May 8, 2019

Day 3 : Peanut Butter "Skippy" Cookies

Kue kering ini mudaaahh banget bikinnya, tinggal campur-campur, no mixer-mixer club. Cukup tiga steps aja : aduk, bentuk, panggang. Rasanya dijamin enak, karena keterlibatan Skippy Peanut Butter dalam adonan, ditambah mentega dan aroma susu, hasilnya lembuutt lumer membelai lidah, klop deh buat teman ngopi. 

Langsung yuk, nggak pake lama. 

Peanut Butter "Skippy" Cookies  

125gr selai kacang Skippy (boleh creamy atau chunky)
1 sdm mentega 
90gr gula halus 
100ml minyak sayur
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam (optional)
250 tepung terigu 

Cara membuat 
Kecuali terigu, campur semua bahan lain lalu aduk sampai halus dan homogen. Masukkan terigu perlahan-lahan sampai semuanya tercampur. Bentuk sesuai selera, bisa dicetak pakai cetakan cookies. Panggang 140-150 derajat selama +-30 menit. 

Pada awalnya, adonan akan terlihat sangat kering, berpasir dan sulit dibentuk, mirip adonan kulit pie seperti ini. Tapi jangan pantang menyerah yah, terus ditelateni lama-lama akan bisa dibentuk, bahkan digilas. 


Untuk bentuk dan cetakan, nggak ada pakemnya. Gimana selera aja, mau dibentuk pakai tangan atau cetakan. Olesan kuning telur juga menyesuaikan aja. Nggak semua kue kering atasnya harus dioles kuning telur. 

Saya pilih bentukan yang paling gampang dan cepat, bulat-bulat lalu tekan pakai garpu. Panggang dalam oven yang sudah panas sampai bawahnya kecoklatan dan matang. 


Nah, selesaaaiii, iiihh gampang banget yaaa... Cukup baskom ama tangan aja toolsnya, siapapun bisa bikin. Seru kalo sama anak-anak karena nggak makan waktu lama. Bisa dicetak yang lucu-lucu, trus minta si kecil olesin telur atau beri taburan keju/kacang di atasnya. 

Oh ya, apa bedanya kukis ini dengan kukis kacang jadul? Sebenarnya bahan-bahannya hampir sama, bedanya kalo kue kacang menggunakan kacang tanah sangrai sedangkan resep ini menggunakan selai kacang.

Pada resep kue kacang jadul, boleh-boleh saja ditambahkan selai kacang untuk memperkaya taste kacangnya, tapi menurut saya biarkan setiap resep punya ciri khasnya masing-masing :)    

#Day3 
#Skippy Ramadhan Challenge
#BPN Ramachan Challenge

No comments:

Post a Comment