Berenang Nyaman dengan Polite Swim

by - September 03, 2019

Meski kriterianya nggak beda jauh dengan baju renang pada umumnya, mesti diakui, memilih baju renang muslimah yang enakeun itu tricky banget. Karena selain nyaman bahannya, cuttingnya kudu pas biar nyaman dipake. 

Ada beberapa material bahan yang sering dipake untuk baju renang, antara lain nylon, spandex dan polyester. Dalam artikel "What is the Best Fabric for Making Swimwear?", dikatakan bahwa bahan yang paling baik untuk baju renang adalah 100% man-made fabric alias bahan buatan yang komposisinya terdiri dari nylon (80%-90%) dengan Lycra atau spandex (10%-20%). 


Dari sisi elastisitas, nylon punya elastisitas lebih baik dibanding bahan polyester, jadi tidak terasa terlalu ketat dan mudah dilepas saat basah (nggak nempel ke badan). Namun dari segi sun exposure resistant, polyester memiliki perlindungan yang lebih baik ketimbang nylon. 


Bahan polyester juga punya chlorine resistant yang lebih baik. No wonder, beberapa swimwear berbahan polyester biasanya dijual agak lebih mahal. 

Sejak seriusin berenang dari jaman SMA, ngalamin pake beberapa model baju renang mulai model rok lipit pendek (karena berenangnya di kolam renang khusus cewek), model baju senam (legging panjang, atasan bikini), dan model dive suit (baju selam terusan panjang-panjang). Yang terakhir ini longlast sampe jaman hamil, karena tinggal pake ninja atau swimcap doang.

Seiring kematangan umur, ciyeh...mulai nggak pede lagi pake baju selam. Kok sana sini nonjol gitu yak, hiikz, maluuu. Padahal yaa kalaupun nyemplung, biasanya saat kolamnya bener-bener sepi  aja cuman ada 1-2 pengunjung selain kita. Sisanya biasanya saya cuman jadi tukang tunggu barang, nyiapin handuk dan pakein baju anak-anak. Males bangeettt kalau nyemplung di kolam cendol. 

Lamaaa sekali nggak berenang, kok mupeng jugaa.. Apalagi badan mulai glambyar sana sini, sakit badan, jarang olahraga dan kurang gerak. Kuingin berenaaang, tapi pake baju apaaan.... 

Udah lama sih benernya kepo-kepoin baju renang muslimah. Yang ada rok dan kerudungnya gitu. Udah follow Polite Swim dari kapan tau, tertarik karena warnanya chic, bajunya longgar dan ada penutup dada, tapi tetep masih ragu kaya gitu apa nggak bakal berat yaa?? 

Lirik brand lain juga yang menyediakan swimwear muslimah seperti Assila, Sporte, Noore dan Sulbi (boleh ceki-ceki brand ini untuk pertimbangan dan perbandingan). Harganya variatif, mulai 350k sampei 749k, tapi bisa dapat insight macem-macem model baju renang muslimah yang diinginkan. 


Awalnya Polite ukuran paling kecilnya hanya ada sampai S. Tapi ukuran S ini masih serba kebesaran di badan saya. Jadi sudahlah pupus harapan punya Polite.


Tapiiiii, kalo jodoh emang nggak kemana...setelah bertahun-tahun pedekate, ngintip storiesnya Polite, dia available size XS. Huik! Dikepoin lagi, sizenya muat! Ahh, berasa ditembak gebetan dong, dag dig dug. PO tidak, PO tidak. 


Alur pemesanan di Polite Swim itu, dia based on Pre Order. Cara ordernya bisa lewat web http://www.polite-wardrobe.com/ bisa juga lewat WA ke admin IG. Biasanya satu bulan sekali ada jadwal PO. Periode pemesanannya dua mingguan, dan akan ready dalam dua-tiga mingguan. Jadi lumayan lah, bisa mikir-mikir dulu sembari ngumpulin dananya :) 


Model dan size baju renang yang di-PO-kan juga nggak semuanya available, jadi nggak bisa pilih-pilih model yang lama kalo lagi nggak keluar modelnya. Nah kebetulan XS yang available saat itu adalah model Shark-Maroon Silver. Dua model lain yang di-PO-kan nggak ada size XS. Bisa sih kalo mau nunggu PO selanjutnya, tapi kan aku keburu pengen renang yaakk...keburu uangnya kepake juga, hehe. 


Paket datang dalam kemasan kantung plastik transparan, dilengkapi shopping bag hitam berlabel Polite Swim. Fancy banget sih menurut saya. Walau paketnya terasa berat dan bulky, tapi beratnya nggak lebih dari 1 kilo kok. 


Saya review satu per satu bagian yaaa. 

Hijab


Ada dua model pet yang tersedia, shark dan whale. Baru ngerasain yang shark sih, soalnya nggak pede sama bentuk muka. Tapi kayanya kalo mukanya cakep mah mau pake pet apa aja oke.   

whale

shark
Hijab ini mirip bentuknya kaya ninja, jadi ada yang ngawir sedada, lalu dimasukkan ke dalam baju renangnya biar ringkes. Ya bisa aja sih dikeluarin, tapi buat apa, kan sudah ada bolero yang nempel di baju renang. Lagipula biar nggak ngangkat-ngangkat gitu pas di air jadi menutup kepala rapat. 

