[Review Film Korea] The Pirates (2014)

K-Movie The Pirates: Goblin Flag atau The Last Royal Treasure sudah tayang tanggal 2 Maret kemarin di Netflix. Kalau belum pada tahu, yang sekarang sedang tayang ini adalah sekuel dari film The Pirates yang rilis di bulan Agustus 2014.

Nah, sebelum nonton yang kedua, nggak ada salahnya untuk nonton The Pirates yang pertama dulu supaya lebih kerasa vibes bajak lautnya. Ceritanya nggak berhubungan sih, tapi karena film kesatu dan kedua dimainkan oleh aktor dan aktris yang berbeda, jadi lebih seru.

Kita lihat data film The Pirates dulu ya.

review film korea The Pirates

Movie: The Pirates
Revised romanization: Haejuk: Badaro Gan Sanjuk
Hangul: 해적: 바다로 간 산적
Director: Lee Suk-Hoon
Writer: Chun Sung-Il, Lee Suk-Hoon, Choi Lee-Young
Producer: Park A-Hyoung, Kim Dae-Seung, Lim Young-Ho, Chun Sung-Il
Cinematographer: Kim Young-Ho
Release Date: August 6, 2014
Runtime: 130 min.
Genre: Adventure, Comedy

Di mana kalau mau nonton film The Pirates? Yah, dicari-cari sendiri ajalah ya. Banyak jalan menuju Roma, hihi. 

Sinopsis The Pirates

The Pirates (2014)

Ceritanya berpusat pada masa peralihan dari dinasti Goryeo ke Joseon. 15 hari sebelum dinasti Joseon didirikan oleh Lee Seong Gye (kelak jadi Raja Taejo of Joseon 1335-1408), seekor paus raksasa mengacau di sekitar kapal utusan Joseon sampai kapalnya hancur berkeping-keping. Hal itu mengakibatkan segel kerajaan yang diberikan oleh Kaisar Ming dari Tiongkok ikut hilang tertelan paus tersebut.

Sang utusan, dengan gemetar kembali ke istana, memanipulasi cerita untuk menutup insiden ini agar tidak dihukum mati karena menghilangkan segel negara.

Tahu kan ya, kalau segel atau stempel kerajaan dianggap barang yang sakral di masa kerajaan saat itu.

Cerita akhirnya bergulir bahwa bajak laut Goryeolah yang telah merampas kapal sekaligus segel kerajaan di perjalanan dari Tiongkok ke Joseon.

Jang Sa Jeong (Kim Nam Gil) adalah mantan prajurit istana yang melarikan diri dan jadi pemimpin bandit gunung. Mendengar ada kapal berisi emas dan perak yang ditelan ikan paus, ia dan kelompoknya berniat untuk mendapatkan isi perut ikan tersebut.

Sementara itu, Yeo Wol (Son Ye Jin) adalah pemimpin bajak laut yang memberontak dari kapten kapalnya terdahulu. Ia dan kelompoknya juga tertantang untuk menangkap ikan paus tersebut dengan iming-iming emas dan perak.

Namun, laut memang tak semudah itu ditaklukan. Para bandit gunung yang tidak terbiasa dengan laut kebingungan dalam membuat strategi dan hanya meributkan seberapa besar ikan paus yang ada di lautan.

Singkat cerita sih, secara tidak sengaja jafi ada 3 bandit yang terlibat pertarungan di lautan: gerombolan bandit gunung-nya Sa Jeong, kelompok bajak laut-nya Yeo Wol, dan geng bajak laut yang dipimpin oleh So Ma. Baku hantam ini kemudian membuat dua kubu lebih dekat melawan So Ma yang di-backing oleh Prajurit Maritim kerajaan yang dipimpin oleh Mo Heung Gap.

