Waspada! Jaga Kolesterol Pakai 11 Bahan Makanan Ini

 

Sumber: Pexel 

Menjaga tubuh dari risiko kolesterol bisa kamu lakukan dengan selektif memilih bahan makanan. Kamu bisa apply kartu kredit untuk penuhi kebutuhan stok bahan makanan yang aman untuk kesehatan kamu. Selain lebih praktis, kamu bisa gunakan kartu kredit untuk pembelian bahan makanan secara online maupun offline di supermarket terdekat.

Jika kamu tidak selektif dan sering konsumsi makanan tinggi kolesterol, otomatis risiko kolesterol naik pun bertambah. Kalau kadar kolesterol kamu tinggi, pembuluh darah pun akan tersumbat. Jadi, hindari hal tersebut dengan mengonsumsi makanan yang aman untuk kolesterol berikut ini!

11 Bahan Makanan Rendah Kolesterol

Menurut data data Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes RI), Indonesia memiliki 28% penderita kolesterol. Jangan jadikan kamu salah satu di dalamnya dengan lebih memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi. Jika sudah terlambat, kolesterol bahkan bisa jadi penyebab kematian.

Jadi, lakukan pencegahan dini dan konsumsi bahan makanan yang rendah kolesterol seperti telah dirangkum dari Hello Sehat, lalu Lumina Magazine by IIK Bhakti, serta Siloam Hospitals, di bawah ini:

  • Minyak Zaitun

Meski kolesterol erat kaitannya dengan gorengan, masih ada alternatif lebih sehat untuk kamu yang suka menggoreng makanan. Minyak zaitun jadi opsi yang lebih ramah dan rendah kolesterol karena ada antioksidan di dalamnya.

Apalagi kalau kamu menggunakan minyak zaitun yang ekstra murni, kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh pun akan menurun. Bonusnya, kadar kolesterol baik atau HDL di tubuh pun tetap bertahan. Beli minyak zaitun di supermarket terdekat dengan apply kartu kredit dulu agar lebih praktis.

  • Bawang Putih

Bumbu dapur utama ini memiliki kandungan allicin, yaitu senyawa yang khasiatnya terbukti untuk menurunkan level kolesterol pada darah. Kamu bisa menambahkan bawang putih sebagai bumbu masakan atau memakannya secara mentah untuk mendapatkan khasiat penurun kolesterol tersebut.

  • Oatmeal

Alternatif karbohidrat bagi yang sedang menurunkan berat badan ini ternyata juga bisa menurunkan kolesterol jahat secara efektif. Oatmeal punya beta glukan, atau serat larut, yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan.

Kalau kamu rutin mengonsumsi oatmeal, selain menurunkan kolesterol kamu juga bisa membuat jantung lebih sehat. Membeli oatmeal di supermarket terdekat jadi lebih ekonomis dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit. Jadi, jangan sia-siakan agar kamu bisa beli oatmeal yang banyak untuk stok di rumah!

  • Sayuran Hijau

Kangkung dan bayam jadi contoh sayuran hijau yang bagus kamu konsumsi untuk jaga kadar kolesterol. Ada kandungan antioksidan di dalam sayuran hijau tersebut yang bisa mengikat asam empedu dari kolesterol.

Jadi, kolesterol yang terakumulasi di dalam darah kamu bisa berkurang. Bonus rajin konsumsi sayuran hijau bisa sampai mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung yang akan lebih rentan kamu alami kalau kadar kolesterol kamu tinggi.

Sumber: Pexel

  • Ikan

Bukan sembarang ikan, pilihlah ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti salmon, sarden, hingga makarel. Asam lemak penting untuk menurunkan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Sebaiknya konsumsi ikan kaya omega 3 ini dua kali dalam seminggu untuk mengoptimalkan manfaatnya. Kalau ingin dimasak dengan cara digoreng, kamu bisa menggunakan minyak zaitun alih-alih minyak goreng biasa.

  • Pisang

Di kalangan buah, ada pisang yang jadi penstabil kadar kolesterol lewat zat inulin yang ada di dalamnya. Selain dimakan langsung, kamu bisa konsumsi pisang dengan berbagai cara. Namun, membuatnya menjadi jus adalah cara praktis dan cepat untuk dilakukan jika kamu ingin rutin mengonsumsi buah ini.

  • Kedelai

Bahan dasar pembuatan tempe serta tahu ini memiliki kandungan isoflavon yang bisa menekan level kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kedelai pun bisa diolah menjadi susu hingga tepung jika kamu ingin mengonsumsinya dalam bentuk selain tahu dan tempe.

  • Alpukat

Buah lain yang ramah kolesterol untuk kamu konsumsi adalah alpukat. Buah ini bisa menambah kadar kolesterol baik di tubuh kamu karena ada kandungan lemak sehat tak jenuh tunggal.

Selain itu, alpukat mengandung nutrisi fitosterol yang membantu mempertahankan dan menstabilkan level kolesterol kalau kamu konsumsi secara rutin.

  • Cokelat Gelap

Berikutnya, ada dark chocolate atau cokelat gelap yang kaya akan antioksidan dan punya sifat antiinflamasi. Itulah yang membuat warna ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuh kamu.

Membeli cokelat hitam di supermarket terdekat pun bisa lebih praktis dengan apply kartu kredit online terlebih dahulu. Proses approval yang cepat bikin kamu bisa langsung belanja cokelat hitam setelah kartu kredit aktif.

  • Minyak Wijen

Jenis minyak satu ini punya berbagai kandungan yang membuatnya ramah kolesterol. Salah satu yang utama adalah lemak tak jenuh berupa asam lemak omega 6, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Minyak wijen pun bisa kamu gunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa, agar kadar kolesterol jahat serta trigliserida di tubuh kamu menurun.

  • Beras Merah

Satu lagi bahan makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kestabilan kolesterol adalah beras merah. Terdapat kandungan seperti magnesium, selenium, fitonutrien, hingga vitamin B, yang bisa mengurangi kadar lemak di darah kamu.

Bonus mengonsumsi beras merah adalah kadar gula darah kamu pun jadi ikut terkontrol, sebab serat pada beras ini cukup tinggi.

Itulah sebelas bahan makanan rendah kolesterol yang membantu kamu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik di tubuh. Kamu bisa mulai membeli bahan makanan mingguan kamu dengan Kartu Kredit Digital digibank agar aktivitas belanja kamu bisa lebih praktis.

Tidak perlu menunggu lama, kamu bisa apply dan approval dalam 60 detik, dan bisa atur dan monitor penggunaan kartu kredit kamu melalui Aplikasi digibank by DBS 24/7. Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, kamu bisa dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya yang perlu kamu bisa dapatkan. Apply kartu kredit gampang, dapatkan informasi lengkapnya di sini!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url