5 Tips Belajar Coding Untuk Pemula

Mungkin Anda berpikir tidak mungkin menjadi seorang yang ahli coding dengan mudah saat ini. Apalagi jika Anda merupakan seseorang yang awam akan segala hal tentang coding. Namun mimpi tersebut pada kenyataannya dapat Anda wujudkan dan bukan mimpi belaka.

Pada dasarnya menjadi seorang ahli coding tidak begitu sulit. Anda bisa mengikuti kursus tentang coding maupun belajar mandiri melalui situs belajar coding. Saat ini akses belajar sendiri tidak memiliki batas, ini memungkinkan Anda untuk belajar dari sumber mana pun.

belajar coding buat pemula

Tips Menjadi Ahli Coding Dengan Mudah

Untuk membantu jalan Anda menjadi seorang yang ahli di bidang coding, tentu Anda membutuhkan beberapa tips dan trik. Berikut adalah beberapa tips mudah yang bisa Anda praktikkan langsung jika Anda memiliki niat yang serius untuk menjadi seorang ahli coding.

Mulai belajar dari dasar

Untuk dapat menjadi seorang ahli coding, sudah tentu Anda harus belajar segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan coding. Usahakan Anda mempelajari seluk beluk tentang coding dari teori-teori dasar terlebih dahulu.

Anda dapat mempelajari dan memahami teori-teori dasar tentang coding seperti variabel, struktur control dan juga tipe-tipe data. Setelah Anda merasa sudah menguasai teori-teori dasar, Anda dapat mulai belajar materi-materi yang lebih kompleks lagi.

Pilih bahasa pemrograman yang tepat

Saat ini ada banyak sekali bahasa pemrograman yang ada dan tersebar. Anda dapat memilih salah satunya dan pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan. Pastikan pula bahasa pemrograman tersebut mudah untuk dipahami dan dikuasai.

Setelah Anda memastikan bahasa pemrograman mana yang Anda pilih, Anda bisa langsung fokus mempelajari bahasa pemrograman tersebut. Sebagai contohnya, Anda dapat fokus pada Javascript, HTML dan semacamnya jika ingin membuat sebuah aplikasi.

Rutin melakukan praktik

Supaya Anda semakin memahami konsep coding, selain mempelajari teori dari situs belajar coding, Anda juga harus rutin melakukan praktik. Praktek seperti ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan Anda secara bertahap. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk rutin melakukan praktik di samping mempelajari teori-teori yang ada kaitannya dengan coding.

Pergunakan sumber-sumber yang terpercaya

Dalam memahami teori-teori coding, tentu Anda memerlukan sumber informasi yang valid dan terpercaya. Oleh sebab itu gunakanlah berbagai sumber belajar yang terpercaya agar apa yang Anda pelajari tidak menjadi sia-sia.

Saat ini sumber-sumber pembelajaran coding dapat Anda temukan dengan mudah. Ada berbagai sumber seperti foto, video, buku hingga tutorial yang bisa Anda pergunakan. Selain itu, jangan lupa untuk memilih referensi sumber yang mudah untuk Anda pahami.

Mengikuti Les Coding

Dengan mengikuti kursus atau les coding maka Anda bisa mempelajari coding dengan lebih efektif. Sebab ada pengajar profesional yang bisa membantu Anda selain itu materi yang diberikan juga terstruktur dengan baik.

Tugas-Tugas Dari Seorang Ahli Coding

Ada bermacam tugas yang biasa dikerjakan oleh seseorang yang ahli coding. Jika Anda ingin menjadi salah satunya, Anda harus memahami apa saja tugas ahli coding di bawah ini.

Merancang struktur program

Seorang ahli coding dinilai harus mampu merancang sebuah struktur program. Selain  merancang, program tersebut juga harus mudah dipelajari serta berjalan dan berfungsi dengan baik.

Mengembangkan serta memperbaiki program

Seorang ahli coding sudah pasti harus bisa mengembangkan dan memperbaiki program yang ada. Mengembangkan dan memperbaiki program dapat dilakukan dengan penambahan fitur atau menyelesaikan masalah yang timbul pada program.

Dengan memahami tips menjadi seorang ahli program serta tugas-tugas yang dikerjakannya, tentu keinginan Anda menjadi seorang ahli coding menjadi meningkat. Anda bisa mempelajari coding dari situs belajar coding atau sumber mana pun sesuai dengan keinginan Anda. Semoga Anda bisa menjadi seorang ahli coding yang hebat di kemudian hari.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url