Konsep Male Beauty di Kpop Idol

4 komentar

Apa ada yang sama dengan saya, pada awalnya lihat cowok-cowok idol kpop ini kok pada cantik-cantik amat... apa karena saking glowing dan terawatnya mereka jadi cantik, bukan ganteng?? Bahkan saat mereka tampil nyanyi dan naripun, mereka tetep menawan dengan kulit yang bersih dan bibir bersalut lipstik ... tapi satu hal meskipun begitu, mereka tidak melambai, hahahaha. 

Sempet berpikir juga, why do they have to look feminine? Apakah semua harus seragam seperti itu, licin dan bening macam wanita, atau ada nggak sih kpop idol yang lebih manly look? Apa jangan-jangan saya yang seksis nih, memangnya yang bening cuman boleh cewe aja? heeii...ada faktor hormon pelembut kulit yaa kalo di wanita, hahahaah #sotoy.  

Untuk cari jawaban ini saya harus muter ke forum-forum ghibah Korea, macam soompi atau allkpop lah yaa, lalu menemukan statement ini : 

Firstly, K-pop idols are just like any other celebrity: those who are good looking tend to be more attractive to potential fans than those who aren't as good looking. Visuals are the first thing people see, which is probably one of the most important factors in a first impression.

Visual nomor satu

Hum, yeah. Penampilan adalah nomor satu. Bahkan dalam setiap boyband selalu ada setidaknya satu orang personel yang jadi ikon visual, mmm yang diunggulkan sebagai paling ganteng lah ngunu. 

Jika di dunia akting yang tidak ganteng saja masih dapat peran (meskipun begitu, mereka tetap glowing), then they nearly don't have a chance in kpop industry. Kenapa gue bilang nearly, karena Psy tetep laku, hehehe, oke, Psy bukan boyband.

Elsa B, founder KpopBreak.com, pernah menulis tentang male beauty standards in Korea

It is really common for Korean men to care about a clear, smooth and fair skin. It is also usual to dye and style hair on regular basis.The body shape is expected to appear rather androgyne than too muscular. Men wear sharply stylish cut outfits and double eyelids are really common as a result of cosmetic surgery. Korean men often choose to get surgery to achieve a higher nose along with smaller and slender facial features.


Dari banyak alasan, salah satunya adalah bahwa Korea saat ini punya komoditas unggulan, yakni beauty capital. Mulai industri operasi plastik dan industri kecantikan yang tidak hanya fokus pada perempuan, tapi juga laki-lakinya. Jika Korean skincare dengan 10-steps nya itu gencar melakukan penetrasi lewat pop culture, maka harus ada persona yang menunjukan efektivitas dan hasil dari produk-produk tersebut dong, ya siapa lagi selain artis-artisnya yekaaan, mosok presiden Moon :') 

Kenapa Idol Kpop tidak memelihara jambang, janggut atau kumis? 

Haha, iya, pertanyaan sepolos inipun pernah saya pikirkan waktu lihat Park Seo Joon bintangin iklan Laneige's Homme, itu muka liciiinnn banget. Apakah dia punya pori-pori di mana rambut wajah bertumbuh? 

Ternyata bukan cuman saya aja yang bertanya gitu. Karena nemu sejumlah pertanyaan serupa juga di berbagai forum, dan jawabannya kurang lebih, ada pergeseran standar yang disebut 'manly' di Korea. Kalau di film-film sageuk hampir semua prianya berjenggot, berkumis, berambut panjang, maka yang kekinian adalah kau tak harus punya janggut atau kumis untuk disebut manly. 

Dalam konteks industri kpop, jelaslah bahwa audiens kpop ini kan lebih ke anak muda, maka 'younger look' is mandatory with no facial hair at all. Ya dong, sepakat kalo cowok dengan rambut di wajah pembawaannya memang jadi lebih dewasa. But, once you see Siwon with beard, much better kan?

siwon suju

Boyband dan brand skincare 

Nah, untuk semakin memperkuat konsep male beauty, brand-brand skincare pada gaet boyband buat jadi model komersil sekaligus brand ambassador mereka. Semakin sering nilai ini digaungkan, mereka mau bilang kalo 'skincare is genderless, just love youself'.

