Jamu Sinom, Minuman Tradisional Kaya Manfaat

Tidak ada komentar
Saya suka minuman-minuman tradisional Indonesia. Kaya rempah, full khasiat dari bahan herbal yang unik sangat menarik untuk dinikmati. Meski nggak selalu rutin mengonsumsi, beberapa minuman saya buat sendiri di rumah dari bahan-bahan yang mudah didapat. 

Sinom, adalah sebutan untuk daun asam jawa muda. Untuk dijadikan minuman, sinom dicampur dengan kunyit dan buah asam. Ada yang bilang sinom itu bukan jamu, soalnya jamu identik dengan pahit, hehe. 


Daun sinom memiliki khasiat yang sangat bagus terutama untuk perempuan. Semacam melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri haid, melangsingkan tubuh, dan mengatasi masalah keputihan.  

Untuk pencernaan, sinom juga bisa melancarkan buang air besar. Cocok untuk jadi menu program diet atau masalah metabolisme tubuh. Kandungan flavonoid dalam sinom juga memiliki sifat anti radang dan antipiretik. Kurang khasiat apa lagi coba? 

Di Surabaya, sinom lazim disajikan dingin dengan es batu. Segar banget diminum di cuaca panas, alternatif yang lebih sehat ketimbang minuman manis penuh kalori, ya kan? 

Nah, yuk coba buat sendiri jamu sinom di rumah. 



Bahan-bahan : 
Daun asam muda satu ikat 
Asam jawa 75-100gr, diseduh dengan air 100ml 
Kunyit 150gr, kupas dan haluskan 
Gula merah 250gr, disisir
Air 1000ml atau lebih

Cara membuat :
1. Petik daun asam dari tangkainya 
2. Rebus daun asam, kunyit, air asam dan gula merah 
3. Rebus sampai mendidih, cicipi untuk mendapat rasa yang pas   
4. Angkat, saring dan sajikan dengan es batu/hangat 

Selesaaiii.. Biasanya saya buat dari 2 liter air jadi 4 botol @250ml. Untuk diminum sehari sebotol aja cukup. 

Jika ingin dirutinkan, beri jeda seminggu berhenti untuk kemudian mengonsumsi lagi. Yu no, jejamuan kan produk herbal yang dosis/takarannya belum diuji coba secara medis. Jadi untuk meminimalisasi efek samping, baiknya kita waktu untuk lambung menetralkan diri :)

Tidak ada komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^