelat sambil ngobrol, atau mau semuanya, kuy...bareng teman-teman semua bisa pilih sesuai selera masing-masing. 

Hari itu saya beruntung bisa nyoba beberapa menu yang dijajakan Middleclass Indonesia, nggak cuman satu, tapi empat sekaligus.  

Lakar Nyaman, spesialis masakan khas Madura dan Seafood. 

Menunya nasi bebek hitam dan nasi kepiting. Kabarnya, dua menu favorit ini yang paling sering dipesan di sini. 

Disajikan dengan sepiring nasi, sambel pencit dan lalapan, menu bebek hitam ini terasa lebih joss selain daripada dagingnya yang empuk dan bumbunya yang meresap. Nggak berasa lagi makan bebek yang biasanya terasa liat dan susah dikunyah, ini empuk, anak-anak aja bisa makan.


Sedangkan bumbu kuah kepiting yang saya seruput, terasa kental dan gurih. Kepitingnya juga bukan kaleng-kaleng, dagingnya banyak, berwarna oranye dan nggak kudu bawa tang hihi, tinggal kopek-kopek aja pake tangan kulitnya mudah terbuka. 
Meski bahan baku seafoodnya diambil langsung dari Bangkalan, Madura, harga menu di Lakar Nyaman ini ramah di kantong tapi rasanya nggak murahan. Oh iya, outlet di Malang ini cabang ketiga setelah Madura dan Surabaya. Bisa cek-cek IG nya juga di @lakarnyaman_kuliner_madura 

Kyom, Authentic Korean Sween n Spicy Chicken 


Pernah makan menu Korea dengan harga di bawah 20 ribu? Cuman di Kyom bisa dapat harga segitu tapi rasanya nggak abal-abal. Paling banyak hanya menghabiskan 24.9 ribu untuk Kyom Delight yang toppingnya ampun-ampunan. 
Ini tiga menu yang saya coba di Kyom. Dry chicken, dibalut dengan tepung ala shihlin, tabur wijen dan nori, rasanya gurih dan empuk. Kyom original, disiram saus gochujang, membuat rasa lebih kaya dengan sentuhan sedikit hot. Satu lagi ramyeon original, puas deh kalo makan ini semua sendiri. Kenyang maksimaaalll. 

Stand Kyom ini ada di depan sendiri, berwarna kuning-biru, dan dijaga oleh oppa dan eonni yang juga sehari-harinya adalah mahasiswa. Lucu ya, memberdayakan sekitar. Cuss cek IG nya @kyom.id buat mendapatkan promo-promo hemat dan menarik yang sering dibagi-bagi sama Kyom. 

Republik Taichan, yang tak pernah kamu temukan di peta manapun. 

Itu sih tagline karangan saya aja. Aslinya sate taichan ini rasanya memang unik. Jika nggak suka berbumbu, bisa dimakan begitu saja tanpa cowal-cowel. Jika mau terasa spicy dan kaya rasa, ya tinggal aduk aja bumbunya, kucurkan jeruk nipis di atasnya....blas, segeeerrrr. 


Harganya, haduuhh....very worth to buy untuk kelezatan sate taichan plus lontong dengan bumbu lengkap pedas, asin, seger. Paling suka taichan kulit, tapi swiwi wings nya juga enak banget. Ah iya, bisa juga nambah-nambah topping seperti extra bawang, extra sambal atau kerupuk. Boleh cek-cek IG nya @Republik.Taichan yaa, biar makin ngiler dan cuss ke Middleclass. 

Dari sekian banyak tenant yang menjual minuman, saya rekomendasikan Cozy Chocolate karena cokelatnya kental, nggak kemanisan jadi nggak bikin batuk. Standnya ada di pojokan yah, nyempil di area tengah barangkali nggak kelihatan dari luar. Cek IG @coklat_cozymalang untuk postingannya. 


Masih kurang banyak kah reviewnya? Cuss aja langsung lah ke Middleclass Indonesia. Kalau komunitas atau perkumpulan apapun punya acara, mau nobar, kumpul-kumpul atau reuni, bisa juga sewa tempat di sini dengan GRATIS. Syaratnya hanya membeli makanan dan minuman seharga minimal 300.000 rupiah saja untuk 2 jam pemakaian. Kapasitas cukup sampai 150 orang. Gede juga kan ya. 



Foodcourt Middleclass yang mengusung konsep bangunan industrial ini buka mulai jam 10.00 sampai jam 23.00. Jangan kuatir dengan colokan listrik, ada di mana-mana, wifi tersedia, dan full music. Jadi nggak bakalan sepi meski hanya nongkrong sendirian di sini.

Khusus hari Jumat ada program sedekah dari setiap tenant di sini, kalau mau disela Jumatan dulu saat ngumpul-ngumpul di sebrang ada masjidnya Al Hikam, untuk yang mau sholat 5 waktu tersedia mushola dan toilet yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Lengkap. 

Jangan harap ada yang jual rokok atau minuman beralkohol, semua makanannya aman dan halal insyaallah.  

Rekomen banget untuk nongki dan maksi di sini! 

Middleclass Indonesia 
Jl. Cengger Ayam No.34, Tulusrejo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141
Buka 10.00 - 23.00 
Instagram https://www.instagram.com/middleclassindonesia 


     

You May Also Like

1 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen