Toilet Training Time!

Saya selalu menunda-nunda kapan Arraf mau serius toilet-training, awalnya toleransi momen saat dia baru selesai weaning, trus punya adik, trus lepas botol. Selanjutnya tiap kali mau mulai selalu mikir ribetnya duluan. Jutaan alesan jadi tameng, anaknya belum siap, kasian kalo bobo keganggu, takut ribet di jalan, masih konsen urus Ali, cucian numpuk, ngepel, bau pesing, teruuusss aja ngeles kaya bajaj.

Padahal lepas popok tuh salah satu target persiapan sebelum sekolah, tapi sampe masuk sekolahpun gak lulus-lulus. Bener yee gampangan weaning ternyata daripada TT.


Bukannya gak pernah nyoba sih, cuma kita bingung harus mulai toilet training dari mana. Kalo ngobrol atau cerita sambil diselipin kata-kata "pipis di kamar mandi" itu udah sering, anaknya juga suka ngulang-ngulang tapi ya mungkin baru sampe tahap hafal di mulut doang, belum ngerti pelaksanaannya.

Lama-lama kok asa boros yah, makin sering ganti popok karena volume urin yang makin banyak, bisa tekor nih kalo anaknya naik size popok. Trus kita liat anaknya udah lancar ngomong, udah paham instruksi-instruksi sederhana, tau bedanya pipis sama pup, tau tempatnya dimana, ya udah deh dicoba aja.

Memulai Toilet Training


Mengurangi Frekuensi Pemakaian Popok 


Akhirnya pelan-pelan saya mengurangi frekuensi pemakaian popok sehari-hari, cuma kalo pergi dan tidur malem aja pake, siangnya pake training pants atau clodi tanpa insert, tujuannya biar dia ngerasa gak nyaman saat basah. Trus bawa ke kamar mandi sejam sekali, sesuai teorinya. Giliran di kamar mandi, kita sama-sama bengong...mm, gimana ya..kan saya juga gak ngerti gimana rasanya anak laki-laki "mau pipis". Jadi yang ada saya tungguin aja sambil siap-siap gayung buat cebok. Arraf ya berdiri aja ikutan bengong, "ayo kak, pipis.." dia malah balik natap sambil bingung, "mau pipis nggak?" bengong juga..dua menit, tiga menit.. Ya udah, keluar kamar mandi, safe and dry..tapi begitu pake celana, mbrebes ngompol.

Selama sebulan gitu aja terus kejadiannya berulang-ulang tiap hari. Selama itu juga kalo Arraf ditanya mau pipis atau enggak, dia gak bisa jawab. Ya mungkin dia juga bingung ya, rasanya mau pipis tuh gimana..taunya pipis ya udah basah. Dia frustrasi, gue apalagi...

Oh ya, saya emang gak pake portable potty buat latihan, males belinya..takut pas gak ketauan dipake buat mainan sama adeknya, trus males ngebersihinnya, lalala...kita juga pake wc jongkok di rumah, jadi kalo pake portable potty gitu kayanya gak applicable juga. Pas saya baca-baca lagi, kayanya TT ini lebih banyak diseriusin sama orang-orang bule daripada di sini ya, karena kalo di Indonesia anak-anaknya malah lebih cepet terlatih karena kultur yang lebih sering memakaikan popok kain trus setelah setahun biasanya anaknya dibiarkan tidak memakai popok apapun trus disuruh pipis sendiri, meskipun entah darimana asalnya pohon bisa jadi tempat pipis  -____-

Mengenali tanda 'panggilan alam'


Saya baca-baca lagi mengenai tanda-tanda anak mau pipis, plus dikasih tau ayah kalo kakak udah pegang-pegang-pegang berarti mau pipis. Okeh, kak...eyes on you. Tiap liat Arraf mulai angkat-angkat celana, langsung angkut ke kamar mandi, ditungguin, gak pipis, nyampe darat, ngompol lagi...pokoknya di waktu-waktu di mana gak lagi di kamar mandi, dia pasti ngompol, gak di kasur gak di lantai gak di mana-mana, kecolongan terus.

Pernah kejadian Arraf lagi main trus saya ngacir sebentar ke warung sebelah buat beli bumbu, pas nunggu kembalian, gak lama dia nyusul ke warung celananya udah dilepas trus pahanya kaya berlumuran sesuatu.

