Hey, June!

Bersih-bersih debu dan sarang laba-laba duluuuu.... 

Udah lamaaaa nggak blogging jadi sejujurnya rada kagok gini buka blogger, alasan gak ol kalo mau dibilang sibuk ya sibuk apalah juga, domestic chores gitu-gitu aja... Sekitar Februari-Maret kemarin rada sibuk sama project kecil dengan deadline ketat, begitu rampung, blas...jaraaaang buka laptop lagi kalo gak Arraf minta main game atau nyetel Akal. Kalopun ada niat ol, keburu occupied waktunya sama kerjaan-kerjaan lain yang (ternyata) kalo gak dikurangi dengan berjam-jam depan laptop bisa efektif dan efisien dikerjakan. Sisanya ol-ol sosmed atau browsing resep aja via hp sambil selonjoran atau nunggu ngantuk.   

Tapi alasan utamanya sih karena lama gak ngisi modem dari bulan Maret.. *XL Hotrod 3G yang tiga bulanan masih keluar gak sih?*

Sekarang udah Juni, dan mari breakdown...

Arraf lulus PG-A
Ya Alhamdulillah, semester dua ini ada kemajuan pesat dari segi semangat bersekolah. Udah jarang ada bolos-bolosan lagi atau acara mogok dari malem gak mau sekolah mau bobo aja. Sekarang kalo dari malem disounding "besok sekolah sama ayah, ya?" anaknya langsung "iya! sambil liat kereta dulu ya?" dan paginya meski masih merem dibangunin gak rewel, begitu nyampe kamar mandi langsung nyeloteh banyak cerita bakal liat apa aja di perjalanan ke sekolah dan mau ngapain aja di sekolah hari itu. Ada untungnya juga perjalanan sekitar 10 menit jadi ada pengalaman liat banyak hal.

Perilaku di sekolah juga lumayan membaik, sejak semester 2 ini emang udah gak gue tungguin lagi dari pagi, jadi cuma pulangnya aja gue jemput, paginya ditinggal ayah di skul udah gak nangis, hanya aja kalo gue telat jemput pipinya agak kemerahan sambil terisak-isak gitu ngelamun nungguin di depan pager sekolah.

Kegiatan sekolah juga udah mau ngikutin. udah mau ikut finger painting (gak takut lagi liat cairan cat warna warni), gak sering ganggu-ganggu teman, hafalan doanya nambah, udah berani inisiatif mengajukan diri buat coba sesuatu, makan-minum rapi sendiri, dan zero-incident ngompol.

Sayangnya, di rumah segala sesuatunya masih "sama ebooo..."  

Melihat kenyataan di rumah seperti itu, gue sempet ada keraguan, apa anak gue ada ketertinggalan sesuatu sesuai perkembangan usianya, trus mau kapan mandirinya sementara tuntutan zaman terus berkembang *bok, ini balita yang dibahas book..* yaaa gue pikir kan udah 3.5th jugaaa, masterchef junior aja ada yang umurnya 7th udah jago masak *apeulah hubungannya*. Tapi gue diingatkan sama bu guru untuk tidak pernah ragu sama anak sendiri, hyuk, hantu emak rabid segeralah pergi.  

Rapotan kemarin juga alhamdulillah banyak perbaikan yang gue sendiri gak menduga. ya kecuali sosio-emosional masih naik-turun samalah ini kalo di rumah. Mm, trus, mewarnainya meskipun masih tetep berantakan tapi dia tau aturan gak boleh keluar garis dan gak tumpuk-tumpukan warna.

PG-B ntar mungkin akan gue konsistenkan untuk bangun pagi setiap hari, kecuali weekend, agar nanti terbiasa juga dengan rutinitas sholat subuh dan bangun pagi.

Celoteh Ali 
Ali sekarang umur 21 bulan. Kerasa gak sih kalo ngeliat anak bungsu kok berasa bayiiii terus, sementara Arraf waktu umur segini adeknya udah lahir dan nampak lebih dewasa daripada Ali sekarang. Menggendong Ali berasa masih gendong bayi, atau emang perilakunya juga masih kaya bayi? Now i know kenapa ada istilah anak bungsu lebih manja atau dimanja, ya karena ada bandingan anak yang lebih besar aja sih...bukan karena individunya, imo.

