6 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Jadi Favorit Wisatawan Lokal maupun Asing

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan wisata sejarahnya yang kaya, namun juga dengan beragam oleh-oleh yang lezat dan unik. Jika kamu dan keluarga berencana untuk mengunjungi Semarang, pastikan untuk membeli tiket pesawat Traveloka untuk mendapatkan harga yang terjangkau dan pelayanan yang cepat dan efisien.

Setelah tiba di Semarang, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berbelanja oleh-oleh khas kota ini. Ada berbagai macam pilihan oleh-oleh yang bisa kamu pilih, mulai dari makanan ringan hingga produk kerajinan tangan yang unik dan cantik. Yuk, simak rekomendasinya!

oleh-oleh semarang


1. Tahu Bakso

Tahu Bakso adalah makanan yang terkenal di Semarang dan biasanya dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman.

Tahu Bakso memiliki rasa yang unik karena merupakan bakso yang dilapisi dengan tahu. Kamu bisa memilih dua jenis Tahu Bakso yang tersedia, yaitu Tahu Bakso goreng atau Tahu Bakso rebus, sesuai dengan selera kamu. Tahu Bakso goreng memiliki tekstur yang renyah dan lebih gurih karena dilapisi dengan tepung dan digoreng hingga kuning kecoklatan. Sedangkan Tahu Bakso rebus memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasanya lebih kuat karena direbus dalam kuah kaldu yang kaya akan bumbu dan rempah.

2. Lumpia Semarang

Lumpia Semarang, sebuah oleh-oleh yang tidak dapat dipisahkan dari Kota Semarang, sama halnya dengan Bakpia bagi Kota Jogja. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Semarang pasti mencoba hidangan ini. Bahkan, kunjungan kamu dan keluarga ke Semarang tidak lengkap jika tidak mencoba lumpia khas Semarang ini.

Bahan-bahan untuk membuat lumpia Semarang memang terdengar sederhana, tetapi memiliki cita rasa yang luar biasa. Isian lumpia biasanya terbuat dari rebung, telur, daging kepiting, atau daging ayam yang dibungkus kulit lumpia tipis dari tepung beras. Terdapat dua jenis lumpia yang bisa dipilih, yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

Untuk mencicipi hidangan khas Semarang ini sangat mudah, karena terdapat banyak penjual lumpia yang bisa kamu temui. Beberapa di antaranya adalah Lumpia Mataram, Lumpia Gang Lombok, dan Lumpia Jalan Pemuda yang sudah terkenal dengan cita rasanya yang lezat.

3. Wingko Babat

Selain lumpia, ada lagi pilihan oleh-oleh makanan yang bisa kamu bawa pulang dari Semarang, yaitu wingko babat. Makanan ini berasal sebenarnya berasal dari daerah Lamongan, tepatnya kabupaten Babat, namun menjadi terkenal di sekitar stasiun Tawang Semarang. Salah satu merek terbaik yang mempopulerkan wingko babat di Semarang adalah wingko babat cap kereta api.

Wingko babat terbuat dari campuran tepung ketan dan kelapa parut yang dibakar dan dibentuk bulat pipih. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis dan gurih di setiap gigitannya sangat nikmat dan disukai banyak orang. Selain rasa asli, masih banyak varian rasa lain yang bisa kamu coba, seperti strawberry, durian, pisang, hingga cokelat.

4. Bandeng Presto

Semarang terkenal juga dengan salah satu olahan ikan Bandengnya yang sangat lezat, yaitu bandeng presto. Olahan ikan ini dimasak dengan teknik presto sehingga tulang-tulang pada ikan menjadi lunak dan mudah dimakan. Proses presto juga membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging ikan.

Bumbu yang digunakan membuat ikan bandeng presto, yaitu kunyit, bawang putih, dan garam yang kemudian dibalurkan ke ikan sebelum dibungkus daun pisang. Kemudian ikan bandeng tersebut dikukus dalam panci presto dengan tekanan tinggi hingga semua bumbu meresap dan ikan menjadi empuk.

Salah satu keunggulan dari bandeng presto adalah duri-duri pada ikan yang biasanya membuat kesulitan saat memakannya, dapat dengan mudah dihilangkan karena tulangnya yang lunak. Dengan begitu, kamu dapat menikmati rasa yang lezat dari ikan bandeng presto tanpa khawatir tertusuk oleh duri-durinya.

5. Tahu Petis

Bagi kamu yang menyukai kuliner, pasti sudah tidak asing dengan hidangan tahu petis khas Semarang. Tahu goreng yang ditambahkan dengan sambal petis di bagian tengahnya ini merupakan salah satu kuliner yang wajib untuk dicicipi saat berkunjung ke Semarang.

Hidangan ini menggunakan tahu pong yang lembut, yang kemudian diberi bumbu petis halus yang terbuat dari udang dan bumbu khusus. Rasanya yang manis dan pedas dari bumbu petis menyatu dengan sempurna dengan kelembutan tahu pong yang padat dan tebal.

Tahu petis menjadi salah satu kuliner yang sangat populer di Semarang dan seringkali dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan. Tidak hanya dijual di tempat-tempat makan, tetapi juga bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di pinggir jalan. Bagi yang baru pertama kali mencicipi tahu petis, rasanya pasti akan membuatmu ketagihan untuk mencobanya lagi.

6. Kain Batik khas Semarang

Jika kamu berencana untuk membawa oleh-oleh yang berbeda dari Semarang selain makanan, maka batik Semarang bisa menjadi pilihan yang tepat. Batik Semarang memiliki motif yang sangat khas dan berbeda dengan batik-batik dari daerah lain seperti Jogja atau Pekalongan.

Motif batik Semarang yang sangat khas terinspirasi dari keindahan kota Semarang dan budaya yang ada di dalamnya. Kamu dapat menemukan batik dengan berbagai macam motif, seperti landmark tempat wisata Semarang yang hits seperti Gereja Blenduk, Lawang Sewu, dan lainnya.

Harga yang dibanderol untuk batik Semarang juga sangat terjangkau, sehingga kamu bisa memborong batik dalam jumlah yang banyak tanpa perlu khawatir akan merogoh kocek yang dalam. Selain itu, membeli oleh-oleh batik Semarang juga dapat memberikan kesan yang lebih khas dan bermakna untuk orang yang kamu berikan. Kamu bisa mencari batik Semarang di toko-toko oleh-oleh atau pusat perbelanjaan di Semarang.

Kini liburan ke Semarang semakin maksimal dengan pilihan oleh-oleh khas Semarang di atas, bukan? Agar perjalanan ke Semarang lebih lancar, download aplikasi Traveloka untuk pesan tiket pesawat hingga melengkapi kebutuhan traveling lainnya!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url