Liburan Sekolah Bikin Komik, Yuk!

Ada yang suka baca komik dan terpikir untuk bikin komik sendiri? 
Eh tapi susah nggak sih bikin komik?

Pertanyaan ini mungkin bisa berarti dua hal: susah menggambarnya atau bikin storyline-nya?

Dilansir dari kolom literasi Gramedia, komik disebut juga sebagai sastra gambar. Komik menjadi salah satu bentuk komunikasi visual yang berguna untuk menyampaikan informasi yang mudah dimengerti. Adanya kolaborasi antara gambar dan teks yang dirangkai sedemikian rupa membentuk alur cerita yang membuat komik banyak digemari.

Dulu, komik masih dianggap hanya hiburan belaka. Sehingga, seringkali ada razia komik di sekolah atau orang tua tidak mau membelikan komik untuk anak-anaknya. Padahal, komik sendiri terdiri dari banyak unsur skill yang terlibat di dalamnya; mulai yang menggambar, menulis cerita, sampai tata letak.

cara bikin komik

Manfaat Komik

Sekarang ini, selain untuk menyampaikan sebuah cerita, komik banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi, edukasi, dakwah, dan campaign.

Seperti komik dari @weimankowart ini. Isinya edukasi kampanye tentang penggunaan masker di saat pandemi.

komik edukasi

So, di era sekarang ini, jangan ragu dan bingung ketika menemukan anak punya keterampilan menggambar, khususnya menggambar komik. Ada banyak kesempatan membuat karya-karya bagus yang bisa membawa kemaslahatan, baik penghasilan yang menjanjikan atau amal jariyah.

Lalu pertanyaan di awal tadi mungkin bisa terjawab habis baca langkah-langkah membuat komik di bawah ini.

Langkah-langkah Dasar Menggambar Komik

Membuat apa pun perlu rencana, termasuk komik. Perlu konsep gambar, komunikasi visual, dan narasi cerita sebelum menuangkannya dalam media gambar.

Rencanakan Cerita

Tentukan alur cerita, karakter utama, dan konflik.

Desain Karakter

Buatlah desain karakter yang menarik dan sesuai dengan cerita. Pikirkan tentang penampilan fisik, kepribadian, dan ekspresi wajah karakter-karakter tersebut.

Susun Panel

Tentukan tata letak panel-panel komik. Panel adalah kotak-kotak tempat gambar dan balon teks berada. Susun panel dengan urutan cerita dan alur membaca. Kanan ke kiri ygy.

Gambar Dasar

Gunakan garis-garis dasar untuk menggambarkan pose dan proporsi karakter dalam setiap panel. Pastikan posisi tubuh, ekspresi wajah, dan gerakan sesuai dengan emosi dan situasi yang ingin disampaikan.

Detail dan Penyelesaian

Tambahkan detail ke dalam gambar seperti pakaian, rambut, dan latar belakang. Perhatikan juga pencahayaan, bayangan, dan efek khusus untuk menggambarkan situasi dan konteks cerita.

Tambahkan Teks dan Dialog

Gunakan teks dan balon dialog untuk memberikan suara kepada karakter. Perhatikan penempatan teks yang mudah dibaca dan pastikan balon dialog mengalir dengan baik dari panel ke panel.

Pewarnaan

Jika ingin mewarnai komiknya, gunakan teknik pewarnaan yang sesuai dengan gaya dan suasana cerita. Pewarnaan dapat membantu menciptakan suasana dan memperkuat emosi yang ingin disampaikan.

Belajar Bikin Komik di KREASA

Liburan kenaikan kelas ini saya ambilkan kegiatan buat Aa mengikuti kelas membuat komik di KREASA. Sebetulnya, Aa belum bisa bikin gambar yang bagus. Di kelas 2 ini, hasil gambar dia masih ala-ala anak TK dengan stickman-nya.