Perkembangan bicara Ali mungkin gak sepesat Arraf seusianya, mengingat yang ngajak ngomong di sini cuma dua orang, plus satu kakak yang cukup banyak cerita jadi sebetulnya dia lebih terstimulasi dari kakaknya untuk pengetahuan kata-kata yang ada di gambar, buku atau tv. Ali tau kereta, thomas, ulat, cacing, ataupun ngikutin ujung-ujungnya surat Alfatihah ya dari sering denger Arraf ngomong aja.

Tapi udah lumayan kok diajak berkomunikasi nyambung, mungkin ada kata-kata yang cuma ortunya yang ngerti tapi waktu itu sempet ditanya-tanya DSA, si dokternya ngerti yang diomongin. Semacam 'duk' sambil usap-usap kepala artinya kejeduk, jatoh, cucu, koka (coklat), teta (kereta), oma (thomas), cica, kucing, guguk, moo, uat (ulat), uah (uang), koah (sekolah), edah (sepedah), patu (sepatu), naah (ke sana), niih (ke sini), bobo, acak (masak), goeng (goreng), kueh, mamam, ninu (minum), jiji, bau, oto (kotor), papah (sampah), madi (mandi), babun (sabun), cuci, babeh (bubble), popok, main, naik, kua (kura-kura), ika (ikan), obo (robot), pipi (pipis), moto (motor), etop (laptop), epo (henpon), oba (obat), akit (sakit), ayah, ibu, kaki, ngan (tangan), idung, dsb....dsb....

Kesulitan kalo ngobrol sama orang lain mungkin sama kasusnya kaya Arraf waktu awal-awal, karena beda logat yang nanya dengan yang biasa dia denger di rumah anaknya jadi bingung kok pertanyaan ini intonasinya beda. Tapi lama-lama Arraf juga bisa adaptasi, beberapa kali suka muncul kata-kata jawa seperti duduk jadi 'dudok', dll.

Kuliah 
Seperti yang sudah diniatkan jauh-jauh tahun sebelumnya, tahun ini dicanangkan buat gue mulai kuliah lagi. Kayanya sih timingnya udah pas, Ali taun ini 2th, udah bisa dimasukin ke daycare-school bareng Arraf. Gonna be a heavy years memang, mengingat tumpukan tugas dan jadwal kuliahnya setiap hari. Manajemen ini itunya mesti bagus, termasuk yang paling susah adalah minta izin sama anak-anak ibu bakal pergi kerja setiap hari (bagi mereka ibu pergi keluar rumah seharian tanpa mereka dibawa disebutnya 'kerja', like father does). 

Yang bikin grogi juga adalah, tidak lain dan tidak bukan, umur ye bok...secara sekarang nampak sudah lumrah adek-adek sarjana langsung lanjut S2, maka gue sempet ngintip data mahasiswa tahun lalu pun banyakan umurnya di bawah 25, masih muda dan berjaya semangat dan energinya, gak akan banyak terdistraksi sama urusan dapur, mpasi dan diskon popok. Apalagi gue cross-subject, mesti ikut matrikulasi dulu sebelumnya. Sanggup gak ya gue jalanin semuanya di umur segini dengan beban segini, ya bismillah aja lah..mudah-mudahan niat baik dikasih kemudahan.

Akhir taun lalu gue udah ke Bandung buat ngambil buku-buku yang mungkin diperlukan, legalisasi ijazah&transkrip, trus minta rekomendasi dosen pembimbing dan ex-employer gue di Jakarta. Selanjutnya isi formulir pendaftaran, daftar tes toefl dan TPA. Terjadwal bulan Maret kemarin urusan administrasi udah siap semuanya. Tinggal bawa berkas lengkap ke kampus Brawijaya bulan Mei sementara perkuliahan diperkirakan mulai bulan Juli/Agustus. 

Ada lagiiii... 
Rukun iman ke empat adalah percaya pada qadha dan qodarrullah. Setelah mempersiapkan suatu  rencana yang  nampaknya udah cukup pas dari segi timing dan finansial, Allah punya rencana lain. 
Gue hamil lagi, anak ketiga... 

Kaget-kaget gimana gitu ya, kalopun kita ada rencana nambah anak sebelum umur 30, ya kan masih ada 2th lagi, gak taun ini banget gitu... Apalagi sejarah terulang kembali, KB for my family stands for KeBobolan.  

Gak ada kecurigaan mengingat hari-hari setelah kepulangan gue dari Bandung awal taun kita disibukkan dengan renovasi kecil kamar mandi, dilanjut ngurus Ali yang suspect thypus plus tumbuh dua gigi geraham. Ada lah sebulanan kurang tidur dan badan remuk, dan selama sebulan itu pula gue masih konsumsi pil Andalan Laktasi dengan rutin.

Sejak setelah itu sebetulnya udah kerasa mual dan maleeess banget ke dapur, cuma maksain masak buat anak-anak aja, selebihnya gak kuat, akhirnya sering minta dibeliin masakan padang yang spicy dan pedes gitu nikmaatt banget. Pernah juga berhari-hari craving for sate padang dan dendeng balado yang cuma enak di RM Sederhana, satu jam setengah jauhnya dari rumah.

Berhubung pernah ngalamin rasanya hamil tentunya gue gak mengesampingkan kemungkinan itu terjadi, ya segak mungkin-gak mungkinnya ya gak ada salahnya dicoba. Tespek pertama itu sekitar hari ultah gue ke 28 bulan Maret.....positif, dan shock. Tapigue masidenial dengan ah barangkali ini udah mau mens lagi setelah sekian lama jadi rasa-rasanya kaya hamil.

Tespek kedua seminggu kemudian. Blank. Alias gak ada satupun garis yang keluar, bayang-bayangnya pun enggak. Jadi bingung...

Tapi nggak pernah di tespek positif kemudian di USG negatif kan... Chancenya mungkin satu banding sekian ribu kasus. Akhirnya tespek lagi ketiga, positif dengan dua garis yang jelas.

Kok bisa, kok bisa, kok bisa....
Gue sibuk mengingat-ngingat kapan telat atau kelewat minum pil, yang gue inget cuma pas di Bandung itu pil gue habis dan belum beli lagi karena niatnya mau ganti metode ke suntik. Tapi karena efek suntik itu bakal mens lama dulu selama seminggu-dua minggu, gue urung ganti saat itu soalnya ngebayangin rempong banget ngurus anak-anak sambil pms, setelah bertahun-tahun gak ngalamin. 

Jadi ada jeda sekitar seminggu bolong sebelum konsumsi blister selanjutnya....

Meski masih agak bingung *udah anak ketiga masih bingung juga* ya udahlah kita pastikan aja ke DSOG. Dan udah 13w aja dooong....yang mana per hari ini usia kandungan mungkin sekitar 24-25w. Gustiiii, kecolongan berapa lama kitaaa...??

Setelah dipikirkan sama-sama dengan semua risiko dan pertimbangan lainnya, diputuskan alangkah bijaknya kalo gue menunda rencana pribadi utukkuliahsampeeee......entah kapan.

Mudah-mudahan segala sesuatunya berkah dan membawa kebaikan deh.

Raising a family is not easy; but not that hard too. 
Next Post Previous Post
4 Comments
  • Arman
    Arman 19 Juni 2014 pukul 21.50

    Congrats for the pregnancy! :)

    Aduh rajin banget ya mau sekolah lagi pula... Semoga semua lancar ya...

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Juli 2014 pukul 12.50

      Haha baru niat tapi udah batal, om...
      Semoga dapet kesempatan lagi lain waktu.

  • Anonim
    Anonim 20 Juni 2014 pukul 08.33

    wah... selamat mba...
    alhamdulillahh dapet rejeki lagi mba...
    semoga aku juga cepet dpt rejeki anak juga... doain mba... hehehe *minta =P

    semoga bisa kuliah lagi juga mba... =))

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Juli 2014 pukul 12.52

      Makasih yaa..
      Semoga mbak segera dikasih amanah sama Alloh..
      Kuliah lagi juga, semoga dapet rezekinya. Aamiin :)

Add Comment
comment url