Asyiknya Wisata Kuliner di Tempat Makan Dekat Stasiun Semarang

Jawa Tengah selalu berhasil bikin para wisatawan rindu untuk kembali demi keindahan alam, budaya, serta kulinernya. Salah satu kota yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Jawa Tengah adalah Semarang.

Sekarang, ada Traveloka yang membuat proses beli tiket KA tujuan Semarang dan kota-kota lainnya jadi makin praktis. Kamu tinggal membuka aplikasi Traveloka dari smartphone untuk mendapatkan tiket kereta api sesuai jadwal yang kamu inginkan.

Jalan-jalan ke Semarang bukan sekadar tentang ketersediaan akomodasi. Kamu juga harus cermat mempertimbangkan waktu jika ingin berwisata agar tidak ketinggalan kereta. Sebenarnya, kamu bisa berwisata kuliner secara leluasa di Semarang karena banyak tempat makan menarik yang berlokasi dekat dengan stasiun.

kuliner sekitar stasiun Semarang



Yuk, simak ulasan tentang destinasi wisata kuliner di sekitar Stasiun Semarang berikut ini agar makin mantap menyusun rencana perjalanan:

Wisata Kuliner Dekat Stasiun Semarang

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Para pencinta babat sapi wajib banget menyempatkan waktu untuk mampir ke warung Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 2, Dadapsari. Kamu hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk sampai ke tempat makan ini bila sedang berada di Stasiun Tawang.

Seporsi nasi goreng babat yang kaya rempah akan memanjakan lidah dan perutmu. Bila ingin olahan babat lain yang tak kalah spesial, kamu bisa memilih babat gongso yang cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

2. Gudeg Abimanyu

Kamu tidak hanya berkesempatan mencicipi gudeg lezat saat berlibur ke Jogja. Semarang juga punya banyak rekomendasi tempat makan gudeg yang tak kalah istimewa, salah satunya yaitu Gudeg Abimanyu yang dekat dengan Stasiun Poncol.

Kamu bisa menikmati seporsi nasi gudeg dengan tambahan koyor (otot sapi) yang teksturnya sangat empuk. Ciri khas yang membedakan Gudeg Abimanyu dengan gudeg lainnya adalah bahan pelengkap berupa taburan serundeng dan daun singkong yang membuat cita rasa gudeg semakin nikmat.

3. Nasi Koyor Kota Lama

Kawasan sekitar Stasiun Tawang ternyata memiliki kekayaan kuliner khas Semarang yang belum diketahui banyak orang. Jalan-jalan ke Semarang belum lengkap tanpa mencoba Nasi Koyor Kota Lama.

Seporsi sajian nasi koyor terdiri dari nasi putih hangat, koyor, oseng kacang panjang, serta sambal. Tekstur koyor sapi yang lembut berpadu dengan kacang panjang gurih dan pedasnya sambal sehingga pasti membuatmu ketagihan.

4. Soto Seger Kartosuro

Jika kamu termasuk pencinta soto, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati Soto Seger Kartosuro di dekat Stasiun Tawang. Soto seger terdiri dari nasi, suwiran daging sapi atau ayam, serta pelengkap berupa daun seledri dan bawang goreng yang disiram kuah kaldu bening.

Porsinya tergolong kecil sehingga banyak pelanggan yang memesan lebih dari satu porsi. Sajian soto seger khas Kartosuro dilengkapi berbagai lauk tambahan, seperti tempe mendoan, perkedel, sate kerang, sate usus, sate ayam, dan kerupuk.

5. Sate dan Gule Kambing 29 Kota Lama

Siapa bilang sate dan gulai kambing hanya dijajakan pada malam hari. Ketika berlibur ke Semarang, kamu bisa menyantap kedua menu tersebut sejak pagi hari di Warung Sate dan Gule Kambing 29 Kota Lama.

Tempat makan populer ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 5 menit saja dari Stasiun Tawang. Aneka olahan kambing di Warung Sate dan Gule Kambing 29 Kota Lama terkenal empuk dan bebas bau anyir. Tak mengherankan kalau destinasi wisata kuliner ini sangat disukai masyarakat lokal maupun wisatawan.

6. Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum

Semarang juga memiliki olahan nasi rames khas yang disebut nasi ayam. Seporsi nasi ayam terdiri dari nasi liwet, suwiran ayam opor, potongan telur rebus, sambal goreng jipang (labu), dan siraman kuah opor.

Nasi Ayam Kemuning Mbak Jum adalah salah satu destinasi wisata kuliner legendaris yang berlokasi di dekat Stasiun Poncol. Banyak lauk pelengkap lain yang bisa kamu santap bersama nasi ayam di tempat tersebut, misalnya sate telur puyuh kecap, sate ampela, sate usus, tempe tahu goreng, dan masih banyak lagi.

7. Restoran Mbah Jingkrak

Apakah kamu menyukai makanan bercita rasa pedas?

Jika iya, berarti Restoran Mbah Jingkrak yang cukup dekat dengan Stasiun Poncol adalah rekomendasi yang patut kamu coba. Restoran bergaya etnik ini menyiapkan banyak hidangan pedas menggugah selera, salah satu yang paling populer adalah ayam rambut setan.

Selain menu berbahan dasar ayam tersebut, Restoran Mbah Jingkrak juga menyiapkan hidangan lainnya, seperti garang asem, olahan kepala ikan, dan aneka sambal. Lokasi yang mudah dijangkau dan rasa makanan yang terjamin membuat Restoran Mbah Jingkrak sangat disukai masyarakat lokal dan wisatawan domestik.

Sekarang, kamu tahu kan kalau kamu tak perlu khawatir ketinggalan kereta saat berwisata kuliner di Semarang. Jelajahi berbagai destinasi kuliner di sekitar stasiun sehingga kamu tetap tepat waktu ketika hendak menempuh perjalanan pulang. Selamat berlibur ke Semarang!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url