Terapi Hormon untuk Undescended Testicles

Setelah diketahui kondisi testis Arraf yang belum turun di umur 8 bulan, dokter menyarankan kami nunggu sampai setidaknya umur 12 bulan karena masih ada kemungkinan dia turun sendiri tanpa intervensi dari luar.

Undescended Testicles atau Cryptorchidism artinya salah satu atau kedua testis belum turun ke dalam scrotum. 

Jadi, saat masih di dalam kandungan, testis janin laki-laki berada di sekitar perut, setelah lahir akan turun melalui suatu saluran yang dinamakan inguinal canalis, hingga masuk ke dalam kantungnya, yang dinamakan scrotum. 3 dari 10 bayi punya kemungkinan mengalami hal ini, tapi bukan penyakit, bukan pula kecacatan. Penyebab kasus begini secara medis pun belum diketahui faktornya, hanya defisiensi testosteron pada saat dalam kandungan yang bisa jadi penjelasan, itupun gak ada yang bisa dilakukan ibunya untuk menambah volume testosteron pada janinnya karena hormon sejatinya dihasilkan oleh tubuhnya sendiri. 

Kalo dibilang prematur, enggak juga, si kakak lahir 39w dan di atas 2.5kg. Well... 

"Undescended testis (UDT) atau cryptorchidism adalah kelainan kongenital tersering yang ditemukan pada anak laki-laki. Predisposisi terjadinya UDT adalah prematuritas, berat bayi lahir rendah, kecil masa kehamilan, kehamilan kembar dan penggunakan estrogen pada trimester pertama. UDT dapat turun spontan ke testis dan yang tidak turun memerlukan bantuan tindakan medis. Kegagalan menurunkan testis dapat berakibat infertilitas dan keganasan selgerminal. Penatalaksanaan UDT menggunakan hormon hCG dan bila gagal dilanjutkan dengan pembedahan. Tindakan pembedahan meliputi mobilisasi testis dan pembuluh darah, ligasi kantong hernia dan fiksasi kuat testis pada skrotum. Komplikasi yang paling sering terjadi adalah posisi testis tidak sempurna." 

Firdaoessaleh. Diagnosis dan Penatalaksanaan Undescended Testis. Maj Kedokt Indon, Volum: 57, Nomor: 1, Januari 2007.

Selama masa tunggu itu, nggak ada yang bisa kami lakukan selain observasi testisnya, biasanya kalo lagi tidur suka teraba 'bola-bola' nya ada di saluran turun, kadang hilang lagi. Tapi nggak khawatir, karena sesuai hasil USG segera setelah diagnosa didapat, testis Arraf dua-duanya ada, berukuran normal, dan berada pada saluran yang tepat, tinggal tunggu waktunya aja dia turun ke kantung skrotum.

Hingga sampai usia 12 bulan, testisnya belum juga turun. Apabila setelah 1 tahun belum turun juga, maka dilakukan intervensi medis untuk merangsangnya turun. 


Terapi hormon Human ChorionicGonadotropin (HCG). 

Hormon ini yang akan merangsang sel pada tubuh memproduksi hormon testosteron. Proses terapinya melalui injeksi, sekian dosis hCG disuntikkan ke paha dengan frekuensi 2x seminggu, selama 9-12 kali terapi. 

Arraf mulai terapi di umur 14 bulan, konsultasi dan terapi dilakukan sama dokter spesialis endokrin anak, dr Diet Sadiah R, SpA (K) di RSIA Hermina Pasteur. Hormon hCG yang dipake buat terapi ini mereknya Pregnyl 1500. Sebelum terapi, saya cari tau dulu efek samping atau kejadian pasca terapi yang kerap terjadi pada anak-anak kasus serupa, termasuk efek samping dari merek tsb. Gak ada laporan hal-hal yang mengkhawatirkan, bahkan gak seperti imunisasi yang berefek demam, bentol, dsb, terapi hormon ini efeknya cuma ke sasaran yang dituju aja. 

