Day 6 : Pengin Belanja, Tapi THR Belum Turun....

Tidak ada komentar


Menjelang lebaran seperti sekarang, sudah pasti promo belanja online menjamur di mana-mana. Si Ojek, si Hijau, si Oren, si Merah, si Pink, si Tosca , silakaann selamat lieuurrr nengokin promonya satu-satu. Ya siapa sih yang nggak ngiler, tinggal klak klik duduk manis di rumah, barang datang, belum lagi kemudahan fasilitas gratis ongkir, kredit tanpa kartu dan cashback sampai puluhan persen. Hyuuukkk, customer makin dimandjha. 

Bolak balik ngecek, tapi nggak bisa checkout. Olalaa, nunggu THR rupanya, sis. 
Tapi kapan nih, si THR turun? 

Sesuai aturannya, yakni Permenaker No. 06 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan Tunjangan Hari Raya ini paling cepat diberikan sekitar H-15 sebelum Lebaran. Ada juga sih yang dapatnya di awal puasa, pokoknya paling lambat perusahaan harus memberikan THR itu H-7. 

Nah, masalahnya, begitu THR masuk di rekening, itu traffic ekspedisi udah crowded, hampir nggak bisa ngandelin sampai tepat waktu. Belum lagi item-item yang kita incer pas awal bulan udah banyak sold out. Trus, gimana dong solusinya menyikapi promo-promo belanja ini saat keuangan belum memadai? Kan sayang kalo dilewatkan..

Sabar ya, siiiisss. 

Tapi ada beberapa trik yang mungkin bisa dilakukan untuk memanfaatkan momen promo belanja online sembari menunggu hilal-nya THR datang, antara lain: 

1. Carilah barang yang dijual dengan sistem PO. Biasanya, seller meminta DP separuh dari harga, ini bisa dibayar dulu dari uang yang ada dan dilunasi setelah barangnya ready (setelah THR turun). Gak boleh hit n run tapi yaaa... 

2. Jika bayar pakai kartu kredit, ingat jangan kalap. Gunakan dengan rasional dan sewajarnya. Ini untuk mengantisipasi THR tidak habis digunakan buat bayar tagihan, masih banyak kebutuhan hari raya yang akan dikeluarkan 

3. Catat promo diskon-diskon yang periodenya panjang. Buat perbandingan antara satu marketplace dan yang lainnya selagi masih ada waktu. Saat THR turun, bisa langsung klak klik tak menghabiskan waktu mencari-cari lagi. 

4. Masuk-masukkan dulu aja barang-barang inceran ke dalam shopping cart. Checkout kemudian saat THRnya turun. Tak apa jika ada 1-2 item yang keburu sold out, berarti memang bukan rezeki kita saat itu. Tandain saja, siapa tau jadi jodoh kita di bulan Syawal ;) 

5. Beli 1-2 item duluan dengan anggaran keuangan yang tersedia. Belajar prioritas mana dulu yang lebih dibutuhkan, baru sisanya dibeli setelah THR masuk. 

Nah, lumayan ya. Nggak bengong-bengong amat liatin promo sampe ngiler. Ada untungnya juga kita browsing sebelum THRnya ada, kita jadi bisa belanja lebih cermat karena ada waktu untuk menimbang-nimbang. Selain belajar mengatur pengeluaran, kita juga belajar menahan diri agar tak terjebak dalam perilaku konsumtif. 

Yuk ah, kalo nahan makan dan minum aja bisa, pasti bisa juga mengendalikan godaan belanja, xixi. 

Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^