Menyapih Bayi, Weaning With Love

LEGA, sumpah, L-E-G-A.

Menyapih bayi dua tahun itu ternyata nggak sesulit dan sedrama yang selama ini dikhawatirkan. Tapi juga nggak gampang-gampang amat sih. Yang paling jelas menyapih bayi itu yang paling berat masalah hati (ibunya).

Saya pribadi penginnya menyusui cukup sampe 2 tahun aja, nggak tertarik untuk extended breastfeeding. Bukan masalah tega atau enggak atau nggak sayang anak, ya kalo di Al Baqarah aja tertulis penyusuan sempurna itu dua tahun, pastilah ada tujuan dan manfaatnya di balik itu. 

Menyapih Dengan Cinta 

Weaning itu kan butuh kesiapan dan kesepakatan ya, kita tau kalo pada saat prosesnya, pasti akan lebih banyak tangisan dan crankyness yang keluar. Maka, syarat kesiapan ortunya adalah: stok sabar sebanyak-banyaknya dan peran ayah yang besar. 

Lihat Kesiapan Anak dan Ibu 


Untuk melihat kesiapan anak disapih, saya berpatokan pada intensitas dia nenen sama perkembangan mentalnya. Ini abstrak ya, beda-beda sih pada setiap anak. Jadi kalo Arraf itu, sejak 1.5 taunan intensitas nenennya udah jauh berkurang, cuma pas mau tidur siang-malem aja, sama kalo bangun tidur masih ihik ihik. Selebihnya dia teralihkan sama mainan dan rasa ingin tahu ini itu jadi gak kepikiran nen lagi, hanya pada beberapa waktu tertentu kalo lagi manja, sakit atau pengen cari nyaman aja. 

Selain daripada itu kadang dia bisa bobo sendiri cuman ditepuk-tepuk aja atau ketiduran sambil main mobilan. Nah dari sini saya liat bahwa sebetulnya nggak susah kalo tidur nggak nen dulu juga asal bener-bener ngantuk, kuncinya ya sesiangan harus diarahkan energinya biar capek jadi malemnya tinggal istirahat..

Trus Arraf juga bukan anak yang sulit kalo nggak sama saya, dia sangat dekat sama ayahnya, mau bobo-cebok-mandi-makan sama ayah, sering boys days out tanpa nyariin ibu...trus beberapa hal dia udah bisa sendiri, pokoknya ketergantungan sama sayanya udah makin mudah diarahkan. Maka saya nyimpulin kalopun ibu menghilang sebentar pasti gak akan kenapa-kenapa, Arraf udah siap.

Lagian yang sering gak siap dan pesimis itu kan ibunya, padahal si anak gak apa-apa, kitanya aja yang sering gak percaya sama kemampuan anak bisa mandiri. "Well, we never know, but when they know, we know. "

Sugesti Baik 


Jadi teknisnya, menjelang deket-deket lahiran sekitar umur 19-20 bulanan mulai saya sounding-sounding tuh kalo pas lagi nen atau mau bobo "sebentar lagi kakak udah besar, udah 2 taun, mau sekolah. Kalo mau sekolah udah gak bei lagi" (bei : panggilan sayang arraf buat nen)
atau "kakak udah besar, gak bei lagi...yang bei itu dede bayi"

Ya nggak langsung ngaruh sih, tetep aja dengerin sambil nen heboh. Dede yang disebut-sebut juga belum lahir ya nggak keliatan. Tapi perlahan-lahan saya kurangi durasinya, alihkan ke hal-hal menyenangkan lain yang bisa dilakuin sama ibu. Lagian pas hamil trimester 3 itu PD lagi nyeri banget, jadi nggak jarang juga saya marah-marah kalo Arraf minta nen mulu atau nen tapi melek terus. Akhirnya cobain tidur sambil peluk ibu aja atau baca cerita, kalo udah nangis kejer narik-narik baju baru dikasih nen, tapi berarti kan nggak akan lama, dianya keburu pingsan.

Sampe tiba waktu melahirkan, ada bayi baru, dan Arraf kembali menyusu like he was a baby...ya tau sih ini bagian dari sibling rivalry, makanya biarin dulu aja nyusunya kaya gitu, i'm sure it won't last forever. 

Seiring perubahan hormon ya ada kalanya saya jauh lebih sabar daripada waktu hamil kemarin, meskipun capek nyusuin dua bocah ya jalanin aja dulu, toh gak lama cuma tiga bulan lagi sampe waktunya Arraf disapih.

Bener juga, nggak lama, cuma sebulanan Arraf udah punya toleransi dan pengertian. Dari yang asalnya pingin ikutan bei sama bayi, pingin dipangku ibu bareng bayi, udah mau nen gantian. Bayi dulu, baru kakak. Yang gempor ya saya, pinggang udah mau copot tiap mau tidur bolak-balik kiri-kanan buat nyusuin. Habis bei suka minta digendong ayah, diayun-ayun gitu tapi kadang juga ketiduran, sambil kodok-kodok ketek.

Bukan kodok-kodok PD loh ya. Gatau deh, belakangan itu dia cari kenyamanan nen sambil ngodok ketek ibu, ya gelilah pasti tapi lama-lama kebal juga haha. Kadang nennya dilepas trus dia konsen kodok2 doang, sampe ketiduran.

Tapi effort hipno-hipno sebelum tidur tetep saya lakukan.
Kalo pas dia menggugat adiknya boleh nen, dijawab "dede bayi masih kecil belum bisa mamam, harus bei...kalo kakak udah besar, udah bisa mamam nasi goreng"
atau kalo minta support group dari ayah, ya dijawab juga "ayah udah besar, gak bei....kakak juga udah besar jadi gak bei".
atau kalo udah terlanjur nen, sambil dielus-elus kepalanya saya bilang "nanti kalo ulang taun, udah 2 taun, bei nya udahan yah...kan kakak mau sekolah, di sekolah gak ada yang bei".
atau yang paling 'kejam' sih alesan bei ibu sakit, bukan bohong sih kan emang awal-awal menyusui tuh PD sakit lagi karena lidah bayi sama lidah toddler juga beda, pun cara menghisapnya udah beda.

Anaknya sih diem aja kalo dibilangin, cuma ngeliatin palingan, tapi otaknya kan pasti bekerja ya buat mencerna maksud dan sebab-akibat dari yang dibilangin.

And...it works. Dua hari menjelang 2 tahun sih ya biasalah, bisa ngerti kenapa dia mendadak high-demand terhadap nen. Mungkin mau perpisahan. Sampe hari H, dia 2 tahun, masih juga jadi monster bei. Malah bisa nego waktu mau tidur siang, "kakak udah ngantuk belum? baca buku yuk.." | "bei aja lah..."

Pisah Ranjang dengan Ibu


Besoknya, Arraf pergi liburan ke rumah neneknya di Bandung secara udah diminta-minta dari kapan tau. Ini emang kesepakatan saya sama suami, baru ngebolehin Arraf nginep tanpa kita setelah 2th, ya salah satu alasannya biar kita sama-sama tenang aja, baik dari segi persusuan atau kemandirian Arraf sendiri. 

Mungkin cara saya ini salah, Arraf langsung bobo sendiri nun jauh disana tanpa ayah-ibunya, kebayang sih tiap malem mau tidur saya suka nangis kangen sama Arraf, khawatir gimana kalo nggak bisa bobo, gimana kalo malem-malem nyariin ibu, masih pengen nen, dsb dsb. 

Tapi waktu ayah nganterin Arraf ke Bandung nginep dulu semalem disana, Arraf tidurnya gampang cuma minum susu dulu trus bobo sendiri. Sempet nanya ibu tapi habis gitu tidur lagi. Sehari tiga kali kita telepon, nanya Arraf disana ngapain aja, bobonya susah nggak, ternyata kata makmer kalo nggak ada saya, bobonya nyenyak terus sampe siang trus makannya banyak banget.

Huhuhuhu, anaknya udah gampang begini tetep aja guenya mellow ya.

Saya emang nggak pake cara yang pait-pait buat nyapih Arraf, susah lah kalo Ali mau nen masa harus dilap-lap dulu. Ya pokoknya segimanapun susahnya menyapih bayi, nggak kepikiran buat make metode pait-paitan ini, harus cari cara lain.

Lima hari nggak ketemu, pas ketemu lagi Arraf langsung nemplok, plok, gak ngizinin adiknya digendong-gendong acan. Bisa ditebak, langsung kokorobet minta kancing dibuka, "buka, buka...mau ini" (sambil nunjuk sesuatu)

Lah, masih inget juga dia....

Ini kalo kaya gini artinya apa sih? belum siap disapih? ujian? cobaan?

Drama Begins 


Adegan selanjutnya udah pasti drama rama kumbara lah, pake nangis gegerungan, jerit-jerit, muka merah, sampe gigitin botol susu saking pengen 'sesuatu' tapi gak mau ngomong. Arraf itu biarpun udah nangis kejer gitu nggak berani bilang pingin apa, saya paham, karena sebetulnya dia juga ngerti udah waktunya nggak nen lagi tapi namanya juga anak kecil suka keinget-inget jadi pas dia pengen ya frustrasi sendiri, marah-marah, serba salah. 

Kalo saya tanyapun kakak mau apa, dia nggak pernah jawab, paling cuma nunjuk nen tapi sambil liat muka saya seolah-olah pasang tampang "aku-tahu-ini-gak-boleh-tapi-aku-pengen-gimana-dong?". Pokoknya tiap kejadian langsung saya pangku, peluk, gendong, usap-usap punggung, kepalanya, diajak ngomong, dicium, nggak lupa lepasin tangannya tiap kali mulai bongkar-bongkar.

Hampir beberapa kali saya pingin nyerah, lemah iman. Udahlah semaunya dia aja berhentinya, kasian, nggak tega. Ah ya namapun seorang ibu, siapa yang tahan liat anak sakaw gitu bawaannya pingin mendekap terus kasih nen aja. Suami pun sempet berstatement "kasih aja...sekali". 

Tapi trus saya mikir lagi, kalo saya nyerah, pasti kesananya nggak akan cuma sekali, akan lanjut sama permintaan-permintaan lainnya. Trus berantakan deh hipno-hipno yang selama ini diusahakan, ntar malah jadi tricky, Arraf gak percaya lagi sama sugesti saya karena pasti kalo nangis dikasih lagi. 

Akhirnya saya coba kendalikan diri, tahan, timbun sabar banyak-banyak. Berat, pastilah. Pas di Bandung itu saya single fighter, ayah di Malang, and my other family member are clueless karena Arraf nggak mau sama siapa-siapa lagi selain sama saya, jadi seringnya Ali yang diamankan dari amukan massa.

Kalo dihitung, mungkin ada sekitar 5x kejadian drama kaya gitu, bisa siang, bisa malem..ya sekambuhnya aja. Pokoknya selama itu pula saya nggak berhenti  ngasih pengertian ke Arraf, kalo dia udah besar, mau sekolah, nggak bei lagi. Lama kelamaan dia sendiri yang mengulang kalimat-kalimat itu di lain waktu, misal kalo pas liat adiknya nen, dia nunjuk-nunjuk sambil bilang "bayi nen, kakak udah besar, gak bei", ngomong gitu sambil melengos, ya kadang juga sambil mewek tapi ya harus tahan. Ini mewek merayu, ini mewek manja...bukan mewek butuh, ikhlas..ikhlas...ikhlas..., hipno saya ke diri sendiri.

Curhat sama Ning sambil mewek-mewek, ternyata semua yang saya-Arraf alamin juga dialami ibu-anak lain dalam fase menyapih. Nangis kejer dan ngamuk itu merupakan bagian dari proses, jadi kuncinya memang harus konsisten dan IKHLAS. 

Iya, IKHLAS.

Butuh kerjasama dan kekompakan orang tua dan sekitar. Ya nggak mangkir lah, ngomelpun saya pernah, capek, bete, sedih, ikutan nangis, kepikiran ntar aja deh disapihnya kalo udah pulang ke rumah lagi. 

Tapi kemudian saya ambil hikmahnya kalo di rumah cuma ada kita bertiga bisa gila juga saya nggak ada orang yang setidaknya ngajak main atau keluar seperti yang dilakukan bokap-nyokap dan nenek saya setelah Arraf berhenti nangis. Minimal ada pengalihan dan bantu kasih pengertian. Kalo sama orang tuanya doang mungkin Arraf lebih manja dan prosesnya akan lebih panjang.

