Self-Grooming dan Siap Kerja Bersama QuBisa

Aplikasi siap kerja QuBisa, wow, dengar siap kerja-siap kerja gini, apa saja sih sebetulnya yang perlu dipersiapkan sebelum memasuki dunia kerja? Siap kerja itu indikatornya apa? Harus sesiap apa untuk bekerja?

Well, fyi...saya adalah cucu pertama di keluarga. Adik-adik sepupu saya saat ini ada yang baru lulus kuliah dan yang menjelang tingkat akhir, termasuk adik kandung sendiri -- ateu favorit anak-anak-- saat ini hampir di tahun keempat perkuliahannya.

Apa yang orang-orang tua harapkan pada saya selayaknya kakak tertua? Tentunya memberi masukan pada adik-adik tentang karir dan langkah selanjutnya pasca lulus kuliah. Yah, meskipun kakaknya ini sudah veteran dan nggak punya pengalaman lama berkarier, setidaknya ada sedikit hal yang bisa saya sampaikan pada mereka tentang persiapan menghadapi dunia kerja.

Salah satunya tentang self-grooming dan kepercayaan diri sebagai cara meningkatkan personal branding.

aplikasi siap kerja

aplikasi siap kerja
aplikasi siap kerja QuBisa

Grooming dan Profesionalisme

Pernah dengar istilah ‘dress for success’? Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan bagaimana penampilan individu mendukung kesuksesan dalam berkarier. Grooming, atau penampilan diri adalah dasar yang akan pertama kali dilihat ketika kita bertemu dengan orang baru (klien, customer, employer, rekan kerja, dll). Grooming ini memang bukan faktor utama, tapi bisa jadi faktor pertama.

Umumnya, setiap perusahaan menetapkan standar penampilan diri yang berbeda untuk para pegawai mereka. Lalu, jika kita melihat jaringan minimarket, para pegawai termasuk kasir mempunyai seragam khusus dan aturan tata krama yang wajib diterapkan ketika ada konsumen.

Beberapa manfaat grooming (menjaga penampilan) dalam dunia kerja, antara lain:
  • Personal Branding
Penampilan mencerminkan kepribadian. Gaya berpakaian kita menentukan persepsi orang lain terhadap kita. It’s okay untuk mengutamakan penampilan menarik. Menarik itu bukan berarti menggoda atau nyeleneh, lho. Intinya nyaman dan percaya diri.

Salah satu contoh grooming penampilan diri yang sering ditetapkan perusahaan adalah potongan rambut yang rapi untuk pegawai laki-laki. Rambut yang terlalu panjang dan terkesan tidak terawat bisa memperburuk penampilan. 
  • Kredibilitas
Skill adalah yang utama, penampilan adalah pendukungnya. Dengan kita berpakaian yang baik dan sesuai konteks akan menambah trust orang lain terhadap skill kita tersebut.
  • Kepercayaan diri
Peduli pada penampilan, mulai dari memilih busana kerja yang tepat, seperti warna yang sesuai dengan kepribadian, mengikuti tutorial hijab formal. Kemudian memilih fashion yang layak dipakai ke kantor, hingga cara memulai perbincangan dengan rekan bisnis, ini salah satu contoh grooming diri untuk membuat diri sendiri layak diapresiasi. 

Markus Mobius dan Tanya Rosenbalt dalam bukunya ‘Why Beauty Matters’ menegaskan bagaimana physical evidence akan turut meningkatkan keterampilan sosialnya pula. Penampilan dan keterampilan sosial yang baik akan membantu dalam peningkatan produktivitas individu dalam berkarier, terutama dalam hubungan intrasosial.

Belajar Personal Grooming dan Branding di QuBisa

Tahu tidak, kita bisa mempelajari materi-materi seputar grooming dan profesionalitas ini lewat aplikasi belajar online dan webinar pengembangan diri di aplikasi siap kerja QuBisa. QuBisa adalah platform belajar jarak jauh yang bisa membantu kita meningkatkan keterampilan digital, pengembangan diri, dan wawasan finansial bagi pekerja dengan cara belajar efektif. 

aplikasi belajar online


kursus online gratis
Belajar gak ribet di QuBisa. Ketika saya mendaftarkan diri dalam kursus online gratis QuBisa, saya scrolling kelas-kelas menarik dan menautkan diri ke dalam kelas “Grooming and Profesionalism” dengan pengampu Djunaidi Baharudin, Director of Consulting. 