Buat saya, ini usaha yang luar biasa masif dan kerasnya yang diupayakan Korea. Nggak cuman di kalangan mereka aja, tapi seluruh dunia kini punya pandangan baru, bahwa cowok banget itu gak harus kusam atau jerawatan, cowok itu tetep disebut ganteng meskipun pake bedak.  


Seventeen for The SAEM

BTS for VT Cosmetics

EXO for Nature Republic

GOT7 untuk The Face Shop 
Wanna One for Innisfree

Tetap wamil dan nggak melambai 

Wajib militer itu kan udah laki banget ya, latsarmil mereka dua tahun dan nggak kaleng-kaleng kaya di ospek kampus. Idol-idol ini tetap patuh menjalankan wamilnya. Sesuai tujuan mulianya, menyiapkan angkatan bersenjata muda jika suatu saat dibutuhkan negara, pemerintah Korea sangat serius mempersiapkan para pemudanya lewat wamil. Mereka nggak sama sekali berencana take down program bela negara ini meskipun para pemuda ini udah berkontribusi besar bagi pendapatan Korea dari industri hiburan dan kecantikan. 


Nah, uniknya di sini. Ketimbang mempertentangkan sesuatu yang secara konstruksi sosial berlawanan (dandan vs wamil), mereka malah menjadikan wamil sarana komoditas. Innisfree mengeluarkan Extreme Power Camo Cream, yang bisa dipakai para tentara berkamuflase tanpa merusak pori-pori kulit alami mereka, with SPF 50!  

male beauty


Jadi, mau idol, artis, tentara, orang biasa sekalipun, mereka udah biasa banget pada maskeran, pake lipbalm dan sunscreen meskipun pake baju tentara yang identik dengan maskulinitas. Mereka tetep laki, berperilaku seperti laki-laki, dan berorientasi normal seperti laki-laki (kalo ada yang belok, gue gak tau). Anehnya, mereka tidak auto ngondek. Coba kalo di kita, tau sendiri stereotipnya kaya apa. Udah gitu bakal habis dikata-katain apa deh cowok-cowok yang pake sublock, padahal efek sinar matahari gak pilih-pilih gender :))

See, ngondek itu soal kemauan aja, nggak otomatis muncul dari dandanan tangannya jadi lentik, hahahaahah. Julid deh lo, kaya Bu Tejo!    
 
Entah dari mana seorang netizen Korea menyimpulkan ini di forum Allkpop, banyak yang masih memperdebatkan juga sih, yah boleh sepakat boleh engga.

Manly male idol examples: Taeyang, Kai, All of 2PM, Jackson, Wonho, Shownu, Sehun, Kang Daniel, Ikon Junhoe, Siwon, Minho, Mingyu, Jaehyun, Jin etc.

Feminine male idol examples: Baekhyun, Jimin, Eunwoo, Taemin, Winner Jinwoo, Jeonghan, Heechul, Taeyong, BamBam, Nuest Ren, Ong seongwoo, Luhan, etc.

Male idols in between fem and masculine: Taehyung, Jungkook, Yugyeom, Monsta x Minhyuk, Exo D.O, Chanyeol, Shinee Key, Seventeen Wonwoo, TXT Soobin, Gdragon, etc.

4 komentar

  1. Nah ini yg bikin salut...
    Meski boy band korea jago dancing dan selalu pake make up, mereka tetap tatag ikut wamil ya mbak
    Mantap

    BalasHapus
  2. Benar mbak, meski nampak cantik dan melambai, mereka keren lho..
    Tangguh ikut wamil

    BalasHapus
  3. Kyaakk~
    Ada EXO.
    We Are One.

    Salah satu alasan aku pakai Nature Republic ini juga karena modelnya EXO.
    Wkwkwk~
    Penting banget yaa...PENTING doonk....

    BalasHapus
  4. Suka sama kiasan, kalau cowok manly itu enggak mesti yang jorok, jerawatan, dan kumel. Tapi kalaupun mau merawat kulit, pria juga bisa manly.


    Stereotip yang emang bikin laki-laki jadi enggan merawat diri 😁

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^