Deretan Film Dokumenter Terbaik Pemenang Awards di Festival Film

Bikin film dokumenter memang tidak mudah. Perlu investigasi, in depth journalism, dan tentunya keberanian sang Sutradara untuk mengangkat isu yang biasanya tengah panas, kontroversial, atau melawan sejumlah kepentingan besar. 

Sebagaimana namanya, film dokumenter bersifat fakta yang dikemas secara kronologis untuk membuat plot yang menarik. Wajar ya, karena seringkali saking faktanya, jadi terlihat membosankan… makanya diperlukan sineas yang jenius untuk mengemas deretan fakta-fakta ini menjadi sinematik yang menarik dan menjual. 

Apa saja film-film dokumenter yang berhasil sukses dan menyabet banyak penghargaan di festival-festival film?

Film Dokumenter Peraih Banyak Awards Festival

Free Solo (2018)

Film dokumenter ini menceritakan kisah Alex Honnold saat dia mencoba menjadi orang pertama yang mendaki El Capitan di Taman Nasional Yosemite tanpa tali pengaman. Film ini memenangkan Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk BAFTA Award untuk Film Terbaik dan Film Dokumenter Terbaik, dan Critics' Choice Documentary Award.

Icarus (2017)

Film ini dimulai sebagai penyelidikan tentang doping dalam olahraga, tetapi kemudian berubah menjadi skandal doping yang lebih besar yang melibatkan Rusia. Icarus memenangkan Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk Peabody Award dan Cinema Eye Honors for Nonfiction Feature.

March of the Penguins (2005)

Film ini menceritakan kisah kaisar penguin saat mereka melakukan migrasi tahunan di Antartika. March of the Penguins memenangkan Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk BAFTA Award untuk Film Terbaik dan Film Dokumenter Terbaik, dan Penghargaan C├ęsar untuk Film Terbaik.

Citizenfour (2014)

film dokumenter terbaik

Film ini menceritakan kisah Edward Snowden, yang membocorkan informasi rahasia tentang program pengawasan pemerintah AS. Citizenfour memenangkan Penghargaan Spesial Juri di Festival Film Cannes 2014, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik, BAFTA Award untuk Film Terbaik dan Film Dokumenter Terbaik, dan Penghargaan Peabody.

The Act of Killing (2012)

Film dokumenter ini mengeksplorasi genosida Indonesia tahun 1965-66. The Act of Killing memenangkan Penghargaan EYE untuk Film Non-Fiksi di Festival Film Cannes 2012, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk Penghargaan Dokumenter Terbaik di Festival Film Sundance dan Penghargaan BAFTA untuk Film Terbaik dan Film Dokumenter Terbaik.

Flee (2021)

Film animasi ini menceritakan kisah seorang pengungsi Afghanistan saat dia melarikan diri dari negaranya dan mencari suaka di Eropa. Flee memenangkan Academy Award untuk Film Dokumenter Terbaik, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk Penghargaan Dokumenter Terbaik di Festival Film Sundance dan Penghargaan Grand Jury di Festival Film Cannes.

Ini hanya beberapa contoh dari sekian banyak film dokumenter yang telah memenangkan banyak penghargaan. Ada banyak film dokumenter luar biasa yang bisa ditemukan di platform-platform menonton seperti di Netflix, Hulu, Amazon Prime, dan The Documentary Channel. 

Film dokumenter juga tidak selalu mengangkat cerita yang ‘lurus’, ada banyak film-film yang mengetengahkan realitas yang pahit yang terjadi sebagai fenomena sosial. Sebut saja beberapa judul seperti The Janes (2022), yang menceritakan kisah Jane Collective, sebuah kelompok wanita bawah tanah yang menyediakan aborsi ilegal di Chicago pada 1960-an dan 1970-an. The Janes memenangkan Penghargaan Dokumenter Terbaik di Festival Film Sundance 2022, dan juga menerima banyak penghargaan lainnya, termasuk Penghargaan Peabody dan Penghargaan Cinema Eye Honors untuk Fitur Non-Fiksi.

Well, menonton film dokumenter memang harus menyiapkan hati dan pikiran yang terbuka. Karena bisa saja kita tidak siap dengan fakta-fakta di luar sana yang tidak pernah kita ketahui. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url