Alur dan Setting The Pirates

Untuk setting film ini ya tentu saja banyaknya di lautan ya, sementara adegan di daratannya hanya sebatas istana dan pedesaan saja. Untuk kualitas film tahun 2014, sudah termasuk niat dan detail juga sih. Korea gitu, lho…

Sementara alurnya menurut saya memang agak lambat, dari durasi 130 menit, di menit ke-105 masih juga belum banyak aksi usaha penangkapan ikan paus.

Padahal kan kita pingin cepet-cepet lihat aksi super kocak dan serunya mengejar ikan paus di lautan yaaa. Tapi tenang aja, pas bagian aksinya beneran seru kok. Ini jadi battle satu lawan satu antara para pemimpin kelompok. 

Tapi ya sebentar banget durasinyaaa ... TT_TT

Pemeran The Pirates

Kim Nam Gil

Aaaa, bahkan di tahun 2014 aja akting Kim Nam Gil udah bagus banget, deh. Dia bisa main tokoh konyol dan serius, dan kalau film bajak laut gini pasti biasanya banyak adegan kocaknya. Gesture dan cara senyumnya itu juga ciri khas Nam Gil banget.

Film ini juga didukung sama Lee Yi Kyung yang jadi Cham Bok, Park Hae Soo jadi Hwang Joong Geun, dan ada mendiang Sulli jadi bajak laut perempuan bawahan Yeo Wol. Meski para pemain muda ini porsi peran dan dialognya nggak banyak, tapi ya lumayan deh lihat Yi Kyung dan Hae Soo yang masih pada kurus.  
Sulli

Pemain senior lain seperti Kyeong Yeong Lee yang memerankan So Ma, Kim Tae Woo yang memerankan Mo Heung Gap, dan Shin Jung Geun jadi Yong Kap, mereka udah kita kenal lah ya sekarang karena wira-wiri di berbagai drakor. Karir mereka di dunia sinema Korea memang sepanjang itu sampai hari ini.

Sementara itu, saya senang lihat Son Ye Jin di sini yang berani, meski karakternya masih kurang badass. Tapi cara dia berlari dan melompat tanpa ragu sudah oke banget persis bajak laut sungguhan. Mungkin masih kurang galak sebagai pemimpin bajak laut, tapi okelah, ketimbang jadi penerjun payung lintas negara yang rambutnya nggak diikat #eh #gakbolehjulid, hahaha.


Kelak kita akan tahu, ada hubungan apa antara ikan paus betina dengan Yeo Wol di masa lalu? Lalu seberapa sakralnya ikan paus di lautan hingga bisa mendatangkan angin tornado ketika hewan itu terluka. 

Film ini juga mengandung hikmah penting untuk pemimpin tentang mendahulukan kepentingan orang lain (rakyat) daripada diri sendiri. Lalu apakah segel kerajaan berhasil diambil dari perut ikan paus? 

The Pirates (2014)
Oh ya, jadi catatan juga, sebagaimana keras dan kasarnya kehidupan para perampok dan perompak ini, dialog di sini banyak mengandung umpatan-umpatan kasar seperti tai kucing, pasangan anjing, dkk. Dari mana kamu ngerti, Rel? Ya dari subtitle lahhh, wkwkwk. Kalau bahasa Koreanya sih mungkin saya enggak ngeh itu bahasa kasar atau normal.   

Secara keseluruhan, saya banyak dibuat ketawa selama menonton film ini. Sangat menghibur, tapi tidak terlalu manis karena nggak ada romance-nya (tapi apa yang mau diharepin, coba?) 

Yah, bagaimana ya, kalau film bajak laut begini saya selalu berpatokan pada Pirates of Carribean yang melegenda itu, jadi ekspektasi saya mungkin terlalu tinggi. 

Tapi film ini ya boleh banget ditonton buat melihat perkembangan akting oppa eonni sampai saat ini. 

Jadi nggak sabar buat mengulas The Pirates: Goblin Flag. Habis ini, ya! 
Next Post Previous Post
25 Comments
  • Lusi
    Lusi 3 Maret 2022 20.07

    Sepertinya menarik ya. Belum pernah nonton genre begini. Sukanya drama misteri.

