Rekomendasi Produk Buat Mengatasi Bau Badan Remaja

mengatasi bau badan anak remaja

Cung mamah-mamah yang sudah punya anak bujang, apakah melalui hari-hari yang sama dengan saya menghadapi kelakuan remaja yang susah diatur? 

Termasuk kalau disuruh mandi sore, duh…adaaa aja alasannya. Padahal usia-usia segini kan lagi kudu digiatkan kebiasaan menjaga kebersihan, karena fisiknya yang lagi tumbuh dan berkembang, hormon pun berubah. 

Aroma Badan Anak Remaja Laki-Laki 

Bau badan sebetulnya masalah umum yang dialami oleh banyak orang, tapi tulisan ini khusus membahas bau badan anak bujang di masa pubertas. Tau, kan, baunya kaya apa? 

Kaya beruaangg.... 
gak diing, gak tahu juga beruang baunya kaya apa, wkwkwk 

Aroma badan anak remaja laki-laki di masa pubertas biasanya ditandai dengan bau yang lebih kuat dan menyengat. Jenisnya beda dengan bau badan orang-orang dewasa yang ada di KRL (duilaah, traumatis banget iniihh..hihi). Kalau anak remaja tuh baunya semangit tapi ya tetep aja emaknya mau nempel-nempel.    

Dari yang saya baca-baca di berbagai literatur, penyebab bau badan pada anak remaja biasanya nih karena hal-hal ini;

Perubahan hormon

Selama masa pubertas, kadar hormon androgen dalam tubuh remaja laki-laki akan meningkat. Hormon ini bertanggung jawab untuk perkembangan karakteristik seksual pria, seperti pertumbuhan rambut, perubahan suara, dan produksi sperma. 

Hormon androgen juga merangsang produksi kelenjar keringat yang biasanya ditemukan di area tubuh seperti ketiak, selangkangan, dan sekitar anus. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat apokrin mengandung protein dan lemak yang dapat dipecah oleh bakteri di kulit, sehingga menghasilkan bau yang tidak sedap.

Peningkatan produksi keringat

Produksi keringat juga meningkat pada remaja laki-laki karena mereka lebih aktif secara fisik dan memiliki metabolisme yang lebih tinggi. Keringat itu sendiri tidak berbau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri di kulit, dapat menghasilkan bau yang tidak sedap.

Kebersihan yang kurang baik

Kebersihan yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab bau badan. Remaja laki-laki mungkin tidak mandi secara teratur atau tidak mencuci area tubuh yang berkeringat dengan benar. Pulang sekolah seharian aja males-malesan banget disuruh mandi. 

Hal ini dapat menyebabkan penumpukan keringat dan bakteri di kulit, sehingga lama kelamaan menimbulkan bau badan.

Kalau waktu masih bocil separah-parahnya abis main cuma bau matahari, nah bau badan pada remaja laki-laki biasanya mulai muncul pada usia 10-12 tahun, dan bisa bertahan hingga usia 20-an. Intensitas bau badan dapat bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Mengatasi Bau Badan Remaja Laki-Laki

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi bau badan pada remaja laki-laki, yaitu:

Mandi secara teratur. Terutama setelah berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan.
Gunakan sabun antibakteri.
Bersihkan area tubuh yang berkeringat dengan benar.
Gunakan deodoran atau antiperspirant. Deodoran dapat membantu menutupi bau badan, sedangkan antiperspirant dapat membantu mengurangi produksi keringat.
Gunakan pakaian yang bersih dan menyerap keringat. Hindari memakai pakaian yang terbuat dari bahan sintetis, karena bahan tersebut dapat memerangkap panas dan keringat.
Kurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak. Makanan pedas dan berminyak dapat meningkatkan produksi keringat dan memperburuk bau badan.

