Curhat Jastip BBW (Big Bad Wolf Books)

Apa bedanya buka jastip BBW - Big Bad Wolf Books sama buka jastip branded yang menjamur lainnya? 

Sebenernya, nggak tau juga... hehehe. Karena saya hanya pernah buka jastip BBW Surabaya aja, males kalo yang lain. Kecuali jastip oleh-oleh dari Bandung kalo  pas mudik.

BBW - Big Bad Wolf Surabaya

BBW tau kan yaa, bazar buku impor terbesar dari Malaysia. Kebetulan tahun ini sudah sampe ke beberapa kota di seluruh Indonesia. 

Anywy, setelah tiga tahun berturut-turut buka jastip BBW di Surabaya (dan tahun ini di Bandung juga), meski amatiran, sikit-sikit adalaahh pengalaman suka dukanya berhubungan dengan customer yang bisa dibagikan pada handai taulan. Dua tahun single player, di tahun ketiga saya berani ajak teman untuk berpartner supaya jangkauan customer lebih luas. 


Jastip BBW

Curhat tipis-tipis boleh kan yhaaa.... 

1. Customer kalap 

Sesungguhnya, kalap ngga selalu keuntungan bagi jastiper, soalnya kadang cust tuh fax fix mulu tanpa inget ngelist belanjaannya sendiri. Sebenernya ngelist itu tugas siapa? ada baiknya, cust juga mencatat pesanannya sendiri supaya saat datang invoice bisa dicocokkan dengan daftar punya dia sendiri...kadang ada aja yang merasa ngga ngefix, setelah disodorkan bukti chat, dia bingung. 

Yang paling lelah adalah ketika kita kirim invoice, dengan santainya dia cancel beberapa item....omg, nyari judul buku di antara ribuan itu gak gampang, sista, belum lagi orang lain yang gak kebagian karena sudah di-fix sama kamu...trus mungkin kamu shock dengan total belanjaan sendiri lalu membatalkan beberapa pesanan dengan berbagai alasan (biasanya nih, yang paling banyak : udah dapet dari jastip lain, udah punya, atau yah menghilang aja ngga ada respon)

Sayangnya, kita suka ngga tega untuk saklek bener-bener no cancel. Memosisikan sebagai cust yang belanja, kalo emang duit dia kurang apa boleh buat. Kami cari lagi customer yang mau buku cancelan daripada tenaga  waktu hunting terbuang sia-sia. 

2. Customer galau 

Hobinya bongkar pasang list pesanan. Ada yang baru fix, begitu ada upload-an baru lagi cancel yang lama, fix yang baru...nanti galau lagi. Ahahaha, i know that feel sih, yakali kalo belanja sendiri mah terserah bongkar pasang isi keranjang, balik-balikin barang yang udah diambil trus taruh di rak sembarangan. Tuh cart shopee saya juga bolak balik hapus-order mulu. 

Ada baiknya, belanja dengan tenang. Bisa catat sendiri dulu buku-buku yang ditaksir, lalu sampai waktunya untuk fix, bisa corat-coret judul di catatan sendiri...yang fix baru japrikan ke kita. Lebih enak nyarinya, dan sudah pasti ngga dicancel. 

3. Customer nggak transfer 

Yhahahahah....ini mah yaa autobete deh..kami nggak seneng nalangin karena kami bukan penjual buku reguler sehari-harinya, jadi nggak ingin ada stok sisa di rumah, bingung ngejualinnya entar. Belum tentu juga kami sendiri butuh buku yang udah terlanjur dibayar. 

Beberapa kali udah pede bakal diambil cust ternyata nggak jadi, terpaksa buku-buku tsb ngendon di container nggak terganti duitnya.  Syukur-syukur kalau pas lelang harga dasar ada yang beli. 

4. Modal santuy 

Karena kami bukan jastip besar, bukan pemain khusus berbisnis dalam perjastip-an, kami juga bukan bulk buyer, modal kami ya seada-adanya aja di saku. Utamanya memfasilitasi teman-teman yang nggak bisa ke event, tapi pingin diintipin dan nitip belanja. 

Kami enjoy jalan sambil cucimata aja sebetulnya...jadi kadang ingin juga kami punya waktu buat hunting kebutuhan sendiri, nggak ribet ngeliatin list orang lain mulu wkwkwk.  

Soal ini kami berstrategi supaya si buyer transfer uangnya sebagian, baru dilunasi setelah barangnya ada. Tapi kadang dapet buyer baik juga yang langsung transfer full, ini lebih mudah buat kami. Kalau ada sisa, sementara barangnya nggak ada kan tinggal ditransfer balik aja. 

5. Keterbatasan jarak dan waktu 

Karena domisili di Malang, sementara venue ada di Surabaya, tentu saja menuju ke sana perlu ongkos dan waktu. Belum lagi kami pergi pake transportasi umum, yang mana berarti belanjaan yang nggak dikirim langsung dari venue dijinjing dibawa pulang. 

Kesulitan lainnya saya dan partner adalah emak-emak, yang sehari-harinya bersama anak di rumah. Weekday jelas terbatas buat kami, terutama saya karena sama sekali nggak ada gantian jaga rumah dan anak dan suami pekerja kantoran reguler. Nggak bisa bolak balik ke venue setiap hari.... 

Akhirnya seringkali saya siasatin dengan berangkat di sore hari setelah suami pulang kerja, dan pulang besok subuhnya sebelum suami ngantor. 


BBW surabaya

Selain daripada itu siihh, lain-lainnya enjoy ajaaa...hehe. Lelah ya pasti lelaah, tapi dibawa seru aja.. karena emang seneng liat-liat buku sebegitu banyaknya. Nambah wawasan juga dan ada perasaan bahagia bisa merekomendasikan buku-buku bagus layak dibaca.     
 
Tahun ini saya dan partner juga buka lagi jastip untuk BBW Surabaya 2019. Yang mau ikut liat-liat boleh gabung grupnya [klik], yang mau berangkat sendiri, jangan lupa baca dulu Tips Berburu Buku di Bazar BBW yaaa... 


poster BBW

Yang pada jago jastiper, sini bagi-bagi tipsnya donk  ;)   
Next Post Previous Post
18 Comments
  • Alfa Kurnia
    Alfa Kurnia 11 Oktober 2019 pukul 15.28

    Suka duka jastiper ya, Kak. Beberapa tahun lalu saya juga pernah kalap titip belanja di jastip BBW Jakarta. Tapi terus merasa kok nggak sreg ya titip gitu. Kebanyakan buku yang kita cari tuh bukan area yang mereka cari atau ya judulnya memang nggak ada. Sedangkan buku yang mereka upload nggak sesuai selera kita. Lama-lama berhenti deh titip beli buku di BBW hehehe. InsyaAllah kalau ada rejeki bisa berburu sendiri suatu saat nanti.

  • Rienzbie
    Rienzbie 11 Oktober 2019 pukul 19.21

    Kita sama ya kak cart shoppe sering penuh terus pas mau beli hapus cart karena barang beda. Tapi emang sih klo jastip suka dukanya banyak yg cancel order, karena aku sering liat temen aku begitu dan itu skin care dong yg harganya mehong, apalah daya manusia"

  • dianisekaring
    dianisekaring 11 Oktober 2019 pukul 20.42

    Aku kagum loh Mbak sama yang telaten banget buka jastip. Bisa gitu nurutin masing-masing orang maunya apa. Hehe. Kalau aku merasa terbantu banget sama jastip BBW karena aku pengen beli buku-buku anak yang bagus, tapi ogah repot ke sana (padahal deket sama rumah) hihihi.

  • Visya Al Biruni
    Visya Al Biruni 12 Oktober 2019 pukul 06.37

    Waaah Keren buka jastip BBW Mbaa hehe Aku cuma suka belanja buat sendiri aja kalo BBW. BBW 2017 pas glai hamil, BBW 2018 Pas bayi baru lahir XD btw tipe tipe customer di atas juga kerap kutemuie Sebagai online book seller hehhe

  • Enny Ratnawati
    Enny Ratnawati 12 Oktober 2019 pukul 13.38

    Ya ampun.. Itu tega banget ya yang lupa ama pesenan sendiri huhu. Trus juga lupa transfer. Teganya hahaha. Nggak tau apa kalau yg dititip segitu ribetnya
    Tetap semangat mbak. Apalagi kita juga dapat manfaat banyak ya dari buku2 hihi

  • Diaz Bela
    Diaz Bela 12 Oktober 2019 pukul 15.47

    Mbaaak, baru aja aku mau berkeluh kesah tentang menjadi jastiper BBW, eh ada juga yang merasakan hal yang sama! Hehehe... Point nomor 3 sih yang bener-bener bikin aku mikir ulang untuk menjadi jastiper. Hmmm.. is this worth it? Bete banget dikecewain sama customer, padahal niat awal sudah tulus, membelanjakan dulu, jauh-jauh dari malang (tos mbak), dan harus ribet nagih itu sesuatu yang ewwwww banget. Hahahaha jadi curhat :P

  • Annisa
    Annisa 13 Oktober 2019 pukul 22.08

    Event BBW tuh selalu seru sih. Tapi saya cuma sekali ke BBW yang di Jakarta. Setelah itu gak pernah lagi karena agak males karena jaraknya yang jauh. Mending jastip aja dan aku type yang gercep milih dan gercep langsung bayar biar gak keabisan. Hehehe

  • Elok Faiqotul
    Elok Faiqotul 14 Oktober 2019 pukul 04.43

    Hehe.. bukan cuma pelanggannya yg galau mbak, mbak nya juga pasti galau ya kalau ada customee yg kalap borong sedang mbak naik angkot atau dana gak memadai 🙈

  • Fenni Bungsu
    Fenni Bungsu 14 Oktober 2019 pukul 05.28

    Daku berpikir yang buka jastip itu adalah orang-orang yang powerfull, karena dia punya tenaga dan waktu yang kuat untuk bisa ngubek-ngubek buku yang kalau di event seperti itu bisa bikin lama kan. Kalau daku mah nggak sanggup kak, bisa migrain, hehe

  • Niwanda
    Niwanda 14 Oktober 2019 pukul 07.52

    Pernah banget sih shock waktu totalan belanjaan, hehehe. Tapi ya justru karena udah pernah ngalamin itulah, makanya berikutnya berusaha banget lebih hati-hati. Gimana ya, buku emang menggoda, tapi kalau sampai merugikan pihak lain dalam hal ini pelaku usaha jastip kan (harusnya) sungkan juga...

  • Renayku
    Renayku 14 Oktober 2019 pukul 09.39

    ya ampun aku waktu itu ke BBW di serpong tangerang aja udah puyeng padahal cari buku untuk diri sendiri, apalagi beliin buat orang hehe.. Keren euy mbak rella bisa buka jasa jastip, mudah2an gak ada lagi yang cancel ya mbak.. bikin cape hati, cape badan, dan cape kantong.. aamiin

  • Elly Nurul
    Elly Nurul 14 Oktober 2019 pukul 10.45

    MashaAllah.. semangat mbakku.. aku belum berani ambil jastiper nih senengnya nitip aja haha.. tapi boleh juga sih supaya nambah pengalaman dan baca tulisan ini sebagai persiapan seandainya nanti ada di posisi yang sama dengan mbak.. semangat mbak.. maaf belum kasih tips karena belum pernah euy

  • Okti Li
    Okti Li 14 Oktober 2019 pukul 12.20

    Kalau pada dasarnya sudah suka baca dan buku, buka usaha jasa titipan beli buku sepertinya tidak terlalu memberatkan ya?
    Hanya kalau berat bawa buku pesanan itu sih pasti dong ya. Hehehe

  • Hairun Nisa
    Hairun Nisa 14 Oktober 2019 pukul 20.21

    Ada sedikit ngakak akutu mbak.. ada ya pembeli yang nggak transfer. Rugi atuh. Anyway, aku belum pernah sekalipun ke event besar itu. Pengen bet. Liat buku sebanyak itu rasa syurgaaa...

  • Uwien Budi
    Uwien Budi 15 Oktober 2019 pukul 09.54

    Sungguh sabar-sabar para jastiper ini. Duh kalo aku mah gak akan sanggup. Ternyata begitu ya suka duka jadi jastiper, aku malah belum pernah nih beli di jastiper, kalau mau apa suka belanja sendiri. lebih puas pilih pilih dan lelahnya. hihihi

  • Diah Alsa
    Diah Alsa 20 Oktober 2019 pukul 12.34

    Duuh, pasti sebel banget ya Mbak kalau ada yg pake cancel segala, udah capek hunting bukunya, ditenteng dari venue ke rumah, eehh dapat kabar cancel, duuhh ikut gemesss.

    Pengen juga bisa ikut saksikan BBW gini.

  • Shanty Dewi Arifin
    Shanty Dewi Arifin 21 Mei 2021 pukul 13.46

    Serius itu jadi nginap di BBW? Berangkat sore pulang subuh? Asli niat banget Rella. Tapi kebayang puasnya belanja buku semalaman.

    • Rella Sha
      Rella Sha 21 Mei 2021 pukul 14.36

      hueheheh, iyaa teehh... lebih sepi soalnya kalau larut malam, jadi lebih tenang nyari bukunya nggak rebutan sama orang.

Add Comment
comment url