Tapi, di kelas membuat komik ini bisa gambar bagus atau tidak bukanlah poin utamanya. Kelas belajar komik KREASA ini kita diajari untuk membuat karya komik dari mulai ide cerita dan karakter hingga menjadi sebuah cerita bergambar yang utuh.

kelas komik anak

Diajarin sama Kak Rifqi yang masyaallah gambarnya bagus dan lucu, diajarin step step membuat komik dari mulai bikin panel (yang nggak perlu simetris juga semuanya), bikin karakter, dan memikirkan cerita yang singkat padat.

Pertemuannya online via Zoom, tapi banyak ilmu yang didapat dari tiap sesi 1 jam tersebut. Kakak mentornya ngajak ngobrol dulu tentang hal-hal yang akan jadi tema hari itu, lalu anak-anak dipandu untuk mengalirkan ide cerita dan menuangkannya dalam gambar.

Dalam 5 hari aja, Aa udah menghasilkan 5 cerita dengan karakter berbeda-beda; hewan, transportasi, tumbuhan, manusia, dan alat tulis. Meski dari segi gambar masih jauh dari ala komik, Aa mah anaknya pede aja sih. 

Yang penting ide dan konsep membuat komik udah dapet kalau komik tuh terdiri dari apa aja dan bagaimana merumuskan ceritanya.


Setiap akhir sesi, masing-masing anak akan mempresentasikan karyanya dan diberi masukan oleh kakak mentor. Misal panelnya bisa dibuat lebih besar, gambarnya terlalu padat, pewarnaanya ada yang keluar garis, dan lain-lain. 

Jadi, selama mengikuti kelas, anak merasa nyaman dan happy serasa kelas menggambar biasa. Tidak mengalami beban tapi paham langkah-langkah membuat komik yang benar itu seperti apa.

Kalau ada yang tertarik juga untuk mengikutkan anaknya kelas komik di KREASA ini, ayah bunda cukup mengeluarkan biaya Rp 225.000 untuk 5 sesi per bulan, dengan fasilitas sbb:

  • Pengajar Comic Artist & Illustrator Professional
  • Maksimal 8 murid per kelas
  • Modul belajar (Video & PDF)
  • Rekaman kelas
  • Dokumentasi
  • Video grafis
  • E-Sertifikat
Jadwalnya setiap Senin&Kamis pukul 13.00 - 14.00.
Direkomendasikan mulai anak usia 6th ke atas.

KREASA merupakan Pusat Kreativitas Anak untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi melalui berbagai program dengan tepat dan terarah.

Selain komik, ada banyak juga pilihan kelas di KREASA untuk mengembangkan minat dan bakat anak-anak. Kelasnya kekinian banget... Cocok dengan tagline KREASA yaitu “Where Children’s Creativity Will Be Born”, dimana KREASA menjadi tempat dalam menumbuhkan fitrah kreatif dan inovatif anak-anak Indonesia sesuai perkembangan zaman.

kursus komik online

Boleh cek-cek juga ke website atau Instagramnya @kreasa.id dan temukan wadah yang tepat buat mengembangkan skill anak-anak kita.  

Yuk, daripada bengong-bengong aja atau mama kesal karena liburan anak diisi dengan main gadget tok, ikutin kelasnya aja nih lumayan sebulan dapat skill baru, yuhuuu! 
Next Post Previous Post
24 Comments
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 3 Juli 2023 pukul 20.34

    Semangat Aa...keren dan seru ini ya, kelas belajar komik KREASA , anak diajari bikin karya komik dariide cerita, karakter hingga menjadi sebuah cerita bergambar yang utuh. Lengkap!
    Anak sulungku yang hobi gambar, termasuk bebikinan komik. Kini lagi bersiap mau kuliah ke prodi yang nantinya bisa jadi komikus, animator, dll...