Terapi yang ke 1 dan ke 2, scrotum belum terisi sama testis, masih kempes seperti sebelumnya. Cuma kok, belakangan ini Arraf tidur malamnya sering keganggu, guling-guling merengek tapi masih merem, dan frekuentatif dalam sekian jam tiap malam. Lumayan gempor juga karena bolak-balik nyusuin, tepuk-tepuk, baru juga merem udah ahak ihik lagi. Ngobrol sama ayah (sebagai laki-laki), katanya mungkin obatnya sedang bekerja pada tubuh, jadi Arraf agak kesakitan. Pada beberapa kondisi, testis laki-laki dewasa pun sering naik turun, penyebabnya bisa kecapean atau habis olahraga dan saat kembali turun rasanya sakit banget. Kenapa siang baik-baik aja, tapi malem kaya gitu? entahlah..katanya memang suka kejadiannya kalo lagi istirahat tidur. Salah satu kemungkinan lain efek samping yang saya baca di beberapa literatur, adalah gangguan emosional, ya mungkin kalo Arraf jadi gangguan tidur. 

Setelah terapi ke 4, mulai terlihat perubahan yang signifikan, kantungnya mulai menggantung berisi baik pagi bangun tidur, siang pas lagi banyak aktivitas atau malam pas lagi tidur. Dokter bilang cukup 2x lagi aja terapinya untuk mematenkan. Haduuu, Alhamdulillah banget semuanya dimudahkan. Kekhawatiran terapi gagal dan harus operasi jelas udah kebayang dari awalnya, udah siap-siap dananya juga, tapi meskipun gitu optimis sama hasil terapi karena chancenya memang 70% berhasil ditangani cukup dengan terapi hormon asal dilakukan sejak dini.

Minggu ini Arraf selesai terapi ke 6 kali. Lama-lama dia juga hafal sama kondisi rumah sakit, di ruang tunggu sih masih semangat ngetok-ngetok pintu kamar praktek, begitu masuk liat dokternya langsung teriak ngacir balik lagi. Tapi yah, iming-iming nenen selalu jadi the best cure habis nangis disuntik. Nangisnya juga standar sih pas 'cus' aja, seudah dicabut ya langsung berhenti. Selesai sudah kekhawatiran kami sebagai orang tua, at least satu pe-er tertangani dengan baik. Satu bulan dari sekarang harus kontrol lagi buat lihat kondisinya, mudah-mudahan testisnya nggak naik lagi. Dadah-dadah sama dr Diet, karena satu bulan lagi bakal ketemu dokter endokrin lain di Hermina Malang. 

Biaya untuk sekali pertemuan di Hermina Rp 417.000, meliputi jasa tindakan, harga obat, alat medis dan jasa konsultasi dokter. Biaya dokternya sendiri di poli eksekutif 165rb, sedangkan harga obat 230rb. Mahal ya? kalo 10 kali terapi aja udah hampir 5 juta nih o_O

Dua kali terapi di Hermina, kerasa banget lumayan berat kalo mesti ke Pasteur 2x seminggu cuma buat ke RS doang. Perjalanannya aja 3 jam bolak-balik, padahal tindakan di RS nya gak nyampe 30 menit. Ternyata dr Diet praktek juga di RS Al Islam, ih deket banget dari rumah cuma 15 menit. Jadi, sisa appointment terapi Arraf diselesaikan di Al Islam, dengan dokter yang sama. Surprisingly, harga Pregnyl di sana juga sedikit lebih murah, 200rb dan...jengjeeeeng, biaya dokter 40rb+pendaftaran 20rb. Total biaya terapi di sana Rp 260 ribu aja!!! Udah mah ongkos jauh lebih murah, sekali naik angkot, tindakan sama, biaya setengahnya pula dari Hermina...efisien segala-gala deh *kecup dompet*. 

