Cara Mengatasi Iritasi Saat Memakai Softlens

30 komentar
Sebelum rutin memakai kacamata seperti saat ini, selama 7 tahun saya pernah memakai lensa kontak atau yang bisa disebut softlens. Alasannya, karena berasa ada yang nyantol di hidung kalau pakai kacamata, sehingga pilihan memakai softlens terasa lebih praktis dan mudah.

Tapi pemakaian lensa kontak buat saya bukan sekadar untuk penampilan saja, melainkan menunjang penglihatan juga karena mata saya sudah minus 1 saat itu. Sehingga kenyamanan mata saat memakai softlens dan tidak memakai softlens tentu jauh berbeda. Apalagi waktu kuliah jarak antara tempat duduk mahasiswa dengan dosen yang menjelaskan di depan lumayan jauh kan dalam ruangan kuliah yang seluas itu.

Namun, memakai lensa kontak juga berarti harus senantiasa memperhatikan kebersihan dan perawatannya. Karena acapkali softlens bisa menimbulkan iritasi dikarenakan beberapa hal. 

Memilih Softlens Terbaik Untuk Mata

Sebelum sampai ke masalah iritasi dan mata kering akibat lensa kontak, sebelumnya perhatikan hal-hal berikut ini saat memilih softlens.

Sesuaikan dengan minus mata

Biasanya, karena softlens ini nempel ke area iris dan pupil mata, maka jika tidak ada ukuran yang pas, setidaknya turunkan dari ukuran asli minus mata kita supaya tidak pusing saat memakainya.

Pastikan ukuran diameter softlens cocok dengan mata

Kalau lensa kontak yang digunakan lebih besar daripada ukuran mata kita, dijamin softlensnya bakalan geser-geser, dan menimbulkan rasa nggak nyaman di mata.

Cocokkan warna softlens dengan kepribadian

Hihi, berasa filosofis banget ya ini. Tapi beneran deh, sebaiknya jika dipakai sehari-hari untuk kuliah atau ngantor, pakai saja lensa kontak yang warna netral seperti bening atau cokelat untuk menunjang penampilan yang profesional. Sebaliknya, ketika sedang dalam situasi santai dan casual, kita bisa bereksplorasi dengan warna-warna softlens yang lebih terang.

Saya sendiri selama ini selalu memilih softlens berwarna cokelat atau hazel. Pasalnya, warna dasar iris mata saya cokelat tua, yang membuat jika dipakaikan lensa kontak warna senada akan terlihat tidak terlalu jauh seperti mata aslinya.

Perhatikan Kandungan Air dan Penyerapan Oksigen 

Yap, memilih softlens nggak cukup cuma lihat model, warna, dan kecocokannya saja. Tapi , perhatikan juga WC (water contain), dan DK/t (tingkat penyerapan oksigen) dari sebuah lensa kontak.

Sejujurnya saya belum berani pakai lensa kontak yang warna unik seperti merah, hijau, atau biru. Selain nggak cocok sama wajah dan warna kulit, rasanya terlalu mencolok perhatian orang lain, alih-alih buat kenyamanan mata malah enggak nyaman karena dilihatin orang, hehe.

Mengatasi Iritasi dan Mata Kering Saat Memakai Softlens

Nah, sejumlah problematika yang sering hadir saat memakai softlens antara lain adalah iritasi, yang bisa berwujud mata kering, gatal, mata bengkak, atau alergi. Hal ini sebetulnya nggak mengherankan, karena sejatinya pemakaian lensa kontak bisa saja mempengaruhi lapisan mata yang berfungsi untuk melindungi permukaan mata.

Sementara itu, penyebab mata kering saat memakai lensa kontak erat kaitannya dengan faktor kebersihan, baik dari tangan atau mata itu sendiri. Maka dari itu, perhatikan tips dan cara mengatasi iritasi dan mata kering saat memakai softlens.

Cara Mengatasi Iritasi dan Mata Kering Akibat Softlens

Jaga Kebersihan Tangan Sebelum Menggunakan/Menyentuh Softlens

Jika kita memegang lensa kontak dalam keadaan tangan kotor berisiko membuat bakteri penyebab infeksi berpindah dari tangan ke softlens, dan sudah pasti menciderai mata kita.

Gunakan Tetes Mata

Biasanya saat kita beli lensa kontak, akan diberi sepaket dengan cairan untuk menyimpan dan juga tetes mata. Tetes mata ini berguna sebagai air mata palsu, ciyeehh, alias air mata buatan untuk melubrikasi mata dengan baik sehingga terhindar dari mata kering.

Nangis aja gimana? ya silakan, kalau emang mau ngupas bawang. Tapi jauh lebih tidak menyakiti hati kalau pakai tetes mata aja kan ya. Saat ini ada beberapa produk tetes mata yang mengakomodir kebutuhan mata yang memakai lensa kontak.