  • Febrianty Rachma
    Febrianty Rachma 3 Juli 2023 pukul 21.38

    Wah, seneng banget kalau lihat anak bisa punya skill dan kegiatan positif seperti ini ya. Belajarnya pun online sehingga anak ga usah jalan dan kita ga repot antar sana-sini. Biayanya juga cukup terjangkau, kalau anakku yang suka gambar yang pertama sih. Coba ahh ntar aku mampir2 ke IG nya. Biar bakat anak tersalurkan ya, sudah saatnya ortu mensupport. Makasih mbak infonya. Terlebih lagi lengkap pula macam2 kelas yang bisa diikutin ya mbak. Noted banget ini

  • Nurul Sufitri
    Nurul Sufitri 4 Juli 2023 pukul 09.03

    Wah, asiknya si kecil ikutan belajar membuat komik di Kreasa. Biayanya cukup terjangkau ya selama sebulan 5 sesi hanya 225K. Anakku juga gemar menggambar dan senang bikin komik. Boleh juga nih dikepoin lebih lanjut siapa tau mau ikutan. Mengasah minat dan bakat sedari kecil itu bagus. TFS mbak.

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 4 Juli 2023 pukul 11.16

    Positif sekali kegiatan liburan sekolah tahun ini jika anak-anak diajarkan untuk membikin komik ya. Apalagi harga lesnya Rp 225 ribu untuk 5 sessi sebulan. Anak juga bisa mendapatkan karya terbaiknya

  • Rosa
    Rosa 4 Juli 2023 pukul 13.42

    Wah, pilihan skill di KREASA beragam banget yaaa. kok malah jadi sayanya yang pengen ikut, haha. Cocok banget nih buat mengisi liburan sekolah anak biar tetap ada aktivitas bermanfaat.

  • Suciati Cristina
    Suciati Cristina 4 Juli 2023 pukul 19.10

    Aa smangat terus bikin komiknya. Kreasa tempatnya anak berkreasi ya. Dulu anak aku pernah ikut yg kelas menulis. Nampaknya yg ini asyik ya komik. Pas si kk suka bebikinan komik. Makasih ya mba infonya^^

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 4 Juli 2023 pukul 20.25

    Wah seru sekali mengisi waktu liburan dengan belajar membuat komik, liburannya jadi ga hambar deh, kak makasih ya udah mau sharing tempat belajar bikin komik, kayanya sih memang cocok sekali untuk mengisi waktu luang bisa jadi referensi ku banget sih ini.

  • bundayati.com
    bundayati.com 4 Juli 2023 pukul 21.53

    Bunda dula baca kpmik milik anak2 bunda tp otu fulubdekali.Kl mereka beranget sekolah meluangkam waktu banget periksa tas2nya apkh mereka bw komik? Kl iya bisa2 di strap pak/ibu guru. Kl saja waktu itu sdh ada kursus bljar bikin komik, anak2 bunda pasti suka.

  • Lintang
    Lintang 4 Juli 2023 pukul 21.57

    Wah ini bisa banget jadi solusi libura anti gabut, belajar bikin komik!
    Meskipun ngga bagus2 amat gambarnya tapi kalau latihan terus juga bisa diasah lho sebenernya. Aku dulu juga pernah pengen jadi komikus gara2 kebanyakan baca komik. Ngga liburan doang, tiap hari malah!

  • Keke Naima
    Keke Naima 4 Juli 2023 pukul 22.23

    Ada kelas untuk usia SMA gak, ya? Saya pengen deh daftarin keponakan saya. Dia seneng banget bikin komik. Saya coba cek ke IGnya. Terima kasih banyak infonya, Mbak

  • Dewi Rieka
    Dewi Rieka 5 Juli 2023 pukul 08.48

    Seru ya kelas bikin komiknya apalagi gurunya seru dan asyik jadi makin semangat bikin komiknya..biayanya pun terjangkau ya Mak ikut kelas komik Kreasa..gambar Aa baguus...keren...