Next Post Previous Post
44 Comments
  • teefa sinatriya hakim
    teefa sinatriya hakim 19 Februari 2012 pukul 06.34

    nah,jangan2 ini sama ky tetanggaku.baru aja kemaren anaknya 3thnan oprasi.katanya testisnya ilang,jd dioprasi dicari2 di perut.trs akhirnya diiket biar ga lari2.

    oo jd klo ketauan lebih dini bs terapi hormon aja ya?sukur deh arraf cepet ditangani,drpd oprasi ya.

    tfs ya rel ;)

  • Rella Sha
    Rella Sha 19 Februari 2012 pukul 08.46

    Hah? ngeri amaaat diiket-iket segala. Mungkin kalo udah 3th gitu ada penyebab khususya ya kenapa bisa naik lagi..

    Iya tindakan lebih cepat lebih baik krn kalo dr bayi cuma tinggal dirangsang aja.

  • teefa sinatriya hakim
    teefa sinatriya hakim 19 Februari 2012 pukul 16.43

    iya soalnya takut klo anaknya banyak tingkah bisa naik2 lg.nah padahal anak segitu mana bisa diem.trus katanya masih bisa naik turun ini sampe umur 10th.

  • HIME
    HIME 22 Februari 2012 pukul 13.10

    halo mba, baru sekali bertandang, tertarik dgn blog post nya.

    anak aq kebetulan BBLR, nah ini diagnosis pertama tahunya testisnya ga turun dari mana ya mba.

    ga pernah merhatiin jg si.. skrg udh 17 bulan anakku

    tq

  • Rella Sha
    Rella Sha 22 Februari 2012 pukul 17.51

    hai mbak Hime..
    kalo anak saya ketahuannya sama dokter waktu kontrol. Secara fisik harusnya keliatan kok,scortum harusnya menggantung terisi testis..coba aja dipegang, ada bolanya nggak, klo ga kebayang coba sama ayahnya diperiksa :)

  • Mommy G
    Mommy G 22 Februari 2012 pukul 23.35

    Halo Mbak.. Kebetulan anak saya juga testis sebelah kanannya blm turun. Letaknya Di Atas skotrum. Skr usianya 1 thn 3 bulan. Skr aku Bingung mau terapi hormon hcg ato dilakukan tindakan bedah. Gimana anak Mbak Skr? Apakah berhasil dengan terapi hormon? Terima kasih Atas jawabannya

  • Rella Sha
    Rella Sha 23 Februari 2012 pukul 06.13

    Mommy G,anak sy testisnya sudah berhasil turun lewat terapi hormon. Klo menurut dsa saya,terapi bs dilakukan asal di bawah 18bln. Untuk tahu tindakan apa yg harus diambil,baiknya konsul ke dsa endokrin,nanti dokter akan menyarankan USG u/ tahu letak pasti testisnya krn posisi jg menentukan tindakan.. Semakin dekat ke scrotum,semakin besar chance terapi berhasil. Hth ya.

  • HIME
    HIME 23 Februari 2012 pukul 06.46

    makasih y mba... semalem lgsg di cek ayahnya :)

  • Mommy G
    Mommy G 23 Februari 2012 pukul 09.05

    Kalau Boleh tau, anaknya Mbak terapi hormon Dgn Dokter Apa yah? Beliau praktek Dimana? Pada kasus anakku Sudah Di usg Dan testis kanan ditemukan tidak jauh dari kantongnya. Sedangkan testis kiri normal Di kantongnya. Pada kasus anak Mbak unilateral undescended testis yah? Klo pada anakku bilateral undescended testis ( hanya sebelah kanan yg tdk turun). Aku Sudah konsul Dgn prof dr Jose batubara ahli endokrin. Beliau memberikan 2 pilihan Dgn terapi hormon ato Dgn tindakan bedah. Aku msh Ragu Apakah terapi hormon bs berhasil mengingat USIA anakku Skr 15 bulan. Terima kasih Mbak Atas jawabannya

  • Rella Sha
    Rella Sha 23 Februari 2012 pukul 10.25

    mommy G, aku lokasi di Bdg..kontrolnya ke dr Diet Sadiah di Hermina. Kebalik kali ya,anak sy bilateral,anak mbak unilateral kan?