Bagi saya, setelah melewati beberapa waktu berkenalan dan mengamati orang-orang, hal seperti penampilan yang sering dianggap remeh justru jadi hal penting untuk diperhatikan. Penampilan ini tidak berputar pada persoalan fisik saja, melainkan menekankan pada gesture dan attitude. Kelak, jika sudah beres dengan urusan grooming untuk personal branding, kita lakukan upskilling dan reskilling supaya kualitas diri bertambah.  

Dalam kelas tentang Penampilan dan Profesionalisme selama 7 menit, Djunaidi memberi ilustrasi saat dirinya ke rumah sakit mengantar anaknya berobat, dan bertemu dengan dokter yang menangani anaknya di IGD. Dari situ, kita langsung bisa belajar mengenai appearance mendukung profesionalisme. Bahwa semuda dan sepemula apapun dokter yang kita tatap mukanya, kita tetap percaya apa yang dia katakan mengenai advis medis karena dia berada di rumah sakit, mengenakan pakaian dinas dokter, pakai stetoskop yang merepresentasikan profesi dan lembaganya.

Lain hal ketika kita bertemu seseorang random di jalan, berpakaian biasa, kemudian dia memberikan advis medis ini itu, meskipun aslinya dia adalah dokter tentu kita tidak akan langsung percaya, karena kita tidak tahu dia siapa. Tapi lain hal ketika seseorang tersebut mengenakan pakaian profesinya di tempat dan konteks yang tepat.

Inilah kenapa, dalam dunia marketing dikenal 4P (Product, Place, Promotion, Price), mencakup ketepatan dalam konteks yang benar. Dalam industri jasa, ditambah juga tiga hal: people, physical evidence, process. Process adalah bagaimana pelayanan bisa ter-delivery dengan baik, salah satunya melalui physical evidence (penampilan, gedung/tempat, properti). People (appearance), ketika orang dinilai profesional dan kemudahannya memberikan advise pada klien/customer/pasien.

Intinya sih, kalau dari ilmu NLP, kita mesti bisa melakukan mirroring, kita menyerupai apa yang kita deliver.

Kursus-Kursus Pengembangan Diri di QuBisa

Nah, terkait dengan cara meningkatkan personal branding, grooming, dan pengembangan diri, aplikasi belajar online QuBisa memiliki berbagai kursus online gratis dan video microlearning dengan tema-tema berikut ini:

Padu Padan Warna Dari Warna Primer, Secondary dan Tersier
Punya Warna Favorit, Namun Tidak Cocok di Pakaian/Celana? Berikut Solusinya
Corporate Grooming for Woman

Semua kelas-kelas di QuBisa ini bisa diakses dengan mudah. Semudah mengunduhnya di Play Store/Apple Store. Kemudian membuat akun bisa pakai email juga, lalu lengkapi profil dan silakan pilih-pilih aneka kursus online untuk meningkatkan kemampuan baru, bisa juga upskilling dan reskilling ilmu-ilmu yang sudah pernah kita miliki atau punya dasarnya.

Di QuBisa, kita akan menemui cara belajar gak ribet dan cara belajar efektif melalui video, materi, bahkan ada juga pre test dan post test sebagai pembuka dan penutup kelas. Pokoknya, meningkatkan kemampuan diri semudah nutul-nutul hape sambil rebahan, deh!

Lomba Blog QuBisa 

aplikasi siap kerja
Nah, pasti sudah pada tahu nih kalau persaingan di dunia kerja saat ini makin ketat karena dunia berkembang, otomatis peluang kerja yang muncul juga menuntut keahlian yang baru. Perusahaan zaman sekarang lebih memilih calon tenaga kerja yang memiliki hard skill dan soft skill yang kompeten dan kredibel. 

Jadi, untuk adik-adik yang baru atau menjelang lulus kuliah, boleh banget dipersiapkan untuk upskilling dan reskilling, meningkatkan keahlian digital savvy, dan menjadikan diri sebagai lulusan siap kerja. Caranya bisa dengan mengikuti berbagai kursus yang ada secara online bersama aplikasi siap kerja QuBisa. 

Setelah merasakan manfaat dan pengalaman cara belajar efektif di QuBisa, segera deh tulis pengalamannya seputar belajar bareng di aplikasi belajar online QuBisa. Caranya gampang dan hadiahnya sangat menggiurkan, cukup buat modal self grooming dalam persiapan masuk dunia kerja. 