Setelah lelah stripping drama ala sinetron, akhirnya kita tuai juga hasilnya. Alhamdulillah, sampe sekarang mau dua bulan lancar sulancaaarrr....

Suddenly the clouds are gone.

Sukses Menyapih


Setelah weaning, Arraf lebih gampang bobonya, jauh lebih gampang daripada waktu dia masih nen. Tidur siang cukup kodok-kodok sambil dipeluk ibu sampe tidur. Kalo pas kelonan tidur malem habis minum susu trus mepet ke saya yang lagi nyusuin, saya harus ikhlas tidur melenting, miring kiri nyusuin tapi juga semi miring kanan 'menyediakan ketek'. Kadang juga cukup sambil ditepuk-tepuk dipijitin ayah, tapi gak mau kodok ayah (pasti gara-gara ketek ayah lebih asem daripada ibu :p)

After weaning, gak ada yang berubah dari bonding kita berdua. Ini kan yang sebetulnya paling ditakutin ibu-ibu yang merasa berat menyapih, takut ngerasa dibuang, berasa mengabaikan anak, dsb. Faktanya enggak sebegitunya, karena dengan weaning ini justru teruji, anak tetep mau deket-deket kita nggak cuma mau nen-nya aja hehe. Pokoknya menyenangkan, bisa peluk-pelukan terus sepuasnya dimana aja tanpa harus buka-bukaan.

After weaning, makannya jauuuuuhhh lebih banyak daripada waktu masih nen. Sekarang porsi sekali makannya udah banyak, suka nambah. Yang asalnya pemilih nggak mau ngunyah sayur sekarang jadi gampang banget, apa aja mau dimakan. Ngemil di sela-sela makan juga sering tapi tidak mengurangi porsi makan selanjutnya. 

Makannya juga jadi gampang, dia yang nyamperin dan ngejar-ngejar makanan. Mulai sekarang sengaja saya kasih sayur atau makanan berkuah terus tiap hari biar gak haus dan melancarkan pencernaan secara gak bisa ngandelin ASI lagi kan. Minum air putihnya juga jadi gampang, tadinya harus dipaksa dulu baru mau, sekarang habis makan langsung habis segelas, tanpa ribut.

After weaning, susunya bebas lah terserah maunya minum susu apa. UHT boleh, Milo boleh, susu coklat boleh, susu Dancow juga boleh... Biasanya kita stok susu ini buat diminum sebelum tidur karena nggak tau kenapa tidur malem masih agak lebih susah daripada tidur siang.

Sekarang kalo pas Ali nangis, malah Arraf yang ribut bayi harus dikasih nen, bayinya suruh nen, bayinya digendong ibu, dan bercucuran air mata kalo liat Ali digendong orang lain zzzzz --____-

Terserah lah namanya ini weaning with apa ... 

Semuanya baik-baik aja. Gak mellow. It's just another phase after the journey. Be strong. Ikhlas.
Next Post Previous Post
5 Comments
  • AstyNNS
    AstyNNS 1 Februari 2013 pukul 15.16

    Hi salam kenal lagi *padahal tadi udah di twitter* hehehe...

    Lumayan jg perjuangannya utk nyapih, kirain plg dr liburan Arraf udah lupa ternyata msh inget jg, hihihi...Yg sedih pas baca dia nangis2 pengen bei tp gk berani blg, terharu. Tp Alhamdulillah bs lepas jg akhirnya :D

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Februari 2013 pukul 15.13

      hihi iya, tapi ini gak seberapa kayanya dibanding cerita ibu2 lain yang penuh drama. thanks semuanya dimudahkan :)

  • Desy Yusnita
    Desy Yusnita 17 Februari 2013 pukul 00.50

    huaaa...akhirnya ya rel...berhasil dan ga drama....Tosss....
    Trus skr regularnya susu apa?

    • Rella Sha
      Rella Sha 18 Februari 2013 pukul 15.31

      Iyaa, tenang deh aku :D
      Aku stoknya Dancow 1+ des, tp kadang dia mau susu moo (ultra), susu gajah (mimi) atau milo, mana aja deh asal dia seneng hehe

  • ephie
    ephie 23 Mei 2013 pukul 08.15

    semoga arraf n al selalu diberi kemudahan, amin
    salam kenal ya mbk,

Add Comment
comment url