    Usia anak sy juga 14bln mulai diterapi,klo menurut sy coba terapi dulu saja anaknya mbak..krn usia masih kecil dan letak testis juga sudah dekat,tingkat keberhasilannya masih besar.

    Atau mau cr second opinion? Setau sy dr Aman Pulungan jg dsa endokrin di Jkt.

  • Mommy G
    Mommy G 24 Februari 2012 pukul 17.42

    Iya terbalik Mbak, hehehe. Iya aku Ud daftar Di Dokter aman pulungan juga Di rs pondok indah. Aku berharap terapi hormon bs menurunkan testis anakku. Semoga tdk perlu Di operasi. Trima kasih Mbak Atas jawaban2 n pedapat nya :)

  • Anonim
    Anonim 5 Juni 2012 pukul 14.29

    mba..bisa minta nomer tlp?saya punya kasus yg mirip..saya br mau periksa ke dr.diet itu.. anak saya 2,5 th blm turun jg 1 testisnya..

  • Rella Sha
    Rella Sha 6 Juni 2012 pukul 14.33

    Mbak Anonymous, silakan kirim email ke levenons@gmail.com dulu yaaa..maaf gak bisa publish no tlp di sini. Thx :)

  • Anonim
    Anonim 25 Maret 2014 pukul 11.07

    saya maryanto dari bandung, mau tanya untuk biaya USG testis berapa dan dimana tempatnya? dokter anak saya menyarankan ke dr bobby di jalan dipati ukur - bandung, disana biayanya sekitar 800 ribu, apakah ada tempat lain yang lebih bagus lagi dan terjangkau harganya? tolong share ke e-mail saya di : "maryanto_s@yahoo.com" terima kasih

  • Pyuutsky
    Pyuutsky 3 Februari 2015 pukul 20.45

    Dear bunda Sorella ya betul?hihi...buuun alhamdulillah bgt aku dari tadi nge-mbah google cari info tentang UDT ini huhu...aku jadi parno gegara ada sobat SMA ku dulu sharing klo ada anak tmn kantornya yg UDT dari situ aku amaze ajah baru ngeh ternyata sampe ke hal itu pun musti diperhatiin yaa..anakku 2 hari lagi 9 bln bun. Nahhh aku coba meraba scortum anakku kok kayanya kosong dua"ny?huwaaa...scortumnya itu maaf yaa klo bahasa sundanya murukut buun jadi engga jatuh ke bawah apa ini termasuk gejala UDT bukan ya??nahhh aku cari" deh dsa endokrin di Bdg ternyata ada yaa & alhamdulillah ternyata ada di Al-Islam jg tadi lebih dkt hihi...buun tenkyu bgt yaa info sharingny help a lot. Semoga dr.Dietnya masih praktek di sana ya aamiin. Tenkyuu bgt buun =D

    • Rella Sha
      Rella Sha 15 Desember 2015 pukul 01.57

      Halo mbak, mohon maaf saya quit lama dari blogger.

      gimana hasil diagnosa si kecil? semoga baik2 aja ya.

  • Pyuutsky
    Pyuutsky 3 Februari 2015 pukul 20.48

    Dear bunda Sorella ya betul?hihi...buuun alhamdulillah bgt aku dari tadi nge-mbah google cari info tentang UDT ini huhu...aku jadi parno gegara ada sobat SMA ku dulu sharing klo ada anak tmn kantornya yg UDT dari situ aku amaze ajah baru ngeh ternyata sampe ke hal itu pun musti diperhatiin yaa..anakku 2 hari lagi 9 bln bun. Nahhh aku coba meraba scortum anakku kok kayanya kosong dua"ny?huwaaa...scortumnya itu maaf yaa klo bahasa sundanya murukut buun jadi engga jatuh ke bawah apa ini termasuk gejala UDT bukan ya??nahhh aku cari" deh dsa endokrin di Bdg ternyata ada yaa & alhamdulillah ternyata ada di Al-Islam jg tadi lebih dkt hihi...buun tenkyu bgt yaa info sharingny help a lot. Semoga dr.Dietnya masih praktek di sana ya aamiin. Tenkyuu bgt buun =D

  • tiolindo
    tiolindo 10 Desember 2015 pukul 09.56

    Mba sorela..aq boleh juga ga minta nomer dsa nya,atau ada dari mommies buat dokter spesialisnya yg ada di jkt,anak saya juga punya problem yg sama dsa nya rujuk ke urologi dan dr urologi blg harus bedah..ngeri sih bayangin baby 6bln dibedah. Tq ya mom

    • Rella Sha
      Rella Sha 15 Desember 2015 pukul 02.02

      wah saya udah gak nyimpen no tlp dsa dulu...

      coba ke dr.Jose batubara atau dr.Aman pulungan mbak, tempat prakteknya saya kurang update.

      kalo 6bl rasanya msh bisa diterapi yaa klo baby sudah agak besar dikit.

  • Unknown
    Unknown 27 Mei 2016 pukul 19.30

    Anak saya umur 5bln juga mengalami hal yg sama mba skrotum yg kiri blm turun, boleh sharing ga mba? Lewat email atau line kl ada mba. Thanks ya mba ditunggu banget balesannya

  • Unknown
    Unknown 27 Mei 2016 pukul 19.33

    Mba anak saya mengalami hal yang sama, boleh sharing ga mba? Email kontaknya ya mba kl boleh. Thanks ya mba sangat ditunggu balasannya

  • Unknown
    Unknown 28 Agustus 2016 pukul 23.59

    Dok maaf minta info suntik testoteron di bekasi dimana yah? mao ratain jenggot dan kumis yg pertumbuhan kanan dan kiri tidak sama atau rata, mungkin ada saran dan solusi terimakasih tolong dok

  • Unknown
    Unknown 3 November 2016 pukul 19.42

    Mbak aku tggl dimamuju,,,anakku yg sebelah kananx ndak trn,sdh diperiksa dan dianjurx terapi hormon,,tp syg obat pregnylx lg kosong dimakassar,,sdh 3 bln kosong,kata Sp.A nya dijkt jg lg kosong skrg,,,duh sedihx mengingat umur sikecil sdh mau 9 bln skrg,,,takutx lewat golden time untuk terapi hormonx,,pdhal sdh berjuan perjalanan 12 jam untuk ktm dgn Sp.A nya dimakassar,,,andaix anda yg bs bantu cariin obatx duh rasax senang skl,,,

  • Dewi
    Dewi 3 November 2016 pukul 19.49

    Mbak aku tggl dimamuju,,,anakku yg sebelah kananx ndak trn,sdh diperiksa dan dianjurx terapi hormon,,tp syg obat pregnylx lg kosong dimakassar,,sdh 3 bln kosong,kata Sp.A nya dijkt jg lg kosong skrg,,,duh sedihx mengingat umur sikecil sdh mau 9 bln skrg,,,takutx lewat golden time untuk terapi hormonx,,pdhal sdh berjuang perjalanan 12 jam untuk ktm dgn Sp.A nya dimakassar,,,andaix anda yg bs bantu cariin obatx duh rasax senang skl,,,

  • Mimina Dirgham
    Mimina Dirgham 7 Januari 2017 pukul 13.09

    Mbak tinggalnya dimana???nama dokternya siapa..nama rs dan alamatnya dmn??maaf y mbk banyk tny..krn anakqu jg testisnya blom turun..cm dokternya enggan ngsh suntik hormon mintanya langsng d operasi aj...mau cari option lain aj krn kshn gk tega bgt klo anaknya mesti operasi...dn klo suntik hormonpun qt dsuruh beli dan cari obatnya sendiri dan dsimpan sendiri...si dokter cm mau bantu nyuntik aj :( blh minta no hp gk mbk???mau tny2 dunk

    • Rella Sha
      Rella Sha 23 Januari 2017 pukul 21.45

      Halo, dulu waktu tindakan dengan dr.Diet Sadiyah di Bandung.
      Saya nggak tahu klo sekarang prosedur yg disepakati para dokter gimana ya mbak, soalnya case saya 5th lalu mungkin sekarang sudah berubah kebijakannya. no hp silakan japri lewat email ya levenons@gmail.com

  • Anonim
    Anonim 10 September 2017 pukul 01.40

    Hi mba gimana kabar nya Arraf sekarang? Apa dengan terapi hormon saja testis nya bisa turun sempurna/normal? Ada efek samping yg muncul ga setelah 5 thn ini? Thanks ya sharing nya membantu banget buat kami.

    • Rella Sha
      Rella Sha 15 September 2017 pukul 16.54

      Alhamdulillah, waktu usia 5th saya usg testis lagi tuurun sudah sempurna, hanya memang kecil. Setahu saya skrg rekomendasinya langsung dioperasi ya. Senang bs sharing. Salam.

    • Anonim
      Anonim 28 September 2017 pukul 11.02

      Salam bunda, putra sy ketahuan UDT bilateral sejak lahir, pdahal UK 38/39 mg, batik BBL 3,1kg. diminta DSA nya ditunggu 6 bulan trnyta blum turun ,akhirnya disarankan ke dsa endokrin anak dg USG testis dulu. Sy posisi di surabaya, ada dr. Faizi. sy usg kan usia 9 bulan, testis nya ada di kanalis inguinalis, sm dokter faizi disarankan suntik HCG seminggu 2x selama 10x suntikn/ 5minggu. Obatnya skrg harga nya 980rb bunda... Insyaallah mulai selasa depan putra saya mau disuntik untuk yg pertama kali. Mohon doanya bunda2... Smoga berhasil tanpa dibedah, bisa turin ke skrotum nya.skrg usia 11 bulan 5 hari. Smoga bisa kaya maa arraf berhasil dg disuntik. Sehat2 terus buat putraputri kita. Amin

    • Rella Sha
      Rella Sha 10 Oktober 2017 pukul 15.24

      Alhamdulillah ya ketauan sejak awal. Wow harganya lumayan nggih, mudah2an bunda diberi rizki yang luas untuk ananda. Semoga lancar, salam :)

    • Unknown
      Unknown 13 Agustus 2018 pukul 08.48

      Haloo mom ini akun yg mom bales kok ga ada ya.. soalnya anak saya jg baru mau saya bawa ke dr faizi surabaya..sya mau tanya apakah terapinya dulu berhasill..tnya biaya dll juga..anak sya skrg 7bln an..mau tanya biaya dll ..trmkasih mom

    • Rella Sha
      Rella Sha 14 Agustus 2018 pukul 13.51

      halo mom, alhamdulillah di anak saya terapinya berhasil. tapi saya nggak tau rekomendasi DSA sekarang gimana ya, apa bisa terapi dl atau langsung operasi? untuk biaya spt ditulis di atas mom, itu tahun 2012 ya...tahun 2018 pasti sudah naik. Smg lancar :)

