Intip Biaya Kuliah di Seoul National University untuk Mahasiswa Internasional

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Seoul National University (SNU), kan? SNU adalah salah satu universitas paling bergengsi dan menempati peringkat #1 di Korea Selatan, versi QS WUR 2024.

Berdiri sejak tahun 1946, SNU telah menjadi tempat lahirnya banyak pemimpin, ilmuwan, dan tokoh terkenal di berbagai bidang. Dengan kampus yang luas dan fasilitas kelas dunia, tidak heran kalau banyak yang bilang SNU adalah kampus terbaik di Korea.

Nah, buat kamu yang mau kuliah di SNU, salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya kuliahnya. Yuk, kita cari tahu!

Profil Singkat Seoul National University

kuliah di Seoul National University


SNU berdiri pada 1946, tepat setelah Korea merdeka dari penjajahan Jepang. Awalnya, SNU merupakan gabungan dari 10 institusi pendidikan tinggi yang ada di sekitar Seoul. Tujuannya menjadi pusat pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Korea.

Seiring berjalannya waktu, SNU berkembang pesat dan jadi salah satu universitas terbesar di Korea. Kampusnya yang luas dan indah di Gwanak, Seoul Selatan, jadi rumah bagi puluhan ribu mahasiswa dari berbagai penjuru dunia.

SNU punya banyak fakultas dan program studi unggulan yang bisa kamu pilih. Beberapa yang paling populer, antara lain Teknik, Kedokteran, Administrasi Bisnis, dan Hukum.

Biaya Kuliah untuk Program Sarjana

Untuk mahasiswa internasional, biaya kuliah di SNU memang sedikit lebih mahal dibandingkan mahasiswa domestik. Tapi tenang aja, SNU juga menyediakan banyak beasiswa untuk mahasiswa internasional, kok!

Biaya kuliah per semester untuk mahasiswa internasional juga bervariasi tergantung fakultas pilihanmu.

Secara umum, biayanya berkisar antara 4.000.000 KRW (sekitar 47 juta rupiah) hingga 8.000.000 KRW (sekitar 94 juta rupiah).

Sama seperti mahasiswa domestik, kamu juga perlu membayar biaya tambahan seperti biaya pendaftaran, administrasi, dan fasilitas.

Biaya Kuliah untuk Program Pascasarjana

Biaya Kuliah untuk Program Master

Biaya kuliah program master di SNU bervariasi tergantung fakultas dan program studi yang kamu pilih.

Secara umum, biaya per semester untuk program master berkisar antara 4.500.000 KRW (sekitar 53 juta rupiah) hingga 9.000.000 KRW (sekitar 106 juta rupiah).

Biaya Kuliah untuk Program Doktoral

Untuk program doktoral, biaya kuliah per semester sedikit lebih tinggi dibandingkan program master.

Secara umum, biayanya berkisar antara 5.000.000 KRW (sekitar 59 juta rupiah) hingga 10.000.000 KRW (sekitar 118 juta rupiah).

Biaya Hidup di Seoul

Selain biaya kuliah, kita juga harus mempertimbangkan biaya hidup di Korea. Mulai dari akomodasi, makan, transportasi, dan lain-lain.

Biaya Akomodasi

Ini nih, salah satu pengeluaran terbesar buat mahasiswa. Ada dua pilihan utama, yaitu asrama kampus atau sewa apartemen.

Asrama Kampus:

  • Keuntungan: Lebih murah, dekat dengan kampus, fasilitas lengkap (laundry, dapur bersama, ruang belajar), dan bisa lebih mudah bergaul dengan mahasiswa lain.
  • Kekurangan: Kamar biasanya lebih kecil, aturan yang lebih ketat, dan kadang harus berbagi kamar dengan teman sekamar.
  • Biaya: Sekitar 300.000 - 600.000 KRW per bulan (sekitar 3,5 juta - 7 juta rupiah).

Sewa Apartemen:

  • Keuntungan: Lebih bebas, privasi lebih terjaga, bisa memilih lokasi yang strategis, dan ukuran kamar biasanya lebih besar.
  • Kekurangan: Lebih mahal, harus cari sendiri, dan biaya tambahan seperti listrik, air, dan internet.
  • Biaya: Bervariasi tergantung lokasi, ukuran, dan fasilitas. Secara umum, biaya sewa apartemen studio di Seoul berkisar antara 500.000 - 1.000.000 KRW per bulan (sekitar 5,9 juta - 11,8 juta rupiah).

Biaya Makan

Makanan di Seoul bisa dibilang cukup terjangkau, apalagi kalau kamu suka makanan Korea. Ada banyak pilihan tempat makan murah meriah di sekitar kampus dan di pasar tradisional.
  • Makan di Kantin Kampus: Sekitar 3.000 - 5.000 KRW per porsi (sekitar 35 ribu - 59 ribu rupiah).
  • Makan di Restoran: Sekitar 8.000 - 15.000 KRW per porsi (sekitar 94 ribu - 176 ribu rupiah).
  • Masak Sendiri: Ini pilihan paling hemat, sekitar 200.000 - 300.000 KRW per bulan (sekitar 2,3 juta - 3,5 juta rupiah) untuk bahan makanan.

Biaya Transportasi

Seoul punya sistem transportasi umum yang sangat baik, jadi kamu tidak perlu khawatir soal mobilitas.
  • Kartu T-Money: Ini kartu pintar yang bisa kamu gunakan untuk naik bus, subway, dan taksi. Isi ulang kartunya sesuai kebutuhan.
  • Biaya Transportasi Umum: Sekitar 1.250 KRW per perjalanan (sekitar 15 ribu rupiah).
  • Biaya Taksi: Lebih mahal, sekitar 3.000 KRW untuk jarak dekat (sekitar 35 ribu rupiah).

Biaya Lain-lain

Selain biaya-biaya di atas, kamu juga perlu menyiapkan anggaran untuk pengeluaran lain-lain, seperti:
  • Buku dan Alat Tulis: Sekitar 50.000 - 100.000 KRW per semester (sekitar 590 ribu - 1,1 juta rupiah).
  • Hiburan: Tergantung gaya hidupmu, tapi siapkan sekitar 50.000 - 100.000 KRW per bulan (sekitar 590 ribu - 1,1 juta rupiah) untuk nonton bioskop, konser, atau nongkrong di kafe.
  • Pulsa dan Paket Data: Sekitar 30.000 - 50.000 KRW per bulan (sekitar 350 ribu - 590 ribu rupiah).

Total Perkiraan Biaya Hidup

Secara keseluruhan, perkiraan biaya hidup bulanan untuk mahasiswa di Seoul berkisar antara 1.000.000 - 2.000.000 KRW (sekitar 11,8 juta - 23,6 juta rupiah).

Tapi ingat, ini hanya perkiraan, ya! Biaya hidupmu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung gaya hidup dan pilihan akomodasi.

Nah, itulah dia perkiraan biaya kuliah di Seoul National University (SNU), Korea Selatan. Tapi, semua pengeluaran itu bisa jadi nol rupiah kalau kamu daftar beasiswa, lho!

Kalau mau tahu apa saja beasiswa kuliah ke Korea Selatan, kamu bisa mengunjungi media sosial dan laman resmi Kobi Education. Kobi menyediakan berbagai informasi seputar beasiswa dan kuliah ke luar negeri!

Semoga berhasil, ya!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url