Bicara Menstruasi dengan Anak dan Edukasi Kebersihan Menstruasi

Ada yang tahu nggak kalau tanggal 28 Mei adalah Hari Kebersihan Menstruasi. Kenapa hal ini penting? Menstruasi aja kok harus diperingati segala. Hmm, ini dia... kita terlalu menyepelekan hal-hal yang sepatutnya diperhatikan karena berdampak panjang ke depannya.

Pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan, menggalakkan kampanye kebersihan menstruasi karena kesadaran perempuan Indonesia akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) masih sangat rendah. Padahal MKM sangat penting untuk menghindari risiko keputihan, gatal vagina, bau tidak sedap di area kewanitaan dan infeksi saat periode menstruasi.

Untuk itu, kemarin saya menyimak zoominar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" bersama pemateri Prof. Dwiana Ocviyanti dari POGI, Anna Surti Ariani, S.Psi dari IPK Jakarta, dan Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia.

menstruasi

Sebelum lanjut, kita harus tahu dulu apa itu menstruasi dan bagaimana prosesnya. Menstruasi itu kondisi yang ‘normal’ terjadi pada seorang perempuan. Menstruasi adalah proses keluarnya ‘darah’ selama beberapa hari (3-7 hari) dari organ intim, satu periode setiap bulannya (setiap 28 atau 21–35 hari)

Menstruasi pada seorang perempuan menandakan tubuhnya sudah siap untuk bereproduksi (memiliki anak), karena haid didahului oleh proses matangnya sel telur yang siap dibuahi.


Bersih dan Sehat saat Menstruasi

Dalam paparannya, Prof. Dwiana menjelaskan pentingnya memahami manfaat kebersihan saat menstruasi. Antara lain, kita jadi tahu berbagai kondisi kesehatan yang dapat timbul akibat manajemen kebersihan menstruasi yang buruk; mengetahui cara mencegah kanker serviks, infeksi vagina, dan juga ketidaknyamanan yang bisa timbul (gatal, bau tak sedap, dan keputihan) yang terjadi dan hubungannya dengan manajemen kebersihan menstruasi yang buruk. 

Yang paling penting nih, lewat MKM, kita jadi tahu bagaimana harus menjaga kebersihan area kewanitaan sehari-harinya.

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)

•   Pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.
•   Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi
• Memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga

Lalu, apa saja masalah kesehatan yang bisa timbul dari buruknya MKM ini? Bisa jadi infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur, dan peningkatan risiko kanker serviks.


Pembersih Area Kewanitaan yang Aman

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan selama menstruasi, pastikan air yang digunakan untuk membasuh area kewanitaan juga adalah air bersih. Tapi, ada kalanya air saja tidak cukup untuk membasmi kuman-kuman atau permasalahan yang muncul di sekitar area miss V. 

Maka, diperlukan sabun pembersih kewanitaan yang cocok dengan kondisi kewanitaan kita. Prof. Dwiana menegaskan jangan pernah pakai sabun badan untuk membasuh miss V, karena Ph sabun badan berbeda dengan Ph area kewanitaan. Cukup memakai pembersih yang Ph nya di bawah Ph vagina, yaitu antara 3.5-4.5, tidak lebih daripada itu. Karena kondisi yang terlalu asam juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kewanitaan. 

Betadine Wash
Ibu-ibu bisa pertimbangkan produk Betadine Feminine Wash dan Wipes untuk kebersihan miss V baik selama menstruasi ataupun tidak. Karena produk-produk Betadine sudah teruji dan Ph nya aman untuk area kewanitaan. 

Mendapatkan produknya juga mudah, selain di apotek-apotek terdekat, supermarket, bisa juga beli online di Tokopedia dan Shopee


Ibu Bicara Menstruasi

Sekarang, Bu Anna memaparkan tentang cara berkomunikasi mengenai menstruasi dengan anak. Ngomong soal menstruasi dengan anak ini memang tidak mudah awalnya, tapi HARUS dilakukan. Supaya tidak ada misinformasi dan melatih keterbukaan anak dan orang tuanya.

Selama ini, di generasi sebelumnya, membicarakan menstruasi dengan anak menjadi hal yang sangat sulit karena meskipun tahu, ibu bingung harus mulai dari mana dan menyampaikan apa saja kepada anaknya. Padahal, sumber informasi yang paling diharapkan anak yang pertama adalah orang tua, baru kemudian teman/saudara perempuan, guru, petugas kesehatan, dan berita/artikel/buku/internet.


