Wujudkan Impian Rumah Kost dengan Sibambo Studio

Tiap kali lewat kawasan kampus-kampus dan sekitarnya, saya punya dua suara dalam batin: kira-kira ada anak yang bakal kuliah di sini nggak, ya? atau duh, ngiler banget pengen punya kost-kostan di daerah kaya gini.

Kost-kostan! That’s a good idea!!
Kedengarannya menjanjikan dan bisa langgeng nih usahanya.

Tapi mulai dari mana?
Yang pertama tentu harus ada dulu ya bangunan kostnya.
Baru setelah itu belajar manajemennya.

Naah, bagian bangun-membangun ini nih yang serunya. Karena kita bisa bermain imajinasi ala Sims City Dormitory, hehe.

Membuat Perencanaan Kost

Memulai membangun rumah kost membutuhkan beberapa tahap perencanaan dan persiapan yang matang. Langkah-langkahnya antara lain:

Mencari lahan yang sesuai: Cari lahan yang sesuai untuk membangun rumah kost. Pastikan lahan tersebut memungkinkan untuk membangun rumah kost dan juga mudah diakses oleh calon penyewa.

Membuat rencana desain: Buatlah rencana desain untuk rumah kost yang diinginkan. Pastikan rencana desain tersebut memenuhi standar dan peraturan yang berlaku.

Mengajukan izin bangunan: Sebelum memulai pembangunan, pastikan Anda telah mengajukan izin bangunan ke pihak berwenang. Setiap wilayah memiliki peraturan dan persyaratan yang berbeda, jadi pastikan kita memeriksa dan memenuhi persyaratan tersebut.

Membuat anggaran biaya: Buatlah anggaran biaya untuk membangun rumah kost. Pastikan anggaran biaya tersebut cukup untuk menyelesaikan pembangunan dan juga mencakup biaya operasional setelah rumah kost selesai dibangun.

Memilih kontraktor: Pilihlah kontraktor yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik untuk membangun rumah kost. Pastikan memilih kontraktor yang memahami spesifikasi dan rencana desain rumah kost.

Memantau proses pembangunan: Pantau proses pembangunan secara berkala untuk memastikan bahwa pembangunan berjalan sesuai dengan rencana dan spesifikasi yang telah ditentukan.

Membuat perjanjian sewa: Setelah pembangunan selesai, buatlah perjanjian sewa untuk calon penyewa yang berisi peraturan dan aturan yang harus diikuti selama tinggal di rumah kost.


Membangun rumah kost membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup besar. Banyak persoalan hunian di seluruh Indonesia yang asal membangun saja tanpa konsultasi dan perencanaan yang baik. Oleh karena itu, pastikan kita mempersiapkan semuanya dengan matang dan melakukan perencanaan yang tepat sebelum memulai pembangunan.

Untuk poin nomor 2, 4, 5 tentu kita butuh partner untuk bekerja sama yang memang ahlinya. Nah, kebetulan sudah ngincer salah satu konsultan jasa arsitektur yang bonafid untuk ini.

Sibambo Studio, Partner Terbaik Wujudkan Rumah Kost Impian

Dengan tagline “setiap rumah punya cerita”, Sibambo Studio hadir menjawab kebutuhan kita dalam membangun properti impian. Mau bikin rumah hunian, tempat usaha, atau rumah kost seperti saya, tentu kita memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan jasa arsitek rumah mulai dari perencanaan arsitektur, rancang bangun, hingga desain interior.

Cara Kerja Sibambo Studio

Sebagai perusahaan yang memberikan layanan jasa arsitek rumah, Sibambo yang berdiri di bawah naungan PT Sibambo Karya Internasional sejak 2020 memiliki paket lengkap jasa konsultasi arsitektur dengan tiga lini usahanya:

Sibambo Studio - untuk konsultasi perancangan desain rumah bersama Sibambo Arsitek yang bisa diandalkan dan berpengalaman.

Sibambo Construction (Sicons) - untuk konsultasi jasa konstruksi alias pembangunan rumah berdasarkan desain yang telah disepakati.

Dalam operasional partnershipnya, Sicons memiliki misi yaitu Keep Your TRUST, yang merupakan singkatan dari Tangible, Responsive, Upstanding, Speedy dan Transparancy..

Tangible artinya Kemampuan dalam memberikan layanan terbaik bagi Klien sehingga dapat merasakan manfaat fisik rumah yang terbangun sesuai dengan desain. Sicons mengedepankan kesesuaian antara perencanaan (desain) dan pelaksanaan, sehingga hasil dari pembangunan bisa dikatakan 90% mirip.

Responsive artinya Sicons berusaha memberikan layanan yang responsif terhadap semua keinginan dan kebutuhan Klien dengan pelaporan setiap hari yang up to date baik online maupun cetak.

Upstanding artinya kemampuan dalam melayani dengen tulus setiap keluhan dan menghadapi berbagai masalah di lapangan baik itu terhadap pengerjaan penambahan, pengurangan ataupun subtitusi pekerjaan.

Speedy aritnya kemampuan sicons dalam memberikan penjadwalan yang cepat dan tepat sesuai dengan yang direncanakan.

Transparacy artinya kemampuan sicons yang senantiasa terbuka dalam penggunaan material bahan bangunan, perhitungan terhadap rencana pembangunan serta terbuka dan transparan dalam menghadapi masalah dilapangan.

Sibambo Interior (Siriors) - untuk konsultasi jasa desain, penataan interior dan lay out.

Kenapa Harus Sibambo? 

Sebagaimana yang ingin diberikan, Sibambo memiliki komitmen sebagai sahabat profesional membangun rumah ideal. Dengan mempercayakan perencanaan pembangunan rumah (baik itu rumah hunian maupun rumah usaha) pada Sibambo, kerja sama yang akan terbangun layaknya sepasang sahabat yang memiliki kadar saling percaya, bisa diandalkan, dan saling menjaga komitmen. 

Kepoin project-project yang sudah dikerjakan Sibambo Studio sejak 2017 di Instagram @SibamboStudio, dan juga websitenya. Dari sini kita akan menyadari kalau jasa arsitektur itu penting untuk dihadirkan dalam sebuah perencanaan bangunan yang tepat, hemat, dan fungsional.  
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url