  • nchie hanie
    nchie hanie 3 Maret 2022 23.26

    Waah, seru banget cerita pirates ala film koreanya yaaa. dan aku pun awalnya baca judul kbayang tuh pada Pirates of Carribean yang melegenda , jadi mungkin ekspektasiku pun mungkin terlalu tinggi yaa. Hahaaa ga ada adegan2 romance gituuh, ahh ga jadi baper deh.

  • Yanti Ani
    Yanti Ani 4 Maret 2022 11.38

    Ini yang baru-baru ini ada filmnya kan? Waduh, saya hanya tahu Pirates 2, padahal kudu nonton yang 1 dulu ya😂 cusslahh minggu ini.

  • Ida Raihan
    Ida Raihan 4 Maret 2022 16.39

    Nggak ada romannya juga kalau lucu jadikan list buat ditonton nanti ah, Lumayan buat melepat penat kalo lagi suntuk ama kerjaan,

  • Bibi Titi Teliti
    Bibi Titi Teliti 4 Maret 2022 18.02

    Wah, filmnya lagi nge-heits banget nih di Netflix tapi aku belum sempet nonton jadi makin penasaran pengen nonton deh! Pengen lihat si calon manten Son Yejin yang biasanya anggun jadi perompak nih hehe

  • Ida T
    Ida T 4 Maret 2022 19.58

    Wah filmnya unik nih banyak di lautnya ya...btw ini film lama ya tapi tetap asyik untuk ditonton pastinya...

  • Ali K
    Ali K 4 Maret 2022 21.08

    Sepertinya keren.. tapi saya tidak punya waktu....

  • YSalma
    YSalma 4 Maret 2022 22.23

    Aku belum nonton film Korea Pirates ini mba. Membaca reviewnya ini jadi penasaran untuk ikutan nonton. Mari dimulai dari yang 2014 dulu, biar nggak bengong ya. Siip, langsung masuk list tontonan.

  • Echi Mustika
    Echi Mustika 4 Maret 2022 23.10

    Iya kadang kita klo nonton film bajak laut selalu berkiblat kePirates of Carribean tapi sepertinya ini menarik juga coba deh nyari k Netflix

  • dessy achieriny
    dessy achieriny 4 Maret 2022 23.14

    Udah lama aku gak nonton film korea jaman dinasti Joseon gini. Kemarin sampe nyari bingung mo nonton yg mana. Sayangnya gak ada romancenya ya ahaha

  • miyosi ariefiansyah (bunda taka)
    miyosi ariefiansyah (bunda taka) 5 Maret 2022 03.06

    Bahkan yg 2014 pun belum lihat mbaa xixixi
    Ehm, merasa kocak baca bagian preman gunung pun kesulitan ketika harus menghadapi laut yg jelas berbeda xiixxi semacam beda frekuensi ya emang
    Dinasti Goryeo cukup sering dijadikan setting drakor y btw

  • Irawati Hamid
    Irawati Hamid 5 Maret 2022 09.44

    Saya selalu suka nonton film-film yang diperankan son ye jin. Jadi penasaran deh mau nonton filmnya yang ini, pasti bagus seperti film-filmnya yang lain

  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani 5 Maret 2022 10.01

    wah ada juga film bajak laut dari Korea ya,...
    Tapi emang sih film bajak laut yang melegenda itu tetep Pirates Of The Carribean ya... jadi semua merujuknya ke sana...

