5 Olahraga Mudah yang Bisa Anda Lakukan di Masa Senggang

Tidak ada komentar
Berolahraga meskipun di rumah saja itu penting. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, kegiatan ini juga bisa menjaga kesehatan mental Anda. 

Pasalnya, olahraga dapat membuat tubuh Anda melepaskan neurotransmitter dan hormon endorfin, dopamin (hormon bahagia), dan serotonin yang bagus untuk membuat mental kita tetap sehat. Misalnya saja dopamin alias si hormon bahagia. Ketika tubuh Anda mengeluarkan hormon ini, suasana hati Anda bisa menjadi lebih baik dan kualitas tidur Anda di malam hari juga bertambah. 

Supaya bisa mendapatkan manfaat-manfaat tersebut, yuk, kita mulai berolahraga. Untuk Anda yang sibuk, bisa banget nih mengikuti berbagai pilihan olahraga berikut.

Olahraga yang Bisa Dilakukan di Masa Senggang


Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan di masa senggang selama di rumah saja, lima pilihan ini misalnya:

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bagus untuk latihan kelenturan, mengurangi stres, mengurangi masalah asma, dan mengatasi sakit punggung. Ada banyak gerakan yoga yang bisa Anda coba. 

Jika Anda ingin mengurangi sakit punggung, coba lakukan gerakan sphinx pose dan downward-facing dog. Mengutip laman Momslyfe, child pose dan tree pose merupakan pilihan yang paling tepat. 

child pose yoga
child pose

gerakan yoga tree pose
tree pose 



2. Zumba

Ingin berolahraga yang seru dan membakar banyak kalori? Aerobik atau zumba ialah pilihan yang tepat. Zumba juga bagus untuk membuat pikiran Anda lebih tajam dan meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh Anda.

Lakukan olahraga ini selama 30 menit setiap sore saja, pasti akan banyak manfaat yang Anda rasakan ke depannya. Jangan lupa juga untuk memutar lagu penambah semangat atau tonton video panduan aerobik untuk menemanimu zumba, ya!

3. Jalan kaki

Jalan kaki atau jogging cocok banget untuk Anda yang ingin olahraga tapi bosan di rumah saja. Jogging adalah olahraga yang bagus untuk membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga tekanan darah Anda.

Sedikit catatan, jangan jogging pakai masker bila Anda belum rutin berolahraga. Itu karena pakai masker saat olahraga bisa membuat jumlah udara yang masuk jadi lebih sedikit, dampaknya kapasitas oksigen di tubuh Anda berkurang dan akhirnya membuat Anda mudah lelah. Sebagai alternatif, pilih lah jalur jogging yang sepi dan pastikan untuk selalu menjaga jarak ketika berpapasan dengan orang lain.

4. Angkat beban

Pada dasarnya, angkat beban adalah olahraga yang bagus untuk membentuk otot, membuat tulang lebih kuat, dan meningkatkan energi serta stamina. Olahraga ini juga cukup fleksibel dilakukan. Angkat beban sambil nonton film? Bisa! Angkat beban sambil squat? Oh tentu saja bisa!

Catatannya, jangan langsung mulai angkat beban dengan benda yang terlalu berat di awal. Bertahap, pilih barbel dari ukuran teringan baru naik tingkat sampai barbel terberat yang sanggup Anda angkat. Itu penting untuk mengurangi risiko cedera. 

5. Skipping

Pernahkah Anda mencoba skipping atau lompat tali? Berapa lama Anda berhasil bertahan melakukan olahraga itu?

Tak hanya bisa membuat tubuh berkeringat dan membakar kalori, lompat tali juga bagus untuk melatih keseimbangan tubuh, menyehatkan jantung, dan meningkatkan kepadatan tulang Anda supaya tidak mudah keropos.

Oh ya, sebelum melakukan olahraga ini, pastikan Anda sudah melakukan peregangan terlebih dulu ya agar tubuh Anda tidak kaget. Usahakan juga untuk menggunakan sepatu agar terhindar dari cedera. Hindari juga melakukan skipping secara berlebihan bila Anda tidak mau membuat jantung Anda bekerja terlalu keras.

Catatan tambahan, selain rutin berolahraga, pastikan Anda juga melakukan gaya hidup sehat lainnya, seperti rutin minum air putih dan mengonsumsi makanan bergizi ya. Tujuannya agar manfaat olahraga bisa Anda rasakan dengan lebih maksimal. 

Di bawah ini adalah contoh pose-pose yoga lainnya yang bisa dicoba : 

downward-facing dog



yoga spinx pose
spinx pose



Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^