7 Perlengkapan Musim Hujan Harus Punya

20 komentar
Desember adalah bulan di mana hujan turun hampir setiap hari. Kalau di daerah rumah saya nih, setengah enam sudah terang tapi begitu-begitu aja sampe jam 10, nggak ada mataharinya...berasa pagi terus. Selepas zuhur biasanya sudah makin gelap, geludug-geludug, kemudian nggak lama lagi bruuussshhh hujan turun ngaririncik terus sampai malam. 

Kalau sudah begini, bingung mau pergi keluar rumah mengingat saya kemana-mana pakai transportasi umum. Tapi nggak mungkin juga selama musim hujan saya nggak kemana-mana. Kini, sedia payung sebelum hujan saja nggak cukup, berhubung curah hujan di kita intensitasnya kerap dan seringkali diiringi angin kencang. 

Baca Juga : Serunya Ombak Tsunami di Hawai Waterpark

Perlengkapan Musim Hujan yang Harus Punya Selain Payung

Sebagai penduduk negara dua musim, selayaknya kita perlu menyiapkan perlengkapan musim hujan selain payung untuk dimanfaatkan dalam menghadapi hari-hari hujan belakangan ini. Nomer 1, tentu saja payung yaahh 

2. Jas Hujan 

jas hujan bagus
gunakan jas hujan yang compact supaya aman


Jas hujan ini penting banget, terutama bagi yang kemana-mana berkendara sepeda motor. Pastikan punya jas hujan bagus dengan spesifikasi sbb: 

  • Material kuat
  • Jahitan double seal
  • Waterproof & windproof
  • Sepasang dengan bawahan
  • Dilengkapi tas kantong 

Jas hujan terbaik adalah yang terdiri dari atasan dan bawahan ya, bukan yang kelelawar karena bisa nyangkut di jari-jari motor. Tidak aman, udah banyak kejadian gara-gara itu. Investasikan untuk beli jas hujan yang bahannya bagus dan awet karena ada beberapa jas hujan yang kalau kebasahan bahannya malah kaku, cuma bisa sekali pake, deh hihi. 

3. Sepatu Boots

sepatu boot hujan
boots melindungi kaki dan celana

Walaupun tampak lebay punya sepatu boots untuk hujan tapi kadang-kadang dibutuhkan, lho. Buat yang kerjaannya sering outdoor, di lapangan, atau ngider ke sana kemari, lebih rasional jika pake sepatu boots aja ketimbang sepatu kantor kena becek dan basah. 

Pilih sepatu boots yang bagus, ciri-cirinya: 
  • Dilengkapi anti licin atau anti selip
  • Bahan karet, waterproof
  • Multifungsi untuk indoor/outdoor
Dulu bahkan saya sering lihat pak Bos turun dari mobil juga sudah pakai sepatu boots. Menurut dia, di manapun dia turun kakinya jadi aman dari genangan becek, sehingga kalau mau sholat celananya aman juga dari sapuan najis . 

4. Waterproof Bag 

dry bag
Nelson-Rigg Waterproof Backpack

Tas yang bahannya anti air bisa melindungi barang-barang kita dari kebasahan atau air yang merembes lewat sela-sela ritsleting. Ini bisa berbentuk dry bag, bisa juga backpack seperti di gambar. Kalau nggak punya tas anti air, coba lapisin barang-barangnya pake kantong parasut yang bisa buat belanja itu, supaya air yang nembus tas nggak langsung kena barangnya. 

Kalau mau cari tas parasut, carinya yang begini: 
  • Bahan parasut anti air
  • Bisa dilipat
  • Warna gelap, tidak mudah kotor 


5. Rain Cover Bag 

rain cover
Decathlon. 100 ribuan.

Rain cover ini beda lagi dengan tas anti air. Rain cover biasanya sudah attached sama backpack di bagian bawah. Banyakan sih ada di tas anak-anak atau tas laptop gitu, supaya bisa melindungi setidaknya dari air hujan yang turun langsung kena tas. 

Nah, tapi sekarang kita sudah bisa beli rain cover bag ini secara terpisah, dan pilih berdasarkan ukuran backpack yang kita miliki. Ada yang 30-35 liter untuk ukuran tas sehari-hari, atau 50-60 liter untuk jenis tas yang bisa dibawa traveling atau kebutuhan hiking. 

6. Jaket Tebal Anti Air 

jaket anti air
Orvis Waterproof Rain Jacket

Kalau jas hujan buat di jalan, maka jaket ini buat indoor-nya. Perlu jaket anget anti air kalau-kalau mau keluar maksi cuman gerimis aja, atau sekadar jaketan di dalam ruangan karena dingin. Sebetulnya, nggak jauh beda dengan jaket pendaki juga, yang rata-rata udah punya bahan bagus dengan inner yang bisa menjaga suhu, dan outer dari bahan waterproof. 

Jaket parasut juga boleh dipake, tapi bahannya harus yang tebal, karena kalau pakai parasut tipis malah tetap tembus dan kusut. Ada tips nih buat mencuci jaket parasut, antara lain pake suhu hangat supaya nggak mudah sobek. 

7. Sapu Tangan Handuk / Hand Towel 

handuk muka
Dengan membawa handuk kecil yang bisa dilipat, kalau kena gerimis di jalan, kita bisa mengeringkan diri dengan handuk kecil ini setidaknya biar nggak terlalu basah kuyup sampai tempat tujuan. Minimal, untuk mengusap muka dan tangan. 