  • Sri Al Hidayati
    Sri Al Hidayati 5 Maret 2022 10.18

    Wah, baru liat di ig berseliweran pirates pemainnya yang pemeran cewek di film W T Worlds, eh ternyata ada sebelumnya yaa baru tahu yang 2014 pemainnya juga calonnya Hyun Bin pula. Makasih reviewnya mbak, jadi penasaran juga

  • Rani Yulianty
    Rani Yulianty 5 Maret 2022 10.20

    Belum nonton pirates yang pertama nih, baru nnonton sekuelnya yang 8 tahun kemudian hehe, emang kocak jadi kepo sama yang pertama

  • Yuniari Nukti
    Yuniari Nukti 5 Maret 2022 11.19

    So Ye Jin, dari tadi mikir kayak gak asing namanya, ternyata bener dengan clue terjun payung mbaknya itu yang nyangkut di pohon Korut trus ditemukan sama Hyun Bin

    Ah jadi pingin nonton gimana ekspresinya, karakter wajahnya sih memang kalem bisa bayangin gimana main jadi kepala bajak laut

  • Jiah Al Jafara
    Jiah Al Jafara 5 Maret 2022 12.19

    Aku belum nonton The Pirates ini. Ternyata pemainnya beda sama yang baru rilis kemarin. Sebenarnya aku gak terlalu suka sama tema bajak laut. Kadang-kadang aja sih nontonnya

  • Siska Dwyta
    Siska Dwyta 5 Maret 2022 12.23

    Saya ketinggalan nonton film ini padahal udah tayang dari 2014 ya.. jadi penasaran mau nonton soalnya jarang banget nonton film Korea yang settingannya kebanyakan di laut apalagi yang main Kim Na Gil. Fix lah sebelum nonton The Pirates: Goblin Flag nonton yg ini dulu

  • Chela Gurukecil
    Chela Gurukecil 5 Maret 2022 12.32

    wah jadi pengen nonton mbak... Soalnya kalau korea dan ngambil cerita2 masa lampau agak kurang suka.padahal sebenarnya ya bagus. hahaha.

  • Anggraeni Septi
    Anggraeni Septi 5 Maret 2022 12.36

    wah jadi tahu nih kehidupan para perompak dari film Pirates 2014 ini mba, dan baru ngeh kalo banyak umpatannya juga hehe. Boleh juga nih rekomendasi film yang menghubur ini selama isolasi mandiri di rumah :) Biar ketawa terus meski kena copid hehe.

  • Sri Widiyastuti
    Sri Widiyastuti 5 Maret 2022 12.48

    wah makin penasaran aja nih sama film pirates yang baru tayang di netflix ya mbak, ternyata ada pirates pertamanya toh yaa. kalau begitu kudu nonton yang pertama dulu dong ya, biar nyambung gitu hehe makasih reviewnya mbak

  • lendyagassi
    lendyagassi 5 Maret 2022 13.15

    Uniknya di The Pirated 1 dan 2 ini, anak SM sama-sama kebagian peran memanah.
    Gak alm. Sully, gak Sehun, sama-sama didapuk jadi tangan kanan dari si Kapten Kapal.

    Hihii...bisa aje nih..
    Lain kali jangan cuma Sehun gitu...ajakin Suho, Cheye sama D.O juga.
    Kalo masih kurang, ada hoobae-nim dari NCT.

    Hehhee...excited nonton The Pirates karena hi-lite aku nih anak SM ajaaa...

  • Rach Alida Bahaweres
    Rach Alida Bahaweres 5 Maret 2022 18.18

    Aku baru saja selesai menonton Tje Pirates terbaru di Netflix. Lama nontonnya dua jam lebih tapi sungguh sangat menghibur. Kocakkk

  • Indah Nuria Savitri
    Indah Nuria Savitri 5 Maret 2022 19.25

    aku sempet lihat nih mba iklannya di Netflix.. kayaknya seru banget ya jalan ceritanya

  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti 6 Maret 2022 06.50

    Iya sih ya, klo udah nonton Pirates of Caribian standar bajak lautnya jadi mengacu ke sana hehee.. ini tuh ternyata banyak adegan kocaknya yaa.. menghibur banget dong

Add Comment
comment url