Memilih Hotel untuk Keluarga

Sudah berapa lama yaa nggak jalan-jalan ke luar kota? Tahun 2020 sudah mau habis, tapi saya masih di rumah aja, nggak main ke mana-mana. Paling banter kita tahun ini nyoba rafting di Probolinggo, cuman itu aja satu-satunya pengalaman ke luar kota tahun ini. Selebihnya, bobo di kamar aja sepuasnya. 


Eh, ngomongin bobo-bobo nih, jadi inget lagi.. kapan terakhir bobo di hotel? wkwkwk. Duh, iri juga siih yang lain udah pada staycation dengan alasan bosan di rumah, saya malah ragu mau staycation kuatir malah cuman pindah tidur doang, hihihi. 

November kemarin ada yang juga ikut berburu di epic sale Traveloka? Cung! 

Saya sih, ikutan juga berburu hotel-hotel buat staycation kek apalah gitu.. tapi kok susah yaaa... dari 5-11 November setiap jam 11 siang padahal udah mantengin livenya, tapi hiyaa...kehabisan terus. Itu jari tanos semua apa yak, pada cepet amat klak klik-nya. 

Eh tapi, keberuntungan datang juga.. sekali aja sih, hehe. Dapat tiket buat staycation di hotel Kusuma Agrowisata, Batu untuk bulan Februari 2021, pas liburan Imlek. Lumayan laah, normalnya 800an, aku dapet 190an. Udah punya rencana nanti mau sekalian wisata petik apel dan beli-beli bunga juga di sana. 

Kusuma Agrowisata ini dekat juga lokasinya dengan Jatim Park 1 dan Museum Angkut dan Movie Star, tempat favorit anak-anak karena banyak kendaraannya. Kalau baca-baca, hotel ini juga adalah pemenang Traveloka Awards 2019 untuk kategori makanan terbaik. 

Yeay, alhamdulillah. Habis itu nggak dapet-dapet lagi hotelnya, kebayang dong 1 hari beruntung, 5 hari zonk hahaha. 

kusuma agrowisata
Kusuma Agrowisata, Batu

Pilih Hotel yang Cocok buat Keluarga 

Dalam memilih hotel yang cocok buat staycation maupun menginap dalam rangka leisure, saya punya kriteria tertentu memilih hotel untuk keluarga. Saya melihat layanan apa yang bisa diberikan oleh hotel tersebut, kemudian lokasi (apalagi jika kita punya tujuan lain selain hanya menginap), dan kebersihan. 

Ada 4 layanan hotel yang jadi alasan saya memilih hotel untuk keluarga, tapi nggak kaku juga sih dalam artian ketika memang butuh untuk menginap, tidak ada keempatnya juga nggak apa-apa. Terutama jika lokasinya di kota-kota kecil, nggak semua penginapan punya fasilitas dan layanan yang kita inginkan.  

1. Kolam Renang 

Kenapa pilih yang ada poolnya, ya tentu saja karena saya bawa keluarga, yang tiga di antaranya adalah anak-anak. Nginap di hotel yang ada kolam renangnya, merupakan satu penghematan supaya kita nggak perlu main ke waterpark di lain tempat lagi, hehe. Emak-emak perhitungannya harus begini banget yak!

milih kolam renang hotel
BESS Resort Waterpark, Malang

Rata-rata hotel bintang 3 ke atas sudah punya fasilitas kolam renang yang cukup mumpuni, dalam artian bukan segede bak mandi doang yah. Biasanya kami berenang kalau nggak sore hari, ya pagi hari selepas sarapan. 

2. Breakfast All In 

Setiap milih-milih hotel di flash sale, epic sale, atau lagi nggak sale, intinya, saya selalu cari harga hotel yang sudah include breakfast. Kenapa? Males banget kudu ke luar dulu buat nyari sarapan, bukan? Meskipun harga dengan breakfast sedikit lebih mahal dibandingkan tanpa breakfast, tapi menurut saya masih jauh lebih murah dibandingkan kita sarapan sendiri di luar. 

Selain itu, sarapan di hotel biasanya jadi pengalaman yang menarik karena kita bisa sambil nonton cook-nya masak, mencoba berbagai makanan, ketemu banyak orang, ya pokoknya kita juga menikmati keistimewaan hotel yang diinapi, bukan hanya tidur aja. 

3. Air Panas 

Mau shower atau bath tub, saya nggak masalah. Tapi, fasilitas air hangat wajib ada. Soalnya biasanya saya suka bobo dengan keadaan AC menyala di angka 25 derajat celcius, menurut saya ini cukup hangat untuk tidur, tapi bangunnya memang kedinginan. Sehingga, kalau pas mandi maunya ya pake air hangat. 

4. Amenities and Cleaness

Saya tahu kalau amenities ini tergantung pada rating hotel sendiri. Tapi, saya sangat menghargai jika setidaknya, pihak hotel menyediakan toilettries dan handuk. Apakah handuk tersebut digunakan apa tidak, nggak masalah (tapi biasanya tetep dipake sih, buat lap-lap aja). Mau toilettries yang makloon-an juga nggak apa-apa sih, tapi kan ada niat. 

Sementara kebersihan adalah sebagian dari iman, eh, kebersihan adalah syarat mutlak supaya nginap kita juga nyaman dan tenang. 

Saya pernah nginap di penginapan entah bintang berapa (atau malah nggak ada bintang?) di daerah Banyumanik, Semarang. Kamarnya kecil aja, buka pintu langsung ketemu kasur. Space antara kasur dan meja tv aja cukup satu orang doang. Sebelah kasur ada kamar mandi yang memanjang, tapi cukup lega dan bersiihh banget. Mulai toiletnya yang putih bersih, lantai yang terawat, juga penerangan yang nyaman. 

Nggak harus jadi hotel berbintang untuk menerapkan standar kebersihan yang pantas. Terlebih daripada itu, kebersihan adalah hal yang paling utama karena kan kita pake kamar bergantian dengan orang lain. 

Selain daripada empat layanan di atas sih, saya cukup kompromis dalam menginap di hotel.  Hotel-hotel kecil di kota kecil malah punya cerita tersendiri meskipun pelayanannya nggak wah seperti hotel berbintang di kota besar. 

Baca Juga: Menginap di Hotel Tugu Lestari, Blitar 

Next Post Previous Post
18 Comments
  • Kak Niken - Kal
    Kak Niken - Kal 19 Desember 2020 06.18

    ehm..ehm...emm...dapat kemaren di Royal Orchid Garden cuma 100rebuan....
    bisa puas berenang dan main2 seharian barenan anak2

  • Rhoshandhayani KT
    Rhoshandhayani KT 19 Desember 2020 09.18

    iya ya, sepertinya tahun ini aku belum bobok di hotel, hoho
    wuah jadi kangen gulung2 di kasur hotel, haha

  • Fionaz
    Fionaz 19 Desember 2020 10.13

    Kalo kami memilih hotel yang ada kolam renangnya kak, soalnya anak2 suka bermain air jadi bisa puas mainnya

  • Tukang Jalan Jajan
    Tukang Jalan Jajan 20 Desember 2020 00.17

    hotel emang kudu bersih, terutama dari tempat tidur dan kelengkapannya. karena dipake bergantian, harus dipastikan bersih dan aman apalagi dimasa pandemi seperti ini sih

  • Dwi Puspita
    Dwi Puspita 20 Desember 2020 04.42

    Kalau saya cari hotel selalu yang ada kolam renangnya mbak, sekalian biar anak happy dan liburan nggak usah kemana-mana lagi cukup di hotel saja

  • Triani Retno A
    Triani Retno A 20 Desember 2020 06.32

    Selama 2020 baru 4 kali nginep-nginep di hotel. Yang satu kalinya di masa pandemi karena nganterin anak yang dapat jadwal UTBK pagi hari. Nggak bakal keburu kalo langsung dari rumah. Wuiiiih...persiapannya bikin puyeng dan mules :D

  • Syahri
    Syahri 20 Desember 2020 13.35

    Nah hotel meski bukan termasuk hotel berbintang juga harus tetap menjaga kebersihan ya. Semua orang yang menginap di hotel itu biar betah, kan bisa jadi berlangganan tuh..