Atasan 



Bagian badan ini paling saya suka soalnya longgar menutup perut dan bokong, berasa pake tunik. Beberapa muslimah swimwear masih tetap membentuk badan, termasuk baju selam yang biasa saya pakai. Ini uaslliii, bikin gak pede banget karena nyetak sana sini atas bawah. 

Nggak cuman alasan badan saya nggak bagus sih, tapi kan lebih aman dan nyaman ya kalo bajunya longgar gini. Bebas bergerak dan tetap covered. Bolero menutup dada attached langsung di bajunya, jadi nggak akan ngangkat-ngangkat dan ketika kita naik dari kolam auto rapi lagi baju dan boleronya. 


Jangan salah, walau kelihatannya longgar dan berlapis, ini bahannya enteng karena terbuat dari nylon spandex. Saat kita ngangkat badan dari kolam, dia nggak bawa air jadi nggak berat. Cepet banget keringnya, cuman diangin-angin aja cukup nggak perlu dikucek dan di dry spin


Celana & kaos kaki 


Kalau kita biasa pake legging atau celana renang yang ngepress dan membentuk paha sampe kaki, celananya Polite bentuknya macam celana alibaba. Longgar, tapi nggak kewer-kewer saat di air. Tetap bisa bergerak bebas dan ringan. 


Bagian bawah yang cropped bikin celana nggak tersingkap meski kita sedang posisi handstand (ngapain juga coba begini...), juga ada kancing yang menghubungkan celana dan baju sehingga saat berenang baju nggak akan tersingkap. Intinya sih, semua dibuat nyaman dan bebas bergerak tanpa khawatir. 




Kaos kaki tersedia dalam berbagai ukuran sesuai ukuran kaki. Honestly agak ngambang gitu sih pas pake kaoskakinya, tapi untuk berenang di muka umum mah pake aja. Nggak licin karena bawahnya ada bintik-bintik karet gitu. 

Minusnya, Polite ini banyak aturan dari mulai pemakaian sampai care instruction hihihi. Jadi, pastikan sebelumnya baca bener-bener seluruh isi di dalam buku petunjuk. Mulai cara masangkan kancing di baju dan celana, pake kerudung, dan petunjuk pencucian. Meski nggak berat, tetap aja kalo dalam keadaan basah dia bulky banget, tapi tenang aja...doi cepet keringnya dan segera bisa dilipat. Tapi tetep, dilipat juga gendut, heheheh.    


Kesalahan saya kemarin, agak lama ngerendem di air, kelupaan. Jadinya warna agak sedikit luntur ke yang lebih muda. My bad, huhuhuhu. 



ini real picnya yah..no model-model, asli chubby nya :))


So far, enaakk banget berenang pake Polite swimsuit. Aman dan nyaman. Kalo mau ganti-ganti hijabnya juga bisa kok, nggak masalah. Pingin coba sih hijab fenomenyal si Nooresport itu. Percaya deh, ini enteng banget bahannya, nggak menghambat pergerakan saat berenang. 

paket lengkap swimsuit Polite Swim

Untuk set standar swimsuit (baju, celana, hijab) harganya sekitar 475.000 jika pesan saat PO (biasanya diskon 10-15%), kalo ready stock di web 525.000. Enaknya ikut PO, kita bisa rekues size. Sedangkan kaos kaki dijual terpisah seharga 36.000.

Ini ada buat anak-anaknya juga loh, cek IG atau webnya. Ada dua model, Nemo dan Marlin. Lucu-lucu banget warna pink-grey gitu. 

Semoga yaaa... dengan punya baju renang yang mumpuni, saya lebih rajin lagi berolahraga sesuai niatan seminggu sekali berenang. As Dory said.. just keep swimming!!  

*updated : saya copy-kan sizechart yang ada di web yaa...biar nggak bolak balik.

Size Spec Baju
XSSMLXLXXL
Panjang Bahu353637383940
Panjang Tangan555657585959
Lingkar Dada88909498100104
Lingkar Pinggul92100104108112116
Panjang Baju778486909090
Size Spec Celana
XSSMLXLXXL
Lingkar Ban Karet Celana445052545656
Tinggi Belahan242424242424
Panjang Celana869595101101

You May Also Like

33 komentar

  1. saya jg udh tertarik pengen beli polite swim, tp masih bingung ukurannya ._. mau yg ukuran XS, tp takut kekecilan, klo ukuran S jg takutnya kegedean. secara saya ukurannya nanggung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat aja di size chartnya, kak..lengkap kok panjang celana, lingkar dada, panjang baju dsb. Aku juga S kegedean, tapi XS muat (asal nggak tambah gendut aja). Cobain, nyaman banget deh :)

      Hapus
  2. Wah XS aja agak gede yah.. Di web nya ada patokan buat ukurannya sesuai sama BB dan TB gak mbak? Soalnya kalo beli online kan susah ya gabisa coba2 hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di web ada sizechartnya. Aku TB/BB 150/43. LD 88. itu muat XS kak, nggak kegedean.

