Goes Kondangan to Kuningan

Dilematis memang, di mana teman-teman sepergaulan masih banyak single, sedangkan kita udah jadi ibu-ibu, kemana-mana digentayangi anak, apalagi anaknya masih kecil..seringkali ngelewatin acara nonton, hang out, hiking, trip bareng temen-temen, due to classic reasons: gak baby-friendly, bentrok sama jadwal kontrol, anak gak ada yang jaga, waktunya kemaleman, atau gak ada yang nganter pulang perginya. Motherhood matters.

Hari Sabtu (19/11) was a delicious day buat sahabat saya, @tatats. Sebagai sahabat, tentu pingin banget bisa hadir di hari bahagianya, meskipun itu lokasinya di Kuningan--kuningan cirebon ya, bukan kuningan jakarta :p Dari jauh-jauh hari di whatsapp group rame ngomongin rencana pemberangkatan, rencana nginep, mau jalan-jalan ke mana aja sepulang kondangan. Saya ikutan recok, padahal belum tau juga bisa ikut apa enggak. Terus terang, makin Arraf gede, makin ragu buat jalan berdua. Pertimbangannya apa lagi kalo bukan: perjalanan Bdg-Kuningan itu sekitar 3-4 jam, naik mobil temen rame-rame, pergi jam 4 subuh, nginep, pulang besoknya kemungkinan malem..kalo sepanjang jalan Arraf bosen, rewel, pup, ngantuk, laper, nangis...haah, masa saya harus jadi mpok Minah, dikit-dikit minta maaf sama temen-temen barangkali ada yang nggak nyaman jalan bareng ibu-ibu.

Sempet minta ayah buat pulang aja, kalo ayah pulang kita bisa bawa mobil sendiri..jadi gak ada yang kerepotin sama jadwalnya Arraf. Tapi ayah gak bisa pulang, huuu dilema..dilema. Biggest challenge sih di perjalanan pulang-perginya itu, di dalem mobil kan nggak sebebas di luar, takut bosen, trus rewel..tambah gede udah punya kemauan sendiri gak bisa diatur-atur, nggak gampang dibujuk juga sama nenen trus diem. Arraf lagi masa-masanya curious sama sesuatu, dia pasti melek terus di jalan. Sempet mutusin mau pergi sendiri ajalah, toh nginepnya akhirnya gak jadi juga, ayah juga udah ngebolehin..tapi pas liat kulkas khawatir juga sama stok asip, trus lagi kenapa wiken masih aja harus jauhan sama Arraf..huhu gak jadi lagi pergi sendirinya, gpp lah gak ikut, udah kontak personal juga sama Tatat, minta maaf gak bisa dateng karena motherhood thingy :'(

H-2 mulai labil, soalnya temen-temen pada punya urusan lain setelahnya jadi dari Kuningan nggak akan terlalu sore, trus kan naik mobil pribadi bukan umum, rada fleksibel kalo mau berhenti-berhenti, trus ini juga acaranya kekeluargaan sangat, bukan acara kondangan formal, trus temen-temen yang cewek juga pada nyuruh Arraf dibawa aja biar ada mainan di mobil. Heemm..dipikir-pikir, iya sih, kan saya juga bukan sekali-dua kali traveling berdua Arraf doang, kalo Arraf kenapa-kenapa Insya Allah saya bisa handle sendiri, nggak harus tergantung ayah..lagipula temen-temen cewe saya kan baiiik...gak pada alergi juga sama anak kecil, mereka pasti seneng ikut gendong-gendong, ngajak main or at least melindungi saya ketika nyusuin di tempat umum *bagiin corsage satu-satu buat tante2nya Arraf* Bismillah deh, at worst, kalo temen-temen ada yang ngerasa gak enak, saya pulang pake bis ajalah..biar barang2 dititip di mobil.

Hokeeh..checklist dimulai :

- Pastikan Arraf nggak lagi panas atau batpil
- Persediaan makanan gampang (dimasak dan dimakan), ada nugget dan bitterballen dari @bebitang udah dikukus dari rumah. Ada sosis winner juga beli di depan kantor, ini kali pertama Arraf makan daging olahan, udah 11 bulan lah ya..homemade juga kan ;)
- Untuk buah-buahan bisa ngambil di kondangan, nasi juga bisa ambil dari prasmanan
- Cemilan disiapkan; roti gandum, anggur, cookies
- Baju kondangan sama baju ganti siap
- Perlengkapan mandi, kosmetik, telon, tisu basah, obat-obatan jangan lupa
- Diaper bawa agak banyakan, biar gak perlu minta mampir2 Alfamart di tengah jalan
- Gendongan siap bawa (meskipun belum tentu kepake)
- Baju kondangan ibu harus yang nursing-friendly, jangan banyak payet, bukaan depan, gak ribet
- Apron, pashmina atau shawl supaya bisa menyusui di mana aja
- Kalo Arraf gak suka sama makanan yang dibawa, di jalan bisa beli makanan yang udah pasti dia suka, ubi cilembu panggang..

Siap berangkat!!


bobo sepanjang perjalanan pergi
Hari sabtu dijemput di rumah jam setengah 5, Arraf diangkut pas banget bangun tidur habis nen, masih pake piyama dan bau acem. Di mobil langsung diberondong om-om dan tante-tante. Habis itu tidur lagi sepanjang jalan sampe jam 8 nyampe vila temen di Kuningan, sarapan roti gandum, yang lain pada mandi, Arraf juga mandi di tengah rumah, diliatin temen-temen, hehe. Surprisingly, selama perjalanan pergi sampe mau ke kondangan gak pake acara merengek, cuman tidur, mandi, ketawa-ketawa, nen...


Di kondangan sibuk celingukin orang-orang banyak, nunjuk-nunjuk balon, digilir dari om yang satu ke tante yang lain, gantian yang udah selesai makan gendong Arraf. Agak manyun karena biasanya kan abis mandi langsung bobo lagi, ini habis mandi langsung ketemu hiruk pikuk, itu juga dipangku bentar langsung pules diiringi hingar bingar panggung dangdutan. Siangnya bangun, foto-foto, main air, makan nugget dan sosis bawa dari rumah, makan pisang satu biji, makan semangka satu segitiga, sakseus berat tanpa rengekan sedikitpun, even kalo ibu nggak ada di deket Arraf..cuek ajaah.


main air
Jam 2-an pamit pulang dari kondangan, balik ke vila temen lagi buat pada beberes. Baju Arraf belepotan semangka dan basah keringet, seka, ganti baju, lanjut jalan lagi beli oleh-oleh peyeum ketan sama tahu lamping.. Peyeum ketan ijo yang dibungkus daun jambu ini khas Kuningan, enak banget...saya beli seember isi 80 daun, harganya 50rb. Konon bisa boost asi juga, tapi emang enak sih.. Kalo tahu lamping, penampakannya sama persis sama tahu Sumedang, tapi isinya moist, kalo tahu sumedang kan suka kopong.

Perjalanan nerus ke Cirebon, di mobil Arraf tidur lagi 1 jam-an habis itu main-main sama temen, ketawa-ketawa, berpindah dari pangkuan satu ke yang lain, siapa aja yang mau ajak main. Kalo nempel ke ibu gak bisa liat dada, pasti langsung narik-narik kerudung mau nenen *dasar lelaki yaa, dari kecil sampe gede gak bisa meleng liat dada ya.. eh? -__-"

Nyampe Cirebon ceritanya pengen liat-liat batik di Trusmi eh nyampe situ udah sore banget sekitar jam 5, jadi cuma mampir ke 2 tempat sebelahan aja, hwaa suasananya menyenangkan...banyak batik-batik lucu, jadi bingung. Basicly batik disini harganya jauuh lebih murah daripada Jkt, tapi kalo model standar abis, cuttingnya mungkin lebih bagus di Ambas. Huhu nggak dapet baju buat ibu, padahal ngarep bener bisa bawa sekodi batik Cirebon. Cuma dapet kemeja batik buat ayah aja sama sajadah batik lipat, murce..cuma 40rb-an.

Sebelum pulang mampir dulu makan empal gentong di deket Trusmi, uuu enyaaakk...empalnya pedes, segeerr. Arraf juga ikutan makan nugget sama nasi, ciduk langsung dari piring ibu *setengah piring nasi habis diacak-acak doang*. Pulang dari Cirebon nenen, plek langsung tidur panjang sampe nyampe rumah lagi. Sakseus kedua kalinya, pulang pergi molor. Geez, anak gue...emang ayunan mobil sambil dipangku ibu tuh the best lullaby ya, nak??

Tips lain traveling bareng anak :
- Selalu pastikan dia gak kelaparan, karena hunger leads to cranky...apa aja kek masukin, gak perlu makan serius tapi sambil main sambil ngemil, gak perlu habis, pokoknya biar dia sibuk ngunyah, jadi gak ada waktu buat merengek
- Sering ceki-ceki popok, barangkali pup atau popoknya udah penuh. Buat dia nyaman di bawah sana.
- Jadi ibu emang punya ikatan batin, be easy..relax...anakpun akan santai kalo kitanya santai
- Gak perlu laah minta privilege khusus karena punya anak, nanti kita jadi annoying di depan temen2..
- Gerak cepat, udah punya anak saya jadi lebih gesit dan bisa prioritas. Gak pake lama-lama dandan di depan kaca, bengong di depan lemari, grab as fast as you can...kalo bisa outfit udah dipikirin dari hari-hari sebelumnya, sekaligus dandanan mo kaya apa..jadi malem sebelum berangkat udah disiapin semuanya, termasuk baju penggantinya 

Komentar temen-temen on Arraf : ih lucu nya, gak rewel, baik, mau aja sama orang lain, pikaresepen... Setelah tahu Arraf sebegini gampang, jadi pede pergi berdua lagi, i wuff yuuuuu.....*

Next Post Previous Post
5 Comments
  • ReyLia
    ReyLia 1 Desember 2011 pukul 14.18

    aaaah... aku cinta tanteeeee..... *peluk2x* :D

    Sammaaa...wiken ini juga mau kondangan ke Cribon... uhuuy... perjalanan luar kota pertama.. rempong sangaaat iniiih...errr...cenderung menjadi lebay -_-"

  • ecy noverto
    ecy noverto 1 Desember 2011 pukul 21.20

    pinternya arraf :) sampe zoya segede ini gw baru sekali pergi b2 doank n itupun cm ngemol 2 jam sajah. rella heibad euy..gw kaga pedeh dah.

  • diananne
    diananne 5 Desember 2011 pukul 11.11

    Ya ampunnn teh.. teh tatat mah kakak kelas waktu smp ma sma, kbetulan ibunya juga guru aku teh.. hihihi... ternyata ya.. hehehe... yah arraf ga berendem air anget ya di Kuningan? hmm seru loh.... :p

  • Rella Sha
    Rella Sha 5 Desember 2011 pukul 17.12

    Anne, sudah kudugaaa..banyak sekali imigran kuningan ke bandung-jakarta, sudah pasti pada kenal satu sama lain..termasuk si Iqbal Suwitamihardja, ya kan? ;p

    Enggak berencam euy, asalnya mo ke Tirta apa gitu..tp yah, da bukan trip keluarga sih ya..hehe

  • diananne
    diananne 6 Desember 2011 pukul 09.47

    wahhh itu iqbal suwitamihardja mah bukan temen lagi teh.. itu mah soulmate... hahahahahaha... dari smp sampe kuliah bareng terus sama si iqbal mah.. hehehehe...

Add Comment
comment url