Tips Puasa Anti Ngantuk Meski di Rumah Aja

Ngantuk saat berpuasa? 

Wajar banget. 

Saat berpuasa, kadar gula dalam tubuh menurun karena nggak ada asupan selama 12 jam, juga adanya perubahan jam biologis yang tadinya bangun jam 5 jadi tidur jam 5 😝Semua itu otomatis mempengaruhi kekuatan sejauh mana mata bisa tahan buat melek. 

Makanya kalau abis subuh terus gogoleran di kasur dikiiit aja, dijamin bablaaassss nempel tau-tau bangun jam 7 pagi, kesiangan, trus laper... wkwkwk. Nggak deng, sejak nggak sahur makan nasi sejak 5 tahun lalu, udah nggak pernah ngerasa laper lagi pas bangun tidur pagi-pagi.

Tapiii, ngantuk mah tentunya masih doongg.. apalagi habis subuh itu. Masalahnya kan perlu waktu buat ngerjain kue kering tuh, kalau start nge-bakingnya siang, bisa baru kelar entah kapan sementara every minute counts. 

Akhirnya, saya bikin manajemen waktu yang lebih baik supaya nggak ngantuk saat ngerjain kue di tengah hari. Soalnya kalau diselang bobo siang pasti ngawuurr kebablasan dua-tiga jam, padahal selama itu bisa dapet 3-4 loyang adonan plus topping. 

supaya nggak ngantuk saat puasa

Supaya Nggak Ngantuk Saat Puasa

Beberapa tips ini saya temukan supaya nggak kerasa ngantuk banget pas puasa di rumah aja:

1. Cari kegiatan

Memang bener kok kalau nggak ada kesibukan, akhirnya ngantuk aja yang ada. Bingung dan bengong. Makanya saya seneng waktu anak-anak sekolah selama tiga minggu di bulan Ramadan, biar mereka ada kesibukan nggak cuman gular-goler bengong dan tidur aja seharian. 

Pun saya akhirnya punya alasan untuk nggak tidur karena ngerjain pesanan kue kering. Ramadan lebih terasa karena banyak melek dan tetap produktif. 

2. Atur aktivitas habis subuh 

Kadang nih, ada aja yang lanjut pekerjaan rumah sehabis subuh misal sapu-sapu halaman, beberes, ngepel, atau lainnya. Jadi begitu pagi semua pekerjaan domestik udah beres. 

Ini tidak berlaku buat saya, hihihi. Minimal habis subuh tuh tidur barang sejam-dua jam. Soalnya kalau habis subuh nggak tidur lagi, alamat jam 8 pagi itu biasanya dilanda kantuk lebih dahsyat lagi. Akibatnya, saya bisa tidur sampai siang banget habis gitu. Malah jadi kontraproduktif, kan. 

3. Minum vitamin saat sahur 

Biasanya nih, selain lemes karena gula darah turun juga karena stamina yang menurun performanya, misal karena sudah berhari-hari bergadang bikin badan capek akhirnya gampang ngantuk. Siasati vitamin dan suplemen saat sahur seperti vitamin C, vitamin D, jus kurma, atau apa saja yang cocok membuat badan fit dan lebih strong saat siang berpuasa. 

Nah, gitu itu tips saya menahan kantuk seharian selama berpuasa. Tentunya dibarengi niat dan fokus untuk tetap produktif, sehingga keinginan buat rebahan bisa dikendalikan sebelum pekerjaan selesai. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url