  • Anonim
    Anonim 28 September 2017 pukul 11.04

    Salam bunda, putra sy ketahuan UDT bilateral sejak lahir, pdahal UK 38/39 mg, batik BBL 3,1kg. diminta DSA nya ditunggu 6 bulan trnyta blum turun ,akhirnya disarankan ke dsa endokrin anak dg USG testis dulu. Sy posisi di surabaya, ada dr. Faizi. sy usg kan usia 9 bulan, testis nya ada di kanalis inguinalis, sm dokter faizi disarankan suntik HCG seminggu 2x selama 10x suntikn/ 5minggu. Obatnya skrg harga nya 980rb bunda... Insyaallah mulai selasa depan putra saya mau disuntik untuk yg pertama kali. Mohon doanya bunda2... Smoga berhasil tanpa dibedah, bisa turin ke skrotum nya.skrg usia 11 bulan 5 hari. Smoga bisa kaya maa arraf berhasil dg disuntik. Sehat2 terus buat putraputri kita. Amin

    • Unknown
      Unknown 6 Februari 2018 pukul 07.11

      Mbak mau tau ambil obatnya dimana ya mbak, soalnya anakku sisa seminggu lagi suntik lanjutannya, terus obatnya udah habis.
      Mohon infonya mbak.
      Terima kasih.

    • Unknown
      Unknown 6 Februari 2018 pukul 07.14

      Mbak mau tau beli obatnya dimana mbak, soalnya anakku obatnya sisa seminggu lagi habis dan masih ada 4X suntik, di sulsel stoknya udah habis tidak tau mau ambil dimana lagi.
      Mohon infonya mbak.
      Terima kasih

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 Februari 2018 pukul 12.55

      semangat ya, semoga lancar.

  • Mahkota Surabaya
    Mahkota Surabaya 5 Januari 2018 pukul 14.55

    Selamat Pagi, perkenalkan saya danang perwakilan Mahkota Medical Centre melaka malaysia. kami adalah salah satu perwakilan di indonesia. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    5. Membantu claim Asuransi.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    WA : +6281 331777697
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

  • Unknown
    Unknown 6 Februari 2018 pukul 07.09

    Mbak mau tau dong, beli obatnya dimana ya mbak, soalnya di sul sel susah banget obatnya, terus sisa waktunya seminggu lagi mbak suntik lanjutannya, terus obatnya udah habis.
    Pusing saya mbak obatnya ambil dimana lagi

    Tolong ya mbak informasinya.

  • Unknown
    Unknown 6 Februari 2018 pukul 07.18

    Mbak mau tau dong, beli obatnya dimana ya mbak, soalnya di sul sel susah banget obatnya, terus sisa waktunya seminggu lagi mbak suntik lanjutannya, terus obatnya udah habis.
    Pusing saya mbak obatnya ambil dimana lagi

    Tolong ya mbak informasinya.

    • Rella Sha
      Rella Sha 6 Februari 2018 pukul 12.55

      Maaf saya tidak tahu beli obatnya dimana, pak, karena saya tidak beli obat sendiri. Saat terapi langsung di rumah sakit juga beserta obatnya.

  • Febriyanti
    Febriyanti 19 Februari 2018 pukul 23.29

    Mbak. Di hermina malang, terapi di dkter siapa mba ?

    • Rella Sha
      Rella Sha 20 Februari 2018 pukul 19.54

      dr. Hariyudi, SpA (K) , konsultan endokrin anak.

  • Unknown
    Unknown 28 Mei 2020 pukul 02.45

    Itu terapinya harus di hermina ya kak?
    Anak sy juga ngalamin hal yg sama, tp ini masi tahap awal mau USG dulu
    Blog kakak sangat membantu u/ estimasi biaya dan penyemangat juga ternyata terapi hormon bisa ngatasin tanpa harus operasi
    Sempat galau soal harga, alhamdulillah ketemu blog kakak
    Makasi kak

    • Rella Sha
      Rella Sha 14 Juni 2020 pukul 01.27

      Enggak kok, di mana aja bisa rumah sakit yang ada dokter endokrin anaknya.
      Ini pengalaman saya aja, yg kebetulan di situ. Soal tindakan dan harga, saya khawatir sudah berbeda lagi rekomendasinya tahun ini. Silakan konsul ke nakes terdekat yaa.

Add Comment
comment url