Aktivitas Malam Supaya Tidur Nyenyak

14 komentar

Saya termasuk yang gampang-gampang aja tidur, nggak butuh waktu lama dari bersiap dan berdoa sampe benar-benar merem. Tapi ada kalanya juga merasa sulit tidur, alasannya bisa lagi ada pikiran, badan capek atau lainnya. Katanya sih olahraga sebelum tidur bisa membantu buat menenangkan badan supaya tidur lebih nyenyak. Habis capek-capekan bisa langsung rebahan, gitu kan?  


Eh, emang boleh olahraga sebelum tidur? 

Hm, ada beberapa pendapat tentang melakukan olahraga sebelum tidur, katanya sih bisa mengacaukan jam tidur juga meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh sehingga jadi susah tidur. Tapi sebenarnya asal olahraga yang dipilih nggak terlalu berat sih boleh-boleh aja. Sebuah studi di Journal of Sleep Research mengatakan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga sehat selama 35 menit sebelum tidur, tidurnya sama nyenyaknya dengan ketika mereka tidak olahraga. Jadi ya kalo ngantuk mah ngantuk aja, tetap akan tidur nyenyak. 

Kalo kaya gini jadi inget waktu masih di Jakarta, banyak teman-teman yang sering nge-gym sepulang kantor sambil nunggu jalanan nggak terlalu macet. Atau kalau sekarang yang lagi hits kan pada ngumpul olahraga malem-malem di Senayan tuh sambil cari jodoh, eh. 

Yang perlu diingat dari olahraga sebelum tidur adalah, intensitasnya light to moderate, artinya nggak yang berat-berat banget lah. Nggak angkat besi atau balap sepeda amat gitu, yaahh yang santai-santai aja macam yoga, berenang santai sekian lap, plank, jalan santai gitu macam tawaf di mal sepulang kerja, hahahaha nggak deng, yang ada high tension karena dompet bolong. Patut diperhatikan juga untuk memberi jeda waktu antara selesai olahraga dengan waktu tidur, best timenya sih setidaknya 1.5 jam sebelum tidur udah beres. Jeda waktu ini akan memberikan kesempatan buat tubuh merileks-kan diri. 

Jadi kagak boleh yaaa, maliihh ... habis olahraga brukkk langsung rebahan. 

So, olahraga sebelum tidur sah-sah saja dilakukan, biasanya kalau tubuh udah bergerak dan energi tersalurkan, habis itu mandi, badan segar dan enteng, lanjut tidur enak banget tuh, daripada lanjut makan indomie, yekaaan.  
 
Anyway, selain olahraga santai seperti di atas, ada juga hal-hal yang bisa membantu tidur lebih nyenyak dan berkualitas, antara lain: 
  1. Buat jadwal tidur yang konsisten
  2. Hindari gadget 30 menit sebelum tidur (walaahhh, ini susah banget lah buat drakorians kaya gue :') 
  3. Buat rutinitas yang menenangkan sebelum tidur, bisa nyalakan aromaterapi, meditasi, atau dengerin musik klasik 
  4. Kurangi polusi suara, seperti suara tv (babeh-babeh kudu tau ini gak boleh tidur depan tipi), atau suara lainnya yang bisa bikin otak terjaga dan tidak nyaman
  5. Posisi nyaman. Baik kasur yang empuk, atau selimut yang hangat 
  6. Hindari makan berat sebelum tidur. Martabak apa kabar T__T 
  7. Hindari alkohol, kafein, nikotin sebelum tidur
  8. Jangan boci terlalu lama
Tambahan dari saya, yang bikin tidur nyenyak itu adalah udah berhasil mengalahkan malas  untuk night skincare routine, daaann...udah kepikiran besok mau masak apa, hahaha. Emak-emak lyfe banget memang akuh, tapi benarlah bahwa saking autopilotnya emak-emak, sebelum tidurpun yang dipikirin besok masak apa, besok anak-anak bekal apa, seragam udah disetrika belum, dll ... Kasian memang ya, hehe. Tapi ya nggak apa-apa, kalau semua sudah terkendali dalam tidurpun tenang dan pules, bangun tidur bisa tersenyum karena semalam nggak lupa pake sleeping mask dan food preparation sudah bertengger manis di kulkas.  

Rutinitas apapun saat malam, baik itu olahraga sebelum tidur atau lainnya, sebaiknya memang bukan hal yang terlalu berat, bahkan makan juga nggak boleh berat-berat kan. Karena tubuh manusia didesain untuk istirahat saat malam. Apakah kamu night owl atau early bird, sangat penting untuk punya cukup tidur demi raga yang sehat dan jiwa yang stabil.  

14 komentar

  1. Ia ya mba emang susah banget emang untuk lepas dari gadget 30 menit sebelum tidur hahhaa

    BalasHapus
  2. No 2. Hindari gadget itu yg susah ya mba, dan semenjak pnya anak tidur jdi gampang tdur sih klo ngelonin anak

    BalasHapus
  3. Saya banget ini. Mau tidur, kepikiran besok makan apa, balik lagi ke kulkas. Ngeliatin ini itu.
    Balik lagi ke kamar mau tidur, kepikiran eh campign anu udah blm sih? Bagun lagi buka wa. Ampuun... Ini sampai jam tiga akhirnya belum tidur juga
    Ckckck...!

    BalasHapus
  4. Ya ampuun, aku banget nih kebiasaan sebelum tidur pasti deh nengok gadget dulu. Pantes, tidurnya kurang nyenyak. Thanks ya mba remindernya, next mesti dikurangi nih.

    BalasHapus
  5. Bener banget hindari main gadget 30 menit sebelum tidur kadang kalo keasyikan nonton Youtube suka lupa yaa hihi

    BalasHapus
  6. Wah akan ku coba praktikkan ah. Soalnya aku termasuk yang susah sekali tidur malam. Mungkin olahraganya tu kek yoga atau pemanasan yg simple gerakannya kali ya?
    Yup taruh gadget saat mau tidur jg membantu sepertinya walau kdng godaan liat gadget begitu besar hehehe

    BalasHapus
  7. Nah ini nih mbak, saya tidak bisa meninggalkan gadget 30 menit sebelum tidur bawaannya tidur sama gadget terus

    BalasHapus
  8. Aku juga dulu sebelum nikah suka lari di gbk pulang kerja hehe bener lho tidurnya nyenyak bgt.. skrg mah susah bener buat keluar rumah apalagi jogging, udah keburu lelah hihi

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah sih, untuk tidur, sekarang gak ada kendala. Tiap hari bisa nyenyak. Sejak punya 4 anak dan tanpa ART. Mana rutin sepedahan juga. Seharian capek, jadinya malam nyenyak. Kecuali kalo lagi ada hal yang dipikirkan. Suka kebangun saat tidur.

    BalasHapus
  10. Kalo aku biasanya pakai earplug kalau suasana dekat rumah berisik. Kadang sengaja olahraga sebelum tidur kayak beberapa gerakan yoga biar cape n ngantuknya enak hihi

    BalasHapus
  11. biasanya sebelum tidur aku melakukan aktivitas yang bisa bikin lelah kayak noton youtube, hahahah, bebenah dikit-dikit di kamar

    BalasHapus
  12. Aku termasuk orang yang susah banget tidur malam entah gara-gara apa. Padahal udah mencoba ini itu tapi gak berhasil. Mungkin aku tipe pemikir di malam hari dan pemalas di siang hari😅

    BalasHapus
  13. wah penting nih sederhana tp tetap berkualitas hasilnya ya :)

    BalasHapus
  14. Aku juga ada kalanya susah tidur. Tp aku ga kepikiran sama sekali buat coba olah raga dulu wkwk. Btw menghindari gadget 30 menit sebelum tidur itu sulit banget sih. Soalnya kadang gadget yang bikin ngantuk.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^