Jangan Memakai Softlens Terlalu Lama

Berikan waktu pada mata untuk beristirahat dan menghirup oksigen. Idealnya, softlens digunakan paling lama 10 jam sehari dan tidak untuk dibawa tidur. Tapi jika mata sudah terasa kering dan sakit, maka sebaiknya copot dulu lensa kontaknya untuk beberapa jam ke depan.

Miacare, Solusi Softlens Terbaik Untuk Mata

Produk lensa kontak dari Miacare memberikan kenyamanan untuk pemakainya karena memiliki teknologi SiHy (Silicone Hydrogen) memberi jaminan dalam pemakaian lebih aman serta Ultra-Comfortable terutama jika akan dipakai dalam waktu yang lama. Tidak perlu khawatir akan mata kering, juga memastikan agar sirkulasi udara untuk mata tetap ada dan menjaga pandangan tetap bersih dan jernih.

Nilai tambahan pada produk Miacare, adalah teknologi EautraSil, merupakan formula yang dapat melindungi dari sinar UV.

Alasan Memilih Miacare Sebagai Lensa Kontak Terbaik

•No.1 Healthy and Charming Softlens in the world.

Oxygen Transmissibilty: DK/t 193 menjadi tertinggi di dunia, produk CONFiDENCE Monthly (Flash), kemudian untuk CONFiDENCE Daily (Shimmer) mencapai DK/t 151, tertinggi pada kelasnya

•Design miacare yang unik.

Jika diperbesar, seperti pori-pori, sehingga tidak mudah membuat mata lelah, sirkulasi oksigen lancar dan meningkatkan WC.

•Softlens paling sehat dan cantik alami.

Meningkatkan pesona melalui pandangan mata setiap orang yang memakainya•Fungsi perlindungan untuk UV Blocking

•Nyaman dipakai lebih dari 8 jam 

Nah, kalau sudah dapat informasi begini, tidak perlu bingung lagi bagaimana memilih softlens terbaik untuk mata. Miacare softlens memiliki dua produk pilihan untuk kebutuhan harian dan bulanan, yaitu: 
 







Masing-masing produk memiliki spesifikasi yang bisa dilihat lebih lengkap informasinya di website Miacere. Untuk pembelian softlens warna SiHy bisa dilakukan lewat Shopee, semuanya mudah dan terjamin demi kenyamanan penggunaan lensa kontak. 

Nah, yuk kalau sedang pakai softlens, tetap menjaga kebersihan tangan dan mata ya. 

30 komentar

  1. Emang hati-hati jangan sampai dibawa tidur. Soalnya temen dulu kebawa tidur malah iritasi merah matanya

    BalasHapus
  2. Aku selalu pengen pake softlens dari dulu, tapi maju mundur, takut iritasi. Hehe. Terimakasih infonya kak, semoga someday aku bakal pake softlens

    BalasHapus
  3. Cakep ya softlens dari Miacare ini, saya pribadi belum pernah sama sekali pakai lensa kontak ini, selain gak tau informasinya saya juga ga berani pakenya, hehe tapi penasaran sih

    BalasHapus
  4. Dari dulu pengen juga pake softlens tapi kawatir mata jadi kering dan perih, baca tentang Miacare ini bikin saya penasaran ternyata softlens bisa disesuaikan penggunaannya dan lebih nyaman ya

    BalasHapus
  5. Memang kalau pakai softlens itu perawatannya lebih ekstra dibandingkan pakai kacamata ya, Mbak. Terus pilih softlens yang sesuai, agar lebih nyaman pakai softlensnya dan bebas iritasi.

    BalasHapus
  6. Meski kacamata dan softlens punya fungsi yang sama, tapi penggunaan softlens dinilai jauh lebih artistik ya, bisa bikin kita terlihat lebih anggun dan memesona deh.

    Ternyata milih softlens nggak boleh sembarangan, kalau nggak, bisa mengakibatkan iritasi pada mata.

    Makasih info kerennya Kak....

    BalasHapus
  7. Iya juga ya, ukuran diameter softlens itu penting juga. Karena memungkinkan untuk tiap orang berbeda ukurannya, sehingga nyaman juga kalau ukurannya pas

    BalasHapus
  8. Aku masih maju muncur mau pakai soft lens, Kak. Karena pakai kacamata tuh ribet. Tapi setelah baca ulasan ini bahwa miacare terbuat dari Silicone Hydrogen, berasa nyaman dan aman ya. Produksi Taiwan memang bagus-bagus sih, ini solutip!

    BalasHapus
  9. Softlens Miacare ini bagus, ya. Bisa juga buat mata minus. Yang penting kita makainya gak terlalu lama dan tahu cara merawatnya, Insya Allah gak akan iritasi, ya.

