Zamzam Hotel & Convention : Segarnya Menginap di Kota Batu

by - Maret 27, 2017

Popularitas Kota Wisata Batu semakin menanjak beberapa tahun belakangan ini, apalagi kota yang ber-icon buah Apel ini sudah memantapkan diri sebagai kota pariwisata dan pertanian. Maka tak heran jika setiap tahunnya, objek-objek wisata baru selalu bermunculan membawa keunikan masing-masing yang membuat kota ini menjadi salah satu top destinasi wisata di Indonesia.

Berkembangnya sektor pariwisata di Batu, dibarengi pula dengan meningkatnya industri hospitality seperti penginapan dan akomodasi. Ada begitu banyak pilihan tempat menginap, dari mulai guest house, hostel, homestay, villa, budget hotel hingga hotel berbintang. Dari yang lokasinya sangat strategis di tengah-tengah tempat wisata hingga hingga di kaki gunung saat kemalaman trekking, penginapan di Batu tak pernah mengalami sepi pengunjung. 

Bingung memilih tempat menginap yang cocok lokasi, harga, dan fasilitas? ada ratusan review untuk ratusan penginapan di Batu yang tersedia di internet. Persiapkan tujuan wisata Anda, budget menginap, durasi menginap dan peta untuk browsing penginapan di sekitar lokasi wisata. Pilihlah penginapan yang standar pelayanannya sudah tersertifikasi, ini merupakan jaminan bahwa fasilitas yang akan Anda dapat telah memenuhi kualitas standardisasi di kelasnya.   

Di postingan ini saya akan mengajak Anda mengunjungi salah satu penginapan terbaik di kota Batu, Zamzam Hotel & Convention.




Terletak di ketinggian kurang lebih 900 dpl, udara segar dan view pegunungan menjadi salah satu daya tarik utama menginap di hotel ini, terlebih lagi begitu Anda tiba di hotel, Anda akan kepincut dengan sambutan gemericik air dari kolam ikan, bangunan yang megah dan sapaan ramah dari staf hotel yang bertugas. 



Berdiri pada tahun 2005 di atas lahan seluas lebih kurang 14.000m2 milik pasangan suami istri Bapak Ir. Widagdo dan Ibu Ir. Sri Ribut Gestiani, pada awalnya hanya terdiri dari 3 unit bangunan villa, 2 unit lapangan futsal, serta 12 private room karaoke. Bapak dan ibu Widagdo punya impian besar menjadikan lahan tersebut sebagai kawasan wisata keluarga, maka pada tahun 2012 pembangunan dilanjutkan dengan mendirikan hotel setinggi tiga lantai hingga rampung pada tahun 2014 dengan dioperasikannya 36 unit kamar dan terus bertambah hingga kini memiliki sejumlah 76 kamar.

Kenapa namanya Zamzam? ada hubungannya dengan sumur air suci di kota Mekkah? Ya, filosofinya adalah agar usaha ini menjadi sumber kehidupan dan bermanfaat bagi pemilik, karyawan, keluarga dan lingkungan sebagaimana manfaat keberkahan air zam zam itu sendiri.

Memiliki visi-misi ikut berpartisipasi aktif menyukseskan program pemerintah dalam membangun kepariwisataan kota Batu, hotel ini patut diperhitungkan karena telah disertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (National Hospitality Certification) PT Megah Tritunggal Mulia Surabaya. Sertifikasi di bidang pariwisata ini meliputi standar produk, pelayanan dan pengelolaan sehingga kualitas hotel Zamzam sebagai hotel kelas bintang tiga layak diadu dalam persaingan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang sudah dimulai sejak tahun 2015. 

Lokasi 

Berada di lokasi strategis, Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Wisata Batu, hotel ini posisinya sangat dekat dengan berbagai destinasi populer wisata Batu, antara lain 0.3 km dari wisata petik buah Kusuma agrowisata, 0.8 km dari Museum Angkut, dan 1 km menuju Jatim Park 1 dan Museum Tubuh. Bagi yang hobi berwisata kuliner, hotel ini juga lokasinya tidak jauh dari Pasar Apung Nusantara dan Pasar Parkiran yang menyajikan berbagai macam kuliner hingga malam. 

view gunung Panderman

Dikelilingi oleh Gunung Arjuna, Gunung Welirang, Gunung Banyak, dan Gunung Panderman, view pegunungan menjadi pemandangan utama sambil menyantap hidangan di semi outdoor-resto Panderman di lantai 3 ataupun dari teras kamar hotel. Jika malam hari, view pegunungan berganti dengan gemerlapnya lampu kota Batu yang menambah kemewahan dan kenyamanan selama menginap di sini. 

Kamar dan Fasilitas

Zamzam Hotel & Convention memiliki 76 kamar yang terdiri dari 14 tipe Superior (35m2), 26 tipe Deluxe (40m2), 3 tipe Executive (49m2), 3 tipe Junior Suite, 1 tipe Deluxe Suite (64m2), 14 tipe Family Standard (53m2) dan 15 tipe Family Deluxe (63m2). Khusus untuk tipe family, satu kamar muat dihuni oleh 4 orang anggota keluarga bahkan lebih karena tersedia sofa empuk di dalam kamar yang juga bisa dijadikan tempat tidur.