Penting bagi ibu dan anak perempuan untuk bicara soal manajemen menstruasi. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan manajemen menstruasi yang baik dan benar, serta meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya. Salah satunya, menginventarisir pertanyaan dari anak soal menstruasi.


Kapan waktu yang tepat berbicara menstruasi dengan anak perempuan? Idealnya, ini dilakukan sejak masa pubertasnya mulai kelihatan. Misal saat payudaranya mulai tumbuh, badannya mulai membesar, dll. Lalu hal apa saja yang dibicarakan dengan mereka?

 

Strategi Bicara Menstruasi dengan Anak

Nah, supaya nggak kikuk dan bingung bagaimana memulai komunikasi dengan anak tentang menstruasi, Bu Anna punya 7 tips bicara tentang menstruasi dengan anak. Tapi perlu dipahami bahwa ini adalah proses ya, tidak cukup satu kali ngobrol aja.

Tips Bicara tentang Menstruasi dengan Anak:

1. Ibu adalah sumber utama dan paling diharapkan oleh anak. Sebagai ibu, kita juga harus memberdayakan dan membekali diri dengan informasi yang benar supaya anak juga mendapat info yang akurat dan bukan hanya mitos.

2. Bicara menstruasi itu tidak tabu. Yes, jangan sampai ibu bicara menstruasi, tapi isinya hanya mitos dan hal-hal yang membuat menstruasi seperti hal yang menyeramkan dan harus ditutup-tutupi. Padahal, itu proses yang normal alamiah dalam tubuh perempuan.

3. Lakukan berulang kali dan bertahap, mulai sejak tanda2 awal pubertas. Nggak cukup sekali ya, buibu...pembicaraan ini jadi proses yang kontinyu, dari mulai pembiasaan adab, kebersihan diri, dan soal ibadah. Jadi ada banyak banget bahasan bab menstruasi ini

4. Bersikap positif. Balik lagi ke fakta tadi bahwa seringkali anak tidak mendapat informasi yang benar dari ibunya tentang menstruasi. Padahal, ibu adalah sumber informasi utama. Jadikan menstruasi itu sebagai pembicaraan yang normal dan komunikasi dua arah

5. Banyak bertanya dan diskusi. Iyaaa..ini penting! Biarkan anak keluar rasa ingin tahunya, lalu berikan penjelasan yang benar. Sesekali tanya, apa temannya sudah ada yang mens juga, lalu gimana pengalaman anak saat mens lagi banyak-banyaknya, dsb. Intinya diskusi.

6. Jelaskan secara konkret. Kalau perlu, pakai bagan atau gambar sederhana tentang proses reproduksi perempuan. Ini bukan hal tabu ya, ini edukasi. Anak-anak perlu tahu secara gamblang bagaimana proses yang terjadi pada tubuhnya sendiri

7. Anak laki-laki juga harus tahu. Nah ini penting, supaya laki-laki nggak sedemikian cueknya dan menganggap remeh proses ini. Jadi tujuan jangka panjangnya supaya laki-laki bisa menghargai apa yang dialami perempuan, tidak bullying, dan bisa berempati terhadap orang lain.

Ayah juga punya peranan penting di rumah dalam menyikapi ibu yang sedang menstruasi. Misal, membawakan ibu teh hangat, memijat ibu saat sakit punggung, memahami emosinya yang sedang tidak stabil. 

Nah, bagi ibu dengan semua anak laki-laki seperti saya, ini akan jadi pembelajaran penting untuk anak laki-laki dalam memahami proses alamiah perempuan. Kelak, anak laki-laki kita akan dapat menghargai dan menghormati perempuan, dimulai dari ibunya :) 


Next Post Previous Post
50 Comments
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani 31 Mei 2021 pukul 07.31

    Iya nih, anak laki-lakiku aja kalo aku lagi haid terus nyuruh2 Mamanya sholat aku udah mulai jelasin kenapa lagi nggak sholat. Hehe. Biarpun nggak punya anak cewek tetep harus paham dan jelasin ke anak lakik ya tentang menstruasi ini..