    BalasHapus
  10. Dulu aku pernha pake soflens dan kena iritasi, mungkin karena asal aja pilih softlens
    huhu
    andai dulu pas pake pilih softlens miacare ini

    BalasHapus
  11. Beneran ya mbaaa, yang namanya softlens itu harus banget dipilih secara detail, hati2, ngga boleh serampangan, karena kan itu kayak "nempel" langsung ama mata kita

    Nah, kalo udah tahu tipsnya, jadi bebas iritasi gegara softlens deh.

    BalasHapus
  12. Akutuh sebenarnya pengen banget pake soflens. Sedep aja gitu dipandang, apalagi yang berwarna. Kayak bule. Tapi kok ngeri ya pas buka dan pasangnya. Takut banget

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah nyoba pakai softlens. Katanya kalau silindris ga bisa ya?
    Hum...harus pelajari dulu nih cara memakai yang benar supaya tak iritasi.
    Makasih sharingnya...

    BalasHapus
  14. Artha Nugraha Jonar11 April 2021 21.15

    duhhh pengen banget bisa pakai softlens nih. Pernah aku coba, tapi sulit banget bisa masuk ke mata. Beda banget dengan istriku, kok enak banget ya cara masangnya. Padahal softlens ini praktis banget untuk dipakai.

    BalasHapus
  15. Kalau mau pakai softlens memang harus hati-hati milih dan treatmentny ya, Mbak. Kalau enggak ya bisa iritasi. Terima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  16. Ternyata simpel banget ya cara mengatasi iritasi saat softlens yaitu dengan cara membersihkan dahulu tangan agar steril

    BalasHapus
  17. Semakin berkualitas sebuah softlense, semakin nyaman saat digunakan. Tapi jangan lupa untuk cek masa pakainya

    BalasHapus
  18. Asiknya karena informasi soal softlens di sini sudah lengkap
    Artinya saya tidak mundur lagi mau pakai
    Hmm mari berburu softlens

    BalasHapus
  19. Makasih sharingnya ya.... Jujur aja, seumur hidup saya ngga pernah pakai softlens. Entah suatu saat nanti. Saya catat merk Miacare

    BalasHapus
  20. Ya ampun ini sih racun banget, untuk wanita yang sejak zaman dulu kala udah pengen banget pakai softlens, tapi sampai saat ini belum pernah bisa atau belum kesampaian pakai softlens.

    Mata saya minus nya udah parah di rumah kalau nggak pakai kacamata udah buram semua.
    Tapi kalau pakai kacamata migrain kambuh. Ribet amat ya, hehehe.

    BalasHapus
  21. Dari dulu saya juga jarang banget pakai softlens, alasannya karena susah makainya. Kadang suka heran sama sendiri kenapa bisa gitu. Ya mungkin karena gak terbiasaa

    BalasHapus
  22. Wah, pengetahuan baru bagiku nih karena belum pernah pakai softlens. Pakai softlens juga tetap harus hati2 ya agar tidak sampai iritasi.

    BalasHapus
  23. wah makasih infonya mbak. sampe sekarang aku belum berani pakai soflens nih, masih takut. tapi setelah baca postingannya jadi berani

    BalasHapus
  24. Laily Fitriani14 April 2021 14.43

    Jujur belum pernah pakai soflens Mbak. Soflens ini hanya untuk mata minus ya? mata plus adakah? Terkadang suka dengan tampilan soflens yang warna warni, jadinya bikin fresh di wajah orang.

    BalasHapus
  25. Mau dicoba, Nih. Biar gak kehilangan ( kelupaan narok di mana) kaca mata melulu. Tapi ngeri membayangkan proses pemasanganya. Tapi mungkin cocoknya buat anak muda saja.

    BalasHapus
  26. Terakhir pakai kacamata waktu hari pernikahan karena ngga mau pake kacamata, biar ga 4 matanya di hari Itu. Sebelumnya juga pernah, tapi ga nyaman

    BalasHapus
  27. Sampe hari ini aku belum berani nyobain pake softlens, tapi kadang suka penasaran juga sih gimana rasanya pake softlens hehehe... Makasih sharingnya ya mbak

    BalasHapus
  28. Wah aku sudah lama ga pake soft lens, dulu sih pas pake softlens ini caranya biar ga iritasi sering ganti dan tetesin air. sekarng blum coba lagi, cakep2 banget warna miacare ini

    BalasHapus
  29. Aku dulu suka banget pakai softlens pas kuliah. Karena lebih simple dan cukup nyaman. Hanya ya, itu. Aku gak pernah ngitung sudah 8 jam pemakaian atau belum. Ternyata gak boleh yaa... takut iritasi.

    Cobain merk CONFiDENCE Daily agar penampilan lebih fresh.

    BalasHapus
  30. Duh Mbak pas banget ini karena saya baru pertama kali mau pakai softlens
    Saya khawatir kalau mata iritasi dan berakibat buruk sama mata

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^