Kompetisi Blog QuBisa ini diselenggarakan dari tanggal 20 September - 10 Desember 2021 dan bebas diikuti oleh publik secara umum. Satu peserta bisa submit lebih dari 1 tulisan blog, lho, jadi chance untuk mendapatkan hadiahnya lebih besar. Hadiah total senilai 10 juta rupiah siap dibagikan untuk  18 pemenang dengan tulisan terbaiknya.

Kuy lah, daftar segera di websitenya QuBisa. Sambil menyelam minum air. Sambil belajar, cuan cair...  
Next Post Previous Post
30 Comments
  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 13 Oktober 2021 06.35

    bener-bener seneng kalo ada platform beajar online gini ya, buat emak macam saya yg di rumah aja, Qubisa ini bisa jadi pilihan biar tetap bisa memberdayakan diri :)

  • Ririe
    Ririe 13 Oktober 2021 12.52

    Pilihan - pilihan kursusnya menarik semua di QuBisa ini. Pengen ikut yang kursus menulis Kreatif bersama The British Institute, pas banget buat achieve nulis di blog.

    • Fenni Bungsu
      Fenni Bungsu 17 Oktober 2021 12.29

      Bikin seneng belajarnya memang bareng QuBisa, karena gak terhalang device. Udah gitu kapan aja belajarnya gampang

  • Diani Sekaring Sejati
    Diani Sekaring Sejati 13 Oktober 2021 13.12

    Agar sukses dalam berkarir, banyak sekali soft skill dan hard skill yang sebaiknya dikuasai sebelum masuk dunia kerja. Oleh karena itu pas banget jika fresh graduatet mempersiapkan diri bersama Qubisa.

  • Naqiyyah Syam
    Naqiyyah Syam 13 Oktober 2021 16.04

    Penasaran juga nih dengan kursus di QuBisa pastinya akan menambah skill dan makin mengupgrade diri ya, seru juga!

  • Ajenghimme
    Ajenghimme 13 Oktober 2021 19.16

    Kursus-kursusnya menarik sekali. Sangat cocok dengan kebutuhan untuk masuk dunia kerja ya. Apalagi bisa dilakukan secara online

  • rizhaa
    rizhaa 13 Oktober 2021 20.05

    ini dia aplikasi yang dibutuhkan. masa pandemi gini ga ada alasan gak belajar hal baru. apalagi tentang grooming. yang selama pandemi jangan2 udh pada keasikkan dan lupa grooming diri hehehhe. menariik kelasnyaa

  • Shyntako
    Shyntako 13 Oktober 2021 20.08

    grooming itu penting memang untuk pekerjaan karena gak bisa dipungkiri kita kan pasti lihat penampilan orang dulu yaa baru kenali karakter or sifatnya deh

  • Larasatinesa
    Larasatinesa 14 Oktober 2021 04.19

    Jaman sekarang nambah skill gini udah praktis banget ya mba bisa ikutan course online di Qubisa. Lumayan buat nambah-nambah nilai plus ketika masuk dunia kerja + upgrade kemampuan.

  • Renayku
    Renayku 14 Oktober 2021 17.08

    Wah ini menarik bgt ya pembahasan di Qubisa. Kyknya baru platform ini deh yg menyajikan materi seperti ini. Bole jg utk dicoba

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 14 Oktober 2021 18.10

    Daku juga ambil kursusnya Pak Djunaidi Baharudin kak.
    Memang mengena, buat kita sebagai konten kreator. Sehingga bisa memantaskan diri untuk profesional baik berhadapan dengan klien, terlebih lagi saat datang ke tempat kerja

  • Heizyi
    Heizyi 16 Oktober 2021 10.06

    Setelah SMP, bingung mau ke SMA atau SMK.

    Setelah lulus lagi, bingung mau kuliah ambil jurusan apa.

    Lalu setelah selesai kuliah, bingung mau kerja apa 🙈

    Untungnya ada pelatihan semaaam Qubisa yang bisa bantu arahkan minat dan bakat ya kak

  • Kak Niken - Kal
    Kak Niken - Kal 16 Oktober 2021 10.50

    Self Grooming itu emang penting banget. Aku dulu ada mata pelajaran groomin saat kuliah. Dan kepakai banget saat masuk dunia kerja. Bahkan pernah dapat cerita juga dari suami, kalau di perbankan ada juga materi grooming untuk pelatihannya.

  • Happy Dyah
    Happy Dyah 17 Oktober 2021 09.14

    Mantap emang self grooming. Untuk anakku yg kuliah sudah mulai kuarahkan untuk upgrade skill di Qubisa

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 17 Oktober 2021 09.54

    kursus2nya bikin mata melek dan menyadarkan diri sendiri kalo penampilan itu penting ya. Aku masih suka meremehkan penampilan soalnya..hiks..

  • Eri Udiyawati
    Eri Udiyawati 17 Oktober 2021 10.34

    Belajar meningkatkan skill di QuBisa ini memang asyik sih. Selain kursus online gratis juga bisa diambil kapan aja sesuai mampu kita.

  • Yanti Ani
    Yanti Ani 17 Oktober 2021 13.46

    Betul banget penampilan bisa memberi kesan baik atau buruk saat pertama kali wawancara ya, kadang kita suka sepele ini dan beralasan jadi diri sendiri. Beruntung banget bisa belajar di QuBisa jadi bisa mempersiapkan diri saat melamar pekerjaan

  • Fionaz
    Fionaz 17 Oktober 2021 18.57

    Kemaren aq udah ikut kursus gratis di QuBisa, dan kayaknya kedepannya aq tertarik buat ikut kelas publik speaking disini, dan yang aq suka di aplikasi QuBisa ini bisa diakses dari mana aja

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 17 Oktober 2021 20.55

    iya, self grooming emang penting ya mbak
    agar makin siap memasuki dunia kerja
    senang ya, sekarang klo mw mengembangkan diri bisa dengan kursus online di Qubisa ini

  • Yuni BS
    Yuni BS 17 Oktober 2021 21.21

    Urusan penampilan adalah salah satu hal yang penting dalam dunia kerja. Ini bisa menjadi penunjang personal branding kita. Dan bagus banget ya, QuBisa ada gitu materi keren tentang self Grooming begini.

  • Tukang jalan jajan
    Tukang jalan jajan 17 Oktober 2021 21.36

    Banyak juga yang pake aplikasi QuBisa Untuk oeningkatan kemampuan diri diberbagai bidang. Pilihan kursusnya lumayan banyak kan ya

  • Antung apriana
    Antung apriana 18 Oktober 2021 04.09

    Beberapa pekerjaan memang membutuhkan penampilan yang oke ya, mbak apalagi kalau kerjaannya harus tampil gitu. Karena biar Bagaimana pun orang kadang memang melihat tampilan luar dulu dalam menilai seseorang

  • Fatimah Aqila
    Fatimah Aqila 18 Oktober 2021 08.45

    Kursus yang ada di QuBisa emang wajib banget dicoba, apalagi ada yang gratis. Tapi yang berbayar juga wajib banget dicoba karena materinya bisa menambah skill biar siap untuk terjun ke dunia kerja.

    • atiq - catatanatiqoh
      atiq - catatanatiqoh 20 Oktober 2021 12.02

      bener nih, sekarang udh banyak fasilitas jd makin mudah ya, jadi ya kudu dicoba sih :)

  • Nunung Yuni Anggraeni
    Nunung Yuni Anggraeni 18 Oktober 2021 09.08

    Setuju banget nih mbak kalau penampilan itu tidak berputar hanya persoalan fisik saja, melainkan juga menekankan pada gesture dan attitude. Waah banyak kursus branding and performing juga ya di Qu Bisa

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 18 Oktober 2021 21.14

    Dengan gini bisa jadi termudah kan sekali ga mbaa.. bisa belajar kapan pun dan dimanapun

  • Karimah Iffia Rahman
    Karimah Iffia Rahman 21 Oktober 2021 22.55

    awalnya aku kira grooming buat kucing, eh ternyata grooming bisa diistilahkan untuk menunjang karir kita ya

  • Shafrida
    Shafrida 22 Oktober 2021 23.14

    Beruntungnya kita yg hidup di zaman yg serba ada dan mudah gini ya mba.
    Butuh apa² sekarang tinggal klik-klik di ponsel pintar 😍

  • Eni
    Eni 23 Oktober 2021 21.30

    Kusuka aplikasi ini banyak kursus gratis yang materinya bagus. Pengen yang berbayar juga soale ada yg murah

  • Arina Mabruroh
    Arina Mabruroh 23 Oktober 2021 23.30

    Pilihan kursus di Qubisa banyak banget ya... keren bisa kursus self maintenance begini. kujadi pengen belajar tentang personal branding, hehe

Add Comment
comment url