ngidam....

Mengidam biasanya indentik dengan keinginan makanan atau benda tertentu. Keinginan ini sebenarnya wajar saja asal tidak berlebihan. Para suami mungkin sedikit direpotkan karena sibuk memenuhi keinginan Ibu. Pastikan Ibu tetap mengkonsumsi makanan sehat walaupun sedang ngidam.
Baru inget, belum pernah posting soal ngidam-ngidaman ini. Padahal hampir setiap ketemu ibu-ibu atau bapak-bapak pasti ditanyain ngidam apa, dan pasti saya bingung jawabnya. Karena ngidamnya beda-beda, eh atau itu bukan ngidam ya? abis macem-macem maunya, kalo ngidam kan maunya satu macem aja, yang aneh-aneh, kalo saya sih kayanya enggak ya....gak satu macem maksudnya.
Tanda-tanda ngidam adalah nafsu makan menurun, merasa mual, dan muntah, namun beberapa bulan kemudian nafsu makan membaik kembali.
Ohhh...ini sih iyaa...terbukti waktu awal-awal kehamilan trimester pertama (disaat belum tau hamil). Beuh, bawaannya eneg dan gak doyan makan ini itu. Makan dikit langsung gak minat, siangnya pingin makan anu, malemnya udah gak lagi. Pagi-pagi sih, walaupun gak parah, morning sick tetep ada kaya mual sama pusing. Tapi gak pernah sampe muntah. Dihitung-hitung sampe 4 bulan kehamilan, baru 2x muntah...itu juga karena batuk-batuk pas lagi makan. Soal mual yang menggila ini, saya siasatin sama makan jeruk manis tiap hari. Jeruk mandarin, jeruk shantang gitu kan manis-manis, sehari bisa makan 3-4 biji di kantor maupun di rumah. Pernah dibeliin jeruk sunkist sama mama, gak suka, soalnya asem.

Tapi kalo sharing sama ibu-ibu lain, kayanya morning sick saya paling normal deh, gak neko-neko.

Dulu tuh maunya makan yang seger-seger aja kaya es krim, es buah, cendol, es kelapa, yang kaya gitu-gitu deh...bahkan malem-malem nekat pergi ke pasar sendirian cuma pingin makan alpukat sama lengkeng. Abis itu alpukatnya dapet tapi mentah, gak jadi dimakan. Tapi sih, gak ada satu jenis makanan spesifik yang dipengenin banget, gak tau ya, kalopun hari ini kepengen banget makan sesuatu, besoknya udah gak ngoyo lagi. Syukur deh...ribet banget kalo sampe kaya gitu...

Selain makanan tertentu, ada Ibu hamil yang mengalami PICA atau keinginanan makan benda-benda yang bukan makanan,misalnya kelupasan cat dinding, tanah liat, atau sabun cuci. Ini sebaiknya jangan dituruti.
Woaaaaooo....ini sih bahaya banget ya. Alhamdulillah deh gak aneh-aneh. Hiii ngeri...

Setelah lewat masa-masa jeruk tiap hari itu, kesini-sininya gak pernah rese lagi sama makanan. Buah-buahan juga udah mulai variatif, gak jeruk lagi. Emang sih masih gak doyan makan nasi, paling sekali sehari aja, sisanya ngemil semua masuk. Snack, kue, buah, ubi kukus, cheese stick, biscuit, keripik, kerupuk, apa aja dimakan kok....murahan lah pokoknya :D

Jadi yah....flat-flat aja sih cerita ngidam saya mah. Gak macem-macem. Jauh-jauh deh mitos soal ibu hamil yang doyan mangga muda, asem, atau pingin jambu air tetangga. Si dede pinter banget gak nyusahin emak bapaknya. Makan mangga sih sekarang hampir tiap hari, itu juga karena mangga punya serat yang bagus buat kehamilan, bukan karena ngidam, wong gak suka buah yang asem-asem kok...

Yang unik palingan saya suka kepengenan, kalo orang Sunda bilang kabitaan. Ngeliat orang dijalan krauk krauk makan keripik pedes, langsung pingin beli, ngeliat orang makan bakso, pingin makan, liat cooler box es krim pingin makan es, liat tukang rujak pingin makan rujak. Ribetnya kalo lagi di bus, mas-mas di sebelah makan keripik tempe kayanya enak banget. Duuh, gak tahan pengen minta tapi malu...soalnya perutnya masih belum buncit, kalo gak percaya saya hamil gimana. Jadinya cuma nelen ludah aja sambil elus-elus perut.

Nyampe dirumah keinginan itu udah ilang lagi. Hihihihi.

Kata orang sih kaya gitu juga termasuk ngidam juga, tapi menurut saya sih enggak ah....temen-temen deket juga gak ngeliat saya rese pingin makan siang dimana, atau makan apa. Syukur Alhamdulillah deh, kehamilan ini gak ada keluhan yang berarti. Yang penting apa yang saya makan, dede senang, ibu tenang....hee.

Santai aja, gak nyampe uring-uringan juga kalo pingin sesuatu, kalo gak ada ya seneng, kalo gak ada ya udah. Lagian gak usah terlalu diturutin juga sih kalo menurut saya, dalih 'bawaan orok' sih bisa diada-adain, kali aja bawaan emak itu mah. Impulsive kan beda ya sama ngidam...?? :)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url