      Hapus
  3. Ahh jadi ingat pegen Beli baju rennag muslimah belum jadi jadi, hehe. Jadi males berenang deh, ups. Kalo Aku pribadi sukanya hijabnya dikeluarin mbaa hehe. Btw ada yang XS yah? Alhamdulillah sesuai nih sama aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu pasti mungil juga yah badannya. iya aku juga dulu males krn gak punya bajunya, hahaha

      Hapus
  4. Polite swim ini emang baju renang the best buat muslimah ya mbak. Nyaman dan tetep nutup aurat. Semenjak ada polite swim ini aku berenang juga jadi lebih nyantai dan nyaman. Gak khawatir sama terlalu ketat atau bahannya super enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuulll...nggak ragu lagi deh pas naik kolam juga nggak jiplak

      Hapus
  5. Aku senang lihat baju renangnya, longgar dan syar'i, pakai kaos kaki pula. Meskipun berenang, aurat kaki tetap harus kita jaga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, betul..warna-warnanya juga chic banget ya.

      Hapus
  6. Pilihan model swim wear nya bagus2 banget, aku baru tau kalo ada yang modelnya kayak gitu. Selama ini cuma tau yang polosan aja😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, gemes sama warna-warnanya juga yaa....

      Hapus
  7. Daku suka lihat model baju renang muslimah seperti itu kak, karena bajunya itu panjang model tunik. Jadinya kalau mau berenang bisa tetap dalam keadaan yang tidak memperlihatkan aurat. Pastinya yang isinya khusus akhwat semua yah

    BalasHapus
  8. Bagus ya mba modelnya. Udah gitu ada kaos kakinua juga. Biasanya kan klo renang, punggung kaki jadi menghitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, ini amaann...dari kepala sampe kaki :D

      Hapus
  9. Baru kali ini tahu ada baju renang pakai kaos kaki. Jadi lebih aman yaaa. Bisa nih untuk anak sulung saya yang lagi belajar pakai jilbab dan suka banget berenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk atuh ibunya juga ikutan nyemplung, xixixi ;)

      Hapus
  10. Wah pas banget nih sama aku yang lagi cari baju renang karena baju renang yang ada udah lama banget jadi ga terlalu enak dipake.. Aku coba liat2 polite swim suit dulu deh di webnya.. thanks for your info ya kak :D

    BalasHapus
  11. Aku baru punya baju renang dua brand lain, udah lama penasaran sama Polite Swim ini tapi belum jadi-jadi belinya. Oh, atas bawah sistemnya kancing ya, Mba? Kalau mau ke toilet lebih praktis ya berarti. Yang aku punya, kalau mau ke toilet harus lepas keseluruhan bagian atas dulu baru bisa melepas celananya, lumayan ribet apalagi kalau keadaan basah nempel di baju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, atas bawah terpisah kok, pake kancing.

      Hapus
  12. Baru kali ini lihat baju renang muslimah yang complete plus kaus kaki. Aku mau kepoin ah, pas banget baju renang udah masanya harus sudah diganti sama yang baru

    BalasHapus
  13. baju renangnya bagus ya nggak ngetat, motifnya juga cantik-cantik.. jadi pengen nyobain tapi aku nggak bisa renang... hiks hiks hiks..

    BalasHapus
  14. Aku kalau inget kaus kaki, dulu ada temen di temlen medsos yang agak nyinyir soal muslimah yang renang pakai kaus kaki, alhamdulillah skrng udah ada kaus kaki buat berenang khusus muslimah ya? Jd pengen beli nih sepaket dengan baju renangnya juga mbak :D
    TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sudah kuduga pasti banyak yg nyinyir, mau taat godaannya banyak banget ya kak. iyaa ini enak kok kaos kakinya, nggak licin atau gatel.

      Hapus
  15. APPPAAHH ADA YANG XS???? Terkejut akunyaaaa!! Ini ukuran minimalis tapi susyeeeh banget nyarinya yekaaan mbaaak.. Ikutan PO juga ah wkwkwkw...

    BalasHapus
  16. cakep banget mba syaang nih telat aku bacanya aku beli merk lain ga banget masih keliatan wkwkwk apalagi ga ada kaos kakinya jadi pengen beli ini juga

    BalasHapus
  17. Wah asik ada reviewnya Polite Swim. Aku pengen punya 2 baju renang muslim nih. Baru punya satu jadi ga bisa gonta ganti huhu. Makasih reviewnya mbak :)

    BalasHapus
  18. Pas bener lagi cari baju renang muslim.. Cuma galau sama ukuran klo beli onlen.. Utk patokan size xs apa biasa beli baju size xs juga kah?

    BalasHapus
  19. Pas bener lagi cari baruj renang muslimah cuma bingung patokan sizenya.. Khawatir kebesaran. Utk patokan beli size xs apa biasa pke baju xs?

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen