Rekomendasi Kegiatan di Bulan Puasa

Bulan puasa hendaknya tidak dilalui hanya merasakan lapar dan haus saja. Apalagi hanya tidur seharian dengan alasan lemas dan menunggu sampai waktu buka puasa tiba. 

Jauh lebih baik, puasa diisi dengan kegiatan-kegiatan produktif dan bermanfaat sehingga pahala yang didapat berlipat-lipat dari puasa itu sendiri dan amalan jariyah dari kegiatan yang dilakukannya. 

Kalau ibadah, ngaji dan solat itu sudah pasti dong yaa dilakukan. Nggak perlu dimention lagi kalau ini mah default wajib dijalankan oleh umat muslim yang berpuasa. 

Nah, saran aja nih dari saya, ketimbang banyak bengong nirfaedah, mending lakukan hal-hal seperti di bawah ini. Minimal ketika ada kegiatan, pikiran kita lebih fokus dan terhindar dari merasakan lapar dan haus. 

1. Membaca Buku 

Saat puasa sebenarnya adalah kesempatan besar untuk menamatkan buku-buku yang tertumpuk di rak. Lumayan dong kalau dicicil mungkin 1-2 buku bisa tamat tuh sebulan. Masalahnya, kalau lagi puasa juga kadang cepat ngantuk, apalagi dibawa baca. 

Solusinya, bisa juga mendengarkan audiobook dari aplikasi baca buku online. Kelebihannya, kita bisa 'membaca' buku sambil mengerjakan hal lain jadi nggak ngantukan. 

2. Menulis 

Ngeblog, nulis buku, nulis naskah, dan kegiatan menulis lainnya sangat tepat dilakukan sebagai pengisi waktu puasa. Produksi sebanyak-banyaknya tulisan, seperti #BPNRamadan2002 ini dan yang saya lakukan sejak tahun 2019. Efeknya, blog jadi penuh dan atau ada satu bab naskah yang selesai selama sebulan. 

3. Mencoba Resep 

Boleh nih coba-coba resep untuk masakan berbuka puasa. Mulai dari jam 2 gituuu persiapan nggak masalah. Bisa juga coba-coba resep kue kering untuk sajian di rumah. Pokoknya saatnya eksplor deh! 

4. Jadi Relawan Sosial 

Bulan puasa saatnya mengumpulkan amal dan pahala. Bisa gabung di kegiatan-kegiatan sosial yang pasti banyak dilakukan oleh  yayasan atau badan amal setempat. Bisa juga merapat ke masjid-masjid terdekat untuk jadi pemuda masjid barang sebulan, siapa tahu dapat hidayah memakmurkan masjid seterusnya, ya kan.  

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url