5 Situs/Aplikasi Nonton Drama Korea

14 komentar

Heboh soal drama Korea sana sini, ada yang mulai tertarik juga pengen ikutan nonton? Atau para mantan Kdrama Lovers waktu kuliah, dan sekarang ini mau nonton lagi? Di mana situs/aplikasi nonton drakor gratis eh, terbaik? 

Sekarang ini banyak banget aplikasi atau situs yang menyediakan layanan nonton secara streaming. Kita nggak perlu lagi menyimpan berkeping-keping dvd sampe numpuk atau menyimpan bermega-mega bytes download-an film yang mau ditonton di dalam flash disk atau eksternal hard disk. Cukup sediakan kuota dan jaringan lancar, proses nonton pun semakin mudah dan puas dengan kualitas gambar maupun subtitle yang bagus. 

Situs/aplikasi nonton juga nggak cuman menyediakan satu jenis tayangan melainkan aneka serial, film, variety show, reality show dari berbagai genre dan negara. Mau nonton drama Asia, serial Barat, atau drama Bollywood, tinggal pilih aja, semua ada dalam satu aplikasi. Setiap aplikasi juga biasanya punya serial lokal sendiri, yang ditayangkan khusus di mereka aja. 

Kalo udah gini TV emang serasa jadi ketinggalan zaman, kecuali nontonnya disambungkan ke smart TV. Tapi pemakaian di handphone juga udah enak, nontonnya bisa disambi di jalan, sambil rebahan, sambil masak pun bisa. 

Tapi sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa sama halnya dengan film-film barat dan yang lainnya, situs/aplikasi nonton drakor juga ada yang legal dan ilegal, resmi dan tidak resmi. Tapi, semua saluran resmi juga menyediakan layanan nonton drakor gratis kok, hanya aja untuk beberapa serial on going atau eksklusif ya tentunya berbayar. 

Selama saya nonton drakor dari beberapa platform, masing-masing ada beberapa kelebihan dan kekurangannya. Yang legal tentunya memuaskan, tanpa jeda iklan, resolusi gambar, maupun subtitle. Kalau yang ilegal, ya udah pasti banyak kekurangannya, tapi justru paling banyak dipake sama masyarakat. Ya gitulah ya, namanya juga gratisan. 

1. Viu 
Viu ini aplikasi paling populer di Asia. Drama Korea, Jepang, Asia lengkap, film-film bioskop plus variety shownya dari Barat ada juga. Emang nggak semua drama hits tayang di Viu (berat saingannya Netflix) tapi lainnya juga bagus-bagus.

Pada saat pertama kali instal Viu, kita dapet 30 hari masa percobaan gratis nonton semua. Selanjutnya, kita bisa tetap nonton yang gratis tanpa perlu registasi,tapi kalo mau nonton yang premium tentu harus registrasi dan berlangganan. Keuntungan berlangganan selain bisa nonton yang premium (biasanya serial yang on going nih), juga streaming tanpa jeda iklan (kalo pas nonton gratisan pasti kerasa deh setiap beberapa menit ada iklannya 10 detik). 

Harga paket berlangganan Viu sendiri cuman 30rb/bulan, bisa bayar lewat debit atau google pay. 

Di Viu, kualitas gambar juga bisa diatur. Subtitlenya bagus, nggak ngasal. Karena streaming jalur resmi ya, misalkan di Korea tayang jam 8 malam, maka baru akan ada di Viu esok subuh. Tentunya ini demi kualitas dan kepuasan tayangan buat pemirsa. 

Selain di hape, Viu juga bisa ditonton lewat websitenya langsung. 

2. Iflix 
Ini aplikasi pertama kali buat nonton drakor waktu awal-awal dulu. Seneng lihat tampilan dan koleksinya, ya sebagai pemula, yang disajikan Iflix pasti banyak yang belum saya tonton. Tontonan di Iflix juga lengkap, Indonesia, Hollywood, entertainment, dokumenter semua ada. Terkadang tayangan di Iflix lebih lambat daripada yang lain sih, tapi buat kita-kita yang suka nonton buat hiburan aja nggak dikejar on going puas banget nonton di Iflix. 

Untuk berlangganan, sejumlah provider seluler menyediakan paket berlangganan dengan Iflix. Cukup bayar 39rb/bulan untuk akses Iflix VIP.  

Iflix juga bisa ditonton di websitenya lewat laptop/PC. 

3. Drakor.id+
Drakor.id ini aplikasi khusus Kdrama dengan subtitle Indonesia. Banyak yang demen nonton di sini, selain karena uploadnya cepet, biaya langganannya juga murah meriah. Tampilan aplikasi sederhana banget, tapi koleksinya lengkap dan up to date. 

Untuk nonton di drakor.id kita perlu log in pake akun atau Facebook, ada juga beberapa pilihan resolusi yang mau ditonton. Harga langganan premium Drakor.id paling murah di antara semuanya, mulai dari 5rb/bulan, atau 30rb/6 bulan. Muraaaaahh bangeett kaaann....

Saat nulis ini saya juga baru tahu kalo Drakor.id bisa ditonton lewat websitenya, dan sepertinya lebih enakan nonton di website daripada di aplikasinya. Soalnya dulu saya pernah instal drakor.id ini tapi entah kenapa waktu buka videonya sering ngadat.