  • Eviindrawanto.Com
    Eviindrawanto.Com 5 Juli 2023 pukul 10.23

    Suka kagum banget pada pengarang komik. Mereka harus memikirkan jalan cerita dan plot dengan gambar. Beda kalau dengan novel atau buku cerita biasa yang hanya memasukan teks, nah komik cara kerjanya kayaknya 3 kali lebih ruwet, menurut aku. Mikirin jalan cerita, plot terus menggambarkannya. Nah bagus adalah komik lebih seru dalam membawakan cerita atau untuk edukasi karena faktor visualnya itu

  • Milda Ini
    Milda Ini 5 Juli 2023 pukul 11.57

    Anak aku yang Athifah ada bakat nya bikin ginian. Kemarin ikutan kelas kreasa juga. Ini lagi nyari duit supaya bisa beli Ipad buat mendukung dia Mba. Biar makin memudahkannya berkreasi ya

  • Suciarti Wahyuningtyas (Chichie)
    Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 5 Juli 2023 pukul 17.01

    Seru banget ini mengisi liburan dengan membuat komik, anak-anak pasti selalu keluar imajinasinya. Kebetulan banget, aku tuh pengin anakku mengisi kegiatan liburan dengan mencoba ikut menggambar. Nanti aku mau intip-intip Kreasa dulu ah, sekalian lihat detail program liburan lainnya.

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 5 Juli 2023 pukul 19.00

    Wah, mantap banget nih. Dengan biaya 225.000 dapat materi belajar bikin komik yang komplit. Cocok nih buat anak-anak yang lagi libur sekolah.

  • Antung apriana
    Antung apriana 5 Juli 2023 pukul 19.27

    wah banyak juga ya, mbak pilihan kursus buat anaknya. bisa jadi pilihan nih kalau anak mau mengembangkan minatnya tanpa perlu ke tempat kursus karena keterbatasan jarak

  • Lia Yuliani
    Lia Yuliani 5 Juli 2023 pukul 20.04

    Wah asyik nih kalau liburannya dipakai dengan kegiatan yang bermanfaat kaya bikin komik. Dulu ada anaknya teman saya yang suka gambar. Bisa nih saya rekomendasiin Kreasa ya

  • Susi Susindra
    Susi Susindra 5 Juli 2023 pukul 20.20

    Bagus, nih, kalau anak bisa ikut. Liburan bisa diisi dengan bikin komik sendiri. Anak sering punya ide tapi belum bisa membuat cerita fiksi mini. Komik bisa jadi solusi dan ternyata mulai usia 6 tahun sudah bisa ikut kelasnya

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 5 Juli 2023 pukul 21.08

    Keponakanku suka gambar dan pernah aku suruh bikin cerita semacam komik gitu. Cuma sekarang belum mood lagi. Kayanya kalau ikut KREASA, boleh juga ya. Lumayan buat ngisi liburan sekolahnya

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 5 Juli 2023 pukul 21.08

    Keponakanku suka gambar dan pernah aku suruh bikin cerita semacam komik gitu. Cuma sekarang belum mood lagi. Kayanya kalau ikut KREASA, boleh juga ya. Lumayan buat ngisi liburan sekolahnya

  • Lidya Fitrian
    Lidya Fitrian 5 Juli 2023 pukul 21.27

    Seru juga ya liburan seklah bikin komik, jadi bisa mengembangkan kreativitas di tengan liburan dan bermanfaat sekali aktivitasnya. Keren Aa ikuta kelasnya di KREASA, gak apa=apa nanti lama-lama juga bagus ya jempolan deh

  • Okti Li
    Okti Li 5 Juli 2023 pukul 22.09

    Kabar baik ... Kesempatan bagus untuk anak saya nih mengisi liburan minggu-minggu ini. Secara memang suka banget sama komik
    Terimakasih informasinya ya. Saya mau kepoin akun instagramnya juga hehe

  • Siti Hairul
    Siti Hairul 10 Juli 2023 pukul 14.59

    Wah mau dong gabung di kelas ini untuk anakku. Ntar ta intip IG nya kreasa. Anakku pernah ikutan kelas menulisnya kreasa

  • Witri Prasetyo Aji
    Witri Prasetyo Aji 10 Juli 2023 pukul 15.25

    Liburan jadi lebih bermanfaat yak, kelasnya juga sebentar jadi anak tidak bosan. Anakku pernah ngegambar sesuka hatinya dan katanya bikin komen, secara dia suka baca komik. Aku sih aku izinij, soalnya jadi lancar membacanya, hehe.

Add Comment
comment url