Biarpun mesti berdebat dulu sama anak tapi usahakan lakukan setidaknya satu-dua hal di antara poin-poin di atas ini yaahh, buibuu. Biar anaknya juga aware soal menjaga kebersihan diri. Kalau sudah biasa bersih, mudah untuk paham tentang bersuci. 

Produk untuk Mengatasi Bau Badan Remaja 

Sampai si kakak usia 12 tahun ini, saya baru nyoba tiga produk untuk mengatasi bau badannya yang mulai nggak enak. Sementara ini juga dia belum biasa pakai wangi-wangian macam parfum gitu, masih belum 'betul' soal pentingnya jaga penampilan. 

Saya kasih tahu dia, bahwa bau badan ini bisa jadi trust issue ke depannya dalam kehidupan sosial. Awal-awal dia masih ngerasa badannya baunya biasa aja, lalu kita sounding bahwa yang bakal terganggu sama bau badanmu itu orang lain. Habis itu suruh dia cium keteknya sendiri ya lama-lama kerasa senep sendiri juga kali, hahaha.

Dengan kesadaran itu, akhirnya dia jadi mau kalau disuruh pakai produk yang bisa membantu mengatasi bau badan. 

Bedak M.B.K Silver 

Ini bedak jadul banget emang ya. Saya dikasih tahu sama orang tuanya teman si kakak, coba bedak ini diolesin ke ketiak tiap habis mandi. Bedak ini kandungannya tawas, talc, perfume. 

Awalnya emang susah sih biasain pake bedak kelek, lha dari bayi juga anak-anak nggak ada yang pake bedak. Tapi demi nggak bau ya, kan.  

Akhirnya ya beli juga nih sekotak (isi 12 sachet), meski baru dipakai beberapa sachet aja. Murah meriah banget dan mudah didapatkan di toko-toko kosmetik, di pasar sekali pun. 

Saat ini sengaja mengurangi pemakaian karena ada kandungan talc yang bisa memicu jerawatan. Tapi lumayan juga sih untuk mengurangi bau ketek bahkan buat dewasa juga bisa pakai. Hanya aja lebih cocok untuk ketiak yang bebas rambut ya jadi nggak bikin burket atau gatal karena nyangkut-nyangkut di rambut.  

Scion roll on 


Roll on dari Nu Skin ini nggak cuma dipakai anak bujang, tapi juga dipakai sama bapaknya. Klaimnya dapat memutihkan ketiak dalam 3 minggu karena ada agen whiteningnya, tapi nggak merhatiin juga sih jadi lebih cerah apa enggak. Tapi, deodoran ini aman di pakaian! 

Deodoran Scion nggak meninggalkan noda kuning, atau kain jadi keras meskipun makainya dioles. Produknya sendiri nggak mengeluarkan scent apa-apa. Di ketiak juga nggak berasa lengket, enteng, dan bebas bau seharian kalau aktivitasnya standar aja. 

Sebenarnya saya suka dan rekomendasi sekali produk ini, hanya sayangnya harganya cukup tinggi (50-75rb) dan tidak selalu tersedia di pasaran, jadi dibeli lewat marketplace atau toko-toko kosmetik. Kalau ada beberapa orang yang pakai juga baiknya satu orang punya satu, karena dipakai langsung ke ketiak. 

Deorex deospray 

deorex untuk bau badan

Kalau deodoran oles pada umumnya sering meninggalkan bekas kekuningan di bagian ketiak baju. Lalu lama kelamaan kain bagian itu jadi makin keras, dan bau badan justru makin tajam karena efek si deo seperti menurun. 

Terus nyari-nyari rekomendasi lagi ketemulah si Deorex Body Odorizer ini. Awalnya skeptis juga sih, palingan kaya deo-deo lainnya yang ujung-ujungnya nggak kerasa lagi efeknya. 

Tapi sejauh ini, ini yang paling ampuh. 

Kandungan Deorex deodoran untuk bau badan ada tawas murni untuk mengurangi bau, farnesol untuk membunuh bakteri, dan frescolat untuk kesegaran. Karena berbentuk spray, Deorex aman jika dipakai sama-sama anggota keluarga karena tidak bersentuhan dengan kulit langsung. 

Ada tiga varian Deorex: musk, extra whitening, dan non fragrance. Saya baru coba yang musk untuk cowok-cowok di rumah karena butuh sekalian wangi-wangiannya. Kata suami yang make sih baunya cukup awet seharian, terus kalau saya cuci seragam juga kayanya udah nggak pernah lagi cium bau keringat yang terlalu menyengat. 

Tentu kalau mau ampuh pemakaiannya juga harus teratur sih; malam sebelum tidur dan pagi sehabis mandi. 

Bagusnya, dia nggak bernoda di seragam putih, juga cairannya nggak berwarna. Minusnya, harganya mahaaall...ya kalau dibandingkan dengan deodoran stick biasa dan deospray lainnya ya, si Deorex ini harganya sekitar 65 ribuan sehingga baiknya dialokasikan khusus di budget bulanan.  

Deo Spray lainnya... 

Saya juga ketemu beberapa rekomendasi deo spray yang mengandung tawas seperti Necerel, Beorganik, dan merek natural lainnya. Harganya juga jauh banget di bawah Deorex, tapi emang belum dicoba lagi satu-satu sementara yang dipakai belum habis. 

Next mungkin mau review juga kalau sudah coba produk lainnya. 
Sementara ini semangat aja dulu buat ibu-ibu anak bujang yang masih berjibaku dengan aroma anak laki yang nyebelin tapi ngangenin, hehehe. 
Next Post Previous Post
25 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 7 November 2023 pukul 22.06

    Bagusan deorex itu aja mba. Aku pernah pake yg beorganic Ama satu lagi produk dari B*li. Katanya bisa detoks ketiak. Jadi pake dulu setiap hari sampe sebulan utk efek detoks, setelah itu pakenya 2-3 hari sekali aja, dijamin ga bau. Itu klaimnya.

    Tapi sorry, ga sampe sebulan aku udh nyerah. Bentuknya balm, dioles ke ketiak aja. Tapi cuma bertahan 5 jam kalo di dalam ruangan ber-AC, dan 3-4 jam di outdoor. Setelah aduhai langsung aromanya 🤣🤣🤣. Gila aja aku harus bertahan sebulan nungguin detoks kelar 😂😂.

    Langsung stop lah. Balik lagi ke deorex. Udh paling bener 🤣

  • Fajarwalker.com
    Fajarwalker.com 9 November 2023 pukul 15.13

    Dulu aku juga suka males mandi kalo abis olahraga. Tapi akhirnya kena ultimatum dari keluarga, perkara bau badan yang mbuhh bener wkwkwkw

    Sekarang masih konsisten pakai tawas sih. Pengen coba juga pake rexona, tapi entah kenapa kayaknya tawas masih cukup. Kecuali udah dapet komplain dari keluarga lagi, baru deh aku upgrade, hehehe

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 20 November 2023 pukul 14.55

    Wah, bedak MBK zaman doeloe aku pernah pakai, eh masih ada kayaknya di lemari obat hahah :D Pas nih momennya aku baca artikel ini. Anak bujangku usia 15 tahun lagi senang memperhatikan penampilan, kudu wangi katanya. Boleh juga aku belikan Deorex deh kan bisa dibawa ke sekolah taro di tas ya :D Oh 65K ya harganya mayan juga. Eh tapi buat cewek bisa juga kan? Aku pengen coba ..serius :)

  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 20 November 2023 pukul 20.12

    Jaman kecil pernah MBK juga deh haha. Trus bersin-bersin. Sekarang pake NuSkin aja. Aman udh bertahun-tahun. Nikmati aja mba si bujang, bentar lagi juga pake minyak wangi diem-diem hehe

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 21 November 2023 pukul 15.23