    • Okti Li
      Okti Li 3 Juni 2021 pukul 07.50

      Sama Mbak. Fahmi putra saya dulu juga gitu, enak ih ibu mah ga usah solat. Katanya. Tapi sekarang dia udah mulai ngerti. Bahkan udah bisa menjelaskan ke anak mengaji perempuan lain, gara gara sering denger dari ayahnya saat kasih kajian

    • Rella Sha
      Rella Sha 4 Juni 2021 pukul 12.36

      Iyaaa... soalnya kalau ditutup-tutupin nantinya dia malah nggak bisa empati sama perempuan karena nggak dibiasain. Good job, ima dan tek Okti :)

  • Indri Ariadna
    Indri Ariadna 31 Mei 2021 pukul 10.03

    Nah, penting banget nih mba, mengajarkan kebersihan menstruasi pada anak perempuan sejak dini. Supaya bisa mencegah berbagai penyakit yang mungkin bisa saja datang.

    • atiq - catatanatiqoh
      atiq - catatanatiqoh 3 Juni 2021 pukul 11.34

      iya ternyata memang sudah harus dikomunikasikan sejak dini ya, ke anak perempuan dan laki-laki, wah mantap nih materinya

  • atiq - catatanatiqoh
    atiq - catatanatiqoh 1 Juni 2021 pukul 21.38

    beruntung banget bisa gabung acara ini juga :) materinya lengkap banget ya mom, jd nambah pengetahuan, semoga bermanfaat dan bisa kita bagi :)

  • Okti Li
    Okti Li 2 Juni 2021 pukul 18.41

    Tips untuk ibu yang memiliki anak yang htus diberikan informasi seputar menstruasi sangat penting tuh. Sekarang membicarakan soal itu kepada anak kita, bukan lagi sesuatu hal yang tabu atau malu ya...

    • atiq - catatanatiqoh
      atiq - catatanatiqoh 7 Juni 2021 pukul 21.46

      iya dan gak cuma ke anak perempuan saja, ternyata anak laki juga perlu tahu :)

  • Finaira Kara
    Finaira Kara 2 Juni 2021 pukul 23.27

    Beberapa waktu terakhir, aku lagi gencar jelasin soal organ reproduksi ini sih ke murid-murid perempuan biar nggak takut kalau ngadepin mens pertama dan tahu apa yang harus mereka tahu

    • Rella Sha
      Rella Sha 4 Juni 2021 pukul 12.37

      Kereen, Fin. Bener banget, biar mereka nggak ngalamin no clue harus gimana, padahal ada banyak yg harus diperhatikan selama menstruasi itu.

  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina 3 Juni 2021 pukul 13.10

    Sepakat jika ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan manajemen menstruasi yang baik dan benar, serta meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya. Karena edukasi menstruasi akan dibawa sang putri seumur hidupnya demi kesehatan organ kewanitaanya. Sa punya dua anak laki-laki juga mengenalkan hal ini setidaknya mereka akan paham akan kondisi istri dan putrinya nanti

  • Antung apriana
    Antung apriana 3 Juni 2021 pukul 15.17

    ternyata bukan hanya anak perempuan tapi anak laki-laki juga wajib diberi informasi seputar menstruasi ya, Mbak. keren nih acaranya bikin nambah ilmu lagi

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 3 Juni 2021 pukul 20.06

    aku juga baru tahu mbk, ternyata juga penting ya memberi tahu anak laki laki tentang informasi seputar menstruasi ini ya mbak

  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama 4 Juni 2021 pukul 11.35

    Edukasi tentang menstruasi penting banget ngga hanya untuk anak perempuan ya, bahkan anak lelaki juga memerlukannya

  • celotehnur54
    celotehnur54 4 Juni 2021 pukul 21.30

    Wah ... zaman modern makin keren ... Akan dikasih tahu pada si cucu. Biar dia pakai Betadine Feminine Wash dan Wipes untuk pembersih khusus mis V. Selamat malam, Mbak Rella.

  • Andina
    Andina 4 Juni 2021 pukul 21.39

    Aku juga jadi lebih aware edukasi ke anak lelakiku soal periode haid nih. Ternyata berpengaruh juga ya

  • Shafira Adlina
    Shafira Adlina 4 Juni 2021 pukul 22.11

    setuju laki-laki pun harus diberi tahu tentang menstruasi, agra mereka bisa menghargai anak perempuan ya mbak rella.

  • Ainun
    Ainun 4 Juni 2021 pukul 23.56

    penting banget edukasi ke anak soal mennstruasi, apalagi anak zaman sekarang ada yang kelas 6 SD sudah menstruasi, bahkan masih ada anak seumuran kelas 6 yang masih terlihat kekanakan, jadinya kalau nggak diedukasi ntar malah "shock"

  • Antung apriana
    Antung apriana 5 Juni 2021 pukul 02.01

    aku baru tahu kalau ada hari kebersihan menstruasi ini. bagus nih acaranya buat menambah pengetahuan kita seputar edukasi menstruasi dan menjaga kebersihan selama menstruasi

  • lendyagasshi
    lendyagasshi 5 Juni 2021 pukul 02.43

    Edukasi yang bagus banget banget.
    Merasa beruntung bisa ikutan webinar Bersih Sehat Menstruasi. Jadi paham step by stepnya mengendukasi nak gadis untuk siap menghadapi dunia baru bagi mereka.
    Bismillah~

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 5 Juni 2021 pukul 03.29

    Webinar ini banyak banget manfaatnya, selain jadi belajar cara berkomunikasi mengenai edukasi MKM, tapi mengingatkan kita semua juga barangkali MKM yang kita terapkan selama ini masih ada yang keliru.

  • Aisyah Dian
    Aisyah Dian 5 Juni 2021 pukul 06.45

    Bicara dengan anak perempuan Kita tentang menstruasi itu memang sangat penting sekali ya mbak. Jangan sampai anak perempuan Kita salah mendapatkan pengetahuan yang salah

  • Rindang Yuliani
    Rindang Yuliani 5 Juni 2021 pukul 11.23

    Jadi bicara tentang menstruasi itu bukan hal yang tabu ya. Terutama untuk anak perempuan, mereka sangat memerlukan edukasi pertama ttg haid dari ibu.

  • Nani Herawati
    Nani Herawati 5 Juni 2021 pukul 11.25

    Manajemen kebersihan menstruasi memang harus tahu. Apalagi kulit saya sensitif, anak2 juga menurun. Salah sedikit, akan gatal di daerah sekitar miss V.

  • Dhika Suhada
    Dhika Suhada 5 Juni 2021 pukul 11.27

    Bener banget. Suka lupa memberi pahaman dengan baik ke anak laki2 mengenai menstruasi ini. Thanks remindernya.

  • Dhika Suhada
    Dhika Suhada 5 Juni 2021 pukul 11.30

    Mbak... saya seperti diingatkan dengan kode keras ini. Hampir saja melupakan anak laki2ku untuk dikenali tipis2 temtang menstruasi. Thank for reminder me yaaaa

  • Novi Herdiani
    Novi Herdiani 6 Juni 2021 pukul 10.53

    Ngeri benerrr kalo mikir dampak buruknya. Makin perlu dijaga nih anak perempuanku. Terima kasih informasinya ya

  • Maya
    Maya 6 Juni 2021 pukul 12.12

    Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 6 Juni 2021 pukul 17.18

    Penting banget untuk mengedukasi ananda ya Mbak? Ibu juga perlu juga mengedukasi ananda laki-laki untuk memahami juga soal menstruasi. Alhamdulillah dengan adanya webinar ini memberi saya banyak pencerahan.

  • fuatuttaqwiyah
    fuatuttaqwiyah 7 Juni 2021 pukul 16.05

    saya setuju banget kalau anak perempuan dan anak laki-laki harus dibekali dengan pengetahuan tentang menstruasi agar tidak terjadi perundungan

  • Era Wijaya Sapamama
    Era Wijaya Sapamama 7 Juni 2021 pukul 18.30

    Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi. Btw, Betadine selalu di hati...

  • Fitria Rahma
    Fitria Rahma 8 Juni 2021 pukul 06.48

    Ternyata harus pakai sabun khusus ya untuk membersihkan miss V. Biasanya pakai sabun mandi. Harus diubah nih.

  • Ceritamakvee
    Ceritamakvee 8 Juni 2021 pukul 07.59

    Senang banget ikut acara ini Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

  • Ika Gifka
    Ika Gifka 8 Juni 2021 pukul 08.16

    Ini penting banget mbak. Aku waktu mens pertama gak tau apa-apa. Jadinya panik sendiri. Trus yang menenangkan teman yang udah mens dong.

  • Tati Hidayat
    Tati Hidayat 8 Juni 2021 pukul 09.10

    Dulu pas anak pertama kali menstruasi saya juga dah memberikan informasi seputar menjaga kesehatan

  • matzen
    matzen 8 Juni 2021 pukul 12.52

    You only have 1 vagina, so yeah,, penting bgt mengetahui soal kebersihan menstruasi. Thanks infonya mbaa

  • Ika Maya Susanti
    Ika Maya Susanti 8 Juni 2021 pukul 14.53

    Kelihatannya kayak kurang kerjaan ya ada peringatan hari kebersihan menastruasi. Faktanya, emang di dunia ini banyak yang masih kurang paham tentang bagaimana menjaga kebersihan di saat menstruasi. Padahal efeknya besar bagi kesehatan kaum wanita.

  • Jurnal Bunda Imut
    Jurnal Bunda Imut 8 Juni 2021 pukul 15.08

    Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

  • iputpj
    iputpj 8 Juni 2021 pukul 20.00

    Tema nya sensitif buat perempuan tapi penting untuk di ketahui lebih dini ya kak

  • Nunu Amir
    Nunu Amir 8 Juni 2021 pukul 20.08

    Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

  • Latifah
    Latifah 8 Juni 2021 pukul 20.25

    Makin banyak yang aware tentang manajemen kebersihan menstruasi, makin banyak yang speak up, jadi perlahan menggeser mitos dan stigma tabu yang beredar. Alhamdulillah jadi banyal yang teredukasi

  • Dee_Arif
    Dee_Arif 8 Juni 2021 pukul 20.28

    ah iya ya mbak Rel, nggak hanya perlu membicarakan menstruasi dengan anak perempuan saja, tapi juga wajib kasih tahu ke anak lelaki

  • Nabila Ghaida Zia
    Nabila Ghaida Zia 8 Juni 2021 pukul 20.38

    thank you for sharing, baru tau banget kalau tanggal 28 mei itu hari menstruasi sedunia

  • Putri Santoso
    Putri Santoso 8 Juni 2021 pukul 21.04

    Dulu pas pertama kali mens, aku sempat bingung
    Akhirnya tanya sama tetanggaku. Kalau nenek cuma jelasin itu tanda aku baliq. Ah senang sekali bisa ikut webinar ini kak

  • Syarifani Mulyana
    Syarifani Mulyana 9 Juni 2021 pukul 03.58

    Laki-laki harus tahu supaya ketika suatu hari ketemu teman perempuannya yang lagi kedapetan mens bisa lebih aware ya mba, bukannya ngebully

  • Rani Retnosari Mantriana
    Rani Retnosari Mantriana 9 Juni 2021 pukul 17.04

    "kita terlalu menyepelekan hal-hal yang sepatutnya diperhatikan karena berdampak panjang ke depannya", jujur kalimat ini ngena dan aku setuju banget mbak. Jadi makin makin makin perhatian lagi nih biar mempraktikkan MKM dengan baik dan benar.

  • GE MAULANI
    GE MAULANI 10 Juni 2021 pukul 23.28

    Ini edukasinya bagus, dan setuju banget harus diedukasi ke anaknya pas masuk masa pubertas biar siap saat mentruasi tiba :))
    Wah iya juga ya anak laki-laki harusnya diedukasi juga biar kalau pas temen perempuannya bocor gak ada pembullyan :)

  • Melly Feyadin
    Melly Feyadin 11 Juni 2021 pukul 10.39

    Klo ga dijaga dengan baik pas menstruasi, memang berbahaya ya buat kesehatan organ intim perempuan.

  • sakinahbersamamu
    sakinahbersamamu 11 Juni 2021 pukul 11.49

    Beruntung Jadibisa ikut webinar ini jadi diingatkan lagi tentang pentingnya menjaga kebersihan miss v saat menstruasi ya ka. Selama ini sempt dilema juga saat ingin memakai sabun khusus miss v. Alhamdlillaah sekrang tercerahkan.

  • Nufa Zee
    Nufa Zee 11 Juni 2021 pukul 14.04

    Keren eventnya ya mb, selain pandemi kita juga dihadapkan pada fakta masalah Kebersihan yang masih harus diworo woro

Add Comment
comment url