Umumnya, standar fasilitas setiap kamar dilengkapi dengan private bathroom with shower, safety box, mini bar, AC, telepon, kulkas (dengan beberapa minuman di dalamnya), LCD tv, dan koneksi WiFi internet yang terhubung 24 jam. Bed matras di dalam kamar Zamzam hotel, kelas apapun, menggunakan produk Kingkoil yang sudah terbukti kualitasnya sehingga memberikan pengalaman beristirahat yang nyaman di tempat yang menyenangkan.

Beberapa tipe kamar dilengkapi juga dengan ruang tamu, working table dan bath tub dengan air panas. Anda tinggal pilih kamar menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda, they have many room types to offer.



Fasilitas hotelnya sendiri dilengkapi guest lift dan ramp di setiap sisi tangga yang dikhususkan bagi para difabel, lounge untuk sarapan, restoran, 4 buah meeting room yang bisa di customized sesuai kebutuhan acara, area parkir yang luas, Games Room, masjid Al Zamzami, lapangan futsal, karaoke, area outbond, dan terakhir kolam renang yang saat ini di sampingnya sedang dibangun area untuk playground. 



Kemurahan dan keramahan hotel Zamzam juga ditandai oleh terbukanya fasilitas hotel tidak hanya untuk tamu yang menginap melainkan juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum seperti masjid yang dipakai untuk sholat 5 waktu dan sholat Jumat, lapangan futsal, restoran dan swimming pool. Bagi Anda yang hanya ingin mampir berenang di sini, tarif Anjasmoro swimming pool untuk umum hanya 30rb sudah termasuk welcome drink dan handuk. Tersedia children pool dengan kedalaman 30 dan 50cm, dan adult pool dengan kedalaman 1.5 dan 2m.



Saya beruntung mendapat kesempatan berkunjung ke bagian dapur hotel Zamzam, bertemu dengan Executive Chef Riyanto yang menjamin bahwa semua hidangan yang tersaji di hotel ini bebas MSG alias penambahan penyedap rasa dan bahan-bahan yang digunakan semua halal, tidak tersedia pork maupun alkohol.

hiruk pikuk bagin kitchen

Perkataan executive chef ini saya buktikan saat mencicipi makanan di Panderman Resto, menu tradisional Indonesia yang kaya rasa seperti sayur lodeh, tumis kangkung, ikan asin, tempe mendoan, dan ayam goreng, tidak satupun tercicipi oleh lidah saya aroma penyedap buatan. Bahkan untuk tiga sambal yang terhidang sebagai pilihan, rasa gurih alaminya muncul dari terasi, bawang dan cabe rawit dan udang kering.


menu tradisional di Resto Panderman
Tiga macam sambal pilihan


Selain fasilitas kamar dan hotel, bagi Anda yang masih bingung dengan tujuan wisata mau ke mana, Zamzam Hotel juga bisa membantu Anda mendapatkan fasilitas rekreasi berupa paket-paket wisata antara lain ; Paket Edukasi Wisata Petik Buah, Paket Batu Sunset Tour, Paket City Tour Kota Wisata Batu. Selain dari itu, tersedia juga paket pernikahan mulai dari harga 24 juta (100pax), paket honeymoon, dan paket table manner untuk kebutuhan usaha, instansi maupun edukasi. 

Daan...selesailah kunjungan saya ke Zamzam Hotel & Convention ini bersama teman-teman dari Blogger Ngalam, dengan senang hati saya membagikan informasi dan review singkat ini untuk Anda. 

Untuk booking hotel, hotel Zamzam sudah terhubung dalam banyak situs booking hotel antara lain TravelokaBooking, Agoda, Rajakamar, Pegipegi, Tiket, dan lain-lain. Anda juga bisa cek testimoni, informasi atau review dari user yang tersedia di Tripadvisor.  

Overall, saya pribadi merekomendasikan hotel ini terutama karena keistimewaan ukuran kamar yang luas di kelasnya dan lokasi yang dekat dengan tempat-tempat wisata di kota Batu, bahkan dengan jalan kaki!


Zamzam Hotel & Convention
Jl. Abdul Gani Atas, Kota Batu – Malang
Phone: 0341-591148/591149 Fax: 0341-591150
Email: info@zamzamhotel.com
Website: www.zamzamhotel.com
Instagram : @zamzamhotel_batu
Twitter : @zamzambatu
Facebook : ZamZam Hotel & Resort


You May Also Like

3 komentar

  1. makanannya keliatannya enak... hehehe

    batu masih dingin gak sih sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pinter-pinter cari spot aja, kaak...hahaha. Sejauh ini msh dingin menurutku..trtm kalo tambah ke atas atau wisata alam.

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen