Jenis-Jenis Asuransi yang Perlu Kita Ketahui

macam-macam asuransi
ilustrasi asuransi. pixabay.com

Sebagai bentuk penanggulangan atas situasi masa depan yang tidak dapat kita prediksi, menanamkan asuransi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan ketenangan. Meskipun tidak diinginkan, tak dapat dipungkiri jika sewaktu-waktu, kita bisa saja mendapat musibah. Entah itu kecelakaan baik di jalan maupun di tempat kerja, kematian orang terdekat atau diri sendiri, dan masih banyak lagi.

Asuransi dapat membantu kita untuk mengatasi masalah tersebut. Selayaknya bentuk investasi untuk masa depan, yang dapat diklaim sewaktu-waktu kita membutuhkan, sesuai dengan bentuk kerusakan dan cedera yang telah dicantumkan terlebih dahulu di dalam kontrak. Bukan hanya oleh diri kita, klaim dari polis asuransi pun dapat diambil oleh orang-orang terdekat yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Di Indonesia sendiri, ada cukup banyak jenis asuransi yang bisa dibeli. Ada apa saja jenis-jenis asuransi itu? 

Polis Asuransi yang Umum di Indonesia

1. Asuransi Kesehatan

Jenis pertama ini umumnya telah dikenal luas oleh masyarakat. Asuransi kesehatan, singkatnya dapat menanggung biaya kesehatan dari pemegang asuransi, dengan beberapa kondisi tertentu. Biasanya, asuransi ini berlaku untuk sakit seperti cacat permanen, penyakit-penyakit kronis, cedera, kondisi yang mengharuskan kita untuk dirawat, baik rawat inap maupun rawat jalan, dan juga kematian akibat kecelakaan.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah bentuk asuransi yang akan dapat memberi perlindungan finansial bagi keluarga dari pemegang asuransi. Tergantung beberapa jenis situasinya, asuransi ini dapat diambil setelah kematian tertanggung, atau bisa juga sebelum kematian. Jadi, berbekal pembayaran kembali dari pihak asuransi, keluarga dari pihak terkait akan tetap bisa menyambung hidupnya dengan dana dari asuransi, hingga mereka dapat beradaptasi kembali.

Jenis asuransi ini mungkin terlihat seolah kita hendak mendahului ketetapan Tuhan. Namun, asuransi jiwa sangat bermanfaat bagi mereka yang ditinggalkan, terutama jika yang meninggal tersebut adalah tulang punggung keluarga.

3. Asuransi Pendidikan

Mengingat situasi ekonomi serta masa depan yang tidak pasti dan bisa saja memburuk sewaktu-waktu, asuransi jenis ini merupakan salah satu barang penting bagi para orang tua yang tidak ingin anak mereka berhenti sekolah di tengah jalan, yang nantinya malah berisiko menghambat perkembangan dan laju bakat si anak.

Oleh sebab tersebut, asuransi pendidikan, yang dapat meringankan beban orang tua dalam hal biaya pendidikan yang makin hari makin menanjak, menjadi pilihan yang populer dan amat disarankan.

4. Asuransi Kendaraan

Kendaraan, merupakan salah satu aspek penting dalam hidup yang memungkinkan mobilisasi dengan cepat, meskipun itu juga masih tergantung pada jenis dan kondisi lalu lintas di jalan. Namun, tidak dapat dipungkiri jika kendaraan pribadi merupakan hal yang penting bagi kita, bukan? Cedera atau kerusakan yang tiba-tiba dialami pasti akan menjadi hal yang merepotkan.

Untuk itulah, asuransi kendaraan mulai populer di Indonesia. Asuransi jenis yang satu ini, dapat menanggung biaya perbaikan kerusakan dari kendaraan pemegang asuransi. Bisa pula menanggung biaya kerusakan dan cedera dari kendaraan orang lain, yang cedera tersebut disebabkan oleh si pemegang asuransi.

5. Asuransi Hari Tua

Siapa yang tidak ingin menikmati masa senjanya dengan nyaman, tanpa memikirkan pekerjaan yang melelahkan untuk tetap bertahan hidup? Tentunya, semau orang mengharapkannya. Nah, dana hari tua inilah yang akan menanggung kebutuhan finansial dari pemegang polis kala mereka tidak lagi produktif seperti di masa muda.

6. Asuransi Umum

Jenis asuransi yang satu ini menawarkan klaim pada hal-hal selain kehidupan si pemegangnya, jika mengalami kerusakan tertentu seperti pencurian, atau kehilangan lainnya.

Jenis ini biasanya akan mengganti dana atas kerusakan atau kehilangan dari rumah, properti, sepeda, mobil, perjalanan, serta kesehatan. Pokoknya, hal selain kehilangan nyawa, dapat ditanggung oleh asuransi umum ini.

Ada pun jenis-jenis asuransi umum yang diselaraskan dengan kepentingan kita sendiri, di antaranya ialah: asuransi Kebakaran, asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan (seperti yang sudah disebutkan di atas), asuransi rumah, asuransi properti, asuransi pekerjaan, serta asuransi sosial.

Nah, itulah tadi beberapa macam asuransi yang bisa kita beli, sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi kejutan takdir di masa depan. Beberapa asuransi bisa dibeli atas nama diri sendiri, bisa juga atas nama orang atau pihak ketiga. 

Asuransi juga memiliki beberapa ketentuan yang harus dicermati lebih dulu, sebelum kita menyetujui kontrak. Pastikan untuk memahaminya terlebih dahulu, oke?
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Pipit ZL ceritaoryza.com
    Pipit ZL ceritaoryza.com 10 Oktober 2021 21.12

    Sebetulnya yang bagus itu asuransi plus investasi or asuransi saja?

  • Putri Kurniawati
    Putri Kurniawati 12 Oktober 2021 09.44

    Aku tertarik sama asuransi pendidikan nih untuk calon anakku kelak. Harus prepare dari sekarang kan yah daripada menyesal kemudian

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 14 Oktober 2021 10.16

    semua asuransi itu penting dan ada peranannya ya, tapi seringnya masih diskip untuk kita membeli unitnya.
    yang paling dirasain sih itu biasanya asuransi kesehatan ya :D

Add Comment
comment url