Serunya Wahana Ombak Tsunami di Hawai Waterpark

Mau merasakan sensasi diterjang ombak seperti para surfer di lautan? Yuk, main-main ke Hawai Waterpark. Salah satu wisata air terbesar dan terlengkap di Malang ini akan memberikan pengalaman seru dikejar gelombang hingga setinggi 3.5 meter sebanyak tiga kali! 

Sesuai tagline-nya, “Tsunami Terbesar di Indonesia”, wahana yang bernama Waikiki Beach atau Tsunami Pool ini memang yang baru pertama ada di Indonesia. Maka, kalau jalan-jalan ke Malang, jangan lupa sempatkan main ke tempat ini supaya ada ‘oleh-oleh’ cerita seru sepulang liburan. 

Ombak ala Tsunami di Hawai Waterpark Malang


hawai waterpark
Sumber: Hawai Waterpark


Apa itu Ombak Tsunami? 

Dilansir dari websitenya Hawai Waterpark, Waikiki beach atau Kolam Tsunami ini merupakan kolam ombak pertama di Indonesia yang gelombang ombaknya sama persis seperti di Hawaii, sehingga para pengunjung benar benar dapat merasakan asiknya ombak di kepulauan Hawaii, Amerika. Terdapat beberapa level ombak khas Hawai Waterpark Malang yang ditawarkan. Mulai dari level rendah hingga level tertinggi dengan ketinggian mencapai 3,5 m. didampingi dengan lifeguard professional dan alat keamanan yang lengkap.

Adapun beberapa tipe tsunami yaitu:
  • Tsunami
  • Tsunami Cano (Merasakan sensasi ombak Tsunami dengan perahu karet yang terdiri dari lima penumpang dalam satu perahu).
  • Tsunami Tub (Merasakan sensasi ombak Tsunami dengan ban)

 
Bagaimana Ikut Keseruan Ombak Tsunami? 

Jadi, saat sirene berbunyi “wiiuuu wiiuuu”, pintu masuk wahana akan dibuka oleh petugas, lalu pengunjung masuk ke dalam kolam besar yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa seperti sebuah pantai dengan kontur kemiringan tertentu. 

Selagi pengunjung duduk-duduk menunggu ombak pertama datang, mereka akan diajak berdialog oleh MC di atas panggung. Ini MC-nya bagus sih menurut saya, di tempat seluas itu artikulasinya jelas dan sound-nya juga bagus. Si MC akan memberitahu orang-orang apa aja yang harus dilakukan saat ombak datang, mengingatkan tentang prosedur keselamatan, dan mengajak serta para pengunjung di luar yang masih ragu-ragu buat ikut bergabung ke dalam wahana ini. 

hawai waterpark
Lifeguard akan berjaga di sekeliling wahana

Saat pemandu meneriakan aba-aba ketiga, ombak pertama datang dari arah panggung menuju barisan pengunjung. Semua yang ada di kolam Tsunami berlarian dikejar ombak besar, ada juga yang mencoba berenang mengikuti arus sebelum disusul ombak yang kedua. Saat gelombang yang kedua datang lebih tinggi lagi, orang-orang sudah punya pengalaman menghadapi ombak yang pertama, sehingga mereka lebih siap dengan antisipasinya. 

Saat ombak mulai surut, ada yang ikut terseret bagi yang merelakan dirinya terombang-ambing gelombang. Lucu banget sih karena ada juga yang bertahan pegangan sama kaki-nya lifeguard :)) 


kolam tsunami hawai waterpark

Khusus menjelang ombak terakhir, pengunjung diajak untuk lebih interaktif lagi mengekspresikan kegembiraannya dalam wahana ini. Semua berteriak memanggil datangnya ombak yang ketiga, yang tentunya lebih tinggi dan lebih dahsyat. 


Kapan Kolam Tsunami Dibuka?


Untuk diketahui, wahana Kolam Tsunami ini dibuka dalam tiga sesi setiap harinya. Setiap sesi memiliki dua subsesi: untuk anak-anak dan dewasa. 

Adapun jadwal buka wahana Kolam Tsunami adalah sebagai berikut: 
Senin-Kamis: 12.00, 13.30, dan 15.30
Jumat: 13.30 dan 15.30
Weekend dan hari libur: 10.00, 12.00, 14.00, 15.00, dan 16.30

Nah, saya dan keluarga sudah mencoba keduanya, baik sesi anak-anak maupun dewasa. Keduanya sama serunya, yang membedakan hanya intensitas derasnya ombak. 

Tips Bertahan di Ombak Tsunami

kolam tsunami
Hang on there, guys!

Saya mau memberikan tips menikmati pengalaman seru dalam wahana ombak Tsunami di Hawai Waterpark ini: 
  1. Anak-anak yang ikut sebaiknya sudah lebih dari 5 tahun dan wajib pakai rompi pelampung 
  2. Berada di posisi tengah adalah yang terbaik, membuat lebih mudah mengambang di atas air 
  3. Saat ombak datang, sikap yang tepat adalah berenang mengikuti arus, jangan melawannya 
  4. Pegangi anak, tapi juga jangan menahannya saat tersapu gelombang supaya dia tidak cedera. Tenang saja, pelampung akan menahannya dari tenggelam. 
  5. Jangan panik, para penjaga berpengalaman berdiri standby di sekeliling area dan siap membantu siapa saja yang kesusahan

Hawai Waterpark Malang
Jl. Graha Kencana Utara V, Karanglo, Banjararum, Kec. Singosari, Malang
Jam Buka khusus Masa Pandemi:

Saturday 9AM–4:30PM
Sunday 9AM–4:30PM


Next Post Previous Post
7 Comments
  • duniamasak
    duniamasak 12 November 2020 pukul 10.13

    duh udah lama gak berenang, jadi kangen makan mie instant di pinggir kolam :D

  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 17 November 2020 pukul 10.10

    Mba, ada 2 paragraf yg ditulis dobel :), yg bagian saat pemandu meneriakkan aba-aba ketiga.... :). Dobel Ama bawahnya.

    Btw, setujuuuu amaaaaaat. Ya ampuuuun pgn rasain aku. Sayangnya jauh. Tapi bisa aku catet, utk masukin ke itin kalo ntr main ke malang :). Itung2 orang Indonesia sendiri banyak yg belum ngerti cara untuk menghadapi tsunami, padahal kita tinggal di negara kepulauan. Aku sendiri jujurnya ga bisa berenang juga. Dari sini sbnrnya bis belajar yaaa gimana baiknya kalo menghadapi tsunami

  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu 11 Juni 2021 pukul 11.03

    seru banget mbak rella. Aku tahunya di youtube dan pengen tapi kok takut. Wkwkwk. Btw berapa ya mbak tiket masuknya, penasaran juga pengen ke hawai water park

  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani 11 Juni 2021 pukul 21.24

    Mbaaak...daku ngebayangin ombak tinggi datang aja wes takuuut. Haduuh, apalagi daku ndak bisa renang he..he.. anyway, cukup memacu adrenalin ya ombaknya. Anak-anakku pasti suka wahana beginian, padahal Emaknya keder, he..he..

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 12 Juni 2021 pukul 05.37

    kangen banget bisa berenang.. pandemi gini mikir2 kalo mau berenang. pas tempat wisata lain pada tutup waterpark masih lanjut ya

  • Lita Lestianti
    Lita Lestianti 12 Juni 2021 pukul 06.50

    kangen banget bisa berenang.. pandemi gini mikir2 kalo mau berenang. pas tempat wisata lain pada tutup waterpark masih lanjut ya

  • K. Niken
    K. Niken 18 Juni 2021 pukul 22.21

    Aku belum pernah ke Hawaii Waterpark. Padahal ya udah bolak-balikaon di area sana. Malah pernah yang di Surabaya wkwkwkwk

    Biasanya anak2 senang kalau ada kolam ombak. Ehh pernah hampir tenggelam jiga sih kami bertiga di Sby itu.

Add Comment
comment url