Lakukan Rutinitas Mandi Ini Untuk Mengatasi Kulit Kering

1 komentar

Mandi aja kok ada ada caranya? Eits, jangan salah ... kulit kering bisa jadi tambah parah jika cara mandinya tidak benar. Musim kering dan dingin seperti ini emang rentan bikin kulit kehilangan kelembapannya. Kering sebadan-badan. Perlu banget tau penyebab dan tips-tips buat ngatasin kulit kering.  

Bahkan kalo pas tidur nggak sengaja mepet ke tembok, saya langsung terperanjat saking dinginnya, begitupun sehari-hari di rumah sendalan terus, lantai dinginnya udah kaya apa, nyeesss ke telapak kaki. Kuatir rorombeheun, kalo kata orang Sunda mah alias kulit tumit pecah-pecah gitu, hihi.   

mengatasi kulit kering

Nah balik lagi deh soal mandi tadi, kenapa saya punya perhatian ke tips-tips mandi yang benar buat menghindari kulit kering, karena selama ini kita hanya fokus ke krim-krim pelembab buat di lengan dan kaki (tentunya selain wajah yang beberapa langkah itu). Padahal, yang kering dan kena efeknya bukan hanya lengan dan kaki, tapi seluruh badan kena efeknya. Mandi ini bisa membantu kita menjaga kelembapan kulit tubuh, jadi nggak cuman gosok-gosok doang. 

Tips Mandi yang Baik 


Mari simak rekomendasi cara dan tips mandi yang benar dari AAD (American Academy for Dermatology) untuk mengatasi kulit kering 

  1. Tutup pintu kamar mandi 
  2. Batasi waktu mandi hanya 5-10 menit 
  3. Gunakan air hangat, bukan air panas
  4. Gosok tubuh secara lembut dan perlahan dengan sabun yang tidak mengandung fragrance
  5. Aplikasikan pembersih untuk menghilangkan debu maupun minyak, tapi tidak banyak-banyak
  6. Tepuk-tepuk pelan kulit dengan handuk saat mengeringkan badan
  7. Oleskan pelembab setelah mandi 

Rutinitas Setelah Mandi 

1. Aplikasikan pelembap segera setelah mandi. Bentuknya terserah bisa apa saja, bisa ointment, krim, lotion atau apapun, pelembab bisa mengikat dan menjaga kelembaban alami kulit.  Lakukan hal ini pada dua waktu : setelah mandi, dan setelah mencuci tangan atau muka. 

2. Ointment dan krim sebetulnya lebih efektif dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit yang kering. Pakai produk yang mengandung bahan pelembab seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau shea butter. Bahan lain yang juga dapat memaksimalkan efektivitasnya bisa digunakan asam laktat, hyaluronic acid, glyserin, mineral oil, dan petrolatum. 

3. Gunakan lipbalm. Pilihlah lipbalm yang nyaman dan cocok, beberapa produk lipbalm bisa aja nggak cocok di bibir kita meskipun produknya banyak dipakai orang. Indikatornya, kalau bibir kita terasa perih saat diaplikasikan lipbalm, segera ganti produk yang tidak menimbulkan efek samping ke bibir kita.  

4. Gunakan produk-produk yang tidak beraroma. Beberapa formula produk perawatan kulit sebenarnya terlalu keras untuk kulit kering. Sebaiknya ketika kulit mulai terasa kering, hentikan penggunaan sabun deo, skincare yang punya kandungan alkohol, fragrans, retinoid, dan AHA (ini banyak banget kan ya di produk skincare wajah). Dengan menghindari produk-produk ini, minyak alami dari kulit akan terjaga dan melembabkan kulit secara alamiah. 

5. Yang kelima ini mungkin agak-agak lebay, yaitu pake sarung tangan. Well, kita nggak sampe segitunya ya kayanya, karena nggak ada musim salju dan nggak macul juga bukan yah?  Unless you work in chemical lab, outdoor field, baiknya sih pake glove karet gitu ya supaya nggak makin parah keringnya. 

6. Pilih deterjen yang tidak menimbulkan alergi maupun iritasi. Bahkan deterjen yang dipake nyuci baju aja bisa jadi penyebab kulit kering lho gaeess. Jangan lupa juga perhatikan kain pakaian yang kita gunakan, untuk bahan-bahan seperti wool atau yang kasar gitu rentan bergesekan dengan kulit yang kering hingga bisa menimbulkan iritasi. Sebaliknya, pilih bahan-bahan yang lembut seperti katun dan gunakan deterjen yang berlabel hipoalergenik. 

7. Jaga kondisi tubuh agar tetap hangat. Nggak perlulah berdiri di depan perapian kaya di film-film yaakk, atau bakar-bakar jagung di atas api unggun, malah tambah kering entar. Tapi intinya jaga agar tubuh tidak kedinginan atau dehidrasi, karena otomatis menyebabkan kulit kering karena kurang asupan cairan. 

8. Membuat pelembab udara buatan. Bisa pasang humidifier atau merawat tanaman-tanaman penyaring udara agar tetap sejuk dan bersih.

Nah, gitu deh tips-tipsnya, dari mandi sampe setelahnya. Baiknya sih hal ini dirutinkan bahkan saat kulit tidak kering sekalipun, karena ternyata efeknya bagus banget agar kulit juga tetap lembab dan sehat. 

Jangan lupa juga buat pilih sabun mandi yang punya kandungan pelembab seperti lemon atau madu. Biasanya ada label mild care-nya, formulanya lembut dan anti iritasi. Cocok buat semua anggota keluarga, dari bayi sampai dewasa. 

1 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^