Day 27 : Jajanan Lebaran khas Bandung

by - Juni 01, 2019

Jadi gini, selain hidangan wajib lebaran yang berat-berat penuh lemak dan kolesterol ituuu...iyaa, yang bikin cairan pencuci piring kerja lebih keras untuk menghilangkan noda dan minyak di sisa wadahnya, ada jajanan-jajanan lain yang juga dicari dan diburu para mudikers seperti saya. 


Nah, biasanya nih saat perut dan lidah mulai blenger sama yang begituan, pemirsa beralih ke jajanan yang lebih ringan namun nggak selalu bergizi juga, hahaha. Yang penting ada alternatif gitu selain hidangan yang hampir sama dari rumah ke rumah. 

Ini nih yang biasanya saya dan suami kejar kalo pas bisa melipir sejenak dari hiruk pikuk silaturahim dengan saudara dan kerabat. 

1. Baso 
instragram.com/kemanamanamakan
Baik itu baso urat, baso malang, baso kampung, atau baso mercon. Pokoknya judulnya baso. Padahal sih isinya daging-daging juga, tapi entah kenapa gurih dan pedasnya kuah baso bisa mengalihkan sejenak dari eneg-nya hidangan santan di rumah. Kalo pas lihat warung-warung baso di jalan juga suka penuh pas lebaran, gak tau kenapa sih, asa daging-daging juga wkwkwk. Rejeki lah buat tukang baso yang nggak mudik ya.  

2. Rujak 

rajatourbandung.com
Kesegaran buah bercampur dengan bumbu rujak yang asem-manis-pedas pastinya bikin segeerr. Rujak manis, rujak cuka, rujak juhi, rujak bebek, rujak apapun tetep jadi alternatif menyegarkan dan semacam detoks yang nggak disertai rasa bersalah sesudahnya, haha. Eh, jangan lupa kerupuk mie nya ya!

3. Seblak 

resepkoki.id
Nyeblak itu bisa di mana aja. Di warung hayu, bikin di rumah hayu. Asal ketemu kerupuk yang pas, cengek, duo bawang dan kencur...jadilah seblak. Pardon for minim gizi, tapi makanan enak memang tak selalu bergizi, huahahhaha.  

4. Cilok 

instagram.com/basokarawang27
Cilok aci bulat dengan isian gajih atau jando, disiram bumbu kacang jadi rebutan saat lebaran. Mungkin karena ukurannya yang kecil-kecil, nggak perlu pake nasi atau kupat, cilok jadi kegemaran padahal isinya ya lemak-lemak juga. Tapi apa sih yang nggak buat jajanan kaki lima kaya ginian. 

5. Batagor 

batagor Riri
Husaaahh, nggak ke Bandung kalo nggak jajan batagor, baso tahu atau cuanki. Sejenis babasoan juga semuanya tapi gerobaknya selalu ramai dipanggilin dari rumah ke rumah. Tentu saja bisa jadi menu makan malam saat semuanya sudah mulai jenuh dengan hidangan lebaran dan males ke dapur buat ngangetin. 

6. Combro 
tandaseru.com
Naahh inii...gorengan lejen yang nggak ada di daerah lain. Terbuat dari singkong parut diisi oncom, makin nggak ada duanya dan nggak ada yang bisa menyamai combro. Dimakan hangat-hangat, kreezzz kerenyahan kulit, empuknya lapisan dalam dan pedasnya sambel oncom uuhh bikin ngileerrr.

Ah udah deh, brb mau ngelist dulu lapak mana aja yang buka pas lebaran hehe.

You May Also Like

0 komentar

Jangan lupa tinggalkan jejak ya... ^^

Baca Juga

7 Essentials Korean Kitchen