Lalu karena ukurannya kecil, bisa diangin-anginkan sampai kering untuk kemudian dipakai kembali. Handuk lebih baik untuk Bumi daripada tisu yaa :) 

Nah, yuk... ada lagi nggak perlengkapan hujan yang perlu dimasukan ke dalam list? 

20 komentar

  1. Yang pasti jas hujan harus selalu ada di jok motor sih. Kebetulan aku tiap hari pakai motor untuk aktivitas. Jangan lupa bawa payung biar ga kehujanan waktu ke parkiran.

    BalasHapus
  2. Satu lagi yaitu payung mbak. hehehe... Soalnya saya gak bisa bawa kendaraan sendiri jadi seringnya dianter pak suami atau naik transportasi online.

    BalasHapus
  3. Sapu tangan kalau daku diganti tisu kak, biar langsung buang. Apalagi buat ngelap kaki yang basah kalau hujan-hujanan di jalan

    BalasHapus
  4. Udah seharusnya di musim hujan selalu bawa payung dan jas hujan ke mana-mana. Sepatu boots perlu sih. Apalagi buat yang mengendarai motor agar sepatu atau sendalnya nggak basah ya.

    BalasHapus
  5. Hand towel ini ya baru kepikiran. Biasanya aku cuma sedia tisu aja di tas.

    Sedangkan jas hujan as always selalu siap di jok sepeda

    BalasHapus
  6. Kalau sudah masuk musim hujan aku kemana-mana bawa payung kecil di tas jaga-jaga kehujan dari suatu tempat ke kendaraan. Ada barang lain mbak yg harus disiapkan kalau musim hujan buat menghangatkan perut hihihi makanan atau minuman aku pernah kelaparan dalam perjalanan hujan soalnya

    BalasHapus
  7. Bolak-balik baca, perlengkapannya kok cuma 6 kak? Di judul sana tertulis 7.
    Kayaknya harus sedia payung, seperti pepatah sedia payung sebelum hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iyaaa selain payung yang nomer 1 :D

      Hapus
    2. Tadinya aku ya siwer, kok langsung no 2. Ternyata ada kalimat "Nomer 1, tentu saja payung yaahh"...
      Mantap penulisannya. Ketauan banyak yg engga teliti baca...hehe...
      Aku engga pakai boots sih, sepatu sandal karet aja...Boots entar becek masuk ke kantor...

      Hapus
  8. Yupz... Sepatu boots memang penting sih. Biar nggak kebasahan kakinya. Dingin euy.

    Kan banyak tu sepatu boots yang keren juga. Tapi tetap pilihnya yang anti airlah ya. Hehehe

    BalasHapus
  9. hampir punya semua yang disebutkan di atas,kecuali sepatu boots. Semua biasanya dipakai dan dibawa saat mendaki gunung. Btw kalau di Batam ALhamdulillah nggak mengenal musim. Setiap bulan hujan dan panas selalu saja datang bergantian. Tidak sama dengan pulau Jawa atau Sumatera daratan.

    BalasHapus
  10. Iya ya sekarang udah mulai hujan melulu tiap hari. Kadang sehari dua kali turun hujan, padahal bukan di Bogor. Kalau jas hujan sama payung mungkin udah biasa ya, aku yang kelupaan ya punya sepatu boots karena pas buat naik motor. Apalagi kalau mesti antar istri ke pasar, nah enak banget itu ga perlu takut kena becek atau kotoran. Jadi ingat percakapan ma temen, selain jas hujan, jangan lupa sediakan Jazz biar ga kehujan di jalan hehe.

    BalasHapus
  11. wah benar mbak e, ntar lagi musim hujan...
    harus prepare ya, pastikan punya semua perlengkapan di musim hujan

    BalasHapus
  12. Banyak juga yaa ternyata perlengkapan yang harus disiapkan dalam menghadapi musim hujan. Saya ingatnya yaa jas hujan dan payung aja. Hehehe

    BalasHapus
  13. jadi pengen beli tas waterproof yang dilengkapi raincover
    tiap kerja motoran kan
    pulang selalu khawatir karena isinya ada laptop

    BalasHapus
  14. Jas hujan nih yang sering kali terlupa disiapkan ketika sudah menjelang musim hujan. Di pasaran harganya juga naik kalau terlambat beli :)

    Based on my own experience, buat yang masih sok hemat ngga beli jas hujan baru padahal udah mulai bolong jas hujan yg lama, sungguh merugi :)

    BalasHapus
  15. Hehehe saya nggak punya sepatu boots, padahal dulu pas suka naik motor, sepatu suka basah kuyup jika hujan

    BalasHapus
  16. Berhuung kami masih setia mengendarai sepeda motor, jadi semu perlengkapan itu kami pakai. Ehhh kecuali aku dan pak baha sih yg nggak pakai sepatu boot, kalau anak=anak pakai hehe

    BalasHapus
  17. aku barusan beli cover sepatu yang dari karet mbak, byk di market place, cocok bgt buat hujan2 kek skrg ini, jadi gak khawatir kluar pake sepatu hihi

    BalasHapus
  18. Jas hujan aku selalu sedia sih di motor, kalau raincoat untuk ransel juga, mengingat suka bawa laptop. Nah urusan sepatu nih yang agak ribet. Akhirnya selalu sedia sarung sepatu juga, jadi sepatunya bisa dibungkus biar gak basah

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^