Kabar baiknya, di Drakor.id nggak ada batasan ekslusif gaes, bisa nonton bang Limin di The King Eternal Monarch! --- tapi entah kenapa ini websitenya juga sering crash (500 internal server error, itu kenapa si?)

4. Netflix 
Ini sih rajanya aplikasi nonton yah (yang paling mahal pula biaya langganannya). Apa sih yang nggak ada di Netflix, semua lengkap mulai TV shows, film, animasi, dokumenter, dan lainnya. Drakor yang ada di Netflix tentu nggak usah diragukan kepopulerannya, macam Crash Landing On You, Kingdom, Itaewon Class, Extracurricullar, dsb. 

Harga paket berlangganan Netflix di ponsel 49rb/bulan. Paket basic 109rb/bulan, Standar 139rb/bulan. Perbedaannya ada di akses dan perangkat. 

Netflix juga menyediakan layanan percobaan, tapi tetep harus pilih plan berlangganan jika nanti gratisannya habis, dan ini agak rempong karena harus masukin nomer CC atau debit Jenius (yang mana gak semua orang punyaaaa).
 
Sayangnya Netflix musuhan sama Telkom grup, wkwkw, tauk dah napa... jadinya saya juga nggak bisa nonton serial Netflix, kecuali.... 

5. Ilegal! 
Hahaha, iya ni ada juga jalan tidak resmi bagi sobat drakorians gratisan. 

Sebenernya tentu banyak kekurangannya nonton secara ilegal gini, mulai dari resolusi gambar yang tidak terlalu cekas (cekas apasi bahasa Indonesianya), subtitle yang engga banget (masa iya ada 'anjir, hamil lur') terkadang ada masukan dari penerjemahnya semacam 'gue juga bingung, kenapa dibalikin lagi ke si kapten', laaahh... 

Memang mereka suka tayang lebih cepet daripada yang legal, tapi ya gitu, wayahnya seadanya...kheseus buat anda-anda yang demen pamer dulu-duluan nonton si cocok keknya, hahahaa..isshh julid siah!  

Ya udah, dari lima rekomendasi di atas tinggal pilih aja mau nonton di situs/aplikasi nonton drama Korea yang mana :)

14 komentar

  1. Hahha....subtittle yang menghibur siih...menurutku.
    Jadi biarlah...kalau aku lagi cari-cari film baru juga larinya ke ilegal.

    Sstt....jangan berisik yaak...

    BalasHapus
  2. Aku pake Viu dan Netflix, tapi kadang ke ilegal juga sih larinya. Haha. Aku mah mana aja deh yang penting nonton.

    BalasHapus
  3. Poin 3 dan 5 aku baru tau loh. Ternyta ada situs ilegal juga buat nonton drakor. Haha
    Tapi sebaiknya jangan di coba ya. Pecinta drakor pasti lebih suka nonton dengan resoluso yang ok.

    BalasHapus
  4. so far aku pakai netflix dan viu teh heheheh masih nyaman sama 2 aplikasi itu

    BalasHapus
  5. wakakakaka.. yang kelima bikin ngakak.. tapi emang bener sih kak.. yang bagus ya tetap viu yaa..

    BalasHapus
  6. Aku dulu pengguna iflix mba, cma nonton 1 drakor secretary kim dan abis itu ga prnah nonton drakor lgi 😁

    BalasHapus
  7. Aku pengguna netflix nih kak hehe, dia enak sih gapake lama gitu cuma yg gaenak tagihannya aka hahaha emg sih harga ga boongin kualitas yaa

    BalasHapus
  8. TERIMA KASIH, TERIMA KASIH, TERIMA KASIH, karena sudah bikin blog post tentang ini, karena selama ini kalo streaming drakor cm lewat google aja, dan iklannya bhooooaaaanyaaakkk, dan amat saaaaaangat lola sekali koneksinya, huhuhu

    BalasHapus
  9. Nomor tiga dan lima belum pernah coba hehehe
    Senangnya kalau dapat informasi bermanfaat seperti ini. Terimakasih ya .
    Makin banyak pastinya pecinta drakor

    BalasHapus
  10. waaahhh.. memang dari dulu drakor nih menarik sih ceritanya, tp entahlah aku kok kurang tertarik yaa hehehe

    BalasHapus
  11. Hahaha iya Netflix musuhan sama Telkom group. Aku nonton drakor kalau nggak di drakorid ya di Netflix. Kalau drakornya nggak ada di 2 app tsb, paling ujungnya cari yang ilegal. 🤣

    BalasHapus
  12. Aku viu sama iflix yang biasa aku pake buat ngedrakor. Cuma kalo sekarang lagi jarang nonton. Jadi ngikut nonton temen yang udah punya videonya entah darimana hihihi

    BalasHapus
  13. Kalau saya Viu mbak, sudah menjadi aplikasi favorit karena cocok banget dan makin betah aja pegang hape karena ada aplikasi ini buat ngedrakor

    BalasHapus
  14. Aku (lagi) nggak heboh sama drakor sih. Pernah nonton pakai viu selama 6 bulan. Setelah itu off. Takut kembali cinta akutuuuuu. wkwkwkw

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^