Arraf : "Bu, kakaknya kenapa ini, bu?"
Ibu : *terhenyak curiga* "kakak kok ga pake celana? kakak jatuh? coba liat kakinya kenapa?"
Arraf : "kenapa gak pake celana kakaknya nih?" *bau gak sedap mulai menyeruak di warung*
Ibu warung : "ngenge mungkin ya?"
Ibu : "kakak eo?"
Arraf diem. "kenapa kakaknya, bu?"
Trus setelah memastikan 'lumpur' itu berbau tidak sedap yang saya kenal, buru-buru permisi sambil minta maaf sama ibu warung dan satu ibu tetangga yang lagi belanja juga. Sedikit ngomel sambil jalan pulang, "kalo ee itu di kamar mandi dong, kak..bukan keluar"  

Nyampe rumah, entah gimana 'prosesnya' tapi celana udah dimana, dan 'lumpur' juga kemana-mana. Huahuuu kalo inget ngebersihin yang gini-gini suka pengen nangis, ngepel sambil tahan nafas, bolak balik bilas sampe baunya ilang trus rendem cucian. Bikin kotornya gak seberapa, bersihinnya effort bangeeeet.

Jadi menurut Arraf, kalimat instruksi "kalo mau pipis, bilang" itu sama dengan pipis (dulu),(baru) bilang. Wajar kalo hasilnya dia selalu bilang kalo udah pipis. Dari dibilangin baik-baik sampe dimarahin hasilnya tetep aja kebobolan...ini udah jalan dua bulan, mulai capek.

Kembali saya colongan makein dia popok siang-siang dengan alesan cucian yang kemaren masih numpuk atau cuma pake hari ini aja lagi ribet, besok dilepas lagi.

Yaudahlah dia belum ngerti kayanya, ntar juga bakal ada saatnya dia mau pipis sendiri. Di bawa santai aja sekarang mah. Lagian di sekolah juga diajarin, kali aja trus anaknya pinter, kita tau beres hihi.
 
Tapi tetep deh kita ceritain kalo pipis sama pup itu di kamar mandi, temen-temen di sekolah juga pipis sendiri, yang pake popok itu anak bayi, yang suka ngompol itu kaya bayi..untung ada Ali yang jadi contoh, tiap dia ngompol saya bilang ke Arraf "tuh kak, dede belum bisa pipis ke kamar mandi jadi aja ngompol di kasur..kalo kakak udah bisa jalan ke kamar mandi, kan?"

Arraf sih gak keliatan ngerti atau gimana. Cuma tiap kali adiknya ngompol, dia sendiri yang bilang "dede kenapa ngompol, kalo kakak engga ngompol".  

Sebulan kemudian, gak ada hujan gak ada angin, Arraf gak mau lagi pake popok, tiap abis mandi suka kabur kalo mau dipakein popok. Pun kalo pas pake popok, kalo udah lama atau penuh dia lepas sendiri popoknya terus buang ke tempat sampah.

Buat kesepakatan


Nah, kesempatan deh. Kita bikin kesepakatan, kalo kakak gak mau pake popok, berarti pipisnya di kamar mandi, pupnya di wc, kalo kakak ngompol kaya bayi, nanti pake popok lagi aja. Oke, anaknya setuju bilang "pipisnya di kamar mandi ya, kalo pipis di celana nanti kaya bayi pake popok".

Gak selalu mulus juga sih urusannya, kali ini metodenya dengan nawarin ke kamar mandi sesering mungkin...kalo iya, dia biasanya ngangguk trus buka celana, ngibrit ke kamar mandi. Kalo udah keliatan ngelamun di pojokan, nempel tembok berarti lagi ngerasa-rasa pengen pup..kalo udah gitu saya tanya, "kakak mau eo ya?" kadang dijawab iya, trus jongkok sendiri di wc sambil main pesawat, manggil saya kalo udah selesai. Kalo dijawab enggak ya udah enggak, ketika dia ngompol atau akhirnya pup di celana T__T, meski gondok, tinggal saya balikin "katanya gak mau pipis, trus sekarang kok pipis di celana?" iya tau sih ya, namapun anak batita belum bisa jawab pertanyaan 'kenapa', jadi Arrafpun cuma mengulang kata-kata saya "kok kakak pipis di celana ya bu...".

Kecuali udah tiga-empat jam gak minta pipis, saya lepas celananya trus anter sampe pintu kamar mandi. Biasanya sih kalo udah di kamar mandi akan tersugesti buat pipis, sebelumnya udah dikasih tau prosedur habis pipis, tititnya dicuci trus pipisnya disiram. Sebenernya kalo ibu-ibu khawatir anaknya nahan pipis, justru kemampuan mengontrol pipis (bowel movement control) itulah indikator dia udah siap di TT. Misal pas dia udah goyang-goyang tapi belum nyampe kamar mandi, dia bisa dibilangin untuk nahan sebentar sementara celananya dilepas jadi gak kebobolan disitu juga.  

Libatkan orang tua yang satu jenis sama anak


Trus kalo soal teknis, saya serahin belajar pipis sama ayah, dan ternyata ini metode paling paling efektif buat Arraf karena dia tinggal meniru ayahnya langsung. Beda kalo saya yang temenin di kamar mandi, ya dua-duanya bengong. Kalo sama sesama lelaki mungkin ada tips n triknya kali ya biar si pipis keluar, let it be men's thingy.

Lama-lama ke sekolah dan tidur siang juga udah bisa dilepas, dibiasakan sebelum tidur atau pulang sekolah pipis dulu ke kama mandi. Kalo malem pada kondisi normal misal nggak lagi sakit atau kedinginan, bisa kering terus semaleman. Pergi-pergian juga dicoba dari jarak dekat dulu baru jarak jauh, biasanya sebelum pergi dipipisin dulu, begitu nyampe tujuan langsung diajak ke kamar mandi buat pipis lagi.

Sekarang sih udah bisa bilang "bu, kakak mau pipis" trus buka celana ke kamar mandi sendiri, kalo pup masih harus ditanya baru bilang "mau", kalo dibiarin aja wallohualam jadinya. Arraf mungkin tipe anak yang kitanya harus responsif baca gesture dia, memotivasi dia kitanya harus ikut bersemangat, agak jutek sedikit malah sukses karena dia terpacu mikir gimana biar gak dijutekin ibu...beberapa anak lain malah nggak jadi pup atau pee kalo ditanya. Makanya saya gak punya tips sukses nih soal TT, individualis banget soalnya, kenali dari karakter anak masing-masing aja mungkin ya.

Pada beberapa waktu kalo kebobolan ngompol pas tidur dia bakal terperanjat bangun buka celana trus minta cebok ke kamar mandi, kalo masih bisa nahan dia bakal bangunin ayahnya minta dianterin pipis, kecuali kebawa mimpi ya udah deh bablas disitu juga trus pindah ke area kasur yang kosong sambil merem.

Bagusnya sih punya sprei anti ompol itu ya, jadi kalo kena ompol tinggal dilap, ompolnya gak nembus ke kasur. Bisa sih perlak meteran juga dilapis di bawah sprei tapi males deh, panas dan kayanya agak berisik gitu kan plastik. Lagian saya udah pasrah ngikhlasin ini kasur diabuse abis-abisan selama anak masih batita mudah-mudahan ntar ada rezeki lagi beli kasur plus ranjangnya. Tapi janganlah niru gue yang pemalas. Much better pake bed protector itu kok.      

Sign and Reward


Banyak bacaan-bacaan menarik seputar tips melatih anak ke kamar mandi, Potty training 10113 toilet training tips-nya Dr.Sears , dll. Fave saya dari web Montessori ini, jadi tau konsep utama toilet training dan toilet learning. Salah satunya signs of readiness checklist ini :

Physical Readiness

- Child can stay dry for longer periods of time, or overnight
- Child knows the feelings that signal he/she needs to use the bathroom
- Child can pull down own pants, and pull them up
- Child can get him or herself to the toilet

Mental and Language Readiness

- Child can follow simple directions
- Child can point to wet or soiled clothes and ask to be changed
- Child pays attention to the physical signals even when she is doing something else (a challenge for many children, which is why accidents are so common)
- Child knows the words for using the toilet, and can tell an adult when he/she needs to go
- Child has asked to wear grown-up underwear

Emotional Readiness

- Child seeks privacy when going in diaper
- Child shows interest in using the toilet-may want to put paper in and flush it
- Child shows curiosity at other people’s toilet habits
- Child has decided he/she wants to use the toilet
- Child is not afraid of the toilet

Di beberapa web bahkan ada yang menyediakan chart lucu-lucu sebagai motivasi anaknya, sumpah niat ya...tapi emang harus disiplin dan konsisten sih ngajarin lifeskill begini soalnya pada prosesnya sendiri banyak hal yang dipelajari dan begitu lulus, leganya luar biasa, hal-hal lainpun jadi amat mudah dijalani.

Di sekolah juga TT itu masuk indikator tiap bulan, jadi sekolah pasti udah mikirin gimana caranya ngatur segitu banyak anak ke kamar mandi. Pernah saya intip, jadi sebelum masuk kelas semua rame-rame antri ke toilet dulu, yang udah selesai silakan masuk kelas. Kalo ada anak yang kebelet di tengah-tengah kelas berlangsung, ada tenaga daycare yang siap nganter dan balikin lagi ke kelas, jadi gak ganggu KBM atau bu gurunya bolak balik nganter satu-satu.

Jadi umur 2th8bl, Arraf resmi putus dari Mamypoko. Ada sih momen-momen dia gak tahan trus ngompol, once or twice in a week..tapi prosesnya udah okelah, saya anggap lulus.
Alhamdulillah, another KPI 2013 saya tercapai.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url