Mudik Lancar pakai Motor Matic, Jangan Lupa Service Motor Dulu

Lebaran sebentar lagi... 

Eeh, ya nggak sebentar lagi juga siih, tapi kira-kira enam bulanan lagi kita bakal bertemu lagi sama bulan Ramadan dan lebaran. Insyaallah. 

Sudah merencanakan transportasi mudik

mudik pakai motor matic

Buat yang kampungnya jarak dekat, mudik pakai motor memang terbilang ringkes dan cepat. Relatif mudah menghadapi kemacetan. Tidak harus motor besar yang gagah dan mahal sih, pakai motor matic pun jadi asal sehat dan selamat. Bahkan, mudik menggunakan motor matic adalah pilihan yang populer bagi banyak orang saat merayakan momen spesial atau bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. 

Motor matic memang memberikan kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan bawa keluarga. Namun, persiapan yang matang adalah kunci untuk menjalani mudik dengan aman, nyaman, dan tanpa hambatan. 

Persiapan Mudik Pakai Motor Matic

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan diri sendiri dan juga kondisi motor.

Pastikan kondisi semua anggota keluarga sedang sehat dan fit. Jika sebelumnya sempat sakit, alangkah baiknya antisipasi check up dulu dan membawa obat-obatan yang dibutuhkan, serta mencatat faskes-faskes rujukan di sekitar jalur mudik.

Kemudian supaya perjalanan mudik menggunakan motor berjalan lancar dan tetap aman dan nyaman, sebaiknya lakukan perawatan motor jauh sebelum pulang kampung. Selain kendaraan bisa lebih siap, biasanya bengkel juga suka antre panjang kalau jelang musim mudik. 

Apa Saja yang Wajib Dicek Saat Service Motor?

Service motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan yang lainnya. 

Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, diperlukan ganti oli secara rutin saat motor mencapai jarak tempuh yang ditetapkan. Rata-rata pabrikan  merekomendasikan penggantian oli dilakukan apabila sudah 2500 km. 

Saat ganti oli motor matic, biasanya biaya yang perlu dibayar meliputi biaya pembelian oli (harga oli tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Oli Gardan

Jika oli gardan pada sepeda motor matic habis, ini dapat membuat kinerja bagian transmisi seperti gear dan bearing tidak optimal dan berakibat muncul suara bising yang cukup mengganggu dari arah box Continuously Variable Transmission (CVT). Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. 

Waktu penggantian oli gardan menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, lalu dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Busi adalah bagian di motor yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi setelah menempuh jarak 6000-8000 km.

Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. 

Biasanya, ada pemeriksaan yang dilakukan terlebih dahulu sebelum mekanik memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau waktunya diganti.

Aki atau Accu

Idealnya, tegangan pada aki berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7-14,2 Volt. 

Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, apalagi ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, sudah pasti mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. 

Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar motor tetap bisa digunakan dengan  nyaman. 

Ban

Ban ini penting banget, apalagi ketika kita mau melakukan perjalanan jauh. Bahkan seharusnya diperiksa secara berkala, bukan hanya pas mau bepergian. 

Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan rutin ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Ada juga servis tune up yang disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Jangan lupa perhatikan saat pengecekan ini ya, karena mekanik akan meminta persetujuan kita dulu untuk melakukan perbaikan pada hal-hal tersebut. 

Bengkel Servis Motor Terbaik

Nggak usah bingung sih nyari bengkel buat servis motor. Pengguna kendaraan ini banyak banget di Indonesia, sehingga bengkel servis pun bertebaran di mana-mana. 

Tapi, untuk mendapatkan servis terbaik, pilih bengkel yang memang berkualitas dan dapat diandalkan. Motor loh ini pegangannya, transportasi yang kita gunakan untuk kelangsungan hidup sehari-hari. 

