Cara Bikin Brand Kosmetik Sendiri

Perkembangan kosmetik sekarang ini luar biasa banget ya. Kalau dulu kita hanya biasa dengan brand-brand mainstream yang besar, sekitar 5 tahun belakangan ini jagad perkosmetikan kita juga digempur sama brand-brand lokal baru yang juga digandrungi para make-up junkie. 

Apalagi sudah eranya sosial media ya, media untuk pemasaran pun bertambah. Kalau dulu harus bayar mahal buat iklan di tv dan media massa, sekarang bisa geser ke digital marketing yang menggunakan platform media sosial sebagai lahan beriklan utama. 

Btw busway, kenapa gampang banget sekarang bikin line kosmetik ya? Mulai artis dan selebgram, pada bikin kosmetik dan skincare pakai brand nama sendiri. 

Trend Artis Membuat Brand Kosmetik Sendiri 

Biasanya sih, para public figure ini mengusung satu produk yang dijagoin dulu. Misalnya Lip Coat by Lizziparra (MUA/selebgram), lalu Dissy Lipmate by Ussy Pratama, Madame Gie by Gisela Anastasia, Nama by Luna Maya, dan lain sebagainya. Setelah produk ini booming, mereka keluarin lagi produk lain baik sejenis maupun lainnya semisal nambah foundation, concealer, bedak, atau micellar water. 

Nggak lama, nanti bisa merambah ke skincare juga. Makin booming produk sebelumnya, makin gencar produk selanjutnya pada keluar. Apalagi memanfaatkan momen nama besar mereka sedang bersinar, kalau produknya oke, bisa bertahan lama tuh sampai buka outlet di mall-mall, tidak hanya online. 

Memang sekarang segampang itu ya? 

maklon kosmetik

Cara Membuat Brand Kosmetik Sendiri 

Ya, ternyata memang semudah itu saat ini untuk membangun bisnis kosmetik dengan brand sendiri. Nggak perlu punya pabrik produksi, nggak perlu juga memulai dari nol mencari sumber daya manusia dan bahan baku. 

Ada perusahaan maklon kosmetik yang siap sedia memenuhi kebutuhan bisnis kosmetik kita. Mereka akan membantu kita mulai dari konsultasi konsep produk, riset, menentukan bahan aktif untuk keunikan produk, uji coba, produksi, legalitas produk, sampai pada desain dan pengemasan. 

Lalu apa saja yang harus kita lakukan sebagai pembuat bisnis? 

1. Siapkan merek dan logo 

Mungkin ingin pakai nama kita sendiri seperti para artis yang sudah memiliki nama besar, mungkin mau pakai nama lain dengan filosofi tertentu tergantung konsep produknya, atau apa pun itu. Logo juga akan mewakili mereka yang kita usung. 

2. Siapkan biaya 

Pertama, dengan memakai jasa maklon kosmetik kita sudah menghemat banyak sekali biaya bisnis karena tidak perlu mendirikan pabrik dan produksi sendiri. Namun, biaya untuk hire maklon kosmetik memang tidak juga murah, minimal kita siapkan untuk comitment fee-nya dulu di awal yang menentukan pekerjaan untuk brand kita dijalankan atau tidak. Setelah itu, biaya-biaya lainnya bisa dibayar sambil proses berjalan. 

Adapun supaya pengeluaran bisa ditekan, beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu: 

- Order produk maklon dalam jumlah besar, sehingga biaya keseluruhan produksi bisa lebih rendah sehingga kita lebih leluasa menentukan harga penjualan ke konsumen

- Cari perusahaan maklon yang terdekat dengan lokasi kita atau lokasi pemasaran. Ini untuk menghemat biaya distribusi. 

Perlu diketahui bahwa harga jual pada konsumen ditentukan oleh jumlah barang yang diproduksi dan kualitas/spesifikasi produk, maka konsultasi dengan pihak maklon kosmetik sangat diperlukan di awal-awal berbisnis. 

Produk yang Bisa Dibuat Maklon Kosmetik 

Rata-rata, pabrik maklon kosmetik bisa memproduksi produk apa saja sesuai permintaan kita, mulai dari skincare, make up dekoratif, haircare, sampai parfum dan wewangian. Jadi, kalau kita mau punya satu line brand dengan banyak produk bisa saja cukup pesan di satu pabrik maklon kosmetik. 

Nah, gimana, tertarik membuat brand kosmetik sendiri? :) 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url