    Menurutku memang kuncinya juga harus mandi teratur dan juga kalau baju basah atau keringatan sebaiknya langsung ganti pakaian. Jadi nggak terlalu cepat nambah bau. Hehhe. MBK ini melegend karena mudha juga dibawa kemana mana

  • Susi Susilawati
    Susi Susilawati 22 November 2023 pukul 01.42

    Saya belum pernah coba bedak MBK sih tapi kebetulan pake roll on nya dan memang wangi banget seharian lho Mbak. Hahha.. Kapan - kapan saya review deh roll on MBK

  • Lintang
    Lintang 22 November 2023 pukul 12.05

    Hwaaaa, jadi umur 12 an udah mulai yaa bau badan remaja. Eh kirain tadi mau promosi bercur latte wakaka. Kek dulu kan kalo ciwi2 disuru minum galian singset kalau udah mens hahaha. Oh ya btw aku dari SMP tuhhh disuru pake MBK ama makku. Aku mah iya iya bae, wong ngga ada pilihan lain. Sampe sekarang makku juga setia ama MBK. Kalau aku pake deodorant balm Ciara itu lhooo, natural antiperspirant. *duh ngga tanya yaa, uda kek marketingnya aja

  • Mpo Ratne
    Mpo Ratne 22 November 2023 pukul 12.51

    Deodoran buat anak bujang memang harus yang tepat apalagi aktivitas mereka banyak banget. Mpo suka roll on daripada bedak MBK

  • Nanik nara
    Nanik nara 22 November 2023 pukul 13.57

    Bedak MBK ini anti bau badan yang pertama saya kenal dulu mbak, direkomendasikan oleh kakak sulung saat saya beranjak remaja.

    Bener banget, bau badan anak remaja laki tuh, duh emang segitu menganggunya. Jadi emang mesti dikasih tahu baik-baik kalau orang disekitarnya bisa terganggu dengan bau badannya, jadi mesti diminimalisir dengan berbagai cara

  • Andiyani Achmad
    Andiyani Achmad 22 November 2023 pukul 15.44

    anakku sudah remaja dan aku kasih deodorant asli tawas namun dalam kemasan spray, alhamdulillah bau badan gone with the wind

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 22 November 2023 pukul 17.45

    dari rekomendasi diatas, aku pakai bedak MBK dan Scion Roll, cocok juga ini untuk anak-anak remaja. Apalagi untuk mereka yang memang banyak memiliki aktivitas diluar rumah ya.

  • Lendyagassi
    Lendyagassi 22 November 2023 pukul 17.56

    I see no beda ama anak ciwi.
    ((Gamo kalah, wkwk))

    Alhamdulillah,
    Dari sejak muncul BB, Aku ajarin tips tipa kaya Rella di atas plus make roll on. Cuma masalahnya kan keti nya jadi item.

    Ada merk yang gak bikin keti gelap gak?
    Aku beberapa bulan kemarin pake MBK roll.

    Btw, Aku sendiri gapake deodorant. Ga suka aja...huhu...tapi Aku in syaa Allah jarang keringetan deh.. hihii...

  • April Hamsa
    April Hamsa 22 November 2023 pukul 18.23

    Ya ampun bedak MBK Silver itu rasa2nya ada di masa kecilku dulu sering liat hehe. Wah anakku bentar lagi masuk masa remaja dan bener nih aktivitasnya makin banyak jadi gampang keringatan juga.
    Aku tertarik nyobain deodorant spray-nya apalagi mengandung tawas kyknya cocok buat yang keringatnya berlebihan ya.

  • Wiwied Widya
    Wiwied Widya 22 November 2023 pukul 18.58

    Berasa relate banget. Adek bungsuku yang cowo juga suka kami protes karena BB nya ini. Dianya nggak ngerasa bau, tp kita yg deket dia kan mabok😂😂. Akhirnya dibeliin bedak MBK ama ibu. Ngfek sih, tapi dia males karena menurut dia pake bedak ketek tuh repot

  • mardanurdin.com
    mardanurdin.com 22 November 2023 pukul 19.41

    Saya dan anak-anak masih setia dengan tawas, biar kata orang itu jadul banget, tapi ampuh buat menghalau bau badan. Pernah juga pakai bedak MBK, tapi agak ribet sih makainya, secara dia tuh bubuk kan, jadi suka lengket di ketiak kalau belum.kering betul saat memakainya. Jadi...yah kembali ke selera awal. Tawas is the best lah.

  • Yurmawita
    Yurmawita 22 November 2023 pukul 20.57

    wah, makasih rekomendasi deodoran untuk anak laki-laki. Memamng kalau mulai beranjak ABG anak anak memiliki keringat yang menyengat ya

  • Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita 22 November 2023 pukul 21.10

    Jadi ingat lagi itu bedak MBK jadoel. Pernah pakai waktu aku SMP haha. Di kampung memang pada pakai ini. Tapi ya gitu jangan sampai kepanasan banget.

  • Keke Naima
    Keke Naima 22 November 2023 pukul 21.13

    Kalau udah punya remaja memang harus punya anggaran khusus untuk urusan perawatan tubuh dan wajah. Juga untuk mengatasi bau badan. Apalagi anak saya semuanya udah remaja. Dan, mereka lebih peduli sama hal ini. Kalau dulu, saya masih ada cueknya hihihi.

  • Helenamantra
    Helenamantra 22 November 2023 pukul 23.45

    Aku harus bersiap nih soalnya anakku cowo semua, hahaha...
    Deorex kayaknya paling rekomen, sesuai harganya.
    Lha bedak tabur yang pertama itu masih ada. Salut nih karena itu memang jadoel banget, sepertinya sebelum zaman ada deodorant roll on.

    Oh ya yg scion aku pernah pakai, memang OK sih. Satu lagi punyanya mama's choice itu juga bikin bau ketek enggak muncul tapi pricey.

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 23 November 2023 pukul 06.31

    Kok bener banget siiiyy... anak bujangku tuh saat masuk SMP udah mulai deh beraroma yang uhuuyy hehehee... Tadinya males banget dia kalau diminta menggunakan deodoran. Sekarang sudah lumayan seiring dengan rajin merawat badan dengan rajin mandi dan pakai deodoran.

  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka 23 November 2023 pukul 07.30

    Iyaa, anak lanangku yang baru masuk SMP juga mulai rajin merawat diri, minta cologne dan deodoran. MBK lebih ampuh yaa daripada deodoran roll on

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 24 November 2023 pukul 11.56

    Masa masa pubertas berubahnya hormon memang sangat mempengaruhi, yang paling pentng adalah rajin mandi, jaga kebersihan dan selalu pakai MBK dari zaman dulu aku udah manteb sama si MBK ini, ampuh banget hilangkan bau badan.

  • Ismarlina Mokodompit
    Ismarlina Mokodompit 24 November 2023 pukul 13.58

    Mak, thank you banget rekomendasi produk buat mengatasi bau badan, pas banget punya anak cowok yang juga harus dipantau juga. Ya, meski sekarang masih 5 tahun dan bau badannya masih ok, bahkan masih terbilang enak buat dicium-cium, tapi perawatan tubuh tetap harus berjalan ya, kan, Mak ~

  • Adriana Dian
    Adriana Dian 27 November 2023 pukul 16.37

    Remaja emang wajib diedukasi masalah bau badan niiiihhhh. Anakku juga rutin kuingetin pake deodoran tiap hari. Penasaran nih sama produknya Deorex, nanti cobain aaaaah

  • Ivonie
    Ivonie 27 November 2023 pukul 17.46

    memiliki anak menuju remaja, rekomendasi produk mengatasi bau badan ini penting banget. Kalau pas butuh gak bingung harus milih produk apa. Makasih infonya mbak

Add Comment
comment url