Nah, salah satu bengkel yang jadi rekomendasi adalah Planet Ban. Di bengkel ini, nggak cuma motornya diservis tapi juga kita dapat rasa mesin baru. Servis apaan tuh, Bang Messi? 

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. 

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor ini yaitu bagian vital motor yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin. Sekarang jadi tahu kan, nanti kalau ke bengkel langsung minta servis rasa mesin baru dong, ya. 

Kenapa Servis Motor di Planet Ban? 

oli motor matic

Ada beberapa alasan kenapa Planet Ban juara dibandingkan tempat servis motor lainnya:  

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Inovasi ini dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin, sehingga motor pun lebih awet. 
  • No fake spare part ya. Servis motor usahakan pakai spare part asli supaya pemakaian motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja (4-6 bulan sekali). Tentunya lebih hemat dong, selisihnya bisa dipakai untuk bekal mudik di jalan. 
  • Ramah lingkungan. Emisi dan polusi dari motor pun lebih rendah 70% dari biasanya ketika habis servis di Planet Ban. 
  • Hemat BBM. Perlu alasan apa lagi? 

Kalau service motor rutin di Planet Ban juga seluruh part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Harga service motor di Planet Ban yang selengkap ini nggak pakai mahal. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Nah, ingat-ingat nih sebelum mudik nanti, pastikan motor sudah dalam kondisi prima dengan menservisnya terlebih dahulu di Planet Ban. 

Next Post Previous Post
8 Comments
  • Dyah happydyah[dot]com
    Dyah happydyah[dot]com 8 September 2023 pukul 14.47

    Langganan aku ini mah. Servis lengkap, ganti ban dan nambah angin jg di sini. Nambah angin free euy

  • K. Niken
    K. Niken 8 September 2023 pukul 14.57

    Aku pernah pingin bgt mudik ke Y9gya naik sepeda motor. Tapi nggak boleh sama emak. Padahal seru ya. Apalagi kl sepeda motor kita performanya juga bagus.

  • Ivonie
    Ivonie 8 September 2023 pukul 15.00

    Kalau mau mudik, wajib sih service dulu biar di jalan gak ada kendala. Biasa musim mudik suka macet kan

  • Lintang
    Lintang 8 September 2023 pukul 15.01

    Nah ini dia, masyarakat kita emang suka banget kan mudik naik motor. Jalanan udah penuh banget kalau momen mudik. Pastinya jangan lupa servis motor dulu sebelum perjalanan jarak jauh. Untung deket rumah ada Planet Ban, jadi ngga perlu waswas mau servis buat mudik.

  • Wahyuindah
    Wahyuindah 8 September 2023 pukul 15.25

    Kalau mudik pakai motor memang harus cek dulu ya mbak. Bahaya kalau tiba tiba di jalan ngadat. Pastikan motornya udah diservice biar perjalanan aman dan lancar

  • Mesra Berkelana
    Mesra Berkelana 8 September 2023 pukul 15.28

    Dulu pertama kali ganti ban motor, aku gantinya ke Planet Ban karena pilihan mereknya banyak. Nah senengnya kalo mau pompa di sana, free. Eh sekarang malah bisa servis rutin ya, harganya juga terjangkau.

  • sylvianayy
    sylvianayy 8 September 2023 pukul 22.17

    pernah nih aku perjalanan dari surabaya ke probolinggo motoran sendiri setelah lulus kuliah, untung aja motor dalam kondisi prima jadi aman. bayangin aja kalau motor gak pernah di service bisa mogok dijalan jadi makin repot.

  • Bunda Saladin
    Bunda Saladin 10 September 2023 pukul 15.52

    Iyaa Mbak Rell. Kalau mau mudik wajib bangett cek kondisi motor dulu biar gak bermasalah di perjalanan, apalagi kalau kampungnya jauh.

    Planet Ban emang OK punya ya, pernah lihat bengkel Planet ban tuh bersiih dan rame pengunjungnya.

Add Comment
comment url