  • Yuni Handono
    Yuni Handono 20 Desember 2020 13.47

    Kota Batu Malang kini sudah menjadi salah satu kota tujuan wisata. Selain banyak berdiri tempat wisata, kuliner, juga banyak hotel dan tempat penginapan yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Jadi pengen menginap di hotel Agrowisata Batu...sepertinya recommended banget...ada kolam renang dan fasilitas lainnya yang sanggup memanjakan pelanggannya.

  • Lina W. Sasmita
    Lina W. Sasmita 20 Desember 2020 17.01

    Kalau anak saya ketika dikabari kita mau nginap di hotel pertanyaannya adalah ada kolam renangnya nggak? Jadilah kalau milih hotel selalu prioritas utama harus yang punya kolam renang demi menyenangkan anak-anak.

  • Hani di haniwidiatmoko.com
    Hani di haniwidiatmoko.com 20 Desember 2020 20.12

    Duh iya, aku pun selama tahun 2020 ini belum kemana-mana euy. Sepuluh hari lagi udah tahun 2021 deh. Senangnya dapat epic sale...Masih ada ga ya? Mo intip traveloka ah...

  • Aldhi Fajar
    Aldhi Fajar 20 Desember 2020 20.27

    Udah kangen buat libiran sama keluarga, pilihan hotel murah memang jadi incaran apalagi dengan berbagai fasilitas oke

  • Adriana Dian
    Adriana Dian 20 Desember 2020 21.27

    wah iya nih bener banget, aku kl liburan pasti nyari hotel yg ramah anak dan ramah keluarga juga. pengennya sih yang ada semua di 1 hotel, jadi biar ga usah kmn kmn ttp di dalem area hotel ajaaa.. hehe

  • HendraDigital
    HendraDigital 20 Desember 2020 21.53

    Wow, amazing banget!! Keren pool nya. Harganya murah amat ya? Beruntung nya bisa dapetin diskon. Saya juga mau aah berburu ke traveloka

  • Artha Nugraha Jonar
    Artha Nugraha Jonar 20 Desember 2020 22.18

    wah sama dengan keluarga saya nih, pilih hotel yang ada kolam renangnya. Sebetulnya sih karena anak saya memang yang milih. Tapi benar juga sih, aktifitas kita jadinya lebih banyak di hotel aja. Kalau mau pesen makanan, tinggal GoFood aja, hehehe.

  • Ari Santosa Pamungkas
    Ari Santosa Pamungkas 20 Desember 2020 23.25

    Memilih hotel untuk keluarga, beneran kudu rinci ya Kak, milih fasilitasnya. Kalau kita sendirian sih santai aja. Tapi kalau kita mengajak anak kecil, ya mau gimanapun musti lebih pinter browsing di apps booking hotel supaya pas.

  • Heizyi
    Heizyi 20 Desember 2020 23.42

    Kalo masalah bersih dan aman itu harus ya mbak.

    Soal urusan air panas sih opsional. Asal tempat menginapnya gak di dataran tinggi. Mandi air dingin gak apa kok ^^

  • TIAN LUSTIANA
    TIAN LUSTIANA 25 Desember 2020 14.52

    pilih hotel utk keluarga harus yang nyamamn yah dan bersih, yang penting bikin betah

  • Ina
    Ina 31 Desember 2020 06.43

    Waktu di Bandung nginap di Green Batara harga terjangkau kamar luas bednya 2 gede2 keluar hotel udah cihampelas walk mal toko2 tempat makan cuma ngga ada kolam renang siih

Add Comment
comment url