Berenang di Sumber Alam, Garut.

Ada banyak tempat wisata di Garut yang menyediakan kolam atau pemandian air panas, plus dengan resort mewah dan nyaman. Lokasi pemandian air panas di Garut yang paling banyak ada di daerah Cipanas, salah satunya Sumber Alam. Yap, karena di sini terdapat sumber air panas alami yang melimpah, tinggal telusuri saja pemandian air panas di sepanjang jalan ini, dijamin bingung sendiri hehe.

Garut, sebuah kota di selatan Jawa Barat yang tidak diragukan lagi pemandangan alamnya sangat indah dengan udara yang relatif sejuk. Berada di ketinggian 717 meter di atas permukaan laut, menjadikan Garut punya pesona wisata alam mulai dari gunung hingga pantai. 

Beruntung saat mengunjungi sanak saudara di Garut lebaran kemarin, saya dan keluarga berkesempatan untuk berenang di Sumber Alam Garut. Pilihan berenang ke sini dikarenakan kolam renang yang ada di penginapan kami airnya dingin, hehehe...maklum ya, bawa anak-anak, bisa cuman nyemplung doang terus mereka bilang “udahan buuuu….”

Lokasi Sumber Alam

Mudah menemukan lokasi Pemandian Sumber Alam, karena masih sederetan dengan resort-resort di sepanjang jalan raya Cipanas, Tarogong Kaler, Garut. Ditempuh hanya 5 menit saja dari tempat menginap kami. Kolam renang Sumber Alam dibuka untuk umum, tidak khusus untuk pengunjung resort saja.

Harga Tiket Berenang di Sumber Alam

Tiket masuk Sumber Alam dibanderol seharga 40rb (dewasa) dan 35rb (anak-anak), cukup murah untuk kolam yang nyaman dibanding kolam renang hotel yang rata-rata harganya di atas 50rb/orang. 

Air Hangat 

Kalau mengharapkan air panas untuk berendam ala jacuzzi, perginya harus ke Darajat Pass...di sana airnya betul-betul panas, cocok buat berendam-rendam aja. Kalau di Sumber Alam airnya hangat-hangat kuku, tetap enak dibawa berenang atau berendam.

Ada juga sih bagian kolam kecilnya untuk jacuzzi, tapi banyak orang juga yang nyemplung jadi rada males lah ya, hehe

Kolam Renang 

Terdapat tiga kolam renang yang ada di Sumber Alam. Yang pertama, kolam renang utama, paling luas dan terdiri dari tiga tingkatan kedalaman (80cm, 100cm, 150cm). 


Sumber Alam Garut

Yang kedua, kolam anak-anak yang lebih kecil, dalamnya hanya sedengkul si bungsu yang tingginya belum 100cm. Ada perosotan pendek dan ember tumpah. Seru sih buat anak-anak, kolamnya juga bening, bersih.


berenang di Sumber Alam

Yang ketiga, kolam yang airnya lebih hangat dari dua kolam sebelumnya. Yang ini relatif dangkal dan lebih cocok buat duduk-duduk sambil berendam. 


sumber air panas

Kamar Ganti dan Toilet 

Untuk kamar ganti, tersedia sekitar 5 bilik kering seperti di gambar. Sedangkan untuk bilas, showernya terbuka los tanpa sekat jadi kalau mandi ya diakal-akalin aja biar nggak terlalu vulgar, karena yang lain juga sama nasibnya :)

Toiletnya hanya ada satu, jadi antri banget. Yang malu mandi di tempat bilas ya harus nunggu benar-benar sepi biar bisa mandi di dalam toilet. 


pemandian air panas

O ya bawa toilettries sendiri ya, karena di tempat bilas nggak ada soap/shampoo container. Handuk juga tidak disediakan oleh pihak kolam renang.

Cafetaria Sumber Alam

Habis renang terbitlah lapar. Makanan yang dijual di cafetaria Tasikmadu Sumber Alam cukup beragam, mulai dari roti bakar, bakso, burger, nasi goreng, bajigur dan cemilan lainnya.

Harga sepadan dengan porsi dan plating cantik (nggak sempet foto, ribet bolbal mandiin anak). Bawa makanan sendiri juga sebenernya nggak apa-apa sih.


kolam air panas Garut
menunya enak-enak

Apa yang menarik dari Sumber Alam ini? Viewnya, paceeee….lagi berenang trus ngelamun-ngelamun liat view gunung Guntur, alahmaaakk…..rileks, penyegaran seluruh badan. Betaaahhh gitu. Jadi kita nggak hanya dapat badan yang sehat karena berenang tapi juga pikiran yang fresh dan tenang. 

Untuk crowd, Sumber Alam tidak seramai kolam sebelah yang namanya mirip. Masih bisalah berenang satu lintasan tanpa nabrak orang lain.

Tuh, bapak-bapak pada main volley air aja bisa. Air di kolam Sumber Alam juga berwarna biru jernih (kelihatan dasarnya) dan bersih. Recommended untuk keluarga.

Kampung Sumber Alam

Jl. Raya Cipanas 122 Garut, Jawa Barat Indonesia 44151
0262 - 238000 / 237700 - WA message only 0896.4055.5291
reservation@resort-kampungsumberalam.com
www.resort-kampungsumberalam.com/

Next Post Previous Post
4 Comments
  • Ainun
    Ainun 21 Juli 2018 12.34

    Garut kayaknya duluuu waktu kecil numpang lewat aja di kota ini. Next deh agendain ke sana

  • Unknown
    Unknown 29 September 2020 14.53

    harga per kamar per tipenya berapa disini...

  • Eni Martini
    Eni Martini 5 Oktober 2021 21.26

    Wah, aku berapa kali ke Garut tapi belum coba nih mandi di sumber air panas. Jadi pengen deh

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 11 Oktober 2021 10.19

    Wahh segar banget lihat kolam siang-siang terik gini yaa. Btw, apakah tempat ini masih dibuka saat pandemi ini?

Add Comment
comment url